Strategi dan Manajemen Pendidikan Tinggi
Rp 57.600 Rp 72.000| Kode | RR.PK0409 |
| Status | Tersedia |
| Kategori | Pendidikan & Keguruan |
Strategi dan Manajemen Pendidikan Tinggi
Penulis: Nanang Fattah, Prof. Dr.,M.Pd.
Cetakan: 1, 2019
Ukuran: 16 x 24 cm.
Kertas isi: HVS 70 gr.
Kertas sampul: AC 230 gr.
252 Halaman
ISBN: 978-602-446-367-0
Sinopsis :
Salah satu fungsi utama pendidikan tinggi adalah sebagai sumber inspirasi dan inovasi dalam membuat kebijakan dan manajemen. Dalam kerangka peningkatan daya saing global menuju masyarakat 5.0 di bidang pendidikan tinggi, buku ini hadir diharapkan dapat menjawab permasalahan dan tantangan yang dihadapi oleh para pembuat kebijakan dan pengelola pendidikan tinggi.
Di samping itu, Peran Lembaga Pendidikan, khususnya pendidikan tinggi (PT) sebagai penghasil tenaga profesional dituntut untuk melakukan kajian berdasarkan teori, konsep, model, dan riset-riset empirikal yang terkini dan relevan dengan tuntutan lingkungan nasional, regional (ASEAN), dan global.Dalam merespons tuntutan global atau kebutuhan masyarakat dunia, PT membutuhkan strategi-strategi terbaru dan manajemen perubahan dalam mengelola PT yang berdaya saing tinggi. Dalam konteks itu, buku ini hadir untuk membantu para pembuat kebijakan (policy makers), kepemimpinan akademik PT (academic leader), dan upaya peningkatan kemampuan manajerial terutama dalam memobilisasi berbagai sumber daya (resources), antara lain a) sumber daya manusia (human resources); b) sumber daya material/fasilitas, sarana, dana (material resources); c) sumber daya informasi (information resources) yang ada di dalam dan di luar PT. Semoga buku ini bermanfaat bagi semua pemangku kepentingan (stake holders).
—-
Daftar Isi
BAB I PENDAHULUAN
A. Isu-Isu Stratejik
B. Konsep Stratejik
C. Dimensi Stratejik
D. Nilai-Nilai Keunggulan
BAB II ANALISIS STRATEGIS DALAM MEMBANGUN KEUNGGULAN DAYA SAING YANG BERKELANJUTAN
A. Mengevaluasi dan Memilih Strategi Bisnis: Mencari Keunggulan Kompetitif yang Berkelanjutan
B. Lingkungan Industri Terpilih dan Pilihan Strategi Bisnis
BAB III ANALISIS STRATEGIS DAN PILIHAN YANG RASIONAL DALAM MEMBANGUN NILAI PEMEGANG SAHAM
A. Matriks Pertumbuhan-Berbagi BCG
B. Perilaku-Perilaku yang Memengaruhi Pilihan Strategis
BAB IV MENERAPKAN STRATEGI MELALUI TUJUAN JANGKA PENDEK, TAKTIK FUNGSIONAL, SISTEM REWARD, DAN PEMBERDAYAAN KARYAWAN
A. Identifikasi Tujuan Jangka Pendek
B. Taktik Fungsional dalam Strategi Bisnis
C. Kebijakan Pemberdayaan Personel Bagian Operasi
D. Kebijakan dalam Perencanaan
BAB V MENERAPKAN STRUKTUR STRATEGI, KEPEMIMPINAN, DAN BUDAYA
A. Strukturisasi Organisasi yang Efektif
B. Kepemimpinan Organisasi
C. Budaya Organisasi
BAB VI STRATEGI PENGAWASAN DAN PERBAIKAN BERKESINAMBUNGAN
A. Mendirikan Pengendalian Strategis
B. Kualitas Imperatif: Perbaikan Berkelanjutan untuk Membangun Nilai Pelanggan
C. Pendekatan Enam Sigma untuk Perbaikan Berkelanjutan
D. ISO 9001 dan Era Standar Nasional
E. Metodologi Balanced Scorecard
BAB VII GLOBALISASI DAN INTERNASIONALISASI PENDIDIKAN TINGGI
A. Ekonomi Pengetahuan
B. Globalisasi dan Komoditisasi
C. Standardisasi
BAB VIII KERJA SAMA INTERNASIONAL DI LINGKUNGAN PENDIDIKAN TINGGI
A. Kemitraan Pendidikan Tinggi
B. Ringkasan dan Kesimpulan
BAB IX UNIVERSITAS KORPORASI ( CORPORATE UNIVERSITY)
A. Konsep Corporate University
B. Program Prioritas
C. Kesimpulan dan Implikasi
BAB X REVITALISASI MANAJEMEN PERGURUAN TINGGI DALAM UPAYA PENINGKATAN DAYA SAING GLOBAL
A. Globalisasi Perguruan Tinggi (PT)
B. Manajemen Perubahan (Management Of Change)
C. Kesimpulan
BAB XI GLOBALISASI DAN INTERNASIONALISASI DI PENDIDIKAN TINGGI (PT)
Pasar Pendidikan: Tantangan dan Penelitian Imperatif
BAB XII KURSUS REORIENTASI UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN INTERNASIONAL BAGI MAHASISWA (STUDI KASUS DI CINA)
A. Kesadaran internasional
B. Alasan-alasan, strategi dan hasil
BAB XIII TANTANGAN UNTUK MELEMBAGAKAN INTERNASIONALISASI (STUDI KASUS DI UNIVERSITAS UK)
A. Hasil
B. Alasan-alasan, strategi dan hasil
C. Implikasi untuk Implementasi
D. Diskusi
E. Kesimpulan
BAB XIV INTERNASIONALISASI (STUDI KASUS DI UNIVERSITAS SPANYOL)
A. Pengantar
B. Hasil
C. Pengalaman Kelembagaan Individu
D. Alasan-Alasan, Strategi dan Hasil
E. Kesimpulan
BAB XV PERAN PENGAJARAN BAHASA INGGRIS (STUDI KASUS DI UNIVERSITAS JIANG YUMEI CINA)
A. Peran Perguruan Tinggi Bermain Kurikulum Bahasa Inggris di PT Internasionalisasi
B. Kesimpulan
BAB XVI STRATEGI PENCAPAIAN WORLD CLASS UNIVERSITY (WCU)
A. Pendahuluan
B. Kajian Teori
C. Pengembangan Berbasis Riset
D. Faktor Penentu Keberhasilan
E. Arah Kebijakan Strategis Dikti Menuju WCU
Tags: Akreditasi Pendidikan Tinggi, Inovasi Pendidikan Tinggi, Kebijakan Pendidikan Tinggi, Kepemimpinan Pendidikan Tinggi, Kualitas Pendidikan Tinggi, Kurikulum Pendidikan Tinggi, Manajemen Pendidikan Tinggi, Peningkatan Mutu Pendidikan Tinggi, Perguruan Tinggi, Strategi Pendidikan Tinggi
Strategi dan Manajemen Pendidikan Tinggi
| Berat | 450 gram |
| Kondisi | Baru |
| Dilihat | 821 kali |
| Diskusi | Belum ada komentar |
Produk Terkait
20%
Prof. Dr. Ishak Abdulhak, M.Pd. & Dr. Deni Darmawan, S.Pd., M.Si. 16 x 24 cm, 292 hlm Kertas isi HVS-70 gr – Sampul AC-210 gr Cetakan 2, 2015 ISBN: 978-979-692-167-6 Sinopsis : Buku ini mengkaji mengenai varian dan kawasan dari Teknologi Pendidikan yang lebih praktis bagi para praktisi dunia pembelajaran di lingkungan pendidikan baik persekolahan… selengkapnya
Rp 60.800 Rp 76.00020%
Judul : PSIKOLOGI PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK Pengarang : DESMITA EL-IDHAMI Tahun : Agustus 2009 Dimensi : 16×24, 328 Halaman, HVS-70 Gram ISBN : 979-692-950-3 Sinopsis : Pemahaman tentang karakteristik individu peserta didik ini memiliki arti penting dalam interaksi belajar-mengajar. Bagi seorang guru khususnya, informasi mengenai karakteristik individu peserta didik ini akan sangat berguna dalam memilih… selengkapnya
Rp 72.000 Rp 90.00020%
Penulis: Hendro Widodo, Dr., M. Pd. Etyk Nurhayati, M. Pd. Cetakan: 1, 2022 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 160 Halaman Sinopsis: Karakter peduli lingkungan merupakan salah satu karakter yang perlu ditumbuh-kembangkan pada peserta didik sekolah dasar. Hal ini mejadi modal dasar bagi peserta didik untuk… selengkapnya
Rp 50.400 Rp 63.00020%
Penulis: Esti Untari, S.Pd., M.Pd. Cetakan: 1, 2020 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 220 Halaman ISBN: 978-602-446-485-1 Sinopsis: Penyajian materi untuk mahasiswa seharusnya dimulai dari ilmu dasar. Begitu juga yang dipelajari oleh mahasiswa PGSD, walaupun harus memahami berbagai macam bidang studi calon guru SD juga… selengkapnya
Rp 68.800 Rp 86.00020%
Judul : MEMBUAT BUSANA ANAK Pengarang : USWATUN HASANAH, DRA., DKK Tahun : Cet ke-1, Januari 2011 Dimensi : 21 X 28 cm, 160 hlm, HVS-70 gr, AC-210 gr, F.C. ISBN : 978-979-692-020-4 Sinopsis : Buku ini berisikan materi-materi mengenai konsep busana anak, penggolongan busana anak berdasarkan usia, jenis kelamin, dan kesempatan. Desain meliputi garis… selengkapnya
Rp 64.000 Rp 80.00020%
Amos Neolaka, Prof., Dr., Ir., M.Pd. Cetakan 1, 2014 16×24 cm, 244 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-575-9 Sinopsis : Manusia adalah makhluk yang diciptakan dengan keingintahuan yang sangat besar. Oleh karena itulah tercipta ilmu pengetahuan. Saat ini, kepaduan antara ilmu pengetahuan dan penelitian sangat erat. Ilmu dan penelitian diibaratkan… selengkapnya
Rp 52.800 Rp 66.000Penulis: Dwi Purnomo Cetakan: 1 Ukuran: 17,5 x 25 Kertas isi: HVS 70 Kertas sampul: AC 260 336 Halaman ISBN: Synopsis: Apa gunanya ilmu tinggi, jika tidak berpihak pada kemanusiaan? Di tengah gempuran perubahan zaman dan kompleksitas dunia pendidikan tinggi, kita diingatkan kembali pada semangat Ki Hajar Dewantara: bahwa pendidikan sejatinya adalah upaya membentuk manusia… selengkapnya
*Harga Hubungi CS20%
Prof. Dr. Dedy Mulyasana, M.Pd. 16 x 24 cm – 252 hlm Kertas Isi HVS-70 gr – Sampul AC-210 gr Cetakan 3, 2015 ISBN: 978-979-692-064-8 Sinopsis: Di masa kini, diperlukan lembaga pendidikan yang bermutu. Lantas bagaimana cara menciptakan pendidikan yang bermutu dan berdaya saing? Buku ini memaparkan konsep manajemen strategis yang berperan menciptakan pendidikan berdaya… selengkapnya
Rp 57.600 Rp 72.00020%
Penulis: Kisyani-Laksono, Prof., Dr., Tatag Yuli Eko Siswono, Dr., M.Pd. Cetakan: 1, 2018 Ukuran: 16 x 24 cm Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. Halaman : 264 Halaman ISBN: 978-602-446-200-0 Sinopsis: Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan salah satu jenis penelitian yang diharapkan dapat menjadi solusi bagi permasalahan pembeljaran di kelas. Selain… selengkapnya
Rp 60.000 Rp 75.00020%
Arita Marini, Dr., Ir., M.E. Cetakan 1, 2014 16×24 cm, 152 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-567-4 Sinopsis : Sekolah dasar adalah sebuah organisasi sosial yang mempunyai tujuan yang telah ditetapkan. Tujuan utama sekolah dasar adalah memberikan pendidikan yang berkualitas kepada peserta didik. Dalam sebuah organisasi, tentunya manajemen merupakan kekuatan… selengkapnya
Rp 38.400 Rp 48.000
Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.