Pembelajaran Matematika Untuk Mahasiswa PGSD
Rp 100.800 Rp 126.000Kode | RR.PK0393 |
Status | Tersedia |
Kategori | Pendidikan & Keguruan |
Pembelajaran Matematika Untuk Mahasiswa PGSD
Penulis: Nanang Priatna, H., Prof., Dr., M.Pd.
Cetakan: 1, 2019
Ukuran: 17,5 x 25 cm.
Kertas isi: HVS 70 gr.
Kertas sampul: AC 260 gr.
Halaman : 352 Halaman
ISBN: 978-602-446-304-5
Sinopsis :
Mengapa matematika diakui sebagai tolok ukur utama untuk mengukur tingkat kecerdasan seseorang? Hal ini sesuai dengan karakteristik matematika sebagai ilmu yang bersifat deduktif, logis, aksiomatik, simbolik, hierarkis-sistematis, dan abstrak.
Buku ini terbit sebagai upaya untuk memberikan pemahaman konsep matematika bagi mahasiswa PGSD dan guru Sekolah Dasar (SD), juga memberikan keterampilan bagaimana cara mengajarkan matematika dengan efektif, kreatif, dan mudah dipahami peserta didik.
Materi yang disajikan dalam buku ini terdiri dari 18 Bab, juga memuat materi pengayaan merancang silabus pembelajaran di SD dan membangun HOTS (High Order Thinking Skills) bagi siswa Sekolah Dasar.
—
Daftar Isi
Bab I Pendahuluan
A. Hakikat Anak dalam Pembelajaran Matematika
B. Mempersiapkan Anak untuk Belajar Matematika
C. Teori-Teori Belajar Matematika di Sekolah Dasar
Bab II Sistem Bilangan
A. Lambang Bilangan
B. Nilai Tempat Suatu Bilangan
C. Garis Bilangan
D. Macam-Macam Bilangan
Bab III Operasi pada Bilangan
A. Operasi pada Bilangan Cacah
B. Penjumlahan Bilangan Cacah
C. Pengurangan Bilangan Cacah
D. Perkalian Bilangan Cacah
E. Pembagian Bilangan Cacah
F. Sifat-sifat Operasi pada Bilangan Cacah
G. Aturan Pembulatan
Bab IV Pecahan
A. Pengertian Bilangan Pecahan
B. Konsep Pecahan Desimal dan Persen
C. Pecahan Senilai
D. Operasi Pecahan
Bab V Bilangan Akar dan Pangkat
A. Bilangan Berpangkat Bulat Positif
B. Bilangan Berpangkat Bulat Negatif
C. Bilangan Berpangkat Nol
D. Bilangan Berpangkat Pecahan dan Bentuk Akar
E. Akar Pangkat Dua
F. Akar Pangkat Tiga
Bab VI Bilangan Romawi
A. Penggunaan Bilangan Romawi
B. Lambang Pokok Bilangan Romawi
C. Cara Penulisan Bilangan Romawi
D. Aturan Penjumlahan Bilangan Romawi
E. Aturan Pengurangan Bilangan Romawi
F. Aturan Gabungan Bilangan Romawi
Bab VII KPK dan FPB
A. Konsep Kelipatan
B. Kelipatan Persekutuan dan Faktor Persekutuan
C. Faktorisasi Prima
Bab VIII Pengukuran
A. Pengukuran Sudut
B. Pengukuran Panjang
C. Pengukuran Berat
D. Pengukuran Satuan Waktu
E. Pengukuran Kecepatan
F. Pengukuran Kecepatan Air (Debit Air)
Bab IX Perbandingan dan Skala
A. Konsep Perbandingan
B. Perbandingan Senilai
C. Perbandingan Berbalik Nilai
D. Perbandingan Skala
Bab X Pengenalan Geometri
A. Istilah dalam Geometri
B. Pembuktian Teorema Pythagoras
C. Titik, Garis, dan Bidang
D. Kedudukan Titik pada Garis
E. Kedudukan Garis dengan Garis
F. Sudut
G. Bidang Segi Banyak (Segi-n)
H. Melukis Segitiga
I. Melukis Garis Istimewa pada Segitiga
Bab XI Geometri Bangun Datar
A. Pengertian Bangun Datar
B. Persegi (Bujur Sangkar)
C. Persegi Panjang
D. Segitiga
E. Jajaran Genjang
F. Belah Ketupat
G. Layang-layang
H. Trapesium
I. Lingkaran
Bab XII Luas dan Keliling Bangun Datar
A. Luas dan Keliling Persegi Panjang
B. Luas dan Keliling Persegi
C. Luas dan Keliling Jajar Genjang
D. Luas Segitiga
E. Luas dan Keliling Trapesium
F. Luas dan Keliling Layang-layang
G. Luas dan Keliling Lingkaran
Bab XIII Simetri Lipat dan Simetri Putar
A. Konsep Simetri
B. Simetri Lipat
C. Simetri Putar
Bab XIV Pengenalan Bangun Ruang
A. Sifat-Sifat Kubus
B. Sifat-Sifat Balok
C. Sifat-Sifat Prisma
D. Sifat-Sifat Limas
Bab XV Volume Bangun Ruang Sisi Datar
A. Volume Balok
B. Volume Kubus
C. Volume Prisma
D. Volume Limas
Bab XVI Volume Bangun Ruang Sisi Lengkung
A. Volume Tabung
B. Kerucut
C. Volume Bola
Bab XVII Sistem Koordinat
A. Pengertian Sistem Koordinat Kartesius
B. Menentukan Koordinat suatu Titik
C. Jarak Antara 2 titik
D. Gradien/Kemiringan Garis
Bab XVIII Statistika
A. Pengertian Statistik Dan Statistika
B. Macam-Macam Data
C. Penyajian Data
E. Ukuran Pemusatan Data
E. Ukuran Penyimpangan Data
Tags: Evaluasi Pembelajaran Matematika, Keterampilan Matematika, Matematika Sekolah Dasar, Matematika untuk PGSD, Metode Pembelajaran Matematika, Model Pembelajaran Matematika, Pembelajaran Matematika, Pengembangan Pembelajaran Matematika, Strategi Pembelajaran Matematika, Teori Pembelajaran Matematika
Pembelajaran Matematika Untuk Mahasiswa PGSD
Berat | 700 gram |
Kondisi | Baru |
Dilihat | 668 kali |
Diskusi | Belum ada komentar |
Produk Terkait
20%
Dede Rahmat Hidayat, Dr., dkk. Cetakan 1, 2013 16×24 cm, 200 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-132-4 Sinopsis : Pemahaman tentang pengembangan profesionalitas konselor atau guru bimbingan dan konseling merupakan hal yang sangat diperlukan, mengingat kedudukan konselor atau guru bimbingan dan konseling merupakan pendidik profesional yang bertugas memberikan layanan ahli… selengkapnya
Rp 46.400 Rp 58.00020%
Judul : PERENCANAAN PENDIDIKAN Pengarang : UDIN SYAEFUDIN SA’UD,DKK. Tahun : 2005 Dimensi : 16×24 cm, HVS 60 gr, 288 hlm. ISBN : 979-692-516-8 Sinopsis: Perencanaan pendidikan menjadi kunci efektivitas kegiatan untuk mencapai tujuan pendidikan yang diharapkan. Namun kenyataannya, perencanaan pendidikan lebih dijadikan faktor pelengkap, sehingga sering terjadi tujuan yang ditetapkan tidak tercapai secara optimal…. selengkapnya
Rp 59.200 Rp 74.00020%
Judul : FILSAFAT BAHASA DAN PENDIDIKAN Pengarang : CHAEDAR AL-WASILAH,PROF,DR. Tahun : Cet-1 tahun 2008 Dimensi : 16X24 cm, HVS-70 Gram, 232 Hlm ISBN : 97-692-932-5 Sinopsis : Orang awam biasanya mencitrakan filsafat sebagai ilmu yang sulit dan menakutkan. Membaca buku filsafat sering harus mengerutkan dahi, mengerahkan segala kemampuan untuk mencerna gagasan yang diuraikan. Tapi… selengkapnya
Rp 52.000 Rp 65.00020%
E. Mulyasa, H., Prof., Dr., M.Pd. Cetakan 1, 2015 16×24 cm, 216 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-624-4 Sinopsis: Hal pertama yang paling menarik dilakukan Presiden ke-7 Joko Widodo setelah dilantik menjadi Presiden Republik Indonesia dan serah terima jabatan adalah melakukan videoconference dengan sejumlah masyarakat di berbagai daerah (delapan daerah)…. selengkapnya
Rp 49.600 Rp 62.00020%
Penulis: E. Mulyasa, Drs., M.Pd. Cetakan: 13, 2018 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 210 gr. 304 Halaman ISBN: 979-692-271-1 Sinopsis: Kebijakan pemerintah dalam bidang pendidikan yang paling fenomenal sejak berlakunya otonomi daerah dan desentralisasi pendidikan adalah pelaksanaan MBS dan KBK. Tujuannya hanya satu: membuat pendidikan lebih bermutu…. selengkapnya
Rp 72.000 Rp 90.00020%
Judul : KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (NEW) Pengarang : H.E.MULYASA, PROF.DR,M.PD. Tahun : 09, 2006 Dimensi : 16X24 cm, HVS-60 gr, 320 hlm ISBN : 979-514-716-0 Sinopsis : KTSP merupakan bentuk operasional kurikulum dalam konteks desentralisasi pendidikan dan otonomi daerah. Penyusunan kurikulum ini melibatkan guru, kepala sekolah, komite sekolah, dan dewan pendidikan. Keterlibatan pihak-pihak tersebut… selengkapnya
Rp 64.000 Rp 80.00020%
Nusa Putra, Dr. Cetakan 1, 2014 16×24 cm, 160 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-573-5 Sinopsis : Penelitian tindakan, terutama penelitian tindakan partisipatori atau emansipatori pada mulanya populer dan banyak digunakan oleh para aktivis gerakan sosial untuk pemberdayaan petani, buruh, dan kaum marginal lainnya, seperti anak jalanan. Kemudian penelitian tindakan… selengkapnya
Rp 37.600 Rp 47.00020%
Prof. Dr. Ahmad Tafsir 16 x 24 cm • 216 hlm Kertas isi HVS 60 gr, Kertas sampul AC 210 gr Cetakan 10, 2010 ISBN: 979-514-174-0 Sinopsis: Buku ini membahas tentang pendidikan dalam pandangan Islam yang dilengkapi dengan pandangan berbagai pakar pendidikan Islam, baik dari dalam maupun luar negeri.
Rp 39.200 Rp 49.00020%
Sukiman, Dr., S.Ag., M.Pd. Cetakan 1, 2015 16×24 cm, 264 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-628-2 Sinopsis : Dunia Pendidikan saat ini dihadapkan pada tuntutan masyarakat untuk dapat menghasilkan para lulusan yang berkualitas tinggi dan mampu bersaing pada era globalisasi. Selain itu, juga memiliki bekal pengetahuan agama, moral, dan akhlak… selengkapnya
Rp 60.000 Rp 75.00020%
Penulis: Johar Permana, Prof. Dr. H., M.A. Taufani C. Kurniatun, Dr., M.Si. Liah Siti Syarifah, S.Pd.I., M.Pd. Cetakan: 1, 2019 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 232 Halaman ISBN: 978-602-446-370-0 Sinopsis : Setiap negara memiliki kebijakan yang berbeda dalam menggunakan pendekatan pada perencanaan pendidikannya. Hal tersebut… selengkapnya
Rp 70.400 Rp 88.000
Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.