Instrumen Penelitian dan Penilaian
Rp 72.000 Rp 90.000| Kode | RR.PK0483 |
| Status | Tersedia |
| Kategori | Pendidikan & Keguruan |
Instrumen Penelitian dan Penilaian
Penulis: Amos Neolaka, Prof. Dr. Ir. Drs., M.Pd., dkk.
Cetakan: 1, 2023
Ukuran: 16 x 24 cm.
Kertas isi: HVS 70 gr.
Kertas sampul: AC 230 gr.
292 Halaman
ISBN: 978-602-446-690-9
Sinopsis:
Manusia dalam hidupnya di dunia selalu menghadapi masalah. Masalah dalam hidup sehari-hari cukup banyak, antara lain masalah penelitian dan masalah penilaian pendidikan. Terdapat masalah yang segera diselesaikan, tetapi ada juga masalah yang tidak bisa diselesaikan dengan segera, dan membutuhkan data autentik dari sumber yang benar. Sumber yang benar didapat dari hasil penelitian. Data hasil penelitian menjadi autentik dan valid jika alat ukur atau instrumen penelitian serta penilaian disusun dengan benar dan memenuhi syarat validitas. Artinya instrumen memegang peranan penting dalam penelitian dan penilaian.
Kenyataan di lapangan berbagai pendekatan untuk masalah pengukuran telah dikembangkan, dan beberapa pertanyaan para pakar adalah apakah instrumen/alat ukur yang dikembangkan diandalkan atau reliabel? Artinya alat ukur itu apakah akurat, konsisten dan stabil? Selanjutnya pertanyaan lain adalah apakah alat ukur itu sah, sahih, atau valid? Artinya apakah alat itu atau instrumen itu benar-benar mengukur apa yang harus diukur atau diklaim untuk diukur? Apakah itu relevan?
Buku ini membahas, antara lain rasional, pengertian instrumen penelitian dan penilaian, jenis- jenis instrumen, yakni instrumen berupa angket, skala pengukuran: Likert, Guttman, Q-sort, Thurstone, Stapel, Bogardus, wawancara, observasi, penilaian program pembelajaran, deskripsi data pengukuran, validitas dan reliabilitas, langkah-langkah pengembangan instrumen, menyusun butir-butir instrumen, serta pengujian keabsahan data.
———-
Daftar Isi
BAB 1 PENDAHULUAN
A. Rasional
B. Pengertian Instrumen Penelitian
C. Pengukuran dan Penilaian
D. Manfaat Instrumen Penelitian dan Penilaian
BAB 2 JENIS-JENIS INSTRUMEN
A. Jenis Instrumen Penelitian
B. Jenis Instrumen Penilaian
BAB 3 PEMAHAMAN STATISTIK PENGUKURAN
A. Skala Pengukuran
B. Skala dan Rubrik Penilaian
C. Deskripsi Data Pengukuran
BAB 4 VALIDITAS DAN RELIABILITAS INSTRUMEN
A. Validitas Instrumen
B. Macam-Macam Validitas
C. Reliabilitas Instrumen
BAB 5 PENGEMBANGAN INSTRUMEN
A. Rasional
B. Langkah-Langkah Pengembangan Instrumen
C. Analisis Butir Instrumen
D. Pengujian Keabsahan Data
Tags: Alat Penelitian, Analisis Data, Evaluasi, Instrumen Penelitian, Metode Penelitian, Penelitian, Penelitian Kuantitatif, Penelitian Pendidikan, Penelitian Sosial, Pengembangan Instrumen, Pengukuran, Penilaian, Penyusunan Instrumen, Reliabilitas, Skala Pengukuran, Statistik Penelitian, Survei, Tes, ualitatif, Validitas
Instrumen Penelitian dan Penilaian
| Berat | 500 gram |
| Kondisi | Baru |
| Dilihat | 1.924 kali |
| Diskusi | Belum ada komentar |
Produk Terkait
20%
Nusa Putra, Dr. Cetakan 1, 2013 16×24 cm, 220 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-171-3 Sinopsis : Tiap penelitian berpegang pada paradigma tertentu. Sebuah paradigma akan mengalami kebuntuan sehingga situasi ini akan melahirkan paradigma baru, dan paradigma tertentu menjadi tidak dominan lagi. Itu berarti adanya paradigma baru membuka peluang bagi… selengkapnya
Rp 49.600 Rp 62.00020%
Judul : LANDASAN MANAJEMEN PENDIDIKAN Pengarang : NANANG FATTAH Tahun : Cet 5, 2001 Dimensi : 16 x 24 cm, HVS 70 gr, viii + 126 halaman ISBN : 979-514-592-4 Sinopsis : Sebagian masyarakat dari dunia pendidikan mengklalim bahwa salah satu faktor penyebab rendahnya kualitas sumber daya manusia di negara kita adalah menyangkut sistem dan… selengkapnya
Rp 34.400 Rp 43.00020%
Judul : SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT Pengarang : ANNA POEDJIADI, PROF, Dr. Tahun : 2005 Dimensi : HVS 60 GR, 16 X 24 cm, 167 HLM + X ISBN : 979-692-479-x Sinopsis : Melalui buku ini, penulisnya mengulas dengan jelas kaitan antara sains dan teknologi serta mafaatnya bagi masyarakat, melalui model pembelajaran sains teknologi masyarakat. Sehingga… selengkapnya
Rp 43.200 Rp 54.00020%
Penulis: Esti Untari, S.Pd., M.Pd. Cetakan: 1, 2020 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 220 Halaman ISBN: 978-602-446-485-1 Sinopsis: Penyajian materi untuk mahasiswa seharusnya dimulai dari ilmu dasar. Begitu juga yang dipelajari oleh mahasiswa PGSD, walaupun harus memahami berbagai macam bidang studi calon guru SD juga… selengkapnya
Rp 68.800 Rp 86.00020%
Penulis: Syefriani Darnis, Dr., M.Pd. Cetakan: 1, 2023 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 284 Halaman ISBN: – Sinopsis: Buku Model Pembelajaran Montessori Islami ini hadir dari kepedulian penulis terhadap metode pembelajaran yang sesuai untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Buku ini membahas tentang pengembangan model pembelajaran… selengkapnya
Rp 78.400 Rp 98.00020%
Penulis: Ahmad Tafsir, Prof. Dr. Cetakan: 1, 2019 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. Halaman : 260 Halaman ISBN: 978-602-446-296-3 Sinopsis : Manusia awalnya tidak ada, yang ada hanya Tuhan sendirian. Tidak ada malaikat, tidak ada manusia, tidak ada jin. Dalam kesendiriannya Tuhan ingin dikenal maka… selengkapnya
Rp 60.000 Rp 75.00020%
Penulis: Dr. Tatag Yuli Eko Siswono, M.Pd. Cetakan: 1, 2018 Ukuran: 17,5 x 25 cm Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. Halaman : 176 Halaman ISBN: 978-602-446-233-8 Sinopsis: Dua aktivitas yang terbukti efektif mengembangkan keterampilan berupa kemampuan berpikir positif, kreatif, kolaboratif, dan komunikatif. Apa itu? Jawabannya adalah pengetahuan dan keterampilan yang… selengkapnya
Rp 56.000 Rp 70.000Penulis: Asep Sudarsyah, DR., M.Pd Cetakan: 1, 2017 Ukuran: 17 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 176 Halaman ISBN: 978-602-446-187-4 Sinopsis: Dalam pengembangan profesi guru proses pembelajaran merupakan kegiatan inti supervisi pendidikan. Kegiatan belajar tersebut ditandai dengan interaksi supervisor dengan guru secara kolaboratif, kolegial, dan berbasis sekolah. Fungsi… selengkapnya
Rp 65.00020%
Benediktus Tanujaya, DR. Cetakan 1, 2013 16×24 cm, 216 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-150-8 Sinopsis: Penelitian dilakukan karena adanya permasalahan yang kita hadapi. Dengan begitu, kita akan terbantu untuk mengambil keputusan yang tepat. Demikian juga dalam kegiatan ilmiah, penelitian dilakukan dengan berbagai prosedur dan standar baku yang telah diuji… selengkapnya
Rp 49.600 Rp 62.00020%
Penulis: Prof. Dr. H. Nanang Priatna, M.Pd. Nurhayati, S.Pd., M.Pd. Silviana Ayu Lorenzia, S.Pd. Cetakan: 1, 2021 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 276 Halaman ISBN: 978-602-446-528-5 Sinopsis: Peningkatan kualitas pembelajaran sains dan teknologi merupakan upaya yang tidak dapat ditunda-tunda lagi sejalan dengan berbagai tantangan yang… selengkapnya
Rp 79.200 Rp 99.000
Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.