Bimbingan Dan Konseling Remaja
Rp 80.000 Rp 100.000Kode | RR.PK0470 |
Status | Tersedia |
Kategori | Pendidikan & Keguruan |
Bimbingan Dan Konseling Remaja
Penulis:
Syamsu Yusuf, Prof., Dr., H., L.N., M.Pd.
Nani M. Sugandhi, Dr., M.Pd.
Aas Saomah, Dra., M.Si.
Cetakan: 1, 2021
Ukuran: 16 x 24 cm.
Kertas isi: HVS 70 gr.
Kertas sampul: AC 260 gr.
340 Halaman
ISBN: 978-602-446-593-3
Sinopsis:
Remaja (dalam hal ini siswa SLTP dan SLTA) memiliki peranan penting dalam masyarakat. Mereka adalah harapan bangsa dan calon pemimpin masa depan. Oleh karena itu, perlu dikembangkan potensi dirinya yang berdimensi biopsikososiospiritual sebagai pribadi yang utuh. Saat ini, remaja membutuhkan perhatian eksplisit karena terjadi fenomena yang sangat mengkhawatirkan di kalangan remaja seperti: kecanduan narkoba, terlibat dalam berbagai kejahatan, putus sekolah, terlibat kenakalan, percobaan bunuh diri, menderita kecemasan, dan depresi. Salah satu solusi dalam mencegah atau mengatasi kondisi tersebut adalah layanan bimbingan dan konseling di sekolah.
Penyelenggaraan bimbingan dan konseling (BK) diorientasikan untuk membantu atau memfasilitasi remaja agar mampu mengembangkan potensi dirinya (fisik, emosi, intelektual, dan moral-spiritual) secara optimal. Harapannya, individu-individu muda ini akan menjadi sosok pribadi yang produktif (maslahat personal) dan berkontribusi (maslahat sosial) dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Penyelenggaraan bimbingan dan konseling akan berjalan efektif apabila ada jalinan kerja sama antara pihak yang berkepentingan yaitu kepala sekolah, guru-guru, guru BK atau konselor, dan orang tua peserta didik.
Buku ini disusun dengan maksud membantu guru BK atau konselor dan orang tua dalam rangka memfasilitasi perkembangan anak atau siswa. Di samping itu, buku ini bermanfaat bagi para dosen yang mengajar BK Remaja dan Mahasiswa dari Program Studi Bimbingan dan Konseling. Kehadiran buku ini, mudah-mudahan dapat memberikan kontribusi yang bermakna bagi peningkatan mutu layanan bimbingan dan konseling di sekolah.
—————
Daftar Isi
BAB I PENDAHULUAN
A. Urgensi Bimbingan dan Konseling bagi Remaja
B. Manfaat Layanan Bimbingan dan Konseling
BAB II KARAKTERISTIK PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH (USIA REMAJA)
A. Karakteristik Aspek-Aspek Perkembangan Remaja
B. Tugas-Tugas Perkembangan Remaja
BAB III ISU-ISU MUTAKHIR MASALAH REMAJA DAN UPAYA PENCEGAHANNYA
A. Masalah Khusus Peserta Didik
B. Masalah-Masalah Perilaku Menyimpang (Amoral) Remaja
BAB IV KONSEP BIMBINGAN DAN KONSELING
A. Pengertian Bimbingan dan Konseling
B. Tujuan Bimbingan dan Konseling
C. Fungsi Bimbingan
D. Prinsip-Prinsip Bimbingan
E. Bidang (Ragam) Bimbingan dan Konseling
F. Tugas atau Tanggung Jawab Konselor
G. Komponen atau Struktur Program
BAB V BIMBINGAN PENGEMBANGAN ASPEK-ASPEK KEPRIBADIAN REMAJA
A. Bimbingan Pengembangan Karakter
B. Bimbingan Pengembangan Identitas Diri (Self-Identity)
C. Bimbingan Pengembangan Harga Diri (Self-Esteem)
D. Bimbingan Pengembangan Pengendalian Diri (Self-Control)
E. Bimbingan Pengembangan Efikasi Diri (Self-Efficacy)
F. Bimbingan Pengembangan Kepercayaan Diri (Self-Convidence)
G. Bimbingan Pengembangan Resiliensi (Resiliency)
H. Bimbingan Pengembangan Kemampuan Berpikir
I. Bimbingan Pengembangan Kesejahteraan (Well-Being)
Tags: Bimbingan Remaja, emaja, Intervensi Konseling, Kesehatan Mental Remaja, Keterampilan Konseling, Konseling Remaja, Konselor Remaja, Masalah Remaja, Pengembangan Diri Remaja, Perkembangan Remaja, psikologi
Bimbingan Dan Konseling Remaja
Berat | 550 gram |
Kondisi | Baru |
Dilihat | 1.397 kali |
Diskusi | Belum ada komentar |
Produk Terkait
20%
Arita Marini, DR., Ir. Cetakan 1, 2013 16×24 cm, BW, 120 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-160-7 Sinopsis: Geometri adalah cabang matematika yang menerangkan sifat-sifat garis, sudut, bidang, dan ruang. Geometri ini disebut juga ilmu ukur. Oleh Karena itu, dalam buku Geometri dan Pengukuran ini dibahas secara lengkap mengenai geometri… selengkapnya
Rp 25.600 Rp 32.00020%
Penulis: Dr. Enok Risdayah, M.Ag. Dr. H. Asep Iwan Setiawan, M.Ag. Dr. H. Rohmanur Aziz, M.Ag. Dr. H. Enjang AS, M.Si., M.Ag. Cetakan: 1, 2021 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr Kertas sampul: AC 230 gr. 256 Halaman ISBN: 978-602-446-594-0 Sinopsis: Buku ini insyaAllah berbeda dengan buku-buku Sunda yang lainnya,… selengkapnya
Rp 64.000 Rp 80.00020%
Penulis: Nanang Fattah, Prof. Dr.,M.Pd. Cetakan: 1, 2019 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 252 Halaman ISBN: 978-602-446-367-0 Sinopsis : Salah satu fungsi utama pendidikan tinggi adalah sebagai sumber inspirasi dan inovasi dalam membuat kebijakan dan manajemen. Dalam kerangka peningkatan daya saing global menuju masyarakat 5.0… selengkapnya
Rp 57.600 Rp 72.00020%
Judul : LANDASAN PSIKOLOGI PROSES PENDIDIKAN Pengarang : NANA SYAODIH S. Tahun : Cet 1, April 2003 Dimensi : 16 x 24 cm, HVS 70 gr ISBN : 979-692-240-1 Sinopsis : Inti pendidikan adalah interaksi. Interaksi antara pendidik dan peserta didik. Suatu interaksi yang di dalamnya terjadi proses transfer pemahaman tertentu, yang melibatkan secara simultan… selengkapnya
Rp 64.000 Rp 80.00020%
Abdul Madjid, M.Pd. Cetakan 1, 2012 16×24 cm, 388 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 230 gr. ISBN: 978-979-692-120-1 Sinopsis : Pendidikan Agama Islam (PAI) merupakan salah satu mata pelajaran yang diberikan kepada siswa/mahasiswa mulai dari tingkat dasar sampai perguruan tinggi yang syarat dengan muatan nilai-nilai (Ilahiah, insaniah dan alamiah). Dalam konteks NKRI yang… selengkapnya
Rp 80.000 Rp 100.00020%
Penulis: Hasbiyallah, Dr., H., M.Ag. dan Nayif Sujudi, M.Pd. Cetakan: 1, 2019 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 260 gr. 308 Halaman ISBN: 978-602-446-369-4 Sinopsis : Perkembangan dan perubahan teknologi yang semakin cepat telah mendorong berkembangnya lembaga-lembaga pendidikan Islam, seperti pesantren modern. Lembaga pendidikan ini tengah menunjukkan eksistensinya… selengkapnya
Rp 64.000 Rp 80.00020%
Judul : PENELITIAN PENDIDIKAN Pengarang : DRS. ZAINAL ARIFIN, M.PD. Tahun : Cet. 1, Mei 2011 Dimensi : 16 X 24 cm, 328 hlm, HVS-70 gr, AC-210 ISBN : 978-979-692-048-8 Sinopsis : Mahasiswa dan para praktisi pendidikan tentunya harus terlibat dalam upaya pemecahan masalah pendidikan, salah satunya melalui karya tulis ilimiah (penelitian) sebagai bentuk tanggung… selengkapnya
Rp 60.800 Rp 76.00020%
Abdul Majid, M.Pd. Cetakan 1, 2013 16×24 cm, 400 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 310 gr. ISBN: 978-979-692-143-0 Sinopsis: Standar proses pendidikan meliputi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, penilaian hasil pembelajaran, dan pengawasan proses pembelajaran untuk terlaksananya proses pembelajaran yang efektif dan efisien. Salah satu prinsip pendidikan adalah proses pembudayaan dan pemberdayaan peserta didik yang… selengkapnya
Rp 84.000 Rp 105.00020%
Prof. Dr. Muchlas Samani & Drs. Hariyanto, M.S. 16 x 24 cm – 264 hlm Kerts Isi HVS-70 gr – Sampul AC-210 gr Cetakan 6, 2017 ISBN: 978-979-692-065-5 Sinopsis: Buku ini berisi 5 pokok bahasan utama, pertama yaitu peranan penting pendidikan karakter bagi pembangunan bangsa; kedua dasar filosofi dan posisi pendidikan karakter dalam pendidikan nasional;… selengkapnya
Rp 60.000 Rp 75.00020%
Alsuhendra, Dr., Ir., M.Si., Dkk. Cetakan 1, 2013 16×24 cm, 284 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-161-4 Sinopsis : Makanan adalah segala sesuatu yang dapat dimakan. Namun, tidak semua makanan bermanfaat bagi tubuh. Karena berbagai alasan bahan makanan dapat saja mengandung senyawa kimia yang bukan tergolong sebagai zat gizi. Dengan… selengkapnya
Rp 56.000 Rp 70.000
Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.