Pendidikan Kewarganegaraan
Rp 84.000 Rp 105.000Kode | RR.PK0450 |
Status | Tersedia |
Kategori | Pendidikan & Keguruan |
Pendidikan Kewarganegaraan
Penulis: Sunarso, Dr., M.Si.
Cetakan: 1, 2020
Ukuran: 16 x 24 cm.
Kertas isi: HVS 70 gr.
Kertas sampul: AC 260 gr.
Halaman : 380 Halaman
ISBN: 978-602-446–452-3
Sinopsis:
Perkembangan kehidupan kenegaraan Indonesia mengalami perubahan yang sangat besar, terutama berkaitan dengan gerakan reformasi 1998. Oleh karena itu, materi PKn tidak mungkin dilepaskan dari perkembangan kenegaraan tersebut agar kadar keilmiahan serta objektivitasnya dapat dipertanggungjawabkan. Banyak tuduhan dialamatkan pada sosok PKn, dan tuduhan itu barangkali juga ada benarnya. Beberapa tuduhan itu antara lain, PKn sering bersifat politis daripada akademis, lemah landasan keilmuannya, tidak tampak sosok keilmiahannya, sering dititipi kepentingan politik penguasa.
Berdasarkan kenyataan tersebut maka sudah merupakan keharusan untuk menata ulang materi PKn pada jenjang Pendidikan Dasar, Pendidikan Menengah, maupun Pendidikan Tinggi agar sesuai dengan perkembangan zaman. Dalam proses penyusunan buku referensi PKn ini, penulis berupaya untuk mengumpulkan buku-buku referensi dan dokumen-dokumen yang dapat dipertanggungjawabkan.
Buku ini diangkat dari hasil penelitian deskriptif-historis yang mendalam dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Buku ini sangat bermanfaat sebagai buku referensi pada Prodi PPKn jenjang S1, S2, maupun S3, untuk para guru PKn SD, SMP, dan SMA, maupun pengajar PPKn di MKU perguruan tinggi.
—————
Daftar Isi
Bab I Pengantar Pendidikan Kewarganegaraan
A. Alasan Perlunya Pendidikan Kewarganegaraan
B. Perkembangan Pendidikan Kewarganegaraan
C. Fungsi dan Tujuan Pendidikan Kewarganegaraan
D. Substansi Materi Pendidikan Kewarganegaraan
E. Metode Pembelajaran PKN
F. Kompetensi yang Diharapkan dari PPKn
Bab II Bangsa, Negara, Dan Warganegara
A. Pengertian Bangsa
B. Pengertian Negara
C. Fungsi Negara
D. Unsur-Unsur Negara
E. Pengertian Warga Negara
F. Hubungan Negara dengan Warga Negara
G. Hak dan Kewajiban Negara
H. Hak dan Kewajiban Warga Negara
Bab III Identitas Nasional
A. Latar Belakang dan Pengertian Identitas Nasional
B. Makna Identitas Nasional
C. Unsur-Unsur Identitas Nasional
D. Keterkaitan Globalisasi dengan Identitas Nasional
E. Paham Nasionalisme Kebangsaan
F. Revitalisasi Pancasila sebagai Pemberdayaan Identitas Nasional
Bab IV Nasionalisme
A. Pengertian Nasionalisme
B. Sejarah Nasionalisme
C. Nasionalisme Indonesia
Bab V Demokrasi
A. Pengertian Demokrasi
B. Demokrasi Konstitusional
C. Demokrasi dan Masyarakat Madani
D. Pilar-Pilar Demokrasi yang Berlaku Universal
E. Demokrasi Pancasila
F. Pelaksanaan Demokrasi di Indonesia
G. Pemilu Sebagai Wujud Demokrasi
Bab VI Hak Asasi Manusia
A. Hakikat Hak Asasi Manusia
B. Instrumen Hukum HAM di Indonesia
C. Kelembagaan Nasional HAM di Indonesia
D. Kasus Pelanggaran HAM di Indonesia
E. Menghargai Upaya Penegakan HAM dan Lembaga Perlindungan HAM
Bab VII Negara Hukum (Rule Of Law)
A. Negara Hukum Klasik (Rule of Law Abad ke-19)
B. Negara Hukum Modern (Rule of Law Abad ke-20)
C. Demokrasi Konstitusional sebagai Implementasi Rule of Law
D. Negara Indonesia Berdasar atas Hukum
E. Lembaga Peradilan di Indonesia
Bab VIII Hak Dan Kewajiban Warga Negara Dalam Membela Negara
A. Setiap Negara Menghadapi Ancaman dan Tantangan
B. Beberapa Bentuk Ancaman yang Dihadapi oleh Negara
C. Tahap-tahap Peningkatan Pola Ancaman
D. Sejarah Pembelaan Negara Indonesia
E. Sishankamrata sebagai Konsep Bela Negara Indonesia
F. Dasar Hukum Bela Negara
G. Cinta Damai tetapi Lebih Cinta Kemerdekaan
Bab IX Ideologi Negara
A. Perlunya Ideologi bagi Suatu Bangsa
B. Latar Belakang Pancasila Dijadikan Ideologi Bangsa
C. Beberapa Ideologi Negara Lain
D. Perbandingan Ideologi
Bab X Globalisasi Dan Dampaknya Bagi Indonesia
A. Proses Globalisasi
B. Pengaruh Globalisasi Terhadap Kehidupan Berbangsa dan Bernegara
C. Kelebihan dan Kelemahan Globalisasi x Pendidikan Kewarganegaraan
D. Pancasila sebagai Filter dalam Menghadapi Globalisasi
E. Sisi Positif dan Negatif Globalisasi
F. Implikasi Globalisasi
Bab XI Geopolitik Indonesia
A. Latar Belakang
B. Geomorfologi Negara
C. Perkembangan Teori Geopolitik
D. Beberapa Pandangan Para Pemikir Geopolitik
E. Geopolitik Indonesia
Bab XII Wawasan Nusantara Sebagai Geopolitik Indonesia
A. Pengantar
B. Pengertian
C. Wawasan Nusantara sebagai Wawasan Pembangunan Nasional
D. Dasar Pemikiran Wawasan Nusantara
E. Unsur Dasar Wawasan Nusantara
F. Penerapan Wawasan Nusantara
Bab XIII Ketahanan Nasional Sebagai Geostrategi Indonesia
A. Latar Belakang
B. Pengertian Ketahanan Nasional
C. Pengertian Beberapa Istilah
D. Metode Astagatra
E. Aspek Trigatra
F. Aspek Pancagatra
G. Interelasi Antargatra
H. Kedudukan dan Fungsi Konsepsi Ketahanan Nasional
I. Sifat Ketahanan Nasional
J. Hakikat Ketahanan Nasional
Bab XIII Politik Dan Strategi Nasional
A. Pengantar
B. Visi Indonesia 2020 (TAP MPR: No.V/MPR/2000)
C. Beberapa Tantangan Menjelang 2020 yang Dihadapi Indonesia
D. Peran Warga Negara dalam Implementasi Polstranas
E. Beberapa Asas Implementasi Polstranas
F. Pentingnya Keterbukaan dan Keadilan dalam Implementasi Polstranas
G. Pokok-Pokok Etika Kehidupan Berbangsa (TAP MPR No.VI/2001)
H. Polnas Rekomendasi MPR terhadap Presiden dan Lembaga Tinggi Negara (TAP MPR No.X/2001)
I. Visi dan Misi Pemerintahan SBY
J. Transisi Kepemimpinan Indonesia dari Masa ke Masa
Tags: Aspek Pendidikan Kewarganegaraan, kurikulum pendidikan kewarganegaraan, Manfaat Pendidikan Kewarganegaraan, Materi Pendidikan Kewarganegaraan, Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, pendidikan kewarganegaraan, Pendidikan Kewarganegaraan di Indonesia, Pengertian Pendidikan Kewarganegaraan, Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan, Tujuan Pendidikan Kewarganegaraan
Pendidikan Kewarganegaraan
Berat | 600 gram |
Kondisi | Baru |
Dilihat | 1.234 kali |
Diskusi | Belum ada komentar |
Produk Terkait
20%
Judul : PENELITIAN TINDAKAN SEKOLAH Pengarang : H.E.MULYASA, PROF.DR,M.PD. Tahun : Cet-1, Oktober 2009 Dimensi : 16×24, HVS-70 Gram, AC210, 244 halaman ISBN : 979-692-958-9 Sinopsis : Peningkatan kualitas pendidikan yang sedang dilakukan pemerintah sekarang ini tidak hanya terfokus pada guru, tetapi juga kepada pengawas dan kepala sekolah sebagai pemimpin pendidikan sekaligus yang mendorong serta… selengkapnya
Rp 52.800 Rp 66.00020%
Sudardja Adiwikarta, Prof., Drs., H., M.A. Ph.d. Cetakan 1, 2016 16×24 cm, 296 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-722-7 Sinopsis : Dalam buku ini Sosiologi Pendidikan didefinisikan sebagai anasilis sosiologi terhadap praksis pendidikan. Penguasaan teori dan konsep sosiologi yang kuat merupakan satu keniscayaan, dan dengan demikian, kelulusan dalam mata kuliah… selengkapnya
Rp 60.800 Rp 76.00020%
Judul : LANDASAN BIMBINGAN DAN KONSELING Pengarang : SYAMSU YUSUF LN. Tahun : 2005 Dimensi : HVS 60 GR, 16 X 24 cm, 282 HLM + ix ISBN : 979-692-494-3 Sinopsis: Mendengar istilah “Bimbingan dan Konseling” tersirat kesan umum bahwa individu yang berhubungan dengan petugas tersebut sedang bermasalah. Pendapat yang lebih tepat adalah dalam konteks… selengkapnya
Rp 46.000 Rp 57.50020%
Judul : SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT Pengarang : ANNA POEDJIADI, PROF, Dr. Tahun : 2005 Dimensi : HVS 60 GR, 16 X 24 cm, 167 HLM + X ISBN : 979-692-479-x Sinopsis : Melalui buku ini, penulisnya mengulas dengan jelas kaitan antara sains dan teknologi serta mafaatnya bagi masyarakat, melalui model pembelajaran sains teknologi masyarakat. Sehingga… selengkapnya
Rp 43.200 Rp 54.00020%
Judul : TEORI BELAJAR ORANG DEWASA Pengarang : PROF. DR. ANISAH BASLEMAN, M.S Tahun : Cet. 1, Mei 2011 Dimensi : 16 X 24 cm, 180 hlm, HVS-70 gr, AC-210 ISBN : 978-979-692-045-7 Sinopsis : Teori belajar dan membelajarkan diarahkan untuk memberikan wawasan tentang tujuan serta hakikat kegiatan belajar membelajarkan dan hakikat pendidikan, yaitu mencerdaskan… selengkapnya
Rp 43.200 Rp 54.00020%
Penulis: M. Karman, Dr., M.Ag. Cetakan: 1, 2018 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 260 gr. Halaman : 388 Halaman ISBN: 978-602-446-297-0 Sinopsis : Mengapa teks Al-Quran relevan untuk segala situasi dan kondisi? Walau lahir di masa yang tidak seperti sekarang, teksnya dapat dikontekstualisasikan di berbagai tempat dan… selengkapnya
Rp 77.600 Rp 97.00020%
Abdul Majid, M.Pd. Cetakan 1, 2013 16×24 cm, 400 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 310 gr. ISBN: 978-979-692-143-0 Sinopsis: Standar proses pendidikan meliputi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, penilaian hasil pembelajaran, dan pengawasan proses pembelajaran untuk terlaksananya proses pembelajaran yang efektif dan efisien. Salah satu prinsip pendidikan adalah proses pembudayaan dan pemberdayaan peserta didik yang… selengkapnya
Rp 84.000 Rp 105.00020%
Penulis: Syamsu Yusuf, Prof., Dr., H., L.N., M.Pd. Nani M. Sugandhi, Dr., M.Pd. Aas Saomah, Dra., M.Si. Cetakan: 1, 2021 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 260 gr. 340 Halaman ISBN: 978-602-446-593-3 Sinopsis: Remaja (dalam hal ini siswa SLTP dan SLTA) memiliki peranan penting dalam masyarakat. Mereka adalah… selengkapnya
Rp 80.000 Rp 100.00020%
Sa’dun Akbar, Prof., Dr., M.Pd. Cetakan 1, 2013 16×24 cm, 172 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-169-0 Sinopsis : Kurikulum pendidikan Indonesia kerap berubah, sementara praktik pembelajarannya cenderung tetap. Kondisi ini menuntut guru, calon guru, peneliti pendidikan, pengelola pendidikan, termasuk mahasiswa ilmu kependidikan selayaknya mampu mengembangkan perangkat pembelajaran secara maksimal,… selengkapnya
Rp 40.800 Rp 51.00020%
Syamsu Yusuf LN, Prof., Dr., M.Pd. dan A. Juntika Nurihsan, M.Pd., D Cetakan 5, Tahun 2013 Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 979-692-797-7 Sinopsis : Innama bu’itstu li utammima makaarima-I akhlaaqi; sesungguhnya aku diutus untuk menyempurnakan akhlak (Muhammad SAW) Kepribadian sesuatu yang selalu menarik perhatian banyak pihak, sepanjang masa. Dalam pergaulan masyarakat… selengkapnya
Rp 56.000 Rp 70.000
Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.