Membangun Keterlibatan Mahasiswa Dalam Kuliah Daring
Rp 51.200 Rp 64.000| Kode | RR.PK0476 |
| Status | Tersedia |
| Kategori | Pendidikan & Keguruan |
Membangun Keterlibatan Mahasiswa Dalam Kuliah Daring
Penulis: Jann Hidayat Tjakraatmadja. Prof., Dr., MSIE., Dkk.
Cetakan: 1, 2022
Ukuran: 15 x 21 cm.
Kertas isi: HVS 70 gr.
Kertas sampul: AC 230 gr.
216 Halaman
ISBN: 978-602-446-634-3
Sinopsis:
Teknologi telah menjadi faktor utama yang menentukan perubahan zaman, dan menjadi penyebab perubahan dunia pendidikan juga. Pada awal 2020, teknologi telah bersinergi dengan pandemi Covid-19 menjadi pemicu utama terjadinya percepatan perubahan peradaban dunia, yang juga berdampak pada dunia pendidikan.
Tantangan dunia pendidikan menjadi semakin krusial pada era new normal ini karena proses pendidikan memiliki keterbatasan agar bisa disampaikan tanpa harus tatap muka (pendidikan dengan metode online atau daring/dalam jaringan). Kehadiran teknologi belajar jarak jauh memungkinkan institusi pendidikan untuk melakukan kreativitas dalam menemukan model belajar-mengajar yang lebih cerdas (lebih produktif dan inovatif), maupun untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas belajar-mengajar sehingga variasi materi maupun metode belajar-mengajar dan keluasan jangkauan pelayanan belajar-mengajar bisa ditingkatkan.
————
Daftar Isi
Bab I Pendahuluan
A. Education 1.0
B. Education 2.0
C. Education 3.0
D. Education 4.0
Bab II Smart Learning dalam Konteks Smart Campus 13
A. Kampus Cerdas (Smart Campus)
B. Belajar Cerdas (Smart Learning)
C. Kuliah Daring Sebagai Komponen Belajar Cerdas
Bab III Membangun Relasi Humanis dalam Kuliah Daring
A. Apa yang Harus Diketahui Sebelum Kuliah Daring
B. Tantangan dan Adaptasi Pengajar
C. Tantangan dan Adaptasi Mahasiswa
D. Silabus dan Koordinasi Antarmata Kuliah Daring
E. Menyiapkan Beban Kerja Mahasiswa
F. Membangun Komunikasi Humanis (Sebelum, Saat, dan Setelah Kuliah Daring)
G. Etika dan Aturan Dasar Kuliah Daring
Bab IV Menyiapkan Perangkat Keras Pendukung Kuliah Daring
A. Kebutuhan Sarana dan Prasarana Kuliah Daring
B. Perbandingan Karakteristik dan Kemampuan Fitur Beberapa Aplikasi Daring
C. Meningkatkan Keterampilan Penggunaan Fitur Aplikasi Daring Webex
Bab V Menyiapkan Perangkat Lunak Kuliah Daring
A. Pembelajaran Sinkronus (In class: Lecturing, Video, Studi Kasus, Simulasi, Quiz, Evaluasi)
B. Asynchronous (Asinkronus)
C. Meningkatkan Keterlibatan Pembelajar dalam Pembelajaran Daring: Penggunaan Simulasi, Kasus, dan Permainan (Gamification)
Bab VI Kuliah Daring di Program Sarjana SBM
A. Kendala Teknis
B. Kendala Sesi Tanya Jawab
C. Tantangan untuk Memastikan Mahasiswa Memperhatikan Sesi Perkuliahan
D. Tantangan untuk Menghidupkan Kelas
E. Evaluasi Mahasiswa Program Sarjana terhadap Pelaksanaan Kuliah Daring
F. Hasil Survei Mahasiswa Program Sarjana (S1)
Bab VII Kuliah Daring di Program MBA SBM
A. Metode Case-Teaching Secara Daring di Tengah Pandemik Covid-19
B. Mengajar Daring Mata Kuliah Accounting di Tengah Pandemik Covid-19
C. Evaluasi Mahasiswa MBA Kampus Jakarta: Menilai Kesiapan SBM ITB Menghadapi Kuliah Daring
D. Hasil Survei Pendapat Mahasiswa MBA
Bab VIII Kuliah Daring di Program M SM/DSM SBM
A. Mahasiswa MSM (Master of Science Management)
B. Mahasiswa DSM (Doctor of Science Management)
Tags: e-learning, evaluasi pembelajaran online, interaksi mahasiswa-dosen, keterlibatan mahasiswa, kreativitas dalam pembelajaran daring, kuliah daring, lended learning, motivasi mahasiswa, partisipasi mahasiswa, pembelajaran jarak jauh, pembelajaran online, pendidikan tinggi, pengembangan keterampilan, peran teknologi dalam pembelajaran online, strategi pembelajaran online
Membangun Keterlibatan Mahasiswa Dalam Kuliah Daring
| Berat | 330 gram |
| Kondisi | Baru |
| Dilihat | 1.351 kali |
| Diskusi | Belum ada komentar |
Produk Terkait
20%
Judul : PENELITIAN PENDIDIKAN Pengarang : DRS. ZAINAL ARIFIN, M.PD. Tahun : Cet. 1, Mei 2011 Dimensi : 16 X 24 cm, 328 hlm, HVS-70 gr, AC-210 ISBN : 978-979-692-048-8 Sinopsis : Mahasiswa dan para praktisi pendidikan tentunya harus terlibat dalam upaya pemecahan masalah pendidikan, salah satunya melalui karya tulis ilimiah (penelitian) sebagai bentuk tanggung… selengkapnya
Rp 60.800 Rp 76.00020%
Penulis: Deddy Mulyana, Prof., M.A., Ph.D. Cetakan: 9, 2018 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 260 gr. Halaman : 488 Halaman ISBN: 978-602-446-268-0 Sinopsis: Sejak lulus doktor dari Monash University Australia tahun 1996, khususnya setelah terbit edisi pertama buku ini tahun 2001, Profesor Deddy Mulyana menjadi pelopor dan… selengkapnya
Rp 138.400 Rp 173.00020%
Ahmad Tafsir, Dr., Prof. Cetakan 1, 2012 16×24 cm, 332 hlm. Isi: Bookpaper 57,5 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-075-4 Sinopsis: Ilmu Pendidikan Islami (IPI) merupakan ilmu pendidikan berdasarkan pandangan Islam. Hal ini sangat penting karena untuk menghasilkan orang yang beriman dan bertakwa yang merupakan tujuan pendidikan. Tentunya orang tersebut harus memiliki akal yang… selengkapnya
Rp 76.000 Rp 95.00020%
KorupsikorupsiMoh. Yamin Cetakan 1, 2016 16 x 24 cm, 152 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-721-0 Sinopsis: Korupsi di negeri tercinta ini benar-benar telah menjadi penyakit yang sangat luar biasa destruktif. Korupsi telah meluluhlantakkan sendi-sendi kehidupan berbangsa. Dengan kata lain, korupsi telah membuyarkan masa depan bangsa menuju bangsa yang besar… selengkapnya
Rp 38.400 Rp 48.00020%
Cepi Triatna, M.Pd., Dr. Cetakan 1, 2015 16×24 cm, 172 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-630-5 Sinopsis: Secara teoretis maupun praktis, kajian mengenai pengembangan kapasitas manajemen sekolah masih sangat jarang dilakukan di Indonesia, bahkan di dunia internsional sekalipun. Namun demikian, pengembangan kapasitas manajemen sekolah merupakan tren yang sedang dikaji oleh… selengkapnya
Rp 40.800 Rp 51.00020%
Suyadi, M.PD.I Cetakan 1, 2013 16×24 cm, 224 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-137-9 Sinopsis : Data realistik menunjukkan bahwa moralitas dan karakter bangsa saat ini telah runtuh, sehingga dengan sendirinya telah mengundang berbagai musibah dan bencana yang meluas pada ranah sosial keagamaan, hukum, maupun politik di negeri ini. Kemendiknas… selengkapnya
Rp 51.200 Rp 64.00020%
Abdul Madjid, M.Pd. Cetakan 1, 2012 16×24 cm, 388 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 230 gr. ISBN: 978-979-692-120-1 Sinopsis : Pendidikan Agama Islam (PAI) merupakan salah satu mata pelajaran yang diberikan kepada siswa/mahasiswa mulai dari tingkat dasar sampai perguruan tinggi yang syarat dengan muatan nilai-nilai (Ilahiah, insaniah dan alamiah). Dalam konteks NKRI yang… selengkapnya
Rp 80.000 Rp 100.00020%
Ismet Basuki, Prof., Dr., dkk. Cetakan 1, 2014 16×24 cm, 252 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-471-4 Sinopsis : Penilaian merupakan komponen penting dalam dunia pendidikan. Untuk meningkatkan kualitas pendidikan dapat dilakukan dengan upaya peningkatan kualitas sistem pembelajaran dan kualitas sistem penilaiannya. Penilaian memiliki peran yang sangat penting dalam kualitas… selengkapnya
Rp 57.600 Rp 72.00020%
Judul : PERENCANAAN PENDIDIKAN Pengarang : UDIN SYAEFUDIN SA’UD,DKK. Tahun : 2005 Dimensi : 16×24 cm, HVS 60 gr, 288 hlm. ISBN : 979-692-516-8 Sinopsis: Perencanaan pendidikan menjadi kunci efektivitas kegiatan untuk mencapai tujuan pendidikan yang diharapkan. Namun kenyataannya, perencanaan pendidikan lebih dijadikan faktor pelengkap, sehingga sering terjadi tujuan yang ditetapkan tidak tercapai secara optimal…. selengkapnya
Rp 59.200 Rp 74.000Penulis: Syefriani Darnis, Dr., M.Pd. Cetakan: 1, 2024 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 272 Halaman ISBN: 978-602-446-714-2 Sinopsis: Manajemen kelas adalah proses perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru di kelas agar tercapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Mengelola kelas merupakan bagian integral… selengkapnya
Rp 103.000
Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.