Gender Dalam Komunikasi Dan Media: Sebuah Pengantar
Rp 52.000 Rp 65.000Kode | RR.KO0115 |
Stok | Tersedia |
Kategori | Komunikasi |
Gender Dalam Komunikasi Dan Media: Sebuah Pengantar
Penulis: Billy K Sarwono, Prof. Dr., M.A., dkk.
Cetakan: 1, 2022
Ukuran: 17,5 x 25 cm.
Kertas isi: HVS 70 gr.
Kertas sampul: AC 230 gr.
176 Halaman
Sinopsis :
Maraknya kasus pelecehan hingga kekerasan seksual adalah fenomena gunung es yang menghantui keseharian perempuan, dan jarang tuntas diselesaikan. Kekerasan seksual terjadi di berbagai area publik termasuk di berbagai lembaga budaya, seperti institusi pendidikan, arena pekerjaan, institusi keagamaan, dan lainnya. Lembaga-lembaga ini menanggung struktur hierarkis, dimana perempuan berada dan bahkan secara sengaja ditempatkan dalam posisi subordinat. Relasi kuasa yang tidak seimbang inilah yang menjadi momok terulangnya berbagai macam kasus kekerasan seksual, dengan perempuan sebagai korbannya.
Ketidaksetaraan posisi antara perempuan dan pelaku masih pula diperparah dengan ketidakberpihakan hukum pada korban perempuan. Begitu pun dengan masyarakat yang bahkan ikut menyudutkan perempuan yang menjadi korban. Bukan tanpa sebab, kenyataan pahit ini adalah buah disposisi peran gender yang keliru yang selalu menempatkan perempuan sebagai objek sehingga layak dipersalahkan. Fenomena ini tentunya memunculkan keprihatinan yang mendalam karena masih banyak pihak yang sengaja mendiamkan masalah ini, baik di ranah luring maupun daring. ‘Kesadaran’ kemudian menjadi kata kunci bagi perempuan maupun aktor-aktor lain di sekitarnya untuk melawan objektivasi narasi besar yang tidak menguntungkan mereka dalam banyak arena sosial. Buku yang menekankan isu gender dalam komunikasi dan media ini merupakan sebuah pengantar. Buku ini menunjukkan bagaimana pentingnya peranan tinjauan dalam studi-studi tentang komunikasi dan media dalam ikut mengurangi terjadinya kekerasan seksual di berbagai lembaga budaya.
Buku ini mengetengahkan gambaran stereotipe yang terdapat dalam berbagai media mainstream dan media daring, termasuk iklan dan game, yang merugikan perempuan dari berbagai lapisan dan dalam berbagai ranah kehidupan. Melalui pembahasan teori komunikasi dan pendekatan penelitian fenomenologi, pembaca diajak untuk lebih memahami problem yang dihadapi perempuan secara utuh dan mendalam. Kelompok perempuan bukanlah subjek tunggal, tetapi memiliki beragam pengalaman dan konteks masalah yang berbeda-beda bahkan berlapis-lapis.
—–
Daftar Isi
Bab I Kajian Komunikasi dan Media Berperspektif Gender
A. Pentingnya Mempelajari Komunikasi, Media, dan Gender
B. Ideologi Media dan Kelompok Dominan
C. Kultur Patriarki
D. Gender
E. Ketidakadilan Gender
F. Konstruksi Bias Gender
G. Proses Produksi Teks di Media yang Bias Gender
H. Kapitalis Ikut Melanggengkan Kultur Patriarki
Bab II Teori Komunikasi yang Berperspektif Feminis
A. Teori Feminis
B. Teori Kritis
C. Irisan Antara Teori Feminis dan Teori Kritis
D. Konseptualisasi Komunikasi dalam Teori
Bab III Perspektif Feminis Dan Ragam Isu Dalam Kajian Komunikasi/Media
A. Pengantar
B. Perspektif Feminisme dalam Media dan Komunikasi
C. Budaya Game (Gaming Culture) dan Perempuan
D. Media Sosial, Pergerakan Politik Perempuan, dan Ruang Aman
Bab IV TREN PENELITIAN GENDER
A. Kajian Gender, Partriarki, dan Ide Perubahan
B. Dari Positivis Hingga Dualitas Tanpa Batas
C. Strategi Fenomenologi sebagai Cara Memahami Gender
D. Fenomenologi Hermeneutik: Mengungkap Pengalaman Gender yang Tidak Terkatakan
E. Kecenderungan Paradigma Penelitian Fenomenologi untuk Lokus Gender
F. Teknik Pengumpulan Data dalam Kajian Gender
G. Unit Analisis dan Subjek Penelitian Gender
H. Teknik Analisis Data dalam Penelitian Gender dengan Strategi Fenomenologi Hermeneutik
Bab V PENUTUP
A. Gender dalam Komunikasi & Media: Semakin Kompleks dan Kontekstual
B. Mewujudkan Kesetaraan Gender bagi Komunitas di Sekitar
Gender Dalam Komunikasi Dan Media: Sebuah Pengantar
Berat | 300 gram |
Kondisi | Baru |
Dilihat | 512 kali |
Diskusi | Belum ada komentar |
Produk Terkait
20%
Penulis: Deddy Mulyana, Prof., M.A., Ph.D. Cetakan: 1, 2019 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 260 gr. 472 Halaman ISBN: 978-602-446-351-9 Sinopsis : Dari puluhan buku yang ditulis Begawan Ilmu Komunikasi, buku ini paling keren, sarat dengan muatan global dan lokal. Isinya dirangkai dengan serasi, berdasarkan riset perpustakaan… selengkapnya
Rp 92.000 Rp 115.00020%
Solatun D. Sayuti, Dr., Drs., M.Sc. Cetakan 1, 2014 16×24 cm, 304 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-158-4 Sinopsis : Komunikasi Pemasaran Politik karya Dr. Solatun ini merupakan paduan sempurna antara paparan teoretik yang komprehensif dan pengalaman praktis keterlibatannya secara langsung di arena pemasaran dan kampanye politik Indonesia pasca reformasi…. selengkapnya
Rp 57.600 Rp 72.00020%
Penulis: Eriyanto, Dr., M.Si. Cetakan: 1, 2019 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. Halaman : 284 Halaman ISBN: 978-602-446-400-4 Sinopsis : Saat ini komunikasi visual menempati posisi sangat penting, apalagi ditambah dengan kehadiran media sosial (seperti Instagram, Facebook, Twitter, YouTube, dan sebagainya). Perkembangan ini membuat komunikasi… selengkapnya
Rp 56.000 Rp 70.00020%
Filsafat Komunikasi Tradisi Fenomenologi Alex Sobur, M.Sc Cet-1, 2013 HVS 70 gr, 16 X 24 cm, 512 Hlm ISBN : 978-979-692-155-3 Sinopsis : Endorsement Filsafat Komunikasi: Sebuah “masterpiece” yang mengajak kita ikut menyelam ke kedalaman filsafat komunikasi. Karenanya, buku ini penting dibaca bagi siapa saja yang ingin menemukan esensi komunikasi. Prof. Deddy Mulyana, M.A., Ph.D…. selengkapnya
Rp 92.000 Rp 115.00020%
Judul : ILMU KOMUNIKASI TEORI DAN PRAKTEK Pengarang : ONONG UCHJANA EFFENDY Tahun : Cet 28, 2017 Dimensi : 16 x 24 cm, HVS 70 gr, 192 halaman ISBN : 979-514-030-2 Sinopsis : Buku ini tidak hanya membahas komunikasi secara teoritis, tetapi juga menyertakan cara-cara menerapkannya dalam retorika, kepemimpinan, pembangunan, organisasi, pendidikan, hubungan masyarakat, jurnalistik dan… selengkapnya
Rp 40.000 Rp 50.00020%
Alex Sobur, Drs., M.Si. Cetakan 1, 2014 16×24 cm, 384 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 230 gr. ISBN: 978-979-692-452-3 Sinopsis : Endorsement: Buku karya Alex Sobur—akademisi dari Fikom Universitas Islam Bandung—ini menarik, karena menyajikan sesuatu yang ‘baru’ dalam studi komunikasi, yaitu ‘komunikasi naratif.’ Secara konseptual, gagasan tentang komunikasi naratif merupakan wilayah kajian dalam… selengkapnya
Rp 72.800 Rp 91.00020%
Judul : DASAR-DASAR PUBLIC RELATIONS Pengarang : SOLEH SUMIRAT Tahun : Cet 1, 2002 Dimensi : 16 x 24 cm, HVS 70 gr, viii + 207 hlm ISBN : 979-692-208-8 Sinopsis : Buku ini buat Anda yang ingin menjadi seorang Public Relations Officer (PRO) yang handal. Buku ini memberi semua hal tentang bagaimana menjadi PRO… selengkapnya
Rp 49.600 Rp 62.00020%
Judul : KOMUNIKASI KONTEKSTUAL Pengarang : DR. ATWAR BAJARI & DRS. S. SAH Tahun : JANUARI 2011 Dimensi : 16×24, HVS-70 Gram, AC-2310, 516 halaman ISBN : 978-979-692-015-0 Sinopsis : Setiap even komunikasi tidak sekadar menunjukkan elemen yang terlibat. Banyak hal yang ditunjukkan. Motif partisipan, wacana yang dibicarakan, media yang digunakan, lingkungan yang mempengaruhi, dan… selengkapnya
Rp 90.400 Rp 113.00020%
Judul : ANALISIS TEKS MEDIA Pengarang : ALEX SOBUR, DRS., MSI. Tahun : Cet I, November 2001 Dimensi : 16 x 24 cm, HVS 70 gr, 200 hal + xii ISBN : 979-692-142-1 Sinopsis : Berita yang diterbitkan media massa tidaklah identik dengan peristiwa yang melatarbelakanginya. Berita lebih merupakan upaya rekonstruksi tertulis terhadap suatu realitas…. selengkapnya
Rp 52.000 Rp 65.00020%
Penulis: Ezi Hendri, M.Si. Cetakan: 1, 2019 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 324 Halaman ISBN: 978-602-446-373-1 Sinopsis : Kadang-kadang kita membeli barang atau jasa yang sebenarnya tak dibutuhkan. Karena trik jualan atau diskon khusus, orang bisa membeli lebih banyak. Konsumen terdorong membeli merek tertentu, ingin memiliki… selengkapnya
Rp 64.000 Rp 80.000
Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.