Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi)
Rp 110.000| Kode | RR.PK0073 |
| Status | Habis |
| Kategori | Pendidikan & Keguruan |
Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi)
Penulis: Lexy J. Moleong, Dr. M.A.
Cetakan: 37, 2017
Ukuran: 16×24 cm.
Kertas isi: HVS 70 gr.
Kertas sampul: AC 310 gr.
Halaman: 424 halaman
ISBN: 979-514-051-5
Sinopsis:
Sejatinya sebuah penelitian adalah untuk menemukan kebenaran. Kebenaran yang bukan dibenar-benarkan, tapi kebenaran yang memang benar-benar, benar.
Karena kebenaran itulah yang akan dijadikan landasan bertindak. Bukan atas dasar asumsi. Untuk mendapatkan kebenaran, mestinya suatu penelitian dilandasi kaidah-kaidah yang baik agar hasilnya dapat dipercaya.
Buku ini disajikan secara gamblang, mulai dari perencanaan penelitian hingga menyajikan hasilnya pada publik. Setiap tahap dalam penelitian diuraikan di sini, bukan saja komprehensif tapi juga operasional.
Daftar Isi
Sambutan Rektor IKIP Jakarta ― iii
Kata Pengantar Edisi Revisi ― v
Kata Pengantar ― viii
Bab 1 Fondasi Penelitian Kualitatif ― 1
A. Konsep Dasar Penelitian Kualitatif ― 2
B. Fungsi dan Pemanfaatan Penelitian Kualitatif ― 7
C Karakteristik Penelitian Kualitatif ― 8
D. Landasan Teoretis Penelitian Kualitatif ― 14
E. Perbedaan Penelitian Kualitatif dengan Penelitian
Kuantitatif ― 30
F. Beberapa Pertanyaan Umum tentang Penelitian Kualitatif
― 37
Bab 2 Paradigma Penelitian Kualitatif ― 47
A. Paradigma Penelitian Kualitatif ― 49
B. Beberapa Segi Suatu Teori ― 56
C. Penyusunan Teori (theory bulding) ― 67
D. Penyusunan Teori-Dari-Bawah (grounded theory) ― 72
E. Beberapa Persoalan yang Berkaitan dengan Teori ― 75
Bab 3 Perumusan Masalah dalam Penelitian
Kualitatif ― 91
A. Pembatasan Masalah Studi Melalui Fokus ― 92
B. Model Perumusan Masalah ― 98
C. Analisis Perumusan Masalah ― 109
D. Prinsip-prinsip Perumusan Masalah ― 112
E. Langkah-langkah Perumusan Masalah ― 119
Bab 4 Tahap-Tahap Penelitian ― 125
A. Tahap Penelitian Secara Umum ― 127
B. Tahap Penelitian Secara Siklikal ― 148
Bab 5 Teknik Penelitian ― 155
A. Sumber dan Jenis Data ― 157
B. Peranan Manusia Sebagai Instrumen Penelitian ― 163
C. Pengamatan ― 174
D. Wawancara ― 186
E. Catatan Lapangan ― 208
F. Penggunaan Dokumen ― 216
G. Sampling dan, Satuan Kajian (unit of analysis) ― 223
H. Beberapa Teknik Penelitian Lainnya ― 226
Bab 6 Analisis dan lnterpretasi Data ― 245
A. Analisis Data dan Penulisan Teori ― 248
B. Modus Analisis Data ― 277
C. Tahap Analisis Data Secara Umum ― 280
D. Tiga Model Analisis Data ― 287
E. Analisis Data Kualitatif dengan Komputer ― 308
Bab 7 Kriteria dan Teknik Pemeriksaan
Keabsahan Data ― 319
A. Alasan dan Acuan ― 320
B. Kriteria Keabsahan Data ― 324
C. Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data ― 326
Bab 8 Teknik Penulisan Laporan Penelitian ― 347
A. Fungsi, Jenis dan Bentuk Laporan Hasil Penelitian ― 348
B. Kerangka dan lsi Laporan ― 351
C. Teknik dan Strategi Penulisan Laporan ― 361
D. Penelaahan Hasil Penulisan ― 366
E. Penulisan Karya Tulis llmiah ― 368
Bab 9 Proposal Atau Rancangan Penelitian ― 383
A. Pengertian Proposal Penelitian ― 384
B. Komponen-komponen Proposal Penelitian ― 385
C. Proposal Penelitian Alamiah dan Kedudukan
Paradigma ― 397
D. Kerangka Rancangan Penelitian ― 397
Daftar Pustaka ― 405
Tags: Analisis Data Kualitatif, Desain Penelitian Kualitatif, Etika Penelitian Kualitatif, Metodologi Penelitian Kualitatif, Paradigma dan Filosofi Penelitian Kualitatif, Pendekatan Kualitatif dalam Penelitian, Penelitian Kualitatif, Studi Kasus dalam Penelitian Kualitatif, Teknik Pengumpulan Data Kualitatif, Validitas dan Kepercayaan dalam Penelitian Kualitatif
Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi)
| Berat | 650 gram |
| Kondisi | Baru |
| Dilihat | 7.740 kali |
| Diskusi | Belum ada komentar |
Produk Terkait
20%
Judul : PENGEMBANGAN KURIKULUM Pengarang : NANA SYAODIH S. Tahun : Cet 4, 2001 Dimensi : 16 x 24 cm, HVS 70 gr, viii + 220 halaman ISBN : 979-514-601-7 Sinopsis : Kurikulum sebagai rancangan pendidikan mempunyai kedudukan yang cukup sentral dalam seluruh kegiatan pendidikan. Bahkan banyak pihak menganggap kurikulum sebagai “rel” yang menentukan arah… selengkapnya
Rp 51.200 Rp 64.00020%
Judul : PSIKOLOGI KEPENDIDIKAN Pengarang : ABIN SYAMSUDDIN MAKMUN,M. Tahun : Cet 4, 2001 Dimensi : 16 x 24 cm, HVS 70 gr, vi + 250 halaman ISBN : 979-514-596-7 Sinopsis: Buku ini akan menuntun para calon guru untuk memahami psikologi kependidikan yang relevan dengan tugasnya kelak lewat sistem pengajaran modul. Pemilihan dan penyusunan pokok… selengkapnya
Rp 80.000 Rp 100.000-700%
Nanang Fattah Cetakan 1, 2015 16×24 cm, 204 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-653-4 Sinopsis: Suatu organisasi atau lembaga bisnis, baik yang berorientasi mencari laba (profit) maupun yang tidak berorientasi mencari laba (sosial) seperti sekolah atau lembaga pendidikan senantiasa mengharapkan memiliki posisi unggul (excellent). Dalam konteks tersebut, manajemen stratejik merupakan… selengkapnya
Rp 464.000 Rp 58.00020%
Dra. Ari Fadiati, M.Si. 21×28 cm – 192 hlm Kertas Isi HVS 70 gr – Sampul AC 210 gr Cetakan 2, 2013 ISBN 978-979-692-051-8 Sinopsis : Melalui buku ini penulis mengharapkan dapat memberikan pandangan-pandangan serta ide-ide yang berhubungan dengan pengelolaan usaha jasa boga. Buku ini terdiri atas 6 pokok bahasan utama, yaitu perkembangan usaha Jasa… selengkapnya
Rp 76.000 Rp 95.00020%
Sukiman, Dr., S.Ag., M.Pd. Cetakan 1, 2015 16×24 cm, 264 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-628-2 Sinopsis : Dunia Pendidikan saat ini dihadapkan pada tuntutan masyarakat untuk dapat menghasilkan para lulusan yang berkualitas tinggi dan mampu bersaing pada era globalisasi. Selain itu, juga memiliki bekal pengetahuan agama, moral, dan akhlak… selengkapnya
Rp 60.000 Rp 75.000Penulis: Dwi Purnomo Cetakan: 1 Ukuran: 17,5 x 25 Kertas isi: HVS 70 Kertas sampul: AC 260 336 Halaman ISBN: Synopsis: Apa gunanya ilmu tinggi, jika tidak berpihak pada kemanusiaan? Di tengah gempuran perubahan zaman dan kompleksitas dunia pendidikan tinggi, kita diingatkan kembali pada semangat Ki Hajar Dewantara: bahwa pendidikan sejatinya adalah upaya membentuk manusia… selengkapnya
*Harga Hubungi CS20%
Prof. Dr. Iskandarwassid, M.Pd. & Dr. H. Dadang Suhendar, M.Hum. 16 x 24 cm – 320 hlm Kertas Isi HVS 70 gr – Sampul AC 210 gr Cetakan 6, 2016 ISBN: 979-692-351-3 Sinopsis: Pengajar tugasnya adalah menyelenggarakan proses pembelajaran. Pembelajaran itu terselenggara dengan efektif bila sejak awal dirancang dengan baik, dengan menyinergikan berbagai potensi. Dengan… selengkapnya
Rp 64.000 Rp 80.000Penulis: Prof. Dr. Sukron Kamil, M.A. Cetakan: 1, 2024 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 260 gr. 316 Halaman ISBN: 978-602-446-712-8 Sinopsis: Di Indonesia korupsi bukannya menurun malah makin mewabah dari hari ke hari. Indeks Persepsi Korupsi (IPK) Indonesia meski mengalami peningkatan dari 2004 sebesar 2,0 dan pada… selengkapnya
Rp 99.00020%
Sudardja Adiwikarta, Prof., Drs., H., M.A. Ph.d. Cetakan 1, 2016 16×24 cm, 296 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-722-7 Sinopsis : Dalam buku ini Sosiologi Pendidikan didefinisikan sebagai anasilis sosiologi terhadap praksis pendidikan. Penguasaan teori dan konsep sosiologi yang kuat merupakan satu keniscayaan, dan dengan demikian, kelulusan dalam mata kuliah… selengkapnya
Rp 60.800 Rp 76.00020%
Penulis: Dadang Suwanda, Dr., H., S.E., M.M., M.Ak., Ak., CA., Burdan Ali Junjunan, S.H., M.Si., Ellen Rusliati, Dr., Hj., S.E., M.SIE. Cetakan: 1, 2019 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 264 Halaman ISBN: 978-602-446-344-1 Sinopsis : Otonomi keuangan daerah menuntut pemerintah daerah untuk meningkatkan kapabilitas dan… selengkapnya
Rp 60.000 Rp 75.000
Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.