Sejarah Pendidikan Islam
Rp 54.400 Rp 68.000Kode | RR.AG0260 |
Status | Tersedia |
Kategori | Agama |
Sejarah Pendidikan Islam
Penulis: Anas Salahudin, Drs., M.Pd., Acep Komarudin, M.Ag., Asep Andi Rahman, M.Ag.
Cetakan: 1, 2019
Ukuran: 16 x 24 cm.
Kertas isi: HVS 70 gr.
Kertas sampul: AC 210 gr.
236 Halaman
ISBN: 978-602-446-372-4
Sinopsis:
Pendidikan Islam sebagai suatu subsistem dari sistem pendidikan umum baru dikenal setelah diutusnya Muhammad Saw. sebagai rasul. Sistem pendidikan Islam yang mengacu pada nilai-nilai Islam telah menciptakan perbedaan mendasar dari sistem pendidikan pada umumnya (modern), baik dari Timur maupun Barat. Sejarah pendidikan Islam sendiri pada hakikatnya tidak terlepas dari sejarah Islam. Periodisasi sejarah pendidikan Islam dapat dikatakan berada dalam periode sejarah Islam itu sendiri.
Buku ini hadir untuk mengupas sejarah pendidikan Islam mulai dari periode klasik, pertengahan, hingga modern. Di dalamnya diuraikan pendidikan Islam sejak masa hidup Nabi Muhammad Saw., masa Khulafa al-Rasyidin, masa Umayyah, masa Abbasiyyah, hingga masa runtuhnya kekuasaan khalifah di Bagdad. Kemudian dilengkapi pula dengan uraian kebangkitan, pertumbuhan, serta perkembangan pendidikan Islam di berbagai masa, termasuk pendidikan Islam di Indonesia sejak zaman penjajahan hingga masa kini.
Pembahasan sejarah pendidikan Islam dalam buku ini diharapkan menjadi ibrah (pelajaran) bagi para pegiat pendidikan khususnya pendidikan Islam. Dengan ibrah tersebut, pendidikan Islam ke depan diharapkan tetap eksis dan mampu mewarnai kebudayaan manusia secara sempurna, karena manusia itulah yang menjadi objek utama sekaligus subjek pendidikan.
————-
Daftar Isi
Bab I Pendidikan Islam pada Zaman Rasulullah
A. Pendahuluan
B. Sosiokultural Masyarakat Mekah dan Madinah
C. Sistem Pendidikan Masa Rasulullah Saw
D. Lembaga Pendidikan Islam pada Masa Rasulullah
E. Metode Pendidikan Islam Masa Rasulullah
F. Pendidik dan Peserta Didik
Bab II Pendidikan Islam pada Masa Khulafa Al-Rasyidin
A. Pendidikan Islam pada Masa Khalifah Abu Bakar as-Shiddiq (632-634 M.)
B. Pendidikan Islam pada Masa Khalifah Umar bin Khattab (634-644 M.)
C. Pendidikan Islam pada Masa Khalifah Utsman bin Aff an (644-656 M.)
D. Pendidikan Islam pada Masa Khalifah Ali bin Abi Thalib (656-661 M.)
Bab III Pendidikan Islam pada Masa Bani Umayyah
A. Pendahuluan
B. Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran Pendidikan Islam pada Masa Dinasti Bani Umayyah
C. Pendidik dan Peserta Didik pada Masa Dinasti Bani Umayyah
D. Lembaga Pendidikan Islam pada Masa Dinasti Bani Umayyah
E. Kurikulum Pendidikan Islam pada Masa Bani Umayyah
F. Metode Pendidikan Islam pada Masa Dinasti Bani Umayyah
G. Tokoh-Tokoh Pendidikan Islam pada Masa Bani Umayyah
Bab IV Pendidikan Islam pada Masa Bani Abbasiyah
A. Pendahuluan
B. Tujuan dan Kurikulum Pendidikan Islam pada Masa Dinasti Bani Abbasiyyah
C. Lembaga Pendidikan Islam pada Masa Dinasti Bani Abbasiyyah
D. Metode Pendidikan dan Pengajaran pada Masa Dinasti Bani Abbasiyyah
E. Kemajuan Bidang Pengetahuan dan Teknologi
F. Tokoh-Tokoh/Ilmuwan Zaman pada Masa Bani Abbasiyyah
Bab V Pendidikan Islam pada Masa Klasik
A. Pendahuluan
B. Konsep Pendidikan Islam Klasik
C. Orientasi dan Tujuan Pendidikan Islam Klasik
D. Sistem dan Metode Pendidikan Islam Klasik
E. Guru pada Masa Klasik
F. Peran Lembaga Pendidikan Islam Klasik dalam Mencetak Ulama
G. Perkembangan Kurikulum Pendidikan Islam Klasik
H. Lembaga Pendidikan Islam Klasik
I. Tokoh-Tokoh Pemikiran Pendidikan Islam Klasik
Bab VI Lembaga Pendidikan Islam pada Masa Klasik
A. Pendahuluan
B. Pengertian Pendidikan Islam
C. Pengertian Lembaga Pendidikan Islam Klasik
D. Lembaga-lembaga Pendidikan Islam Klasik
Bab VII Pendidikan Islam Klasik: Pola Pendidikan Islam di Andalusia
A. Pendahuluan
B. Letak Geografi s Andalusia (Spanyol)
C. Perkembangan Islam di Andalusia
D. Pola Pendidikan Islam di Andalusia
E. Faktor-Faktor Perkembangan Pendidikan Islam di Andalusia (Spanyol)
F. Ilmu Pengetahuan yang Berkembang pada Masa Dinasti Bani Umayyah di Andalusia
G. Lembaga Pendidikan yang Berkembang pada Dinasti Bani Umayyah di Andalusia
H. Eksistensi Masjid dan Perpustakaan pada Masa Islam di Spanyol
I. Kontribusi Pendidikan Islam di Andalusia terhadap Pendidikan Masa Sekarang
Bab VIII Pendidikan Islam di Indonesia pada Masa Prakolonialisme
A. Pendahuluan
B. Pertumbuhan dan Perkembangan Kerajaan-Kerajaan Islam di Nusantara
C. Peranan Pendidikan Islam di Kerajaan Islam Nusantara
Bab IX Pendidikan Islam di Indonesia pada Masa Kolonialisme
A. Pendahuluan
B. Pendidikan Islam pada Masa Kolonialisme Belanda
C. Pendidikan Islam pada Masa Penjajahan Jepang
Bab X Pendidikan Islam di Indonesia pada Masa Kemerdekaan
A. Pendahuluan
B. Sejarah Pendidikan Islam pada Masa Orde Lama (Zaman Kemerdekaan)
C. Pendidikan Islam pada Masa Orde Baru
D. Pendidikan Islam pada Era Reformasi
E. Kebijakan Pendidikan Islam pada Era Reformasi
Sejarah Pendidikan Islam
Berat | 425 gram |
Kondisi | Baru |
Dilihat | 816 kali |
Diskusi | Belum ada komentar |
Produk Terkait
20%
Acep Hermawan, Dr., M.Ag. Cetakan 1, 2014 16×24 cm, 152 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-470-7 Sinopsis: Memahami Al-Quran banyak kaitannya dengan variabel-variabel yang harus dikuasai, baik yang berkaitan dengan struktur bahasa, sejarah, maupun sosiokultural. Variabel-variabel tersebut dibicarakan dalam sebuah disiplin ilmu yang dikenal dengan ‘Ulumul Quran. Seseorang akan kesulitan… selengkapnya
Rp 57.600 Rp 72.00020%
Penulis: Euis Masruroh, Dr., M.Pd.I. Cetakan: 1, 2022 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 260 gr. 320 Halaman ISBN: 978-602-446-641-1 Sinopsis: Buku yang sekarang ada di tangan pembaca ini memuat konsep dan teori pendidikan Islam serta pengaplikasiannya dalam proses pendidikan Islam yang dijalankan. Adapun tujuan pendidikan Islam adalah… selengkapnya
Rp 80.000 Rp 100.00020%
Penulis: Dedih Wahyudin, Dr., M.Ag. Cetakan: 1, 2020 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 268 Halaman ISBN: 978-602-446-443-1 Sinopsis: Pembelajaran bahasa Arab hingga kini masih menyisakan masalah yang belum terselesaikan baik dari sisi metode, teknik, maupun bahan ajar yang sesuai dengan target dan tujuan pembelajaran bahasa… selengkapnya
Rp 60.000 Rp 75.00020%
Dewi Sadiah, Dr., S.Ag., M.Pd. Cetakan 1, 2015 16×24 cm, 176 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-636-7 Sinopsis: Penelitian merupakan usaha untuk menemukan, mengembangkan, dan melakukan verifikasi terhadap kebenaran suatu peristiwa/pengetahuan dengan memakai metode-metode ilmiah. Dalam buku ini dijelaskan cara-cara melakukan penelitian, dari pengertian sampai penerapannya tentang metode penelitian yang… selengkapnya
Rp 41.600 Rp 52.00020%
Judul : MANTIK KAIDAH BERPIKIR Pengarang : SYUKARDI SAMBAS, H, MSI. Tahun : Cet 3, 2000 Dimensi : 16 x 21 cm, HVS 70 gr, ix + 173 halaman ISBN : 979-514-593-2 Sinopsis: Kaidah berpikir untuk menghasilkan produk berpikir yang ilmiah dalam khazanah keislaman, dikaji dalam ilmu Mantik. Begitu pentingnya ilmu ini, Al-Ghazali sampai berkata,… selengkapnya
Rp 33.600 Rp 42.00020%
Penulis: Zainal Abidin, Dr., M.EI. Cetakan: 1, 2021 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 208 Halaman ISBN: 978-602-446-595-7 Sinopsis: Penelitian yang telah dilakukan penulis menghasilkan beberapa temuan yaitu: Pertama, Dinamika yang terjadi dalam bisnis kyai di Pamekasan merupakan sebuah dinamika yang terjadi pada seluruh sisi pesantren… selengkapnya
Rp 76.400 Rp 95.50020%
Helmawati, Dr., SE., M.Pd. I. Cetakan 1, 2015 16×24 cm, 176 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-608-4 Sinopsis: Salah satu hal penting yang dapat mempertahankan bahkan mengembangkan sebuah lembaga pendidikan adalah pengelolaan sistem informasi yang tepat. Informasi yang dikelola dengan baik dalam suatu sistem dikenal dengan istilah sistem informasi manajemen,… selengkapnya
Rp 41.600 Rp 52.00020%
Penulis: Acep Hermawan, Dr., M.Ag. Cetakan: 1, 2021 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 260 gr. 300 Halaman ISBN: 978-602-446-526-1 Sinopsis: Dalam pembelajaran, penilaian adalah aktivitas tindakan untuk mengetahui ke-majuan belajar dan pembelajaran. Keberadaannya merupakan kemestian karena melalui segmen penilaianlah kualitas belajar dan pembelajaran dapat diketahui. Oleh sebab… selengkapnya
Rp 72.000 Rp 90.00020%
Kurdi Mustofa, H., Mayjen TNI (Purn), Drs., M.M. Cetakan ke-1, 2012 13×18 cm, 164 hlm. Isi: HVS 70 gr, Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-115-7 Sinopsis: Dalam perjalanan sejarah Indonesia, dakwah mengalami dinamika yang beragam, baik dalam hal metode, materi, maupun media yang digunakan. Dakwah suatu ketika bisa menjadi sumbu peletup gerakan sosial, tetapi pada… selengkapnya
Rp 25.600 Rp 32.00020%
Penulis: Dr. Rosidin, M.Pd.I. Cetakan: 1, 2020 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 284 Halaman ISBN: 978-602-446-405-9 Sinopsis: Tema pokok buku ini adalah pendidikan Islam yang disarikan dari al-Qur’an, Hadis dan Kalam Hikmah; kemudian disajikan dalam bentuk esai ilmiah ringan yang dapat dipertanggung-jawabkan kebenarannya, kendati tidak… selengkapnya
Rp 80.000 Rp 100.000
Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.