Metode Netnografi Pendekatan Kualitatif Dalam Memahami Budaya Pengguna Media Sosial
Rp 112.000 Rp 140.000Kode | RR.KO0110 |
Status | Tersedia |
Kategori | Komunikasi |
Metode Netnografi Pendekatan Kualitatif Dalam Memahami Budaya Pengguna Media Sosial
Penulis: Eriyanto, Dr., S.I.P., M. Si.
Cetakan: 1, 2022
Ukuran: 17,5 x 25 cm.
Kertas isi: HVS 70 gr.
Kertas sampul: AC 260 gr.
388 Halaman
ISBN: 978-602-446-603-9
Sinopsis :
Metode netnografi (netnografi = internet + etnografi) adalah metode yang digunakan untuk mempelajari budaya pengguna internet (lebih khusus media sosial). Pada dasarnya, netnografi adalah penerapan metode etnografi untuk mempelajari budaya pengguna media sosial. Metode ini berusaha menggambarkan budaya dari sudut pandang orang yang diteliti dengan menjalankan investigasi, keterlibatan dengan orang yang diteliti, dan imersi. Mengapa netnografi penting? Saat ini kita tengah berada dalam gempuran data raksasa (big data) akibat kehadiran media sosial. Setiap hari ada ratusan ribu posting di media sosial (Twitter, Facebook, Instagram, Tik-Tok, Youtube, dan sebagainya). Metode ini berusaha menemukan esensi dari data raksasa (big data) berupa percakapan warganet yang berjumlah besar.
Buku ini merupakan pengantar dalam memahami metode netnografi. Buku ini terdiri atas 8 bab. Bab 1 membahas mengenai konsep dasar netnografi dan perbedaannya dengan metode lain. Bab 2 mendiskusikan mengenai data dalam penelitian netnografi. Bab 3 menjelaskan mengenai konteks karakteristik media sosial, dimana individu saling berjejaring. Bab 4 membahas keterlibatan dan imersi dalam netnografi. Bab 5 membahas integrasi data, proses analisis, dan interpretasi data. Bab 6 mendiskusikan persoalan etika dan bagaimana menjalankan penelitian netnografi secara etis. Bagian terakhir dari buku ini (bab 7 dan 8) memaparkan contoh kasus penelitian netnografi. Buku ini juga dilengkapi dengan studi kasus dan tutorial penggunaan NVivo, salah satu perangkat lunak (software) yang bisa membantu peneliti dalam proses penelitian netnografi.
—————-
Daftar Isi
BAB I KONSEP DASAR NETNOGRAFI
A. Apa Itu Netnografi?
B. Perbedaan Netnografi Dengan Metode Lain
C. Sejarah Netnografi: Dari Komunitas Virtual Ke Media Sosial
D. Tahapan Penelitian Netnografi
BAB II INDIVIDU BERJEJARING (NETWORKED INDIVIDUALISM)
A. Individu Berjejaring
B. Bagaimana Individu Berjejaring
Dengan Individu Lain?
BAB III DATA DALAM NETNOGRAFI
A. Data Site
B. Investigasi: Mencari Dan Memilih Data
C. Interaksi: Pengumpulan Data
BAB IV PARTISIPASI DAN IMERSI DALAM NETNOGRAFI
A. Partisipasi Dan Imersi
B. Partisipasi Dan Keterlibatan (Engagement)
C. Catatan Imersi (Immersion Journal)
BAB V INTEGRASI DATA
A. Mendeskripsikan Temuan: Analisis Tematik
B. Mengaitkan Temuan Dengan Teori
BAB VI ETIKA PENELITIAN
A. Prinsip Etika
B. Panduan Etika Penelitian Netnografi
BAB VII STUDI KASUS I
A. Pendahuluan
B. Tinjauan Literatur
C. Kasus Yang Diteliti
D. Metode Penelitian
E. Hasil Penelitian
F. Diskusi
BAB VIII STUDI KASUS II
A. Pendahuluan
B. Tinjauan Literatur
C. Objek Penelitian
D. Metode Penelitian
E. Hasil Penelitian
F. Diskusi
G. Penutup
Metode Netnografi Pendekatan Kualitatif Dalam Memahami Budaya Pengguna Media Sosial
Berat | 700 gram |
Kondisi | Baru |
Dilihat | 1.357 kali |
Diskusi | Belum ada komentar |
Produk Terkait
20%
Judul : MEDIA DAN PERUBAHAN SOSIAL Pengarang : DR. ENI MARYANI, DRA., M.SI. Tahun : Cet-1, Januari 2011 Dimensi : 16×24, HVS-70 Gram, AC-210, 236 halaman ISBN : 978-979-692-021-1 Sinopsis : Buku ini memaparkan hasilstudi tentang dinamika hubungan media dengan masyarakat dan perubahan sosial yang menyertainya. Kebutuhan masyarakat akan media pada tiap komunitas tak terelakkan…. selengkapnya
Rp 52.800 Rp 66.00020%
Penulis: Zaenal Mukarom, Dr. H., M.Si. Cetakan: 1, 2021 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 260 gr. 392 Halaman ISBN: 978-602-446-531-5 Sinopsis : Peristiwa komunikasi terkait erat dengan konteks, dipengaruhi latar belakang, media, lawan bicara, dan isi pesan. Orang perlu alat yang tepat untuk memahaminya. Buku ini menguraikan… selengkapnya
Rp 88.000 Rp 110.00020%
Penulis: Eriyanto, Dr., M.Si. Cetakan: 1, 2022 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 252 Halaman ISBN: 978-602-446-640-4 Sinopsis : Buku ini adalah pengantar dalam memahami Metode Analisis Wacana Berbasis Korpus (Corpus-Assisted Discourse Studies/CADS). Metode CADS pada dasarnya penggabungan antara metode analisis wacana (kritis) dan metode linguistik… selengkapnya
Rp 76.000 Rp 95.00020%
Penulis: Reydonnyzar Moenek, Dr. Drs., M.Devt.M. Dr. H., Dadang Suwanda, S.E. M.M., M.Ak., Ak., CA., Wirman Syafri, Prof. Dr. H., M.Si. Cetakan: 1, 2020 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 124 Halaman ISBN: 978-602-446-411-0 Sinopsis : Tujuan utama otonomi daerah adalah meningkatkan kesejahteraan kepada masyarakat, pemberdayaan… selengkapnya
Rp 34.400 Rp 43.00020%
Penulis: La Mani, Dr., S.IP., M.Sc., Budi Guntoro, Prof., Ph.D., IPU, ASEAN Eng. Cetakan: 1, 2020 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. Halaman : 276 Halaman ISBN: 978-602-446-486-8 Sinopsis : Kebijakan dapat dikategorikan sebagai pesan yang bersumber dari suatu institusi, baik swasta maupun pemerintah yang ditujukan… selengkapnya
Rp 60.800 Rp 76.00020%
Penulis: Welly Wirman, Dr., M.Si. Cetakan: 1, 2023 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 160 Halaman ISBN: 978-602-446-663-3 Sinopsis: Pengembangan kepibadian membantu individu untuk menanamkan kualitas positif. Kepribadian seseorang mengacu pada penampilan, karakteristik, sikap, pola pikir dan perilakunya dengan orang lain. Kepribadian mempersiapkan individu dan membantunya… selengkapnya
Rp 52.000 Rp 65.00020%
Penulis: Pujo Pramono Cetakan: 1, 2020 Ukuran: 15 x 21 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 120 Halaman ISBN: 978-602-446-450-9 Sinopsis : Paradigma baru dalam menyusun strategi komunikasi perusahaan yang diperkenalkan dalam buku ini adalah suatu metoda ataupun cara-cara pengelolaan PR Perusahaan dengan menggunakan analogi teori dasar Marketing atau ilmu… selengkapnya
Rp 40.000 Rp 50.000Penulis: Turnomo Rahardjo, dkk. Cetakan: 1, 2024 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 260 gr. 400 Halaman ISBN: 978-602-446-xxx-x Sinopsis: Buku Memahami Metode Penelitian Komunikasi ini mendiskusikan beragam metode yang digunakan dalam penelitian komunikasi dengan pendekatan tunggal (kuantitatif atau kualitatif) dan pendekatan campuran (mixed-method). Buku ini diawali dengan… selengkapnya
Rp 115.00020%
Judul : MENULIS ARTIKEL & KARYA ILMIAH Pengarang : TOTOK DJUROTO Tahun : Cet 8, 2017 Dimensi : 11 x 18 cm, HVS 70 gr, xvi + 184 halaman ISBN : 979-692-152-9 Sinopsis : Menulis artikel dan karya ilmiah saat ini sudah menjadi suatu kebutuhan, baik bagi para profesional maupun masyarakat pada umumnya. Buku ini… selengkapnya
Rp 32.000 Rp 40.00020%
Judul : ILMU KOMUNIKASI TEORI DAN PRAKTEK Pengarang : ONONG UCHJANA EFFENDY Tahun : Cet 28, 2017 Dimensi : 16 x 24 cm, HVS 70 gr, 192 halaman ISBN : 979-514-030-2 Sinopsis : Buku ini tidak hanya membahas komunikasi secara teoritis, tetapi juga menyertakan cara-cara menerapkannya dalam retorika, kepemimpinan, pembangunan, organisasi, pendidikan, hubungan masyarakat, jurnalistik dan… selengkapnya
Rp 44.000 Rp 55.000
Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.