Evaluasi Proses dan Penilaian Hasil Belajar
Rp 108.000 Rp 135.000| Kode | RR.PK0438 |
| Status | Tersedia |
| Kategori | Pendidikan & Keguruan |
Evaluasi Proses dan Penilaian Hasil Belajar
Penulis: Ridwan Abdullah Sani, Dr., M.Si., Kaharuddin Arafah, M.Si., Ishak Aziz, Dr., M.Pd., Ratna Tanjung, Dra., M.Pd., Hary Suswanto, Dr., M.T.
Cetakan: 1, 2020
Ukuran: 17,5 x 25 cm.
Kertas isi: HVS 70 gr.
Kertas sampul: AC 260 gr.
380 Halaman
ISBN: 978-602-446-430-1
Sinopsis:
Buku ini ditulis oleh tim dosen yang mengampu mata kuliah Evaluasi dan Penilaian Hasil Belajar dari Universitas Negeri Medan, Universitas Negeri Makasar, Universitas Negeri Padang, dan Universitas Negeri Malang.
Buku ini ditujukan bagi mahasiswa kependidikan dan guru berbagai bidang studi.
Isi buku mencakup Konsep dan Evaluasi Pendidikan dan Pengajaran (Bab 1),
Evaluasi Proses dan Hasil Belajar (Bab 2),
Model Evaluasi dan Program Pembelajaran (Bab 3),
Penilaian PAN dan PAP (Bab 4),
Penilaian Autentik (Bab 5),
Penyusunan Instrumen dan Pengukuran Hasil Belajar (Bab 6),
Tes Objektif dan Esai (Bab 7),
Alat Ukur Non-tes (Bab 8),
Validitas dan Reliabilitas Hasil Pengukuran (Bab 9),
dan Pengolahan Data Hasil Belajar (Bab 10).
Setiap bab dipaparkan secara jelas, dan pada penjelasan tentang instrumen pengukuran hasil belajar diberikan contoh alat ukur dan pengolahan data penilaian hasil belajar agar pembaca dapat memahami isi buku secara mudah.
——-
Daftar Isi
BAB 1 Konsep Evaluasi Pendidikan dan Pengajaran
A. Pendahuluan
B. Pengertian Evaluasi dan Penilaian
C. Jenis-Jenis Penilaian
D. Kriteria Penilaian
E. Metode dan Teknik Penilaian
F. Objek dan Subjek Penilaian
G. Instrumen Penilaian
H. Penilaian Berbasis Kelas
BAB 2 Evaluasi Proses dan hasil Belajar
A. Pendahuluan
B. Evaluasi dalam Pembelajaran Abad ke-21
C. Evaluasi Proses Belajar Mengajar
D. Evaluasi Hasil Belajar
E. Tujuan dan Manfaat Pelaksanaan Evaluasi
F. Teknik Penilaian Proses dan Hasil Belajar
BAB 3 Model Evaluasi Program Pembelajaran
A. Pendahuluan
B. Evaluasi Program
C. Model-Model Evaluasi Program
BAB 4 Penilaian PAN dan PAP
A. Pendahuluan
B. Penilaian Acuan Patokan (Criterion Referenced Evaluation)
C. Penilaian Acuan Norma (PAN)
D. Analisis Manual dalam Penilaian Acuan Norma (PAN)
E. Persamaan dan Perbedaan PAN dan PAP
BAB 5 Konsep Evaluasi Pendidikan dan Pengajaran
A. Pendahuluan
B. Pengertian Penilaian Autentik
C. Tahapan Pengembangan Instrumen Penilaian Autentik
BAB 6 Penyusunan Instrumen Pengukuran hasil Belajar
A. Pendahuluan
B. Dasar-dasar Penyusunan Tes Hasil Belajar
C. Cara Menyusun Instrumen Tes dan Non-Tes
D. Membuat Tes Hasil Belajar
E. Menganalisis Tes Hasil Belajar
F. Menyusun Tes Keterampilan
BAB 7 T es Objektif dan ESAI
A. Pendahuluan
B. Jenis-jenis Tes Hasil Belajar
C. Tes Bentuk Uraian (Tes Esai)
D. Tes Bentuk Objektif
E. Menyusun Tes Objektif
F. Menyusun Soal Uraian (Esai)
BAB 8 Alat Ukur Nontes
A. Pendahuluan
B. Portofolio
C. Observasi, Wawancara, dan Angket
D. Skala Sikap
BAB 9 Validitas, Reliabilitas, dan Objektivitas
A. Pendahuluan
B. Validitas
C. Menentukan Tingkat Validitas Tes
D. Reliabilitas
E. Objektivitas Tes
F. Uji Validitas Berdasarkan Jawaban Peserta Tes
BAB 10 Pengolahan Data Hasil Belajar
A. Pendahuluan
B. Pemeriksaan Ujian
C. Pengolahan Skor Secara Statistik
D. Penetapan Hasil Tes
E. Analisis Hasil Penilaian Sikap dan Perilaku
F. Analisis Penilaian Penguasaan Pengetahuan dan Keterampilan
Tags: Evaluasi dan Penilaian, Evaluasi Formatif, Evaluasi Proses, Evaluasi Proses dan Penilaian Hasil Belajar, Evaluasi Sumatif, Kurikulum Evaluasi, Penilaian Hasil Belajar, Rubrik Penilaian, Teknik Evaluasi Proses, Teknik Penilaian Hasil Belajar
Evaluasi Proses dan Penilaian Hasil Belajar
| Berat | 650 gram |
| Kondisi | Baru |
| Dilihat | 1.302 kali |
| Diskusi | Belum ada komentar |
Produk Terkait
20%
Judul : MIKROBIOLOGI: PERKEMBANGAN, KAJIAN, DAN PENGAMATAN Pengarang : IR. H.M. SUBANDI, M.P., DR., D Tahun : November, 2010 Dimensi : 16×24, HVS-70 Gram, AC210, 252 halaman ISBN : 978-979-692-014-3 Sinopsis : Perkembangan mikrobiologi katanya diawali dengan keberhasilan Anthony van Leeuwenhoek membuat mikroskop. Perkembangan alat optik modern ini sebenarnya tidak lepas dari seorang pionir penemu… selengkapnya
Rp 39.200 Rp 49.00020%
Penulis: Prof. Dr. Deni Darmawan, S.Pd.M.Si.,MCE. Cetakan: 1, 2019 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 260 gr. 368 Halaman ISBN: 978-602-446-374-8 Sinopsis : Pada era digital dewasa ini para penulis profesional ditantang oleh sejumlah indikator yang berlapis untuk dapat tembus karyanya sehingga menjadi rujukan dunia publikasi. Di sisi… selengkapnya
Rp 77.600 Rp 97.00020%
Nusa Putra, Dr., S.Fil., M.Pd., dkk. Cetakan 1, 2012 16×24 cm, 156 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-089-1 Sinopsis: Tujuan Pendidikan Agama Islam (PAI) secara substansial adalah mengasuh, membimbing, mendorong, mengusahakan, dan menumbuhkembangkan manusia takwa. Ketakwaan merupakan high concept dalam arti memiliki banyak dimensi dan merupakan suatu kondisi yang pencapaiannya… selengkapnya
Rp 38.400 Rp 48.00020%
Penulis: Ade Nandang S., Dr., M.Ag. dan Abdul Kosim, M.Ag. Cetakan: 1, 2018 Ukuran: 16 x 24 cm Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. Halaman : 148 Halaman ISBN: 978-602-446-246-8 Sinopsis: Kajian kebahasaan terus mengalami perkembangan. Linguistik sebagai ilmu yang mempelajari bahasa itu sendiri mengalami perubahan dan perkembangan sesuai dengan tinjauan… selengkapnya
Rp 40.000 Rp 50.00020%
Penulis: Rohmat Widiyanto, M.Pd. Cetakan: 1, 2020 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 144 Halaman ISBN: 978-602-446-445-5 Sinopsis: Proses pendidikan merupakan rangkaian kegiatan yang sangat kompleks dan luas cakupannya. Apabila kita berbicara tentang pendidikan maka kita tidak akan pernah lepas dari aktivitas belajar ataupun proses pembelajaran… selengkapnya
Rp 42.400 Rp 53.00020%
Judul : PENDIDIKAN KARAKTER: KAJIAN TEORI DAN PRAKTIK DI S Pengarang : DRS. DHARMA KESUMA, M.PD. DKK. Tahun : Cet. 1, Mei 2011 Dimensi : 16 X 24 cm, 172 hlm, HVS-70 gr, AC-210 ISBN : 978-979-692-044-0 Sinopsis: Buku ini mengkaji bagaimana desain, proses, dan evaluasi pendidikan karakter dalam latar sekolah. Buku ini merupakan salah… selengkapnya
Rp 40.800 Rp 51.00020%
Penulis: Prof. Deni Darmawan, S.Pd., M.Si., MCE. Cetakan: 1, 2021 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 204 Halaman ISBN: 978-602-446-602-2 Sinopsis: Buku ini hadir sebagai salah satu rujukan bagi para peneliti pemula yang ingin mengenal tentang bagaimana merumuskan proposal, melaksanakan penelitian, dan membuat laporan penelitian dengan… selengkapnya
Rp 60.000 Rp 75.00020%
E. Mulyasa, H., Prof., Dr., M.Pd. Cetakan 1, 2015 16×24 cm, 216 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-624-4 Sinopsis: Hal pertama yang paling menarik dilakukan Presiden ke-7 Joko Widodo setelah dilantik menjadi Presiden Republik Indonesia dan serah terima jabatan adalah melakukan videoconference dengan sejumlah masyarakat di berbagai daerah (delapan daerah)…. selengkapnya
Rp 49.600 Rp 62.00020%
Judul : TEORI BELAJAR ORANG DEWASA Pengarang : PROF. DR. ANISAH BASLEMAN, M.S Tahun : Cet. 1, Mei 2011 Dimensi : 16 X 24 cm, 180 hlm, HVS-70 gr, AC-210 ISBN : 978-979-692-045-7 Sinopsis : Teori belajar dan membelajarkan diarahkan untuk memberikan wawasan tentang tujuan serta hakikat kegiatan belajar membelajarkan dan hakikat pendidikan, yaitu mencerdaskan… selengkapnya
Rp 43.200 Rp 54.00020%
Penulis: Asep Kurniawan, M., Dr., Ag. Cetakan: 1, 2018 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 260 gr. Halaman : 408 Halaman ISBN: 978-602-446-295-6 Sinopsis : Benarkah masih banyak praktisi pendidikan seperti dosen, guru dan lain-lain belum menjadikan kegiatan penelitian sebagai suatu tradisi keilmuan bagi kemajuan pendidikan? Kurangnya budaya… selengkapnya
Rp 115.200 Rp 144.000
Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.