Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan
Rp 104.000 Rp 130.000Kode | RR.PK0478 |
Status | Tersedia |
Kategori | Pendidikan & Keguruan |
Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan
Penulis:
Abdul Azis Wahab, Prof., Dr., H., M.A. (Ed)
Sapriya, Prof., Dr., M.Ed.
Cetakan: 1, 2022
Ukuran: 17,5 x 25 cm.
Kertas isi: HVS 70 gr.
Kertas sampul: AC 260 gr.
Halaman : 372 Halaman
ISBN: 978-602-446-660-2
Sinopsis:
Persoalan kewarganegaraan dewasa ini semakin mengedepan dan semakin luas jangkauannya. Oleh sebab itu, setiap negara di dunia akan sangat memperhatikan dan bertanggung jawab terhadap warga negaranya di mana pun mereka berada. Dengan demikian, konsep kewarganegaraan menjadi sebuah konsep penting walaupun harus diakui bahwa konsep warga negara adalah konsep politik Barat. Memahami teori dan landasan kewarganegaraan, warga negara, dan negara merupakan konsep-konsep yang perlu dikaji secara mendalam dalam memahami posisi konsep-konsep utama tersebut dalam kehidupan negara modern.
Semoga kehadiran buku Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan ini dapat membantu meningkatkan pemahaman dan partisipasi kita sebagai warga negara yang sedang membangun suasana demokrasi dalam berbagai aspek kehidupan warga negara dalam kaitannya dengan negara dengan segala permasalahannya.
—–
Daftar Isi
BAGIAN 1
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
Bab I SEJARAH SINGKAT PERKEMBANGAN CIVICS DAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
A. Civics dan Pendidikan Kewarganegaraan dalam Perkembangannya
B. Awal Perkembangan Civics dan Civic Education (PKn) di Amerika Serikat
C. Perkembangan Singkat Civics dan PKn di Indonesia
D. Perkembangan Pembelajaran Civics yang Berorientasi pada Community, Economic, dan Vocational Civics
Bab II CIVICS DAN PEMERINTAHAN PENDAHULUAN 13
A. Civics dalam Kurikulum Sekolah
B. Pedoman Politik Civics
C. Proses Demokrasi Politik
D. Pemerintahan Perwakilan
E. Hubungan Antarwarga Negara dengan dan Antarwarga Negara dengan Pemerintah yang Diatur oleh Hukum
Bab III CIVICS, CIVIC EDUCATION, DAN CITIZENSHIP EDUCATION
A. Civics: Ilmu Kewarganegaraan dan Pengetahuan Warga Negara
B. Citizen, Citizenship, dan Civic/Citizenship Education (Pendidikan Kewarganegaraan)
C. Pendidikan Kewarganegaraan dalam Demokrasi
D. Harapan-Harapan untuk Pendidikan Kewarganegaraan
Bab IV PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SEBAGAI ISU DUNIA
A. Permasalahan Kehidupan Bernegara di Indonesia
B. Dasar dan Tantangan Pendidikan Demokrasi untuk Kewargaan Dunia Internasional
C. Pilar-pilar Pendidikan Internasional
D. Pendidikan Demokrasi untuk Kewargaan Global
BAGIAN 2
PKN SEBAGAI PENDIDIKAN DISIPLIN ILMU
Bab V DISIPLIN ILMU PENDIDIKAN DAN PENDIDIKAN DISIPLIN ILMU
A. Disiplin Ilmu Pendidikan
B. Pendidikan Disiplin Ilmu
Bab VI ILMU-ILMU SOSIAL DAN PENDIDIKAN DISIPLIN ILMU SOSIAL
A. Hakikat Ilmu-ilmu Sosial
B. Pendidikan Disiplin Ilmu Sosial
Bab VII PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SEBAGAI TRADISI DALAM SOCIAL STUDIES
A. Tradisi Social Studies
B. PKn dalam Social Studies
BAGIAN 3
TEORI KEWARGANEGARAAN
Bab VIII MENGAPA KEWARGANEGARAAN 101
A. Gagasan Awal Kewarganegaraan
B. Kewarganegaraan pada Masa Kontemporer
Bab IX KEWARGANEGARAAN SEBAGAI AGENDA POLITIK
A. Perubahan Politik di Beberapa Negara
B. Kewarganegaraan dan Redemokratisasi
Bab X TEORI KEWARGANEGARAAN
A. Makna Kewarganegaraan
B. Perkembangan Doktrin Kewarganegaraan
C. Tiga Teori Kewarganegaraan
D. Neo Republikan: Teori Kewarganegaraan Alternatif
BAGIAN 4
WARGA NEGARA
Bab XI SIAPA WARGA NEGARA
A. Konsep Warga Negara: Tinjauan Historis
B. Warga Negara: Konsep Klasik
C. Konseptualisasi Masyarakat Kontemporer
E. Mengonstruksi Masyarakat Pluralistik
Bab XII WARGA NEGARA INDONESIA
A. Siapa Warga Negara Indonesia itu?
B. Cara-Cara Memperoleh Kewarganegaraan Indonesia
C. Cara-Cara Kehilangan Kewarganegaraan Indonesia
Bab XIII WARGA GLOBAL
A. Siapa Warga Global itu?
B. Perspektif Global
C. Pendidikan Global
BAGIAN 5
LANDASAN DAN RASIONAL PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI INDONESIA
Bab XIV LANDASAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN INDONESIA
A. Landasan Konseptual
B. Landasan Formal Yuridis
C. Landasan Kurikuler
Bab XV KARAKTERISTIK DAN PERKEMBANGAN PKN DI INDONESIA
A. Sejarah Lahirnya PKn di Indonesia
B. Perkembangan Civic Educotion di Indonesia
C. Konsep Civic Education di Indonesia
D. Penerapan Civic Education di Indonesia
Bab XVI TUJUAN DAN MATERI PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
A. Tujuan PKn
B. Objek Kajian PKn
C. Materi Kurikulum PKn
Bab XVII PENDEKATAN, METODE, DAN PENILAIAN PENDIDIKAN KEWARGANEGRAAN DI INDONESIA
A. Pendekatan PKn
B. Strategi dan Metode pembelajaran PKn
C. Penilaian Pembelajaran PKn
Tags: etika dan moral dalam pendidikan kewarganegaraan, keadilan sosial dan inklusifitas dalam pendidikan kewarganegaraan, keterampilan kewarganegaraan, kewarganegaraan global, kurikulum pendidikan kewarganegaraan, landasan pendidikan kewarganegaraan, nilai-nilai kewarganegaraan, partisipasi masyarakat dalam pendidikan kewarganegaraan, pemikiran kritis dalam pendidikan kewarganegaraan, pendidikan demokrasi, pendidikan kewarganegaraan, pendidikan politik, pengembangan warga negara yang bertanggung jawab, peran pendidikan kewarganegaraan dalam pembangunan nasional, teori pendidikan kewarganegaraan
Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan
Berat | 630 gram |
Kondisi | Baru |
Dilihat | 2.877 kali |
Diskusi | Belum ada komentar |
Produk Terkait
20%
Judul : EKONOMI & PEMBIAYAAN PENDIDIKAN Pengarang : NANANG FATTAH Tahun : Cet 1, 2000 Dimensi : 16 x 24 cm, HVS 70 gr, viii + 164 hlm ISBN : 979-692-002 Sinopsis : Materi ini membahas tentang konsep ekonomi dan pembiayaan pendidikan, khususnya keterkaitan pendidikan dengan ekonomi secara makro yang mengandung implikasi terhadap kebijakan dalam… selengkapnya
Rp 40.800 Rp 51.00020%
Sitepu, B.P., Prof., Dr., M.A. Cetakan 1, 2012 16×24 cm, 196 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-104-1 Sinopsis : Selaras dengan kemajuan industri buku di Indonesia, Pemerintah secara bertahap memilih buku teks pelajaran dari buku-buku yang diterbitkan swasta. Kebijakan ini berlaku untuk semua mata pelajaran di semua jenis dan tingkat… selengkapnya
Rp 46.400 Rp 58.00020%
Judul : PERILAKU ORGANISASI: TEORI DAN PRAKTIK DI BIDANG P Pengarang : HENDYAT SOETOPO Tahun : Cet-1, Desember 2010 Dimensi : 16×24, HVS-70 Gram, AC-210, 312 halaman ISBN : 978-979-692-013-6 Sinopsis: Apabila ingin mengetahui apa dan bagaimana Perilaku Organisasi, inilah buku yang membahas bagaimana belajar organisasi dan bagaimana menerapkannya. Pembahasan dalam buku ini, dilakukan secara… selengkapnya
Rp 59.200 Rp 74.00020%
Ismet Basuki, Prof., Dr., dkk. Cetakan 1, 2014 16×24 cm, 252 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-471-4 Sinopsis : Penilaian merupakan komponen penting dalam dunia pendidikan. Untuk meningkatkan kualitas pendidikan dapat dilakukan dengan upaya peningkatan kualitas sistem pembelajaran dan kualitas sistem penilaiannya. Penilaian memiliki peran yang sangat penting dalam kualitas… selengkapnya
Rp 57.600 Rp 72.00020%
Abdul Madjid, M.Pd. Cetakan 1, 2014 16×24 cm, 280 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-582-7 Sinopsis : Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran adalah bagian integral dari proses kegiatan pembelajaran. Penilaian ini bertujuan menilai efektivitas dan efisiensi kegiatan pengajaran sebagai bahan untuk perbaikan dan penyempurnaan program serta pelaksanaannya. Salah satu… selengkapnya
Rp 56.000 Rp 70.00020%
Dra. Hj. Endang Setyo Winarni, M.Pd. & Dra. Sri Harmini, S.Pd., M.Pd. 16 x 24 cm, 184 hlm Kertas isi HVS-70 gr Kertas sampul AC-210 gr Cetakan 1, 2011 ISBN: 978-979-692-008-2 Sinopsis: Pada waktu berpikir kritis, kita menggunakan penalaran induktif dan deduktif. Penalaran induktif merupakan penalaran yang berlangsung dari hal yang khusus ke hal yang… selengkapnya
Rp 43.200 Rp 54.00020%
Suyono, Prof., dkk. Cetakan 1, 2015 16×24 cm, 340 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 230 gr. ISBN: 978-979-692-625-1 Sinopsis : Buku Implementasi Belajar dan Pembelajaran ini lebih memfokuskan pembahasannya pada perkembangan pembelajaran dan implementasinya, termasuk bagaimana implementasi pada abad ke-21. Bagaimanakah peran guru dalam pembelajaran abad ke-21, sebagai pemandu perubahan, inkubator pembelajaran, dan… selengkapnya
Rp 72.800 Rp 91.00020%
Penulis: Asep Ediana Latip, S.Ag., M.Pd. Cetakan: 1, 2018 Ukuran: 16 x 24 cm Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. Halaman : 240 Halaman ISBN: 978-602-446-203-1 Sinopsis: Evaluasi pembelajaran yang penulis uraikan pada buku ini, dikembangkan berdasarkan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia pada Program Studi Pendidikan Guru… selengkapnya
Rp 52.800 Rp 66.00020%
Nanang Arif Guntoro, DR., Msi. Cetakan 1, 2013 16×24 cm, 248 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-129-4 Sinopsis: Ilmu pengetahuan murni dan ilmu pengetahuan terapan merupakan dua hal yang saling berhubungan satu sama lain. Ilmu terapan tidak akan bisa berkembang tanpa adanya ilmu pengetahuan murni, dan sebaliknya ilmu pengetahuan murni… selengkapnya
Rp 56.000 Rp 70.00020%
Penulis: Alex Sobur, Drs., M.Si. dan Deddy Mulyana, Prof., M.A., Ph.D. Cetakan: 1, 2020 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 260 gr. 576 Halaman ISBN: 978-602-446-485-1 Sinopsis: This book is a well-constructed, well-designed, highly engaging intellectual product and a very comprehensive reference on phenomenology in a single book…. selengkapnya
Rp 116.000 Rp 145.000
Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.