Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan
Rp 104.000 Rp 130.000Kode | RR.PK0478 |
Status | Tersedia |
Kategori | Pendidikan & Keguruan |
Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan
Penulis:
Abdul Azis Wahab, Prof., Dr., H., M.A. (Ed)
Sapriya, Prof., Dr., M.Ed.
Cetakan: 1, 2022
Ukuran: 17,5 x 25 cm.
Kertas isi: HVS 70 gr.
Kertas sampul: AC 260 gr.
Halaman : 372 Halaman
ISBN: 978-602-446-660-2
Sinopsis:
Persoalan kewarganegaraan dewasa ini semakin mengedepan dan semakin luas jangkauannya. Oleh sebab itu, setiap negara di dunia akan sangat memperhatikan dan bertanggung jawab terhadap warga negaranya di mana pun mereka berada. Dengan demikian, konsep kewarganegaraan menjadi sebuah konsep penting walaupun harus diakui bahwa konsep warga negara adalah konsep politik Barat. Memahami teori dan landasan kewarganegaraan, warga negara, dan negara merupakan konsep-konsep yang perlu dikaji secara mendalam dalam memahami posisi konsep-konsep utama tersebut dalam kehidupan negara modern.
Semoga kehadiran buku Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan ini dapat membantu meningkatkan pemahaman dan partisipasi kita sebagai warga negara yang sedang membangun suasana demokrasi dalam berbagai aspek kehidupan warga negara dalam kaitannya dengan negara dengan segala permasalahannya.
—–
Daftar Isi
BAGIAN 1
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
Bab I SEJARAH SINGKAT PERKEMBANGAN CIVICS DAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
A. Civics dan Pendidikan Kewarganegaraan dalam Perkembangannya
B. Awal Perkembangan Civics dan Civic Education (PKn) di Amerika Serikat
C. Perkembangan Singkat Civics dan PKn di Indonesia
D. Perkembangan Pembelajaran Civics yang Berorientasi pada Community, Economic, dan Vocational Civics
Bab II CIVICS DAN PEMERINTAHAN PENDAHULUAN 13
A. Civics dalam Kurikulum Sekolah
B. Pedoman Politik Civics
C. Proses Demokrasi Politik
D. Pemerintahan Perwakilan
E. Hubungan Antarwarga Negara dengan dan Antarwarga Negara dengan Pemerintah yang Diatur oleh Hukum
Bab III CIVICS, CIVIC EDUCATION, DAN CITIZENSHIP EDUCATION
A. Civics: Ilmu Kewarganegaraan dan Pengetahuan Warga Negara
B. Citizen, Citizenship, dan Civic/Citizenship Education (Pendidikan Kewarganegaraan)
C. Pendidikan Kewarganegaraan dalam Demokrasi
D. Harapan-Harapan untuk Pendidikan Kewarganegaraan
Bab IV PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SEBAGAI ISU DUNIA
A. Permasalahan Kehidupan Bernegara di Indonesia
B. Dasar dan Tantangan Pendidikan Demokrasi untuk Kewargaan Dunia Internasional
C. Pilar-pilar Pendidikan Internasional
D. Pendidikan Demokrasi untuk Kewargaan Global
BAGIAN 2
PKN SEBAGAI PENDIDIKAN DISIPLIN ILMU
Bab V DISIPLIN ILMU PENDIDIKAN DAN PENDIDIKAN DISIPLIN ILMU
A. Disiplin Ilmu Pendidikan
B. Pendidikan Disiplin Ilmu
Bab VI ILMU-ILMU SOSIAL DAN PENDIDIKAN DISIPLIN ILMU SOSIAL
A. Hakikat Ilmu-ilmu Sosial
B. Pendidikan Disiplin Ilmu Sosial
Bab VII PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SEBAGAI TRADISI DALAM SOCIAL STUDIES
A. Tradisi Social Studies
B. PKn dalam Social Studies
BAGIAN 3
TEORI KEWARGANEGARAAN
Bab VIII MENGAPA KEWARGANEGARAAN 101
A. Gagasan Awal Kewarganegaraan
B. Kewarganegaraan pada Masa Kontemporer
Bab IX KEWARGANEGARAAN SEBAGAI AGENDA POLITIK
A. Perubahan Politik di Beberapa Negara
B. Kewarganegaraan dan Redemokratisasi
Bab X TEORI KEWARGANEGARAAN
A. Makna Kewarganegaraan
B. Perkembangan Doktrin Kewarganegaraan
C. Tiga Teori Kewarganegaraan
D. Neo Republikan: Teori Kewarganegaraan Alternatif
BAGIAN 4
WARGA NEGARA
Bab XI SIAPA WARGA NEGARA
A. Konsep Warga Negara: Tinjauan Historis
B. Warga Negara: Konsep Klasik
C. Konseptualisasi Masyarakat Kontemporer
E. Mengonstruksi Masyarakat Pluralistik
Bab XII WARGA NEGARA INDONESIA
A. Siapa Warga Negara Indonesia itu?
B. Cara-Cara Memperoleh Kewarganegaraan Indonesia
C. Cara-Cara Kehilangan Kewarganegaraan Indonesia
Bab XIII WARGA GLOBAL
A. Siapa Warga Global itu?
B. Perspektif Global
C. Pendidikan Global
BAGIAN 5
LANDASAN DAN RASIONAL PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI INDONESIA
Bab XIV LANDASAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN INDONESIA
A. Landasan Konseptual
B. Landasan Formal Yuridis
C. Landasan Kurikuler
Bab XV KARAKTERISTIK DAN PERKEMBANGAN PKN DI INDONESIA
A. Sejarah Lahirnya PKn di Indonesia
B. Perkembangan Civic Educotion di Indonesia
C. Konsep Civic Education di Indonesia
D. Penerapan Civic Education di Indonesia
Bab XVI TUJUAN DAN MATERI PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
A. Tujuan PKn
B. Objek Kajian PKn
C. Materi Kurikulum PKn
Bab XVII PENDEKATAN, METODE, DAN PENILAIAN PENDIDIKAN KEWARGANEGRAAN DI INDONESIA
A. Pendekatan PKn
B. Strategi dan Metode pembelajaran PKn
C. Penilaian Pembelajaran PKn
Tags: etika dan moral dalam pendidikan kewarganegaraan, keadilan sosial dan inklusifitas dalam pendidikan kewarganegaraan, keterampilan kewarganegaraan, kewarganegaraan global, kurikulum pendidikan kewarganegaraan, landasan pendidikan kewarganegaraan, nilai-nilai kewarganegaraan, partisipasi masyarakat dalam pendidikan kewarganegaraan, pemikiran kritis dalam pendidikan kewarganegaraan, pendidikan demokrasi, pendidikan kewarganegaraan, pendidikan politik, pengembangan warga negara yang bertanggung jawab, peran pendidikan kewarganegaraan dalam pembangunan nasional, teori pendidikan kewarganegaraan
Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan
Berat | 630 gram |
Kondisi | Baru |
Dilihat | 2.677 kali |
Diskusi | Belum ada komentar |
Produk Terkait
20%
Cepi Triatna, Dr., M.Pd. Cetakan 1, 2015 16×24 cm, 200 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-629-9 Sinopsis: Kajian mengenai perilaku manusia saat ini tidak akan terlepas dari keterhubungan dan pengaruhnya (interaksi) dengan lingkungannya. Untuk dapat memahami mengenai perilaku organisasi secara tepat, terlebih dahulu harus dipahami beberapa konsep terkait dengan perilaku… selengkapnya
Rp 47.200 Rp 59.00020%
Penulis: Johar Permana, Prof. Dr. H., M.A. Taufani C. Kurniatun, Dr., M.Si. Liah Siti Syarifah, S.Pd.I., M.Pd. Cetakan: 1, 2019 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 232 Halaman ISBN: 978-602-446-370-0 Sinopsis : Setiap negara memiliki kebijakan yang berbeda dalam menggunakan pendekatan pada perencanaan pendidikannya. Hal tersebut… selengkapnya
Rp 70.400 Rp 88.00020%
Benediktus Tanujaya, DR. Cetakan 1, 2013 16×24 cm, 216 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-150-8 Sinopsis: Penelitian dilakukan karena adanya permasalahan yang kita hadapi. Dengan begitu, kita akan terbantu untuk mengambil keputusan yang tepat. Demikian juga dalam kegiatan ilmiah, penelitian dilakukan dengan berbagai prosedur dan standar baku yang telah diuji… selengkapnya
Rp 49.600 Rp 62.00020%
Dr. E. Mulyasa, M.Pd. 16×24 cm – 224 hlm Kertas Isi HVS 70 gr, 2 warna – Sampul AC 210 gr Cetakan 15, 2014 ISBN: 979-692-196-0 Sinopsis : Konsep Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) ini dimaksudkan untuk menghadapi pelaksanaan otonomi daerah. Di mana pemerintah daerah diberi otonomi untuk mengatur rumah tangganya sendiri, termasuk dunia pendidikan. Lalu… selengkapnya
Rp 64.000 Rp 80.00020%
Penulis: Hendro Widodo, Dr., M. Pd. Etyk Nurhayati, M. Pd. Cetakan: 1, 2022 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 160 Halaman Sinopsis: Karakter peduli lingkungan merupakan salah satu karakter yang perlu ditumbuh-kembangkan pada peserta didik sekolah dasar. Hal ini mejadi modal dasar bagi peserta didik untuk… selengkapnya
Rp 50.400 Rp 63.00020%
Kompri, M.Pd.I. Cetakan 1, 2015 16×24 cm, 336 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 230 gr. ISBN: 978-979-692-634-3 Sinopsis: Motivasi dapat diartikan sebagai kekuatan (energi) seseorang yang dapat menimbulkan tingkat persistensi dan antusiasme dalam melaksanakan suatu kegiatan, baik yang bersumber dari dalam diri individu itu sendiri (motivasi intrinsik) maupun dari luar individu (motivasi ekstrinsik)…. selengkapnya
Rp 76.000 Rp 95.000Penulis: Syefriani Darnis, Dr., M.Pd. Cetakan: 1, 2024 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 272 Halaman ISBN: 978-602-446-714-2 Sinopsis: Manajemen kelas adalah proses perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru di kelas agar tercapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Mengelola kelas merupakan bagian integral… selengkapnya
Rp 103.00020%
Mahdiyah, Dr., Ir., M.Kes. Cetakan 1, 2014 16×24 cm, 132 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-576-6 Sinopsis : Selama ini Statistika sering diidentikkan sebagai mata kuliah yang cukup sulit. Ketika mendengar nama bidang ilmu statistika saja, kebanyakan dari kita sudah membayangkan sesuatu yang sulit dan rumit. Di tengah situasi seperti… selengkapnya
Rp 32.800 Rp 41.00020%
Judul : PSI. PERKEMBANGAN ANAK & REMAJA Pengarang : SYAMSU YUSUF LN. Tahun : Cet 2, 2001 Dimensi : 16 x 24 cm, HVS 70 gr, xii + 220 halaman ISBN : 979-692-000-X Sinopsis : Buku ini merupakan salah satu karya yang layak dijadikan rujukan dalam memahami anak. Penulisnya, mendeskripsikan aspek-aspek perkembangan individu pada setiap… selengkapnya
Rp 56.000 Rp 70.00020%
Judul : LANDASAN PSIKOLOGI PROSES PENDIDIKAN Pengarang : NANA SYAODIH S. Tahun : Cet 1, April 2003 Dimensi : 16 x 24 cm, HVS 70 gr ISBN : 979-692-240-1 Sinopsis : Inti pendidikan adalah interaksi. Interaksi antara pendidik dan peserta didik. Suatu interaksi yang di dalamnya terjadi proses transfer pemahaman tertentu, yang melibatkan secara simultan… selengkapnya
Rp 64.000 Rp 80.000
Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.