Komunikasi Risiko
Rp 64.000 Rp 80.000Kode | RR.KO0111 |
Status | Tersedia |
Kategori | Komunikasi |
Komunikasi Risiko
Penulis : Inadia Aristyavani S.E, M.I.Kom, MIPR, CPR, CCMP
Ukuran Buku : 16 x 24 cm
Halaman : 244
Kertas Isi : HVS 70
Kertas Sampul : AC 230 gr
Sinopsis:
Buku ini merupakan pengantar dalam memahami komunikasi risiko. Isi buku menguraikan konsep-konsep dasar, teori, hingga strategi dan penerapan manajemen komunikasi risiko. Bagian awal buku ini menjelaskan pemahaman mengenai risiko, definisi risiko, perbedaan risiko dengan konsep lain sebagai bahaya, kerentanan, dan kapasitas. Bagian selanjutnya membahas mengenai konsep dasar komunikasi risiko (definisi komunikasi risiko, perbedaan komunikasi risiko dengan komunikasi krisis). Bagian ini juga menjelaskan mengenai elemen komunikasi risiko (komunikator, pesan, khalayak), dan dampak dari komunikasi risiko. Bagian terakhir buku ini, mendiskusikan mengenai manajemen komunikasi risiko, model dan praktik manajemen komunikasi risiko di berbagai negara dan terdapat uraian umum keterkaitan dengan Enterprise Risk Management, Governance Risk Compliance, dan Reputational Risk.
Daftar Isi
BAB I MEMAHAMI RISIKO
A. Definisi Risiko (Risk)
B. Perbedaan Risiko dengan Konsep Lain
C. Pentingnya Risiko
D. Pendekatan dalam Memahami Risiko
BAB II PERSEPSI RISIKO
A. Risiko Objektif Versus Subjektif
B. Peta Persepsi Risiko
C. Penyebab Persepsi Risiko
BAB III AMPLIFIKASI RISIKO
A. Peranan Media
B. Amplifikasi Sosial Risiko
BAB IV KOMPONEN RISIKO
A. Bahaya (Hazard)
B. Kerentanan (Vulnerability)
C. Kapasitas (Capacity)
D. Melihat Risiko Secara Holistik
BAB V RISIKO DAN KERENTANAN (VULNERABILITY)
A. Model PAR (Pressure And Release)
B. Jenis Kerentanan
BAB VI RISIKO DAN KAPASITAS ADAPTIF
A. Model Akses
B. Kapasitas Adaptif dan Kerentanan
C. Pentingnya Komunikasi
BAB VII PENGERTIAN KOMUNIKASI RISIKO
A. Definisi Komunikasi Risiko
B. Mengapa Komunikasi Risiko Penting?
C. Bidang Komunikasi Risiko
BAB VIII KOMUNIKASI RISIKO VERSUS KOMUNIKASI KRISIS
A. Fokus
B. Pesan
C. Dasar Pembuatan Pesan
D. Tokoh Sentral
E. Frekuensi
F. Orientasi Pesan
G. Media Yang Digunakan
H. Ruang Lingkup
I. Pengendalian
BAB IX DESAIN KOMUNIKASI RISIKO
A. Bahaya dan Kemarahan
B. Strategi Komunikasi Risiko
BAB X PESAN DALAM KOMUNIKASI RISIKO: ANCAMAN DAN EFIKASI
A. Ancaman dan Efikasi
B. Extended Parallel Process Model (EPPM)
C. Desain Pesan Risiko
BAB XI KHALAYAK SASARAN KOMUNIKASI RISIKO
A. Khalayak yang Beragam
B. Risk Perception Attitude (RPA)
BAB XII DAMPAK KOMUNIKASI RISIKO: KESADARAN DAN PERUBAHAN PERILAKU
A. Teori Kepercayaan Kesehatan (Health Belief Model/HBM)
B. The Protection Motivation Model (TPM)
C. Theory Of Planed Behavior (TPB)
BAB XIII MANAJEMEN KOMUNIKASI RISIKO: MODEL WUHAN, CHINA
A. Prinsip Utama Komunikasi Risiko
B. Gambaran Model
C. Evaluasi Model
BAB XIV MANAJEMEN KOMUNIKASI RISIKO: MODEL FAO/WHO
A. Gambaran Umum
B. Manajemen Risiko (Risk Management)
C. Penilaian Risiko (Risk Assessment)
D. Komunikasi Risiko (Risk Communication)
BAB XV MANAJEMEN KOMUNIKASI RISIKO: MODEL IRGC
A. Penilaian Awal (Pre-Assessment)
B. Penilaian (Assessment)
C. Karakterisasi dan Evaluasi
D. Manajemen
E. Titik Hubung (Cross-Cutting)
BAB XVI MANAJEMEN KOMUNIKASI RISIKO DALAM ORGANISASI: Enterprise Risk Management, Governance Risk Compliance dan Reputational Risk
A. Enteprise Risk Management (ERM)
B. Tahapan ERM
C. Governance Risk Compliance (GRC)
D. Risiko Reputasi (Reputational Risk)
Tags: analisis risiko, asuransi, evaluasi risiko, identifikasi risiko, keamanan informasi, kebijakan risiko, kepatuhan risiko, komunikasi krisis, komunikasi risiko, manajemen risiko, mitigasi risiko, pemulihan krisis, pengambilan keputusan risiko, pengukuran risiko, regulasi risiko, respons risiko
Komunikasi Risiko
Berat | 600 gram |
Kondisi | Baru |
Dilihat | 979 kali |
Diskusi | Belum ada komentar |
Produk Terkait
20%
Filsafat Komunikasi Tradisi Fenomenologi Alex Sobur, M.Sc Cet-1, 2013 HVS 70 gr, 16 X 24 cm, 512 Hlm ISBN : 978-979-692-155-3 Sinopsis : Endorsement Filsafat Komunikasi: Sebuah “masterpiece” yang mengajak kita ikut menyelam ke kedalaman filsafat komunikasi. Karenanya, buku ini penting dibaca bagi siapa saja yang ingin menemukan esensi komunikasi. Prof. Deddy Mulyana, M.A., Ph.D…. selengkapnya
Rp 92.000 Rp 115.00020%
Judul : ANALISIS TEKS MEDIA Pengarang : ALEX SOBUR, DRS., MSI. Tahun : Cet I, November 2001 Dimensi : 16 x 24 cm, HVS 70 gr, 200 hal + xii ISBN : 979-692-142-1 Sinopsis : Berita yang diterbitkan media massa tidaklah identik dengan peristiwa yang melatarbelakanginya. Berita lebih merupakan upaya rekonstruksi tertulis terhadap suatu realitas…. selengkapnya
Rp 60.000 Rp 75.00020%
Solatun D. Sayuti, Dr., Drs., M.Sc. Cetakan 1, 2014 16×24 cm, 304 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-158-4 Sinopsis : Komunikasi Pemasaran Politik karya Dr. Solatun ini merupakan paduan sempurna antara paparan teoretik yang komprehensif dan pengalaman praktis keterlibatannya secara langsung di arena pemasaran dan kampanye politik Indonesia pasca reformasi…. selengkapnya
Rp 57.600 Rp 72.00020%
Penulis: Deddy Mulyana, Prof., Dr. Cetakan: 1, 2023 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: Book paper 57,5 gr. Kertas sampul: AC 260 gr. 584 Halaman Sinopsis: Buku ini merupakan dasar-dasar atau pengantar Ilmu Komunikasi yang selama beberapa dasawarsa ini merupakan disiplin ilmu yang sangat populer di Indonesia. Isinya merupakan taksonomi Ilmu Komunikasi yang dimulai… selengkapnya
Rp 128.000 Rp 160.00020%
Judul : DASAR-DASAR PUBLIC RELATIONS Pengarang : SOLEH SUMIRAT Tahun : Cet 1, 2002 Dimensi : 16 x 24 cm, HVS 70 gr, viii + 207 hlm ISBN : 979-692-208-8 Sinopsis : Buku ini buat Anda yang ingin menjadi seorang Public Relations Officer (PRO) yang handal. Buku ini memberi semua hal tentang bagaimana menjadi PRO… selengkapnya
Rp 49.600 Rp 62.00020%
Penulis: Dr. Basuki Agus Suparno, M.Si. Cetakan: 1, 2022 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 144 Halaman ISBN: 978-602-446-644-2 Sinopsis : “Life is a drama,” begitu kata Kenneth Burke. Tensi dramatik manusia ditampilkan dalam cara-cara memoralisasi, memuji, merendahkan, dan usaha-usaha untuk memperlihatkan diri sebagai orang yang… selengkapnya
Rp 42.400 Rp 53.00020%
Judul : MEDIA DAN PERUBAHAN SOSIAL Pengarang : DR. ENI MARYANI, DRA., M.SI. Tahun : Cet-1, Januari 2011 Dimensi : 16×24, HVS-70 Gram, AC-210, 236 halaman ISBN : 978-979-692-021-1 Sinopsis : Buku ini memaparkan hasilstudi tentang dinamika hubungan media dengan masyarakat dan perubahan sosial yang menyertainya. Kebutuhan masyarakat akan media pada tiap komunitas tak terelakkan…. selengkapnya
Rp 52.800 Rp 66.00020%
Penulis: Edi Suryadi, Dr., M.Si. Cetakan: 1, 2018 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. Halaman : 172 Halaman ISBN: 978-602-446-272-7 Sinopsis : Mengapa pemimpin organisasi kelembagaan membutuhkan strategi komunikasi? Lalu, apa hubungannya dengan visi dan misi yang terwujud dengan efektif dan efisien? Untuk mempelajarinya terkadang kajian… selengkapnya
Rp 40.800 Rp 51.00020%
Penulis: Eriyanto, Dr., M.Si. Cetakan: 1, 2019 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. Halaman : 284 Halaman ISBN: 978-602-446-400-4 Sinopsis : Saat ini komunikasi visual menempati posisi sangat penting, apalagi ditambah dengan kehadiran media sosial (seperti Instagram, Facebook, Twitter, YouTube, dan sebagainya). Perkembangan ini membuat komunikasi… selengkapnya
Rp 59.200 Rp 74.00020%
Hamdan Daulay., Dr., M.Si., M.A. Cetakan 1, 2016 16×24 cm, 184 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-711-1 Sinopsis : Dalam pengelolaan pers di tanah air, sesungguhnya ada aturan main yang menjadi acuan bagi setiap wartawan, yaitu kode etik jurnalistik. Pedoman yang dimuat dalam kode etik jurnalistik secara umum memberi arahan… selengkapnya
Rp 43.200 Rp 54.000
Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.