Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Rp 76.000 Rp 95.000Kode | RR.PK0469 |
Status | Tersedia |
Kategori | Pendidikan & Keguruan |
Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Penulis:
Dr. Sigit Purnama, M.Pd.
Dr. Ellyn Sugeng Desyanti, M.Pd.
Alucyana, M.Psi., Psikolog.
Ratna Pangastuti, M.Pd.I.
Cetakan: 1, 2021
Ukuran: 16 x 24 cm.
Kertas isi: HVS 70 gr.
Kertas sampul: AC 230 gr.
276 Halaman
ISBN: 978-602-446-570-4
Sinopsis:
Guru merupakan profesi yang mengharuskan adanya kemahiran atau kecakapan spesifik dalam menghasilkan suatu produk untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dan orang lain. Suatu profesi harus mempelajari atau menguasai bidang tertentu, melibatkan aktivitas intelektual, dipersiapkan secara profesional, membutuhkan proses pendidikan dan pelatihan yang kesinambungan, lebih mengutamakan kepentingan dan layanan publik daripada individu dan pribadi, terwadahi dalam organisasi profesi, dan menjanjikan jenjang karier yang permanen.
Undang-Undang RI Nomor 14 Tahun 2005 memberi amanat bahwa guru memiliki kegiatan pokok, yaitu perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, menilai hasil pembelajaran, membimbing dan melatih anak, serta melaksanakan tugas tambahan yang melekat pada pelaksanaan kegiatan pokok. Bagaimana standar guru? Kompetensi apa yang harus dimilikinya? Bagaimana mengembangkan profesi guru?
Buku ini secara tuntas memaparkan tentang profesi dan profesionalisme guru, kualifikasi dan kompetensi guru serta bagaimana karier dan pengembangan profesionalisme guru. Setelah membaca buku ini Anda akan memahami bahwa keberadaan profesi guru sangat penting untuk diperhatikan serta ditingkatkan dalam pelaksanaan tugas dan pekerjaannya.
————-
Daftar Isi
BAB I KONSEP DASAR PROFESI
A. Hakikat Profesi
B. Syarat Profesi
C. Etika Profesi
D. Ragam Profesi
BAB II PROFESI GURU
A. Hakikat Profesi Guru
B. Profesionalisme Guru
C. Perbedaan Profesi Guru dan Nonguru
D. Urgensi Profesi Guru dalam Kehidupan
E. Tugas Profesi Guru
F. Status, Peran, dan Tujuan Profesi Guru
G. Hak dan Kewajiban Profesi Guru
BAB III KUALIFIKASI, KOMPETENSI DAN SERTIFIKASI GURU
A. Kualifikasi Guru
B. Kompetensi Guru
C. Sertifikasi Guru
BAB IV KODE ETIK DAN ORGANISASI PROFESI GURU
A. Kode Etik Profesi Guru
B. Organisasi Profesi Guru
Bab V KARIER DAN PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU
A. Karier Guru
B. Pengembangan Profesionalisme Guru
C. Pengembangan Profesionalisme Guru PAUD
BAB VI PROFESIONALISME GURU PIAUD
A. Guru PIAUD
B. “Performance” Guru PIAUD
C. Standar Guru
D. Guru Cerdas
E. Guru “Excellent”
F. Keterampilan Tambahan Guru PIAUD
Tags: Asesmen PAUD, Inovasi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Kreativitas Guru PAUD, Kurikulum PAUD Islam, Manajemen Kelas PAUD, Metode Pembelajaran, nak Usia Dini, Pelatihan Guru PAUD, Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Pengembangan Profesi Guru, Perkembangan Anak Usia Dini
Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Berat | 450 gram |
Kondisi | Baru |
Dilihat | 925 kali |
Diskusi | Belum ada komentar |
Produk Terkait
20%
Sa’dun Akbar, Prof., Dr., M.Pd. Cetakan 1, 2013 16×24 cm, 172 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-169-0 Sinopsis : Kurikulum pendidikan Indonesia kerap berubah, sementara praktik pembelajarannya cenderung tetap. Kondisi ini menuntut guru, calon guru, peneliti pendidikan, pengelola pendidikan, termasuk mahasiswa ilmu kependidikan selayaknya mampu mengembangkan perangkat pembelajaran secara maksimal,… selengkapnya
Rp 40.800 Rp 51.00020%
Judul : PSIKOLOGI PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK Pengarang : DESMITA EL-IDHAMI Tahun : Agustus 2009 Dimensi : 16×24, 328 Halaman, HVS-70 Gram ISBN : 979-692-950-3 Sinopsis : Pemahaman tentang karakteristik individu peserta didik ini memiliki arti penting dalam interaksi belajar-mengajar. Bagi seorang guru khususnya, informasi mengenai karakteristik individu peserta didik ini akan sangat berguna dalam memilih… selengkapnya
Rp 72.000 Rp 90.00020%
Syamsu Yusuf LN, Prof., Dr., M.Pd. dan A. Juntika Nurihsan, M.Pd., D Cetakan 5, Tahun 2013 Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 979-692-797-7 Sinopsis : Innama bu’itstu li utammima makaarima-I akhlaaqi; sesungguhnya aku diutus untuk menyempurnakan akhlak (Muhammad SAW) Kepribadian sesuatu yang selalu menarik perhatian banyak pihak, sepanjang masa. Dalam pergaulan masyarakat… selengkapnya
Rp 56.000 Rp 70.00020%
Wirania Swasty Cetakan 1, 2016 16×24 cm, 172 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-720-3 Sinopsis : Merek bukan sekadar sebuah nama, bukan juga sekadar sebuah logo atau simbol. Merek merupakan cerminan nilai yang diberikan pada pelanggan berupa kualitas fisik dan nonfisik dari suatu entitas. Dalam hal ini, pemasar memiliki banyak… selengkapnya
Rp 40.800 Rp 51.00020%
Penulis: Rochiati Wiriaatmadja, Prof., Dr. Cetakan: 12 (Revisi), 2019 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 260 gr. Halaman : 304 Halaman ISBN: 978-602-446-302-1 Sinopsis: Sudah banyak dibahas dalam berbagai forum ilmiah mengenai persoalan yang dihadapi para pendidik ketika ia mengajar di depan kelas. Kenyataannya berbagai persoalan pendidikan datang… selengkapnya
Rp 68.000 Rp 85.00020%
Penulis: Mahmud, H., Prof., Dr., M.Si. Cetakan: 1, 2019 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 260 gr. 320 Halaman ISBN: 978-602-446-306-9 Sinopsis : Apa kelebihan buku ini dibandingkan buku-buku tentang manajemen pendidikan lainnya? Buku ini memaparkan konsep manajemen modern yang umumnya dipakai oleh lembaga-lembaga pendidikan tinggi. Ilmu manajemen… selengkapnya
Rp 66.400 Rp 83.00020%
Judul : PSIKOLOGI PENDIDIKAN Pengarang : M. NGALIM PURWANTO Tahun : 2017, cetakan ke 28 Dimensi : hvs 70 GR, 16 X 24 cm, 184 hlm + xiii ISBN : 979-514-036-1 Sinopsis: Apakah psikologi itu? Apa gunanya kita mempelajari psikologi? Bagaimana pengaruh pembawaan dan pengaruh lingkungan terhadap perkembangan manusia? Mengapa intelegensi seseorang berbeda dengan intelegensi… selengkapnya
Rp 43.200 Rp 54.00020%
Nana Supriatna, Prof., Dr., M.Ed. Cetakan 1, 2016 16×24 cm, 380 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 230 gr. ISBN: 978-979-692-714-2 Sinopsis: Tanpa disadari, selama ini penerapan kurikulum sekolah di Indonesia kurang memperhatikan unsur kesinambungan yang memadukan berbagai unsur ke dalam sebuah ekosistem. Peningkatan kualitas pendidikan berbasis teknologi modern sering kali mengabaikan ketersediaan dan… selengkapnya
Rp 80.000 Rp 100.00020%
Nusa Putra, Dr., S.Fil., M.Pd., dkk. Cetakan 1, 2012 16×24 cm, 156 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-089-1 Sinopsis: Tujuan Pendidikan Agama Islam (PAI) secara substansial adalah mengasuh, membimbing, mendorong, mengusahakan, dan menumbuhkembangkan manusia takwa. Ketakwaan merupakan high concept dalam arti memiliki banyak dimensi dan merupakan suatu kondisi yang pencapaiannya… selengkapnya
Rp 38.400 Rp 48.00020%
Nusa Putra, Dr. Cetakan 1, 2013 16×24 cm, 220 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-171-3 Sinopsis : Tiap penelitian berpegang pada paradigma tertentu. Sebuah paradigma akan mengalami kebuntuan sehingga situasi ini akan melahirkan paradigma baru, dan paradigma tertentu menjadi tidak dominan lagi. Itu berarti adanya paradigma baru membuka peluang bagi… selengkapnya
Rp 49.600 Rp 62.000
Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.