Komunikasi Risiko
Rp 64.000 Rp 80.000| Kode | RR.KO0111 |
| Status | Tersedia |
| Kategori | Komunikasi |
Komunikasi Risiko
Penulis : Inadia Aristyavani S.E, M.I.Kom, MIPR, CPR, CCMP
Ukuran Buku : 16 x 24 cm
Halaman : 244
Kertas Isi : HVS 70
Kertas Sampul : AC 230 gr
Sinopsis:
Buku ini merupakan pengantar dalam memahami komunikasi risiko. Isi buku menguraikan konsep-konsep dasar, teori, hingga strategi dan penerapan manajemen komunikasi risiko. Bagian awal buku ini menjelaskan pemahaman mengenai risiko, definisi risiko, perbedaan risiko dengan konsep lain sebagai bahaya, kerentanan, dan kapasitas. Bagian selanjutnya membahas mengenai konsep dasar komunikasi risiko (definisi komunikasi risiko, perbedaan komunikasi risiko dengan komunikasi krisis). Bagian ini juga menjelaskan mengenai elemen komunikasi risiko (komunikator, pesan, khalayak), dan dampak dari komunikasi risiko. Bagian terakhir buku ini, mendiskusikan mengenai manajemen komunikasi risiko, model dan praktik manajemen komunikasi risiko di berbagai negara dan terdapat uraian umum keterkaitan dengan Enterprise Risk Management, Governance Risk Compliance, dan Reputational Risk.
Daftar Isi
BAB I MEMAHAMI RISIKO
A. Definisi Risiko (Risk)
B. Perbedaan Risiko dengan Konsep Lain
C. Pentingnya Risiko
D. Pendekatan dalam Memahami Risiko
BAB II PERSEPSI RISIKO
A. Risiko Objektif Versus Subjektif
B. Peta Persepsi Risiko
C. Penyebab Persepsi Risiko
BAB III AMPLIFIKASI RISIKO
A. Peranan Media
B. Amplifikasi Sosial Risiko
BAB IV KOMPONEN RISIKO
A. Bahaya (Hazard)
B. Kerentanan (Vulnerability)
C. Kapasitas (Capacity)
D. Melihat Risiko Secara Holistik
BAB V RISIKO DAN KERENTANAN (VULNERABILITY)
A. Model PAR (Pressure And Release)
B. Jenis Kerentanan
BAB VI RISIKO DAN KAPASITAS ADAPTIF
A. Model Akses
B. Kapasitas Adaptif dan Kerentanan
C. Pentingnya Komunikasi
BAB VII PENGERTIAN KOMUNIKASI RISIKO
A. Definisi Komunikasi Risiko
B. Mengapa Komunikasi Risiko Penting?
C. Bidang Komunikasi Risiko
BAB VIII KOMUNIKASI RISIKO VERSUS KOMUNIKASI KRISIS
A. Fokus
B. Pesan
C. Dasar Pembuatan Pesan
D. Tokoh Sentral
E. Frekuensi
F. Orientasi Pesan
G. Media Yang Digunakan
H. Ruang Lingkup
I. Pengendalian
BAB IX DESAIN KOMUNIKASI RISIKO
A. Bahaya dan Kemarahan
B. Strategi Komunikasi Risiko
BAB X PESAN DALAM KOMUNIKASI RISIKO: ANCAMAN DAN EFIKASI
A. Ancaman dan Efikasi
B. Extended Parallel Process Model (EPPM)
C. Desain Pesan Risiko
BAB XI KHALAYAK SASARAN KOMUNIKASI RISIKO
A. Khalayak yang Beragam
B. Risk Perception Attitude (RPA)
BAB XII DAMPAK KOMUNIKASI RISIKO: KESADARAN DAN PERUBAHAN PERILAKU
A. Teori Kepercayaan Kesehatan (Health Belief Model/HBM)
B. The Protection Motivation Model (TPM)
C. Theory Of Planed Behavior (TPB)
BAB XIII MANAJEMEN KOMUNIKASI RISIKO: MODEL WUHAN, CHINA
A. Prinsip Utama Komunikasi Risiko
B. Gambaran Model
C. Evaluasi Model
BAB XIV MANAJEMEN KOMUNIKASI RISIKO: MODEL FAO/WHO
A. Gambaran Umum
B. Manajemen Risiko (Risk Management)
C. Penilaian Risiko (Risk Assessment)
D. Komunikasi Risiko (Risk Communication)
BAB XV MANAJEMEN KOMUNIKASI RISIKO: MODEL IRGC
A. Penilaian Awal (Pre-Assessment)
B. Penilaian (Assessment)
C. Karakterisasi dan Evaluasi
D. Manajemen
E. Titik Hubung (Cross-Cutting)
BAB XVI MANAJEMEN KOMUNIKASI RISIKO DALAM ORGANISASI: Enterprise Risk Management, Governance Risk Compliance dan Reputational Risk
A. Enteprise Risk Management (ERM)
B. Tahapan ERM
C. Governance Risk Compliance (GRC)
D. Risiko Reputasi (Reputational Risk)
Tags: analisis risiko, asuransi, evaluasi risiko, identifikasi risiko, keamanan informasi, kebijakan risiko, kepatuhan risiko, komunikasi krisis, komunikasi risiko, manajemen risiko, mitigasi risiko, pemulihan krisis, pengambilan keputusan risiko, pengukuran risiko, regulasi risiko, respons risiko
Komunikasi Risiko
| Berat | 600 gram |
| Kondisi | Baru |
| Dilihat | 1.483 kali |
| Diskusi | Belum ada komentar |
Produk Terkait
20%
Tito Edy Priandono, M.Si. Cetakan 1, 2016 16×24 cm, 280 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-709-8 Sinopsis : Interaksi komunikasi tidak saja terhambat oleh bahasa tutur yang berbeda, tetapi setiap pihak membawa sudut pandang dan pola berpikir yang berbeda. Pola pikir dan sudut pandang tersebut sangat dipengaruhi oleh identitas, pola… selengkapnya
Rp 56.000 Rp 70.00020%
Penulis: Eriyanto, Dr., M.Si. Cetakan: 1, 2019 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. Halaman : 284 Halaman ISBN: 978-602-446-400-4 Sinopsis : Saat ini komunikasi visual menempati posisi sangat penting, apalagi ditambah dengan kehadiran media sosial (seperti Instagram, Facebook, Twitter, YouTube, dan sebagainya). Perkembangan ini membuat komunikasi… selengkapnya
Rp 59.200 Rp 74.00020%
Judul : SEMIOTIKA KOMUNIKASI Pengarang : ALEX SOBUR, DRS., MSI. Tahun : Cet I, 2003 Dimensi : 16 x 24 cm, HVS 70 gr, xxix + 333 hlm ISBN : 979-692-238-X Sinopsis : Buku ini memfokuskan diri pada semiotika komunikasi, yang berkaitan dengan penggunaan dan produksi tanda secara sosial di dalam proses komunikasi. Di dalamnya… selengkapnya
Rp 88.000 Rp 110.00020%
Nina Winangsih Syam, Hj., Prof., Dr., Dra., M.S. Cetakan 1, 2014 16×24 cm, 168 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-596-4 Sinopsis : Era gelombang peradaban manusia di dunia ini terjadi melalui 3 (tiga) era, yakni era pertanian, era industri, dan era informasi. Pembahasan komunikasi peradaban dalam buku ini, tidak hanya… selengkapnya
Rp 39.200 Rp 49.00020%
Penulis: Deddy Mulyana, Prof., Dr. Cetakan: 1, 2023 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: Book paper 57,5 gr. Kertas sampul: AC 260 gr. 584 Halaman Sinopsis: Buku ini merupakan dasar-dasar atau pengantar Ilmu Komunikasi yang selama beberapa dasawarsa ini merupakan disiplin ilmu yang sangat populer di Indonesia. Isinya merupakan taksonomi Ilmu Komunikasi yang dimulai… selengkapnya
Rp 128.000 Rp 160.00020%
Penulis: Eriyanto, Dr., M.Si. Cetakan: 1, 2022 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 296 Halaman ISBN: 978-602-446-636-7 Sinopsis : Buku ini merupakan pengantar dalam memahami Metode Analisis Jejaring Wacana (diterjemahkan dari Discourse Network Analysis/DNA). Metode DNA adalah metode yang digunakan untuk memetakan wacana (discourse) dan aktor,… selengkapnya
Rp 80.000 Rp 100.00020%
Penulis: Reydonnyzar Moenek, Dr. Drs., M.Devt.M. Dr. H., Dadang Suwanda, S.E. M.M., M.Ak., Ak., CA., Wirman Syafri, Prof. Dr. H., M.Si. Cetakan: 1, 2020 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 124 Halaman ISBN: 978-602-446-411-0 Sinopsis : Tujuan utama otonomi daerah adalah meningkatkan kesejahteraan kepada masyarakat, pemberdayaan… selengkapnya
Rp 34.400 Rp 43.00020%
Penulis: Suranto A. W., Dr., M.Pd., M.Si. Cetakan: 1, 2018 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. Halaman : 240 Halaman ISBN: 978-602-446-300-7 Sinopsis: Siapkah Anda memasuki era Revolusi Industri 4.0 dengan fenomena disruptive innovation? Saat ini, komunikasi memainkan peran penting dalam kehidupan organisasi. Komunikasi menghubungkan semua… selengkapnya
Rp 72.000 Rp 90.00020%
Judul : HUMAN COMMUNICATION 1 Pengarang : STEWART L.TUBBS & SYLVIA MOSS Tahun : Cet 3, 2001 Dimensi : 16 x 24 cm, HVS 70 gr, xv + 256 halaman ISBN : 979-514-577-0 Sinopsis : Banyak penelitian menunjukkan bahwa komunikasi yang efektif memberikan keuntungan dalam mencapai tujuan pribadi dan pekerjaan. Komunikasi yang efektif merupakan keahlian… selengkapnya
Rp 60.000 Rp 75.00020%
Judul : ILMU KOMUNIKASI TEORI DAN PRAKTEK Pengarang : ONONG UCHJANA EFFENDY Tahun : Cet 28, 2017 Dimensi : 16 x 24 cm, HVS 70 gr, 192 halaman ISBN : 979-514-030-2 Sinopsis : Buku ini tidak hanya membahas komunikasi secara teoritis, tetapi juga menyertakan cara-cara menerapkannya dalam retorika, kepemimpinan, pembangunan, organisasi, pendidikan, hubungan masyarakat, jurnalistik dan… selengkapnya
Rp 44.000 Rp 55.000
Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.