Guru dan Profesionalisme Kajian Sosio-Edukasi Kependidikan Islam
Rp 50.400 Rp 63.000Kode | RR.PK0459 |
Status | Tersedia |
Kategori | Pendidikan & Keguruan |
Guru dan Profesionalisme Kajian Sosio-Edukasi Kependidikan Islam
Penulis: Arbangi, Dr., M.Si.
Cetakan: 1, 2020
Ukuran: 17,5 x 25 cm.
Kertas isi: HVS 70 gr.
Kertas sampul: AC 230 gr.
168 Halaman
ISBN: 978-602-446-521-6
Sinopsis:
Guru sebagai bagian integral dari organisasi sekolah perlu mengembangkan kompetensinya agar peka dan mampu menghadapi perubahan dan perkembangan zaman. Tugas pokok, fungsi, serta kedudukan guru dalam koridor profesi sangat penting dalam mencapai visi misi pendidikan sehingga peningkatan kualitas keprofesian guru dalam proses pembelajaran menjadi target yang harus dipenuhi guru dalam perannya sebagai eksekutor pembelajaran. Predikat guru Pendidikan Agama Islam sebagai agen perubahan (agent of change) mengharuskan guru sebagai subjek yang dapat tampil sebagai model perubahan (model of change). Eksistensi guru Pendidikan Agama Islam di sekolah yang terkait langsung dengan penyelenggaraan pendidikan Islam dituntut mampu mengantisipasi berbagai tantangan.
Perilaku profesional guru Pendidikan Agama Islam (guru PAI) memiliki perspektif yang berbeda dibandingkan dengan guru umum lainnya. Guru Pendidikan Agama Islam memiliki tugas yang lebih kompleks khususnya di sekolah dan di masyarakat pada umumnya. Guru Pendidikan Agama Islam sebagai public figure dituntut untuk dapat menampilkan keteladanan yang menarik perhatian semua orang, baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan masyarakat. Sikap, perilaku, dan tindakan yang dilakukan oleh seorang guru Pendidikan Agama Islam menjadi cerminan bagi masyarakat atau umat.
Buku yang ada di tangan para pembaca ini merupakan buku yang akan menguraikan tentang seluk-beluk profesionalisme guru PAI melalui program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan yang dicanangkan oleh pemerintah RI.
———–
Daftar Isi
BAB I PENDAHULUAN
BAB II PROFESIONALISME GURU
A. Profesi Guru
B. Perilaku Profesionalisme Guru
C. Perilaku Profesional Guru Pendidikan Agama Islam
D. Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan
BAB III TEORI INTERAKSIONISME SIMBOLIK
A. Konsep Dasar Interaksionisme Simbolik
B. Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) dalam Perspektif Teori Interaksionisme Simbolik
BAB IV GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN PROFESIONALISME
A. Deskripsi Profesionalisme Perspektif Guru PAI
B. Pengembangan Profesionalisme dalam Pembelajaran PAI
C. Implikasi Profesionalisme Guru PAI
BAB V IDEALITAS PROFESIONALISME GURU PAI
A. Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pemahaman, Tindakan, dan Implikasinya
B. Efektivitas Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru Pendidikan Agama Islam
BAB VI PENUTUP
Tags: agama Islam, Asesmen Pendidikan, Guru Profesional, Kajian Pendidikan, Kajian Sosio-Edukasi, Kependidikan Islam, Pembelajaran Inovatif, Pendidikan, pendidikan karakter, Pendidikan Kewirausahaan, Pendidikan Profesionalisme Guru
Guru dan Profesionalisme Kajian Sosio-Edukasi Kependidikan Islam
Berat | 350 gram |
Kondisi | Baru |
Dilihat | 608 kali |
Diskusi | Belum ada komentar |
Produk Terkait
20%
Penulis: Prof. Dr. Nunuk Suryani, M.Pd., Achmad Setiawan, M.Pd., Aditin Putria, M.Pd. Cetakan: 1, 2018 Ukuran: 16 x 24 cm Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. Halaman : 256 Halaman ISBN: 978-602-446-221-5 Sinopsis: Pernahkah Anda mendapati siswa terlihat mudah jenuh ketika pembelajaran berjalan? Buku ini menyorot pentingnya media pembelajaran dan efeknya… selengkapnya
Rp 60.800 Rp 76.00020%
Ahmad Kholil, ST.MT. 16 x 24 cm • 156 hlm Kertas isi HVS 70 gr Kertas sampul AC 210 gr Cetakan 1, 2012 ISBN: 978-979-692-080-8 Sinopsis: Tujuan penggunaan alat berat, yang merupakan faktor penting di dalam proyek-proyek konstruksi dengan skala besar adalah untuk memudahkan manusia dalam mengerjakan pekerjaannya sehingga hasil yang diharapkan dapat tercapai dengan… selengkapnya
Rp 31.200 Rp 39.00020%
MENJADI GURU PROFESIONAL H.E.MULYASA, PROF.DR,M.PD. Cet-15 tahun 2017 HVS 70, 16 x 24 cm ISBN: 979-692-375-0 Sinopsis : Membenahi profesionalisme guru adalah awal yang baik untuk meningkatkan mutu pendidikan. Dalam rangka itulah buku ini diterbitkan. Di dalamnya diuraikan berbagai prinsip dasar, kompetensi, dan profesionalisme guru. Untuk merangsang sikap kreatif dan profesional tersebut, buku ini tidak hanya… selengkapnya
Rp 52.800 Rp 66.00020%
Penulis: Ahmad Tafsir, Prof. Dr. Cetakan: 1, 2019 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. Halaman : 260 Halaman ISBN: 978-602-446-296-3 Sinopsis : Manusia awalnya tidak ada, yang ada hanya Tuhan sendirian. Tidak ada malaikat, tidak ada manusia, tidak ada jin. Dalam kesendiriannya Tuhan ingin dikenal maka… selengkapnya
Rp 60.000 Rp 75.00020%
Mulyasa, H.E., Prof., Dr., M.Pd. Cetakan 1, 2013 16×24 cm, 336 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-142-3 Sinopsis : Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas hanya dapat direkayasa melalui pendidikan yang dirancang oleh guru profesional dan bermutu. Akhir-akhir ini pemerintah sedang melakukan Uji Kompetensi Guru (UKG) yang akan ditindaklanjuti dengan Penilaian… selengkapnya
Rp 75.200 Rp 94.00020%
Judul : EKONOMI & PEMBIAYAAN PENDIDIKAN Pengarang : NANANG FATTAH Tahun : Cet 1, 2000 Dimensi : 16 x 24 cm, HVS 70 gr, viii + 164 hlm ISBN : 979-692-002 Sinopsis : Materi ini membahas tentang konsep ekonomi dan pembiayaan pendidikan, khususnya keterkaitan pendidikan dengan ekonomi secara makro yang mengandung implikasi terhadap kebijakan dalam… selengkapnya
Rp 40.800 Rp 51.00020%
Zulela, M.S., Dr., M.Pd. Cetakan 1, 2012 15×21 cm, 140 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-124-9 Sinopsis: Abad modern menuntut kemampuan membaca dan menulis yang memadai, sehingga bangsa Indonesia dituntut untuk memosisikan dirinya sebagai bangsa yang berbudaya baca tulis. Untuk itu diperlukan upaya pengembangan, baik melalui jalur pendidikan formal maupun… selengkapnya
Rp 27.200 Rp 34.00020%
Judul : PSIKOLOGI PENDIDIKAN Pengarang : M. NGALIM PURWANTO Tahun : 2017, cetakan ke 28 Dimensi : hvs 70 GR, 16 X 24 cm, 184 hlm + xiii ISBN : 979-514-036-1 Sinopsis: Apakah psikologi itu? Apa gunanya kita mempelajari psikologi? Bagaimana pengaruh pembawaan dan pengaruh lingkungan terhadap perkembangan manusia? Mengapa intelegensi seseorang berbeda dengan intelegensi… selengkapnya
Rp 43.200 Rp 54.00020%
Abdul Majid, M.Pd. Cetakan 1, 2013 16×24 cm, 400 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 310 gr. ISBN: 978-979-692-143-0 Sinopsis: Standar proses pendidikan meliputi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, penilaian hasil pembelajaran, dan pengawasan proses pembelajaran untuk terlaksananya proses pembelajaran yang efektif dan efisien. Salah satu prinsip pendidikan adalah proses pembudayaan dan pemberdayaan peserta didik yang… selengkapnya
Rp 84.000 Rp 105.00020%
Judul : MENJADI GURU PROFESIONAL Pengarang : MOH. UZER USMAN Tahun : Cet 29, 2017 Dimensi : 16 x 24 cm, HVS 70 gr, 154 halaman ISBN : 979-514-003-5 Sinopsis: Dalam buku ini penulis memberikan petunjuk praktis untuk menjadi guru profesional. Kepraktisannya menonjol terutama karena menyertakan pedoman, contoh-contoh, dan ciri-ciri profesionalisme keguruan. Anda dapat menggunakannya untuk… selengkapnya
Rp 40.000 Rp 50.000
Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.