Membangun Keterlibatan Mahasiswa Dalam Kuliah Daring
Rp 51.200 Rp 64.000Kode | RR.PK0476 |
Status | Tersedia |
Kategori | Pendidikan & Keguruan |
Membangun Keterlibatan Mahasiswa Dalam Kuliah Daring
Penulis: Jann Hidayat Tjakraatmadja. Prof., Dr., MSIE., Dkk.
Cetakan: 1, 2022
Ukuran: 15 x 21 cm.
Kertas isi: HVS 70 gr.
Kertas sampul: AC 230 gr.
216 Halaman
ISBN: 978-602-446-634-3
Sinopsis:
Teknologi telah menjadi faktor utama yang menentukan perubahan zaman, dan menjadi penyebab perubahan dunia pendidikan juga. Pada awal 2020, teknologi telah bersinergi dengan pandemi Covid-19 menjadi pemicu utama terjadinya percepatan perubahan peradaban dunia, yang juga berdampak pada dunia pendidikan.
Tantangan dunia pendidikan menjadi semakin krusial pada era new normal ini karena proses pendidikan memiliki keterbatasan agar bisa disampaikan tanpa harus tatap muka (pendidikan dengan metode online atau daring/dalam jaringan). Kehadiran teknologi belajar jarak jauh memungkinkan institusi pendidikan untuk melakukan kreativitas dalam menemukan model belajar-mengajar yang lebih cerdas (lebih produktif dan inovatif), maupun untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas belajar-mengajar sehingga variasi materi maupun metode belajar-mengajar dan keluasan jangkauan pelayanan belajar-mengajar bisa ditingkatkan.
————
Daftar Isi
Bab I Pendahuluan
A. Education 1.0
B. Education 2.0
C. Education 3.0
D. Education 4.0
Bab II Smart Learning dalam Konteks Smart Campus 13
A. Kampus Cerdas (Smart Campus)
B. Belajar Cerdas (Smart Learning)
C. Kuliah Daring Sebagai Komponen Belajar Cerdas
Bab III Membangun Relasi Humanis dalam Kuliah Daring
A. Apa yang Harus Diketahui Sebelum Kuliah Daring
B. Tantangan dan Adaptasi Pengajar
C. Tantangan dan Adaptasi Mahasiswa
D. Silabus dan Koordinasi Antarmata Kuliah Daring
E. Menyiapkan Beban Kerja Mahasiswa
F. Membangun Komunikasi Humanis (Sebelum, Saat, dan Setelah Kuliah Daring)
G. Etika dan Aturan Dasar Kuliah Daring
Bab IV Menyiapkan Perangkat Keras Pendukung Kuliah Daring
A. Kebutuhan Sarana dan Prasarana Kuliah Daring
B. Perbandingan Karakteristik dan Kemampuan Fitur Beberapa Aplikasi Daring
C. Meningkatkan Keterampilan Penggunaan Fitur Aplikasi Daring Webex
Bab V Menyiapkan Perangkat Lunak Kuliah Daring
A. Pembelajaran Sinkronus (In class: Lecturing, Video, Studi Kasus, Simulasi, Quiz, Evaluasi)
B. Asynchronous (Asinkronus)
C. Meningkatkan Keterlibatan Pembelajar dalam Pembelajaran Daring: Penggunaan Simulasi, Kasus, dan Permainan (Gamification)
Bab VI Kuliah Daring di Program Sarjana SBM
A. Kendala Teknis
B. Kendala Sesi Tanya Jawab
C. Tantangan untuk Memastikan Mahasiswa Memperhatikan Sesi Perkuliahan
D. Tantangan untuk Menghidupkan Kelas
E. Evaluasi Mahasiswa Program Sarjana terhadap Pelaksanaan Kuliah Daring
F. Hasil Survei Mahasiswa Program Sarjana (S1)
Bab VII Kuliah Daring di Program MBA SBM
A. Metode Case-Teaching Secara Daring di Tengah Pandemik Covid-19
B. Mengajar Daring Mata Kuliah Accounting di Tengah Pandemik Covid-19
C. Evaluasi Mahasiswa MBA Kampus Jakarta: Menilai Kesiapan SBM ITB Menghadapi Kuliah Daring
D. Hasil Survei Pendapat Mahasiswa MBA
Bab VIII Kuliah Daring di Program M SM/DSM SBM
A. Mahasiswa MSM (Master of Science Management)
B. Mahasiswa DSM (Doctor of Science Management)
Tags: e-learning, evaluasi pembelajaran online, interaksi mahasiswa-dosen, keterlibatan mahasiswa, kreativitas dalam pembelajaran daring, kuliah daring, lended learning, motivasi mahasiswa, partisipasi mahasiswa, pembelajaran jarak jauh, pembelajaran online, pendidikan tinggi, pengembangan keterampilan, peran teknologi dalam pembelajaran online, strategi pembelajaran online
Membangun Keterlibatan Mahasiswa Dalam Kuliah Daring
Berat | 330 gram |
Kondisi | Baru |
Dilihat | 966 kali |
Diskusi | Belum ada komentar |
Produk Terkait
20%
Prof. Dr. Dedy Mulyasana, M.Pd. 16 x 24 cm – 252 hlm Kertas Isi HVS-70 gr – Sampul AC-210 gr Cetakan 3, 2015 ISBN: 978-979-692-064-8 Sinopsis: Di masa kini, diperlukan lembaga pendidikan yang bermutu. Lantas bagaimana cara menciptakan pendidikan yang bermutu dan berdaya saing? Buku ini memaparkan konsep manajemen strategis yang berperan menciptakan pendidikan berdaya… selengkapnya
Rp 57.600 Rp 72.00020%
Judul : ILMU PENDIDIKAN TEORITIS DAN PRAKTIS Pengarang : M. NGALIM PURWANTO Tahun : Cet 13, 2000 Dimensi : 16 x 24 cm, HVS 70 gr, xiii + 197 halaman ISBN : 979-514-384-0 Sinopsis : Buku ini terdiri atas dua bagian: bagian teoritis praktis dan bagian praktis. Berbagai teori pendidikan dibahas dan setiap masalah dijelaskan… selengkapnya
Rp 49.600 Rp 62.00020%
Sunaryo Kartadinata, Prof., Dr., M.Pd., dkk. Cetakan 1, 2015 15×21 cm, 204 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-641-1 Sinopsis : Perdamaian, kedamaian, dan bahkan kekerasan pertama kali dibangun dalam pikiran manusia. Jika kedamaian ada dalam pikiran kita, maka lingkungan kita akan cenderung menjadi damai. Oleh karena itu, terciptanya kedamaian pertama… selengkapnya
Rp 40.000 Rp 50.00020%
Abdul Madjid, dkk. Cetakan 1, 2014 16×24 cm, 348 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-581-0 Sinopsis : Pelaksanaan pembelajaran akan berjalan efektif apabila didahului dengan penyiapan rencana pembelajaran yang mengacu pada Silabus. Rencana pembelajaran tersebut perlu dikembangkan semaksimal mungkin oleh guru, baik secara individu maupun kelompok, agar kompetensi sikap, pengetahuan,… selengkapnya
Rp 76.000 Rp 95.00020%
Ahmad Tafsir, Dr., Prof. Cetakan 1, 2012 16×24 cm, 332 hlm. Isi: Bookpaper 57,5 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-075-4 Sinopsis: Ilmu Pendidikan Islami (IPI) merupakan ilmu pendidikan berdasarkan pandangan Islam. Hal ini sangat penting karena untuk menghasilkan orang yang beriman dan bertakwa yang merupakan tujuan pendidikan. Tentunya orang tersebut harus memiliki akal yang… selengkapnya
Rp 76.000 Rp 95.00020%
Penulis: Alex Sobur, Drs., M.Si. dan Deddy Mulyana, Prof., M.A., Ph.D. Cetakan: 1, 2020 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 260 gr. 576 Halaman ISBN: 978-602-446-485-1 Sinopsis: This book is a well-constructed, well-designed, highly engaging intellectual product and a very comprehensive reference on phenomenology in a single book…. selengkapnya
Rp 116.000 Rp 145.00020%
H. Drs. Soegiono, M.M., dkk. Cetakan 1, 2012 16×24 cm, BW, 140 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-086-0 Sinopsis: Para mahasiswa, para ilmuwan, para sastrawan, para budayawan, para politikus, para rohaniwan, dan bahkan anggota masyarakat umum, menggunakan filsafat sesuai dengan bidangnya masing-masing. Oleh karena itu tampak terjadi keberagaman dalam penggunaannya,… selengkapnya
Rp 34.400 Rp 43.00020%
Judul : PERILAKU ORGANISASI: TEORI DAN PRAKTIK DI BIDANG P Pengarang : HENDYAT SOETOPO Tahun : Cet-1, Desember 2010 Dimensi : 16×24, HVS-70 Gram, AC-210, 312 halaman ISBN : 978-979-692-013-6 Sinopsis: Apabila ingin mengetahui apa dan bagaimana Perilaku Organisasi, inilah buku yang membahas bagaimana belajar organisasi dan bagaimana menerapkannya. Pembahasan dalam buku ini, dilakukan secara… selengkapnya
Rp 59.200 Rp 74.00020%
Judul : PERENCANAAN PENDIDIKAN Pengarang : UDIN SYAEFUDIN SA’UD,DKK. Tahun : 2005 Dimensi : 16×24 cm, HVS 60 gr, 288 hlm. ISBN : 979-692-516-8 Sinopsis: Perencanaan pendidikan menjadi kunci efektivitas kegiatan untuk mencapai tujuan pendidikan yang diharapkan. Namun kenyataannya, perencanaan pendidikan lebih dijadikan faktor pelengkap, sehingga sering terjadi tujuan yang ditetapkan tidak tercapai secara optimal…. selengkapnya
Rp 59.200 Rp 74.00020%
Penulis: Esti Untari, S.Pd., M.Pd. Cetakan: 1, 2020 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 220 Halaman ISBN: 978-602-446-485-1 Sinopsis: Penyajian materi untuk mahasiswa seharusnya dimulai dari ilmu dasar. Begitu juga yang dipelajari oleh mahasiswa PGSD, walaupun harus memahami berbagai macam bidang studi calon guru SD juga… selengkapnya
Rp 68.800 Rp 86.000
Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.