Manajemen Strategik Dasar bagi Kebutuhan Perubahan pada Era Disrupsi
Rp 100.000Kode | RR.EK0020 |
Stok | Tersedia |
Kategori | Ekonomi |
Manajemen Strategik Dasar bagi Kebutuhan Perubahan pada Era Disrupsi
Penulis: Alexander Hery, S.E., M.Si., CRP., RSA., CFRM., CIFRS., FAAFM.
Cetakan: 1, 2024
Ukuran: 16 x 24 cm.
Kertas isi: HVS 70 gr.
Kertas sampul: AC 260 gr.
300 Halaman
ISBN: 978-602-446-724-1
Sinopsis:
Manajemen strategi mendorong perusahaan untuk lebih proaktif dalam menentukan dan mengendalikan masa depannya. Secara historis, manfaat utama dari manajemen strategi adalah membantu perusahaan untuk memformulasikan strategi melalui pendekatan yang lebih sistematis, logis, dan rasional terhadap berbagai alternatif strategi yang ada.
Proses manajemen strategi didasarkan pada suatu keyakinan bahwa organisasi sebaiknya secara terus-menerus meninjau faktor internal dan eksternalnya agar perubahan strategi dapat segera dilakukan saat dibutuhkan. Untuk dapat bertahan, organisasi harus dapat mengidentifikasi dan beradaptasi terhadap perubahan. Proses manajemen strategi bertujuan untuk membuat organisasi dapat beradaptasi secara efektif atas perubahan yang terjadi.
—–
Daftar Isi
Bab 1 Sifat dan Tinjauan Manajemen Strategi
A. Pendahuluan
B. Menghadapi Persaingan Global
C. Membangun Keunggulan Kompetitif
D. Definisi dan Tahapan Manajemen Strategi
E. Istilah Kunci dalam Manajemen Strategi
F. Model Manajemen Strategi
G. Manfaat Manajemen Strategi
H. Pedoman Bagi Efektifnya Manajemen Strategi
I. Proses Manajemen Strategi
J. Pro Kontra Manajemen Strategi Sebagai Ilmu Pengetahuan
K. Pro Kontra Keterbukaan dalam Proses Manajemen Strategi
Bab 2 Visi dan Misi Perusahaan
A. Visi versus Misi
B. Proses Mengembangkan Pernyataan Visi dan Misi
C. Pentingnya Pernyataan Visi dan Misi
D. Karakteristik Pernyataan Misi
Bab 3 Budaya, Etika Bisnis, dan Tanggung Jawab Sosial
A. Pengertian Budaya Organisasi
B. Penentu Kuat Lemahnya Budaya Organisasi
C. Sumber Budaya Organisasi dan Cara Karyawan Mempelajari Budaya
D. Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Tindakan Manajer
E. Etika dalam Dunia Bisnis
F. Mendorong Perilaku Etis di Tempat Kerja
G. Tanggung Jawab Sosial
H. Pandangan Klasik versus Sosial Ekonomi Mengenai Tanggung Jawab Sosial
I. Argumen yang Mendukung ataupun yang Menentang Tanggung Jawab Sosial
J. Hasil Temuan Riset Mengenai Hubungan antara Keterlibatan Sosial dengan Kinerja Ekonomi
K. Manajemen Berbasis Nilai
L. Manajemen Ramah Lingkungan
M. Pendekatan Tanggung Jawab Sosial
N. Tanggung Jawab Manajemen terhadap Pihak-Pihak dalam Rangka Mengejar Sasaran Sosial
Bab 4 Pengukuran Eksternal
Proses Melakukan Audit Eksternal
Informasi yang Perlu Dikumpulkan Ketika
A. Audit Eksternal
B. Proses Melakukan Audit Eksternal
C. Informasi yang Perlu Dikumpulkan Ketika Menganalisis Lingkungan Eksternal Organisasi
D. Lingkungan Eksternal Organisasi
E. Pengaruh Komponen Lingkungan Khusus Terhadap Organisasi
F. Cara Organisasi Mengelola Lingkungan Eksternal dalam Dunia e-Bisnis
G. Pengaruh Komponen Lingkungan Umum terhadap Organisasi
H. Dimensi Penyebab Ketidakpastian Lingkungan
I. Pentingnya Bagi Organisasi untuk Mengelola Hubungan dengan Para Pemangku Kepentingan
J. Menganalisis Persaingan
K. Analisis Kelayakan Industri dan Pasar
L. Analisis Kelayakan Produk
M. Matriks Evaluasi Faktor Eksternal
Bab 5 Pengukuran Internal
A. Audit Internal
B. Kekuatan Internal Kunci
C. Proses Melakukan Audit Internal
D. Pendekatan Resource Based View
E. Mengintegrasikan Strategi dan Budaya
F. Informasi yang Perlu Dikumpulkan Ketika Menganalisis Sumber Daya dan Kemampuan Organisasi
G. Faktor Kunci Keberhasilan Perusahaan
H. Mengidentifikasi Faktor-Faktor Keberhasilan Utama Perusahaan
I. Manajemen
J. Pemasaran
K. Keuangan dan Akuntansi
L. Produksi dan Operasi
M. Penelitian dan Pengembangan
N. Sistem Informasi Manajemen
O. Analisis Rantai Nilai
P. Manajemen Rantai Suplai
Q. Tolok Ukur
R. Matriks Evaluasi Faktor Internal
Bab 6 Strategi Dalam Tindakan
A. Pendahuluan
B. Menyusun Sasaran dan Tujuan Perusahaan
C. Penetapan Sasaran secara Tradisional dan Kelemahannya
D. Manajemen Berdasarkan Tujuan
E. Karakteristik Sasaran yang Terancang dengan Baik
F. Langkah
G. Strategi pada Tingkatan Korporasi
H. Strategi Stabilitas
I. Strategi Pertumbuhan
J. Strategi Defensif
K. Strategi Michael Porter
L. Merger, Konsolidasi, dan Akuisisi
Bab 7 Analisis dan Pemilihan Strategi
A. Pendahuluan
B. Proses Pembuatan dan Pemilihan Strategi
C. Kerangka Kerja Komprehensif Dalam Analitis Formulasi Strategi
D. Matriks SWOT
E. Matriks Strategic Position and Action Evaluation
F. Matriks Boston Consulting Group
G. Matriks Internal-Eksternal
H. Matriks Grand Strategy
I. Tahap Keputusan
J. Aspek Budaya dalam Pemilihan Strategi
K. Aspek Politik dalam Pemilihan Strategi
Bab 8 Implementasi Strategi: Isu Manajemen
A. Pendahuluan
B. Sifat Implementasi Strategi
C. Isu Manajemen
D. Penetapan Tujuan Tahunan
E. Kebijakan
F. Alokasi Sumber Daya
G. Mengelola Konflik
H. Menyesuaikan Struktur Organisasi dengan Strategi
I. Restrukturisasi
J. Menghubungkan Kinerja dengan Strategi
K. Mengelola Penolakan terhadap Perubahan
L. Mengadaptasi Proses Produksi dan Operasi
M. Menciptakan Kultur yang Mendukung Strategi
N. Memberikan Perhatian terhadap Permasalahan Sumber Daya Manusia
Bab 9 Implementasi Strategi: Isu Pemasaran,
Keuangan/Akuntansi R&D, dan SIM
A. Segmentasi Pasar dan Pemosisian Produk
B. Isu Keuangan dan Akuntansi
C. Isu Penelitian dan Pengembangan
D. Isu Sistem Informasi Manajemen
Bab 10 Evaluasi Strategi
A. Karakteristik Evaluasi Strategi
B. Proses Evaluasi Strategi
C. Meninjau Strategi yang Ada
D. Mengukur Kinerja Organisasi
E. Mengambil Tindakan Korektif
F. Balanced Scorecard
G. Karakteristik Sistem Evaluasi Strategi yang Efektif
H. Perencanaan Kontingensi
I. Audit oleh Akuntan Publik
Bab 11 Isu Global dan Internasional
A. Perekonomian Global Saat Ini
B. Perdagangan Internasional
C. Bentuk-Bentuk Keunggulan Bersaing
D. Manajemen Bisnis Internasional
E. Memahami Lingkungan Budaya di Negara Lain
F. Hambatan Perdagangan Internasional
G. Pentingnya Komunikasi Bisnis Lintas Budaya
H. Mengenal Perbedaan Budaya
I. Komunikasi dengan Orang Berbudaya Asing
Manajemen Strategik Dasar bagi Kebutuhan Perubahan pada Era Disrupsi
Berat | 550 gram |
Kondisi | Baru |
Dilihat | 558 kali |
Diskusi | Belum ada komentar |
Produk Terkait
20%
Penulis: Reydonnyzar Moenek, Dr. Drs., M.Devt.M. Dr. H., Dadang Suwanda, S.E. M.M., M.Ak., Ak., CA., Wirman Syafri, PProf. Dr. H., M.Si. Cetakan: 1, 2020 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 168 Halaman ISBN: 978-602-446-429-5 Sinopsis : Siklus pengelolaan keuangan daerah adalah perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, penatausahaan, pemeriksaan,… selengkapnya
Rp 38.400 Rp 48.000Penulis: Alexander Hery, S.E., M.Si., CRP., RSA., CFRM., CIFRS., FAAFM. Cetakan: 1, 2024 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 260 Halaman ISBN: 978-602-446-732-6 Sinopsis: Aktivitas perbankan selalu berkaitan dengan bidang keuangan. Aktivitas perbankan yang pertama adalah menghimpun dana dari masyarakat luas yang dikenal dengan istilah funding…. selengkapnya
Rp 90.00020%
Penulis: Hendrawan, S.T., M.M. Cetakan: 1, 2022 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 284 Halaman ISBN: 978-602-446-661-9 Sinopsis: Perkembangan Sosial media memiliki dampak di kehidupan keseharian, selain memiliki dampak positif di kehidupan masyarakat, juga memiliki dampak negatif, seperti beredarnya informasi bohong/hoax, menurunnya interaksi antara individu, bagaimana… selengkapnya
Rp 72.000 Rp 90.00020%
Penulis: Dadang Suwanda, Dr.,H., S.E., M.M., M.Ak., Ak., CA., Pebriansjah, S.T., Novidarta, S.E., Yudi Prihanto Santoso, S.E. Cetakan: 1, 2019 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 164 Halaman ISBN: 978-602-446-387-8 Sinopsis : Dalam proses pengelolaan keuangan daerah, penggunaan teknologi informasi merupakan suatu kebutuhan yang harus dipenuhi,… selengkapnya
Rp 40.800 Rp 51.000Penulis: Alexander Hery, S.E., M.Si., CRP., RSA., CFRM., CIFRS., FAAFM. Cetakan: 1, 2024 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 260 gr. 236 Halaman ISBN: 978-602-446-726-5 Sinopsis: Pemasaran berhubungan erat dengan mengidentifikasi dan memenuhi kebutuhan orang-orang serta masyarakat. Salah satu dari definisi pemasaran terpendek adalah memenuhi kebutuhan secara menguntungkan…. selengkapnya
Rp 84.000Penulis: Alexander Hery, S.E., M.Si., CRP., RSA., CFRM., CIFRS., FAAFM. Cetakan: 1, 2024 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 260 Halaman ISBN: 978-602-446-xxx-x Sinopsis: Manajemen sumber daya manusia dapat dipahami sebagai suatu proses dalam organisasi dan dapat pula diartikan sebagai suatu kebijakan. Sebagai suatu proses, manajemen… selengkapnya
Rp 90.000Penulis: Alexander Hery, S.E., M.Si., CRP., RSA., CFRM., CIFRS., FAAFM.Cetakan: 1, 2024Ukuran: 16 x 24 cm.Kertas isi: HVS 70 gr.Kertas sampul: AC 230 gr.228 HalamanISBN: 978-602-446-731-9 Sinopsis: Profesi akuntansi telah mengembangkan seperangkat standar yang berlaku umum dan diterima universal. Standar ini diperlukan sebagai patokan (pedoman) dalam penyusunan laporan keuangan yang baku. Dengan adanya standar ini,… selengkapnya
Rp 80.00020%
Yudi Pramudiana, Dr., Ir., MM., MT., dkk. Cetakan 1, 2016 16×24 cm, 216 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-705-0 Sinopsis : Bagaimana memulai rencana bisnis untuk para wirausahawan baru? Buku ini dapat dijadikan pedoman praktis bagaimana menyusun rencana bisnis Anda. Diulas dengan sederhana dan mudah dipahami, tentang bagaimana logika dan… selengkapnya
Rp 44.000 Rp 55.000
Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.