Membentuk Karakter Peserta Didik
Rp 41.600 Rp 52.000Kode | RR.PK0467 |
Status | Tersedia |
Kategori | PAUD |
Membentuk Karakter Peserta Didik
Penulis: H. Imam Nur Suharno, S.Pd., S.Pd.I., M.Pd.I.
Cetakan: 1, 2021
Ukuran: 16 x 24 cm.
Kertas isi: HVS 70 gr.
Kertas sampul: AC 260 gr.
140 Halaman
ISBN: 978-602-446-567-4
Sinopsis:
Pendidikan nasional bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
Untuk mewujudkan tercapainya tujuan pendidikan tersebut, penyelenggaraan pendidikan semestinya tidak hanya sekadar to transfer knowledge atau to change mental attitude. Orientasi pendidikan hendaknya diarahkan untuk membentuk (watak) karakter peserta didik. Buku yang di tangan pembaca ini menjawab pernak-pernik upaya mewujudkan karakter peserta didik.
Buku Membentuk Karakter Peserta Didik ini diawali pendahuluan yang menguraikan Pendidik dan Pendidikan Karakter; dilanjutkan Membangun Pendidikan Karakter; Pendidikan Tanpa Kekerasan; Peran Kepala Sekolah; Guru Sebagai Arsitek Peradaban; Pembelajaran yang Bermakna; Ujian Sekolah Terpadu; dan Sekolah, Orientasi Siswa dan Kurikulum. Ayo, segera miliki bukunya, baca, dan praktekkan isinya.
———-
Daftar Isi
BAB 1 MEMBANGUN PENDIDIKAN KARAKTER
A. Pendidikan Karakter di Tengah Arus Globalisasi
B. Pendidikan Budi Pekerti
C. Menumbuhkan Suasana Religius dalam KBM
D. Optimalisasi Pendidikan Ramadan
E. Salat sebagai Sarana Pendidikan
F. Sekolah Ramah untuk Semua
BAB II PENDIDIKAN TANPA KEKERASAN
A. Keluar dari Krisis Budaya Bangsa
B. Kekerasan dalam Pendidikan
C. Optimalisasi Pendidikan Agama Islam
D. Pendidikan Pembiasaan
E. Keterampilan Mengelola Kelas
BAB III PERAN KEPALA SEKOLAH
A. Kualitas dan Kepiawaian Kepala Sekolah
B. Menjadi Kepala Sekolah yang Efektif
C. Gaya Kepemimpinan Situasional Kepala Sekolah
BAB IV GURU SEBAGAI ARSITEK PERADABAN
A. Guru Merupakan Ahli Waris Para Nabi
B. The Golden Teacher
C. Menjadi Pendidik Berkualitas
D. Peran Guru dalam Pendidikan
E. Pilar-Pilar Kesuksesan Guru
F. Menjadi Guru Profesional yang Berkarakter
G. Kesejahteraan Guru Pasca-Sertifikasi
H. Tipe Guru Manakah Kita?
I. Membumikan Kompetensi Guru
J. Guru sebagai Public Speaker
K. Modalitas Guru
L. Penangkal Serangan ’Virus’ Guru
M. Menghadirkan Roh Guru dalam Pendidikan
BAB V PEMBELAJARAN YANG BERMAKNA
A. Pembelajaran Berbasis Nilai
B. Pembelajaran Terpadu
C. Pengaruh Doa dalam Mendidik Anak
D. Pembelajaran Melalui Role Playing
E. Try Out Bagian dari Proses Pembelajaran
F. Mengatasi Jenuh dalam Belajar
G. Mendidik dengan Kelembutan
H. Mendidik adalah Menyentuh Hati
BAB VI UJIAN SEKOLAH TERPADU
A. Ujian Terintegrasi
B. Evaluasi Belajar Tahap Akhir Nasional
C. Mengendalikan Stres Menjelang Ujian
D. Salat Tahajud Menjelang Ujian
E. Merayakan Kelulusan Ujian
F. Meditasi Tawakal Jelang Ujian
G. Membangun Budaya Jujur dan Berprestasi
H. Istigasah Menjelang Ujian
BAB VII SEKOLAH, ORIENTASI SISWA, DAN KURIKULUM
A. Cermat Memilih Sekolah
B. Memformat Masa Orientasi Siswa
C. Ilmu, Jalan Meraih Kesuksesan
D. Nasihat bagi Penuntut Ilmu
E. Internalisasi Kurikulum Pendidikan Nabi Saw.
Tags: Etika dan Moral, Karakter Peserta Didik, Metode Pembentukan Karakter, nak, Pembentukan Karakter, Pendidikan Agama, pendidikan karakter, Pendidikan Nilai, Pengembangan Karakter, Peran Guru dalam Pembentukan Karakter, Psikologi Karakter
Membentuk Karakter Peserta Didik
Berat | 300 gram |
Kondisi | Baru |
Dilihat | 1.539 kali |
Diskusi | Belum ada komentar |
Produk Terkait
20%
Penulis: Asef Umar Fakhruddin Cetakan: 1, 2018 Ukuran: 17,5 x 25 cm Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. Halaman : 156 Halaman ISBN: 978-602-446-231-4 Sinopsis: Mengingat urgensi pendidikan bagi anak usia dini, pemerintah mulai memberikan perhatian serius terhadap hal ini. Perhatian dan pendekatan taktis tentunya sangat dibutuhkan agar proses pembelajaran pada… selengkapnya
Rp 50.400 Rp 63.00020%
Prof. Dr .H.E. Mulyasa, M.Pd. 16 x 24 cm • 276 hlm Kertas isi HVS 70 gr Kertas sampul AC 210 gr Cetakan 1, 2012 ISBN: 978-979-692-103-4 Sinopsis: Pendidikan anak usia dini adalah pendidikan yang paling rendah tingkatannya, tetapi memiliki makna yang paling tinggi dibandingkan satuan-satuan pendidikan lainnya. Dapat dikatakan di sini bahwa keberhasilan seseorang… selengkapnya
Rp 60.800 Rp 76.00020%
Helmawati, Dr., S.E., M.Pd.I. Cetakan 1, 2015 16×24 cm, 140 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-631-2 Sinopsis: Setiap manusia perlu pendidikan untuk menggali seluruh potensi yang dimilikinya. Pendidikan yang paling baik dan membekas adalah pendidikan yang dilakukan sejak dini. Oleh karena itu, pendidikan pertama dan utama yang dilakukan sejak dini… selengkapnya
Rp 36.000 Rp 45.00020%
Suyadi, M.Pd.I Cetakan 1, 2013 16×24 cm, 224 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-178-2 Sinopsis: Hakikat pendidikan adalah mengoptimalisasikan seluruh potensi (kecerdasan) manusia. Seluruh potensi manusia berpusat pada otaknya. Ilmu yang mempelajari otak adalah neurosains sehingga pendidikan perlu memasukkan neurosains ke dalam praksis pembelajaran. Ironisnnya, selama berabad-abad pendidik mengubah otak… selengkapnya
Rp 51.200 Rp 64.00020%
Penulis: Dr. Heru Kurniawan, M.A Kasmiati, M.Pd.I Cesilia Prawening, S.Pd Cetakan: 1, 2021 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 116 Halaman ISBN: 978-602-446-557-5 Sinopsis: Usia dini merupakan fase penting anak-anak dalam belajar menalar moral. Bagaimana mereka me-lakukannya? Salah satunya dari cerita. Idealnya cerita mampu meningkatkan dan… selengkapnya
Rp 33.600 Rp 42.00020%
Idad Suhada, Drs., M.Pd. Cetakan 1, 2016 16×24 cm, 156 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-731-9 Sinopsis: Psikologi sebagai sebuah disiplin ilmu sangat dibutuhkan oleh dunia pendidikan. Psikologi pendidikan dapat dikatakan sebagai penunjang untuk pengembangan potensi manusia melalui belajar dan pembelajaran. Hal tersebut sesuai dengan salah satu tujuan pembelajaran, yaitu… selengkapnya
Rp 38.400 Rp 48.00020%
Penulis: Sigit Purnama, Dr., M.Pd., Yulis Slais Hijriani, M.Pd., Heldanita, M.Pd. Cetakan: 1, 2019 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 192 Halaman ISBN: 978-602-446-318-2 Sinopsis: Alat Permainan Edukatif (APE) merupakan hal yang menarik dan menyenangkan bagi anak. Hai ini karena dunia anak dengan permainan adalah satu… selengkapnya
Rp 56.000 Rp 70.00020%
Penulis: E. Mulyasa, Prof., Dr., M.Pd. Cetakan: 1, 2017 Ukuran: 17,5×25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. Halaman : 260 Halaman ISBN: 978-602-446-184-3 Sinopsis: Mengapa pendidikan usia dini (PAUD) berkembang pesat dan mendapatkan perhatian yang luar biasa? Jawabannya sederhana yaitu mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas sejak usia dini. Ditulis… selengkapnya
Rp 76.000 Rp 95.00020%
Mursid, M.Ag. Cetakan 1, 2015 16×24 cm, 192 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-643-5 Sinopsis: Pendidikan anak usia dini merupakan wahana pendidikan yang sangat fundamental dalam memberikan kerangka dasar terbentuk dan berkembangnya dasar-dasar pengetahuan, sikap dan keterampilan pada anak. Keberhasilan proses pendidikan pada masa dini tersebut menjadi dasar untuk proses… selengkapnya
Rp 44.000 Rp 55.00020%
Penulis: Rita Eka Izzaty, Dr., M.Si., dkk. Cetakan: 1, 2017 Ukuran: 16×24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 210 gr. Halaman : 236 Halaman ISBN: 978-602-446-054-9 Sinopsis: Apakah kita ‘aware‘ terhadap permasalahan psikologis anak? Mereka memiliki ragam permasalahan seperti cemas, sulit konsentrasi, pemalu, suka berbohong, menangis berlebihan, dan banyak lagi lho! Apabila… selengkapnya
Rp 52.800 Rp 66.000
Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.