Komunikasi Naratif Paradigma, Analisis, dan Aplikasi
Rp 80.000 Rp 100.000| Kode | RR.KO0087 |
| Status | Tersedia |
| Kategori | Komunikasi |
Komunikasi Naratif Paradigma, Analisis, dan Aplikasi
Alex Sobur, Drs., M.Si.
Cetakan 1, 2014
16×24 cm, 384 hlm.
Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 230 gr.
ISBN: 978-979-692-452-3
Sinopsis :
Endorsement:
Buku karya Alex Sobur—akademisi dari Fikom Universitas Islam Bandung—ini menarik, karena menyajikan sesuatu yang ‘baru’ dalam studi komunikasi, yaitu ‘komunikasi naratif.’ Secara konseptual, gagasan tentang komunikasi naratif merupakan wilayah kajian dalam tradisi retorika yang menjelaskan komunikasi sebagai pidato atau ujaran publik yang indah. Menurut Walter Fisher dalam pemikiran teoretiknya tentang Paradigma Naratif (Narrative Paradigm), orang pada dasarnya adalah storytelling animals. Ini merupakan penegasan Fisher tentang pertanyaan filosofis: Apa esensi dari sifat manusia?. Hampir semua bentuk komunikasi, kata Fisher, pada dasarnya naratif. Buku ini layak dibaca, tidak saja oleh dosen dan mahasiswa, tetapi juga oleh para profesional komunikasi (wartawan) yang memiliki ketertarikan di bidang jurnalisme naratif atau jurnalisme sastrawi.
Dr. Turnomo Rahardjo
Pengajar di Jurusan Ilmu Komunikasi,
FISIP Universitas Diponegoro, Semarang.
Saya dibuat terpana, terpaku oleh narasi-narasi yang terkonstruk dalam buku ini. “This is the real narrative communication.” Sederhana, namun sangat mendalam. Karya yang sangat ‘kualitatif’ ini menenggelamkan kita untuk menyelami ke dasar esensi komunikasi, yakni manusia, ruang, dan waktu. Berbagai narasi yang disajikan Alex Sobur secara sangat jeli berhasil menghentakkan kita, betapa luas dan dalamnya komunikasi. Eksplorasi yang luas dari penulis menjadikan buku ini ‘nyentrik’ berdiri mapan dan terdepan di antara khasanah ilmu komunikasi.
Dr. Andre Ikhsano S.Sos., M.Si.
Dosen Ilmu Komunikasi Program Sarjana dan Pascasarjana
STIKOM-The London School of Public Relations, Jakarta.
Sebuah buku menarik dan enak dibaca. Pembaca diajak memahami citra visual yang dapat dibayangkan sekaligus digambarkan melalui konstruksi narasi verbal dan nonverbal yang sarat interpretasi makna. Secara sistematis dan teoretis, Alex Sobur mengajak kita belajar menarasikan berbagai aspek komunikasi naratif manusia dengan dunia di sekelilingnya. Sebuah alternatif pemikiran ilmiah untuk memahami digitalisasi manusia dalam keterbukaan informasi tanpa batas, ketika interaksi dan narasi manusia dapat diakses secara visual dengan mudah dan cepat melintasi batas-batas ruang dan waktu. Karya yang wajib dibaca bagi para akademisi komununikasi.
Dra. Winny Gunarti, M.Ds.
Dosen, penulis, dan pemerhati budaya visual
Buku ‘Komunikasi Naratif’ ini sangat ‘ensiklopedis’, tetapi bukan sebuah ensiklopedia yang secara pasif memberi informasi ihwal segala aspek komunikasi yang kita perlukan. Alex Sobur tampaknya berangkat dari sebuah strategi akademis yang kokoh dan landasan filsafat pengetahuan yang kuat, namun dipaparkan dengan gaya naratif. Di situlah letak kekuatan dan kelebihan buku ini. Lagi, sebuah ‘karya luar biasa’ yang wajib kita baca.
Dr. A. Saefudin Makmun
Dosen Fakultas Ilmu Komunikasi
Universitas INDONUSA Esa Unggul, Jakarta.
Komunikasi Naratif Paradigma, Analisis, dan Aplikasi
| Berat | 580 gram |
| Kondisi | Baru |
| Dilihat | 1.187 kali |
| Diskusi | Belum ada komentar |
Produk Terkait
20%
Judul : KOMUNIKASI ORGANISASI Pengarang : R.WAYNE PACE/DON F. FAULES Tahun : Cet 3, 2001 Dimensi : 16 x 24 cm, HVS 70 gr, xiii + 566 halaman ISBN : 979-514-683-1 Sinopsis : Buku ini memuat lengkap teori-teori dan strategi pengembangan organisasi dan perusahaan melalui pendekatan komunikasi. Sangat bermanfaat bagi para mahasiswa yang mempelajari komunikasi,… selengkapnya
Rp 112.000 Rp 140.00020%
Penulis: Zaenal Mukarom, Dr. H., M.Si. Cetakan: 1, 2021 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 260 gr. 392 Halaman ISBN: 978-602-446-531-5 Sinopsis : Peristiwa komunikasi terkait erat dengan konteks, dipengaruhi latar belakang, media, lawan bicara, dan isi pesan. Orang perlu alat yang tepat untuk memahaminya. Buku ini menguraikan… selengkapnya
Rp 88.000 Rp 110.00020%
Nina Winangsih Syam, Hj., Prof., Dr., Dra., M.S. Cetakan 1, 2015 16×24 cm, 240 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-638-7 Sinopsis : Filsafat Islam membimbing komunikasi transendental sehingga memberi corak, sifat, dan karakter unik pada proses komunikasi yang berlangsung sehingga memberi kedamaian hati. Dalam konteks ini, komunikasi transendental tidak netral,… selengkapnya
Rp 54.400 Rp 68.00020%
Penulis: Deddy Mulyana, Prof., Dr. Cetakan: 1, 2023 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: Book paper 57,5 gr. Kertas sampul: AC 260 gr. 584 Halaman Sinopsis: Buku ini merupakan dasar-dasar atau pengantar Ilmu Komunikasi yang selama beberapa dasawarsa ini merupakan disiplin ilmu yang sangat populer di Indonesia. Isinya merupakan taksonomi Ilmu Komunikasi yang dimulai… selengkapnya
Rp 128.000 Rp 160.00020%
Judul : ANALISIS TEKS MEDIA Pengarang : ALEX SOBUR, DRS., MSI. Tahun : Cet I, November 2001 Dimensi : 16 x 24 cm, HVS 70 gr, 200 hal + xii ISBN : 979-692-142-1 Sinopsis : Berita yang diterbitkan media massa tidaklah identik dengan peristiwa yang melatarbelakanginya. Berita lebih merupakan upaya rekonstruksi tertulis terhadap suatu realitas…. selengkapnya
Rp 60.000 Rp 75.00020%
Penulis: Reydonnyzar Moenek, Dr. Drs., M.Devt.M. Dr. H., Dadang Suwanda, S.E. M.M., M.Ak., Ak., CA., Wirman Syafri, Prof. Dr. H., M.Si. Cetakan: 1, 2020 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 124 Halaman ISBN: 978-602-446-411-0 Sinopsis : Tujuan utama otonomi daerah adalah meningkatkan kesejahteraan kepada masyarakat, pemberdayaan… selengkapnya
Rp 34.400 Rp 43.00020%
Judul : MENULIS ARTIKEL & KARYA ILMIAH Pengarang : TOTOK DJUROTO Tahun : Cet 8, 2017 Dimensi : 11 x 18 cm, HVS 70 gr, xvi + 184 halaman ISBN : 979-692-152-9 Sinopsis : Menulis artikel dan karya ilmiah saat ini sudah menjadi suatu kebutuhan, baik bagi para profesional maupun masyarakat pada umumnya. Buku ini… selengkapnya
Rp 32.000 Rp 40.00020%
Judul : ILMU KOMUNIKASI TEORI DAN PRAKTEK Pengarang : ONONG UCHJANA EFFENDY Tahun : Cet 28, 2017 Dimensi : 16 x 24 cm, HVS 70 gr, 192 halaman ISBN : 979-514-030-2 Sinopsis : Buku ini tidak hanya membahas komunikasi secara teoritis, tetapi juga menyertakan cara-cara menerapkannya dalam retorika, kepemimpinan, pembangunan, organisasi, pendidikan, hubungan masyarakat, jurnalistik dan… selengkapnya
Rp 44.000 Rp 55.000Penulis: Turnomo Rahardjo, dkk. Cetakan: 1, 2024 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 260 gr. 400 Halaman ISBN: 978-602-446-xxx-x Sinopsis: Buku Memahami Metode Penelitian Komunikasi ini mendiskusikan beragam metode yang digunakan dalam penelitian komunikasi dengan pendekatan tunggal (kuantitatif atau kualitatif) dan pendekatan campuran (mixed-method). Buku ini diawali dengan… selengkapnya
Rp 115.00020%
Penulis: Suranto A. W., Dr., M.Pd., M.Si. Cetakan: 1, 2018 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. Halaman : 240 Halaman ISBN: 978-602-446-300-7 Sinopsis: Siapkah Anda memasuki era Revolusi Industri 4.0 dengan fenomena disruptive innovation? Saat ini, komunikasi memainkan peran penting dalam kehidupan organisasi. Komunikasi menghubungkan semua… selengkapnya
Rp 72.000 Rp 90.000
Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.