181 Model Pembelajaran Paikem Berbasis Pendekatan Saintifik
Rp 60.000 Rp 95.000| Kode | RR.PK0452 |
| Status | Tersedia |
| Kategori | Pendidikan & Keguruan |
181 Model Pembelajaran Paikem Berbasis Pendekatan Saintifik
Penulis: Marjuki, Dr., S.E., M.Ag.
Cetakan: 1, 2020
Ukuran: 16 x 24 cm.
Kertas isi: HVS 70 gr.
Kertas sampul: AC 260 gr.
Halaman : 348 Halaman
ISBN: 978-602-446-483-7
Sinopsis:
Permendikbud no. 22 tahun 2016 mengamanatkan bahwa proses pembelajaran pada satuan pendidikan harus diselenggarakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi siswa untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang cukup bagi tumbuhnya prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologisnya.
Dalam melaksanakan amanat Permendikbud ini, kegiatan inti pembelajaran dikemas dengan format pendekatan saintifik. Pendekatan ini merupakan proses kerja ilmiah yang diadaptasi ke dalam proses pembelajaran dengan tujuan memperkuat kompetensi siswa pada aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan secara integral, berpikir logis dan sistematis, mampu menyelesaikan masalah, melatih mengemukakan pemikiran dan gagasan, serta mengembangkan karakter siswa.
Untuk dapat menerapkan pendekatan saintifik dengan baik, maka guru sebagai pelaksana utama pembelajaran dituntut untuk lebih menguasai ragam model pembelajaran PAIKEM sebagai kunci keberhasilan implementasi pendekatan saintifik. PAIKEM lebih memungkinkan adanya keterlibatan siswa secara aktif, kreatif, berinteraksi sesama teman, dengan guru, dengan materi pelajaran secara dinamis dan dialogis, sehingga dapat mendorong pe-ningkatan mutu pembelajaran siswa.
———
Daftar isi
Bab I Beberapa Istilah Dalam Pembelajaran
A. Desain Pembelajaran
B. Strategi Pembelajaran
C. Metode Pembelajaran
D. Pendekatan Pembelajaran
E. Teknik Pembelajaran
F. Taktik Pembelajaran
G. Model Pembelajaran
H. Media Pembelajaran
Bab II Model Pembelajaran
A. Fungsi Model Pembelajaran
B. Ciri-Ciri Model Pembelajaran
C. Manfaat Model Pembelajaran
D. Model Pembelajaran Kurikulum 2013 (K13)
Bab III Paikem
A. Pengertian PAIKEM
B. Tujuan PAIKEM
C. Landasan PAIKEM
D. Karakter PAIKEM
E. Kriteria PAIKEM
Bab IV Pendekatan Saintifik
A. Pengertian Pendekatan Saintifik
B. Prinsip-Prinsip Pendekatan Saintifik
C. Esensi Pendekatan Saintifik
D. Tujuan Pendekatan Saintifik
E. Landasan Penerapan Pendekatan Saintifik
F. Langkah-Langkah Pembelajaran dengan Pendekatan Saintifik
Bab V Klasifikasi Tipe-Tipe Model Pembelajaran
A. Mengembangkan Kreativitas dan Karya Inovatif
B. Mengembangkan Keberanian dalam Berpikir, Mengemukakan Pendapat, dan Bertindak secara Cepat dan Tepat
C. Mengembangkan Ketelitian Berpikir dalam Mengonstruksi Pengetahuan
D. Mengembangkan Keterampilan Berkomunikasi dan Berbagi Informasi secara Benar dan Akurat
E. Mengembangkan Kemampuan Membangun Kerja Sama Tim dalam Mengambil Keputusan secara Sinergis dan Bertanggung Jawab
F. Mengembangkan Sikap Kritis dalam Menghadapi dan Menyelesaikan Masalah secara Proporsional (Problem Solving)
G. Mengembangkan Kemampuan Berpikir Analisis dan Sistematis
H. Mengembangkan Sikap Mandiri, Cermat, Selektif, dan Akurat
I. Mengembangkan Budaya Kompetitif, Sportivitas, dan Demokratis
J. Mengembangkan Budaya Peduli Lingkungan, Alam, dan Sosial
K. Mengembangkan Keterampilan Berimajinasi, Visualisasi, dan Curah Ide
L. Mengembangkan Sikap Tanggung Jawab pada Tugas dan Kewajiban
M. Mengembangkan Keterampilan Kinestetik dalam Bermain Peran
N. Mengembangkan Kekuatan Daya Ingat atau Memori
O. Mengembangkan Aspek Keceriaan dalam Pembelajaran
P. Mengembangkan Keseimbangan dan Kematangan Berpikir
Tags: MetodeSaintifik, ModelPembelajaranInovatif, PAIKEM, PembelajaranAktif, PembelajaranBerbasisKeterampilan, PembelajaranBerbasisKolaborasi, PembelajaranBerbasisKompetensi, PembelajaranBerbasisMasalah, PembelajaranBerbasisNilai, PembelajaranBerbasisProyek, PembelajaranBerbasisSikap, PembelajaranBerorientasiPadaHasil, PembelajaranHolistik, PembelajaranInteraktif, PembelajaranKontekstual, PembelajaranKooperatif, PembelajaranKreatif, PembelajaranMenggunakanTeknologi, PembelajaranTerpadu, PendekatanSaintifik
181 Model Pembelajaran Paikem Berbasis Pendekatan Saintifik
| Berat | 550 gram |
| Kondisi | Baru |
| Dilihat | 907 kali |
| Diskusi | Belum ada komentar |
Produk Terkait
20%
Penulis: Asep Kurniawan, M., Dr., Ag. Cetakan: 1, 2018 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 260 gr. Halaman : 408 Halaman ISBN: 978-602-446-295-6 Sinopsis : Benarkah masih banyak praktisi pendidikan seperti dosen, guru dan lain-lain belum menjadikan kegiatan penelitian sebagai suatu tradisi keilmuan bagi kemajuan pendidikan? Kurangnya budaya… selengkapnya
Rp 115.200 Rp 144.00020%
Abdul Madjid. Cetakan 1, 2013 16×24 cm, 352 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-460-8 Sinopsis: Ada banyak persoalan yang dihadapi guru pada waktu ia berdiri di depan kelas. Berbagai alternatif penyelesaian masalah tersebut juga sudah banyak dibahas dalam berbagai forum ilmiah. Kenyataannya persoalan-persoalan pendidikan tak kunjung habis, datang silih berganti…. selengkapnya
Rp 77.600 Rp 97.00020%
Judul : EVALUASI KURIKULUM Pengarang : HAMID HASAN,S. PROF,DR,M.PD. Tahun : Cet-1 tahun 2008 Dimensi : 16X24 cm, HVS-70 Gram, 276 Hlm ISBN : 979-692-350-5 Sinopsis: Kurikulum sejatinya berisi program-program yang hendak dicapai. Pendidikan yang baik dan erkualitas dimulai dari kurikulum yang dikonsep dan diimplementasikan secara baik pula. Dalam manajemen modern, ketercapaian program-program akan diketahui… selengkapnya
Rp 60.800 Rp 76.00020%
Penulis: Nanang Fattah, Prof. Dr.,M.Pd. Cetakan: 1, 2019 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 252 Halaman ISBN: 978-602-446-367-0 Sinopsis : Salah satu fungsi utama pendidikan tinggi adalah sebagai sumber inspirasi dan inovasi dalam membuat kebijakan dan manajemen. Dalam kerangka peningkatan daya saing global menuju masyarakat 5.0… selengkapnya
Rp 57.600 Rp 72.00020%
Judul : LANDASAN BIMBINGAN DAN KONSELING Pengarang : SYAMSU YUSUF LN. Tahun : 2005 Dimensi : HVS 60 GR, 16 X 24 cm, 282 HLM + ix ISBN : 979-692-494-3 Sinopsis: Mendengar istilah “Bimbingan dan Konseling” tersirat kesan umum bahwa individu yang berhubungan dengan petugas tersebut sedang bermasalah. Pendapat yang lebih tepat adalah dalam konteks… selengkapnya
Rp 60.800 Rp 76.00020%
Hendarman, Ir., M.Sc., Ph.D. Cetakan 1, 2015 16×24 cm, 132 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-639-8 Sinopsis : Pengawas sekolah merupakan sumber daya yang seyogianya memiliki keunggulan dan kapasitas di atas kepala sekolah dan rata-rata guru lainnya. Pelayanan yang dilakukan pengawas sekolah merupakan suatu proses yang menjadi keharusan dan dipraktikkan… selengkapnya
Rp 36.000 Rp 45.00020%
KorupsikorupsiMoh. Yamin Cetakan 1, 2016 16 x 24 cm, 152 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-721-0 Sinopsis: Korupsi di negeri tercinta ini benar-benar telah menjadi penyakit yang sangat luar biasa destruktif. Korupsi telah meluluhlantakkan sendi-sendi kehidupan berbangsa. Dengan kata lain, korupsi telah membuyarkan masa depan bangsa menuju bangsa yang besar… selengkapnya
Rp 38.400 Rp 48.00020%
Judul : FILSAFAT BAHASA DAN PENDIDIKAN Pengarang : CHAEDAR AL-WASILAH,PROF,DR. Tahun : Cet-1 tahun 2008 Dimensi : 16X24 cm, HVS-70 Gram, 232 Hlm ISBN : 97-692-932-5 Sinopsis : Orang awam biasanya mencitrakan filsafat sebagai ilmu yang sulit dan menakutkan. Membaca buku filsafat sering harus mengerutkan dahi, mengerahkan segala kemampuan untuk mencerna gagasan yang diuraikan. Tapi… selengkapnya
Rp 52.000 Rp 65.00020%
Akdon, H., Prof., Dr., M.Pd., dkk. Cetakan 1, 2015 16×24 cm, 184 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 230 gr. ISBN: 978-979-692-623-7 Sinopsis : Biaya dalam pendidikan meliputi biaya langsung dan biaya tidak langsung. Biaya pendidikan ditentukan oleh berbagai faktor. Isu lain berkaitan dengan biaya pendidikan ini adalah adanya perbedaan pengeluaran anggaran biaya pendidikan… selengkapnya
Rp 43.200 Rp 54.00020%
Cepi Triatna, M.Pd., Dr. Cetakan 1, 2015 16×24 cm, 172 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-630-5 Sinopsis: Secara teoretis maupun praktis, kajian mengenai pengembangan kapasitas manajemen sekolah masih sangat jarang dilakukan di Indonesia, bahkan di dunia internsional sekalipun. Namun demikian, pengembangan kapasitas manajemen sekolah merupakan tren yang sedang dikaji oleh… selengkapnya
Rp 40.800 Rp 51.000
Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.