Komunikasi Naratif Paradigma, Analisis, dan Aplikasi
Rp 80.000 Rp 100.000Kode | RR.KO0087 |
Status | Tersedia |
Kategori | Komunikasi |
Komunikasi Naratif Paradigma, Analisis, dan Aplikasi
Alex Sobur, Drs., M.Si.
Cetakan 1, 2014
16×24 cm, 384 hlm.
Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 230 gr.
ISBN: 978-979-692-452-3
Sinopsis :
Endorsement:
Buku karya Alex Sobur—akademisi dari Fikom Universitas Islam Bandung—ini menarik, karena menyajikan sesuatu yang ‘baru’ dalam studi komunikasi, yaitu ‘komunikasi naratif.’ Secara konseptual, gagasan tentang komunikasi naratif merupakan wilayah kajian dalam tradisi retorika yang menjelaskan komunikasi sebagai pidato atau ujaran publik yang indah. Menurut Walter Fisher dalam pemikiran teoretiknya tentang Paradigma Naratif (Narrative Paradigm), orang pada dasarnya adalah storytelling animals. Ini merupakan penegasan Fisher tentang pertanyaan filosofis: Apa esensi dari sifat manusia?. Hampir semua bentuk komunikasi, kata Fisher, pada dasarnya naratif. Buku ini layak dibaca, tidak saja oleh dosen dan mahasiswa, tetapi juga oleh para profesional komunikasi (wartawan) yang memiliki ketertarikan di bidang jurnalisme naratif atau jurnalisme sastrawi.
Dr. Turnomo Rahardjo
Pengajar di Jurusan Ilmu Komunikasi,
FISIP Universitas Diponegoro, Semarang.
Saya dibuat terpana, terpaku oleh narasi-narasi yang terkonstruk dalam buku ini. “This is the real narrative communication.” Sederhana, namun sangat mendalam. Karya yang sangat ‘kualitatif’ ini menenggelamkan kita untuk menyelami ke dasar esensi komunikasi, yakni manusia, ruang, dan waktu. Berbagai narasi yang disajikan Alex Sobur secara sangat jeli berhasil menghentakkan kita, betapa luas dan dalamnya komunikasi. Eksplorasi yang luas dari penulis menjadikan buku ini ‘nyentrik’ berdiri mapan dan terdepan di antara khasanah ilmu komunikasi.
Dr. Andre Ikhsano S.Sos., M.Si.
Dosen Ilmu Komunikasi Program Sarjana dan Pascasarjana
STIKOM-The London School of Public Relations, Jakarta.
Sebuah buku menarik dan enak dibaca. Pembaca diajak memahami citra visual yang dapat dibayangkan sekaligus digambarkan melalui konstruksi narasi verbal dan nonverbal yang sarat interpretasi makna. Secara sistematis dan teoretis, Alex Sobur mengajak kita belajar menarasikan berbagai aspek komunikasi naratif manusia dengan dunia di sekelilingnya. Sebuah alternatif pemikiran ilmiah untuk memahami digitalisasi manusia dalam keterbukaan informasi tanpa batas, ketika interaksi dan narasi manusia dapat diakses secara visual dengan mudah dan cepat melintasi batas-batas ruang dan waktu. Karya yang wajib dibaca bagi para akademisi komununikasi.
Dra. Winny Gunarti, M.Ds.
Dosen, penulis, dan pemerhati budaya visual
Buku ‘Komunikasi Naratif’ ini sangat ‘ensiklopedis’, tetapi bukan sebuah ensiklopedia yang secara pasif memberi informasi ihwal segala aspek komunikasi yang kita perlukan. Alex Sobur tampaknya berangkat dari sebuah strategi akademis yang kokoh dan landasan filsafat pengetahuan yang kuat, namun dipaparkan dengan gaya naratif. Di situlah letak kekuatan dan kelebihan buku ini. Lagi, sebuah ‘karya luar biasa’ yang wajib kita baca.
Dr. A. Saefudin Makmun
Dosen Fakultas Ilmu Komunikasi
Universitas INDONUSA Esa Unggul, Jakarta.
Komunikasi Naratif Paradigma, Analisis, dan Aplikasi
Berat | 580 gram |
Kondisi | Baru |
Dilihat | 1.058 kali |
Diskusi | Belum ada komentar |
Produk Terkait
20%
Penulis: Edi Suryadi, Dr., M.Si. Cetakan: 1, 2018 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. Halaman : 172 Halaman ISBN: 978-602-446-272-7 Sinopsis : Mengapa pemimpin organisasi kelembagaan membutuhkan strategi komunikasi? Lalu, apa hubungannya dengan visi dan misi yang terwujud dengan efektif dan efisien? Untuk mempelajarinya terkadang kajian… selengkapnya
Rp 40.800 Rp 51.00020%
Deddy Mulyana, M.A., Prof., Dr., dkk. Cetakan 1, 2015 16×24 cm, 280 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-646-6
Rp 56.000 Rp 70.00020%
Judul : MENULIS ARTIKEL & KARYA ILMIAH Pengarang : TOTOK DJUROTO Tahun : Cet 8, 2017 Dimensi : 11 x 18 cm, HVS 70 gr, xvi + 184 halaman ISBN : 979-692-152-9 Sinopsis : Menulis artikel dan karya ilmiah saat ini sudah menjadi suatu kebutuhan, baik bagi para profesional maupun masyarakat pada umumnya. Buku ini… selengkapnya
Rp 32.000 Rp 40.000Penulis: Turnomo Rahardjo, dkk. Cetakan: 1, 2024 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 260 gr. 400 Halaman ISBN: 978-602-446-xxx-x Sinopsis: Buku Memahami Metode Penelitian Komunikasi ini mendiskusikan beragam metode yang digunakan dalam penelitian komunikasi dengan pendekatan tunggal (kuantitatif atau kualitatif) dan pendekatan campuran (mixed-method). Buku ini diawali dengan… selengkapnya
Rp 115.00020%
Penulis: Deddy Mulyana, Prof., M.A., Ph.D. Cetakan: 1, 2019 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 260 gr. 472 Halaman ISBN: 978-602-446-351-9 Sinopsis : Dari puluhan buku yang ditulis Begawan Ilmu Komunikasi, buku ini paling keren, sarat dengan muatan global dan lokal. Isinya dirangkai dengan serasi, berdasarkan riset perpustakaan… selengkapnya
Rp 92.000 Rp 115.00020%
Deddy Mulyana, Prof., M.A., Ph.D. Cetakan 3, 2015 (REVISI) 16×24 cm, 572 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 310 gr. ISBN: 978-979-692-614-5 Sinopsis : Buku Komunikasi Lintas Budaya ini sangat baik bagi kita karena dewasa ini budaya asing telah menjadi bagian penting bagi penduduk suatu negeri. Komunikasi yang efektif harus mereka lakukan untuk menjalin… selengkapnya
Rp 104.000 Rp 130.00020%
Judul : SEMIOTIKA KOMUNIKASI Pengarang : ALEX SOBUR, DRS., MSI. Tahun : Cet I, 2003 Dimensi : 16 x 24 cm, HVS 70 gr, xxix + 333 hlm ISBN : 979-692-238-X Sinopsis : Buku ini memfokuskan diri pada semiotika komunikasi, yang berkaitan dengan penggunaan dan produksi tanda secara sosial di dalam proses komunikasi. Di dalamnya… selengkapnya
Rp 88.000 Rp 110.00020%
Judul : MEDIA DAN PERUBAHAN SOSIAL Pengarang : DR. ENI MARYANI, DRA., M.SI. Tahun : Cet-1, Januari 2011 Dimensi : 16×24, HVS-70 Gram, AC-210, 236 halaman ISBN : 978-979-692-021-1 Sinopsis : Buku ini memaparkan hasilstudi tentang dinamika hubungan media dengan masyarakat dan perubahan sosial yang menyertainya. Kebutuhan masyarakat akan media pada tiap komunitas tak terelakkan…. selengkapnya
Rp 52.800 Rp 66.00020%
Tito Edy Priandono, M.Si. Cetakan 1, 2016 16×24 cm, 280 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-709-8 Sinopsis : Interaksi komunikasi tidak saja terhambat oleh bahasa tutur yang berbeda, tetapi setiap pihak membawa sudut pandang dan pola berpikir yang berbeda. Pola pikir dan sudut pandang tersebut sangat dipengaruhi oleh identitas, pola… selengkapnya
Rp 56.000 Rp 70.00020%
Hamdan Daulay., Dr., M.Si., M.A. Cetakan 1, 2016 16×24 cm, 184 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-711-1 Sinopsis : Dalam pengelolaan pers di tanah air, sesungguhnya ada aturan main yang menjadi acuan bagi setiap wartawan, yaitu kode etik jurnalistik. Pedoman yang dimuat dalam kode etik jurnalistik secara umum memberi arahan… selengkapnya
Rp 43.200 Rp 54.000
Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.