Pembelajaran Matematika Untuk Mahasiswa PGSD
Rp 100.800 Rp 126.000Kode | RR.PK0393 |
Status | Tersedia |
Kategori | Pendidikan & Keguruan |
Pembelajaran Matematika Untuk Mahasiswa PGSD
Penulis: Nanang Priatna, H., Prof., Dr., M.Pd.
Cetakan: 1, 2019
Ukuran: 17,5 x 25 cm.
Kertas isi: HVS 70 gr.
Kertas sampul: AC 260 gr.
Halaman : 352 Halaman
ISBN: 978-602-446-304-5
Sinopsis :
Mengapa matematika diakui sebagai tolok ukur utama untuk mengukur tingkat kecerdasan seseorang? Hal ini sesuai dengan karakteristik matematika sebagai ilmu yang bersifat deduktif, logis, aksiomatik, simbolik, hierarkis-sistematis, dan abstrak.
Buku ini terbit sebagai upaya untuk memberikan pemahaman konsep matematika bagi mahasiswa PGSD dan guru Sekolah Dasar (SD), juga memberikan keterampilan bagaimana cara mengajarkan matematika dengan efektif, kreatif, dan mudah dipahami peserta didik.
Materi yang disajikan dalam buku ini terdiri dari 18 Bab, juga memuat materi pengayaan merancang silabus pembelajaran di SD dan membangun HOTS (High Order Thinking Skills) bagi siswa Sekolah Dasar.
—
Daftar Isi
Bab I Pendahuluan
A. Hakikat Anak dalam Pembelajaran Matematika
B. Mempersiapkan Anak untuk Belajar Matematika
C. Teori-Teori Belajar Matematika di Sekolah Dasar
Bab II Sistem Bilangan
A. Lambang Bilangan
B. Nilai Tempat Suatu Bilangan
C. Garis Bilangan
D. Macam-Macam Bilangan
Bab III Operasi pada Bilangan
A. Operasi pada Bilangan Cacah
B. Penjumlahan Bilangan Cacah
C. Pengurangan Bilangan Cacah
D. Perkalian Bilangan Cacah
E. Pembagian Bilangan Cacah
F. Sifat-sifat Operasi pada Bilangan Cacah
G. Aturan Pembulatan
Bab IV Pecahan
A. Pengertian Bilangan Pecahan
B. Konsep Pecahan Desimal dan Persen
C. Pecahan Senilai
D. Operasi Pecahan
Bab V Bilangan Akar dan Pangkat
A. Bilangan Berpangkat Bulat Positif
B. Bilangan Berpangkat Bulat Negatif
C. Bilangan Berpangkat Nol
D. Bilangan Berpangkat Pecahan dan Bentuk Akar
E. Akar Pangkat Dua
F. Akar Pangkat Tiga
Bab VI Bilangan Romawi
A. Penggunaan Bilangan Romawi
B. Lambang Pokok Bilangan Romawi
C. Cara Penulisan Bilangan Romawi
D. Aturan Penjumlahan Bilangan Romawi
E. Aturan Pengurangan Bilangan Romawi
F. Aturan Gabungan Bilangan Romawi
Bab VII KPK dan FPB
A. Konsep Kelipatan
B. Kelipatan Persekutuan dan Faktor Persekutuan
C. Faktorisasi Prima
Bab VIII Pengukuran
A. Pengukuran Sudut
B. Pengukuran Panjang
C. Pengukuran Berat
D. Pengukuran Satuan Waktu
E. Pengukuran Kecepatan
F. Pengukuran Kecepatan Air (Debit Air)
Bab IX Perbandingan dan Skala
A. Konsep Perbandingan
B. Perbandingan Senilai
C. Perbandingan Berbalik Nilai
D. Perbandingan Skala
Bab X Pengenalan Geometri
A. Istilah dalam Geometri
B. Pembuktian Teorema Pythagoras
C. Titik, Garis, dan Bidang
D. Kedudukan Titik pada Garis
E. Kedudukan Garis dengan Garis
F. Sudut
G. Bidang Segi Banyak (Segi-n)
H. Melukis Segitiga
I. Melukis Garis Istimewa pada Segitiga
Bab XI Geometri Bangun Datar
A. Pengertian Bangun Datar
B. Persegi (Bujur Sangkar)
C. Persegi Panjang
D. Segitiga
E. Jajaran Genjang
F. Belah Ketupat
G. Layang-layang
H. Trapesium
I. Lingkaran
Bab XII Luas dan Keliling Bangun Datar
A. Luas dan Keliling Persegi Panjang
B. Luas dan Keliling Persegi
C. Luas dan Keliling Jajar Genjang
D. Luas Segitiga
E. Luas dan Keliling Trapesium
F. Luas dan Keliling Layang-layang
G. Luas dan Keliling Lingkaran
Bab XIII Simetri Lipat dan Simetri Putar
A. Konsep Simetri
B. Simetri Lipat
C. Simetri Putar
Bab XIV Pengenalan Bangun Ruang
A. Sifat-Sifat Kubus
B. Sifat-Sifat Balok
C. Sifat-Sifat Prisma
D. Sifat-Sifat Limas
Bab XV Volume Bangun Ruang Sisi Datar
A. Volume Balok
B. Volume Kubus
C. Volume Prisma
D. Volume Limas
Bab XVI Volume Bangun Ruang Sisi Lengkung
A. Volume Tabung
B. Kerucut
C. Volume Bola
Bab XVII Sistem Koordinat
A. Pengertian Sistem Koordinat Kartesius
B. Menentukan Koordinat suatu Titik
C. Jarak Antara 2 titik
D. Gradien/Kemiringan Garis
Bab XVIII Statistika
A. Pengertian Statistik Dan Statistika
B. Macam-Macam Data
C. Penyajian Data
E. Ukuran Pemusatan Data
E. Ukuran Penyimpangan Data
Tags: Evaluasi Pembelajaran Matematika, Keterampilan Matematika, Matematika Sekolah Dasar, Matematika untuk PGSD, Metode Pembelajaran Matematika, Model Pembelajaran Matematika, Pembelajaran Matematika, Pengembangan Pembelajaran Matematika, Strategi Pembelajaran Matematika, Teori Pembelajaran Matematika
Pembelajaran Matematika Untuk Mahasiswa PGSD
Berat | 700 gram |
Kondisi | Baru |
Dilihat | 859 kali |
Diskusi | Belum ada komentar |
Produk Terkait
20%
Amos Neolaka, Prof., Dr., Ir., M.Pd. Cetakan 1, 2014 16×24 cm, 244 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-575-9 Sinopsis : Manusia adalah makhluk yang diciptakan dengan keingintahuan yang sangat besar. Oleh karena itulah tercipta ilmu pengetahuan. Saat ini, kepaduan antara ilmu pengetahuan dan penelitian sangat erat. Ilmu dan penelitian diibaratkan… selengkapnya
Rp 52.800 Rp 66.00020%
Arita Marini, DR., Ir. Cetakan 1, 2013 16×24 cm, BW, 120 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-160-7 Sinopsis: Geometri adalah cabang matematika yang menerangkan sifat-sifat garis, sudut, bidang, dan ruang. Geometri ini disebut juga ilmu ukur. Oleh Karena itu, dalam buku Geometri dan Pengukuran ini dibahas secara lengkap mengenai geometri… selengkapnya
Rp 25.600 Rp 32.00020%
Abdul Madjid, M.Pd. Cetakan 1, 2014 16×24 cm, 280 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-582-7 Sinopsis : Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran adalah bagian integral dari proses kegiatan pembelajaran. Penilaian ini bertujuan menilai efektivitas dan efisiensi kegiatan pengajaran sebagai bahan untuk perbaikan dan penyempurnaan program serta pelaksanaannya. Salah satu… selengkapnya
Rp 56.000 Rp 70.00020%
Penulis: Kisyani-Laksono, Prof., Dr., Tatag Yuli Eko Siswono, Dr., M.Pd. Cetakan: 1, 2018 Ukuran: 16 x 24 cm Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. Halaman : 264 Halaman ISBN: 978-602-446-200-0 Sinopsis: Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan salah satu jenis penelitian yang diharapkan dapat menjadi solusi bagi permasalahan pembeljaran di kelas. Selain… selengkapnya
Rp 60.000 Rp 75.00020%
Penulis: Nanang Fattah, Prof. Dr.,M.Pd. Cetakan: 1, 2019 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 252 Halaman ISBN: 978-602-446-367-0 Sinopsis : Salah satu fungsi utama pendidikan tinggi adalah sebagai sumber inspirasi dan inovasi dalam membuat kebijakan dan manajemen. Dalam kerangka peningkatan daya saing global menuju masyarakat 5.0… selengkapnya
Rp 57.600 Rp 72.00020%
Penulis: Trisna Andarwulan, S.S., M.Pd., Prima Zulvarina, M.Pd., Milatuz Zakiyah, S.Pd., M.A., Muhammad Hambali, S.S., M.Pd., Fitrahayunitisna, M.Pd., Noveria Anggraeni Fiaji, M.Pd., Mokhamad Jainuri, M.Hum., Lilik Wahyuni, Dr., M.Pd. Cetakan: 1, 2019 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 168 Halaman ISBN: 978-602-446-366-3 Sinopsis : Buku ini… selengkapnya
Rp 41.600 Rp 52.00020%
Deni Darmawan, Dr., S.Pd., M.Si. Cetakan 1, 2015 16×24 cm, 340 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 230 gr. ISBN: 978-979-692-640-4 Sinopsis: Biologi saat ini tengah diupayakan untuk dikaji menjadi landasan baru bagi kajian Ilmu komunikasi selain Antropologi, Sosiologi, Psikologi, Psikologi Sosial, serta ilmu-ilmu eksakta, seperti Fisika dan Matematika. Selain itu, Biologi sebagai salah… selengkapnya
Rp 72.800 Rp 91.00020%
Deni Darmawan, Dr., S.Pd., M.Si. Cetakan 1, 2014 16×24 cm, 184 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-494-3 Sinopsis : Pada dasarnya konsep teknologi pendidikan masih tertuju pada upaya melahirkan prosedur-prosedur pemecahan masalah belajar manusia. Di antara inovasi dalam model pembelajaran berbasis teknologi informasi itu adalah animation learning, games learning, dan… selengkapnya
Rp 43.200 Rp 54.00020%
Penulis: Dadang Suwanda, Dr., H., S.E., M.M., M.Ak., Ak., CA., Burdan Ali Junjunan, S.H., M.Si., Ellen Rusliati, Dr., Hj., S.E., M.SIE. Cetakan: 1, 2019 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 264 Halaman ISBN: 978-602-446-344-1 Sinopsis : Otonomi keuangan daerah menuntut pemerintah daerah untuk meningkatkan kapabilitas dan… selengkapnya
Rp 60.000 Rp 75.00020%
Dra. Hj. Endang Setyo Winarni, M.Pd. & Dra. Sri Harmini, S.Pd., M.Pd. 16 x 24 cm, 184 hlm Kertas isi HVS-70 gr Kertas sampul AC-210 gr Cetakan 1, 2011 ISBN: 978-979-692-008-2 Sinopsis: Pada waktu berpikir kritis, kita menggunakan penalaran induktif dan deduktif. Penalaran induktif merupakan penalaran yang berlangsung dari hal yang khusus ke hal yang… selengkapnya
Rp 43.200 Rp 54.000
Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.