Pedagogik Teoretis Dan Praktis
Rp 52.800 Rp 66.000Kode | RR.PK0269 |
Status | Tersedia |
Kategori | Pendidikan & Keguruan |
Pedagogik Teoretis Dan Praktis
Waini Rasyidin, H., Prof., Dr., M.Ed.
Cetakan 1, 2014
16×24 cm, 236 hlm.
Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr.
ISBN: 978-979-692-493-6
Sinopsis:
Pedagogik adalah nilai dasar keilmuan dan profesi yang harus dibangun secara kokoh dan menjadi landasan bagi pemikiran dan tindakan pendidikan serta penyelenggaraan pendidikan guru. Pedagogik sebagai ilmu didukung dengan menggunakan ilmu-ilmu dasar seperti psikologi, antropologi, sosiologi, dan bahkan matematika.
Namun, semua itu harus dibingkai dan diuji koherensinya dengan filsafat dan filsafat pendidikan sehingga membangun keunikan wilayah kajian pedagogik sebagai ilmu. Itulah yang perlu dipahami oleh insan pendidikan terutama para pendidik, para pengambil kebijakan, dan para pendidik yang mendidik calon pendidik/guru di LPTK.
Munculnya buku Pedagogik seperti ini diharapkan memberikan pencerahan kepada semua insan pendidikan bahwa pendidikan adalah sebuah upaya yang berurusan dengan manusia sebagai organisme yang sedang berkembang menuju kedewasaan yang berlangsung dalam lingkungan dengan segala kompleksitas, dan pendidikan tidak bisa terlepas dari pemahaman secara mendalam tentang hakikat dan tujuan hidupnya. Pendidikan sebagai sebuah proses pemberdayaan dan pembudayaan.
——
Daftar Isi
BAB 1 Pedagogik Teoretis dan Praktis Pendahuluan –– 1
A. Pengantar –– 1
B. Signifikansi dari Rintisan Immanuel Kant –– 6
C. Arti Pendidikan –– 15
D. Tugas dan Keharusan Teori dalam Pendidikan –– 24
E. Antara Pedagogik, Ilmu Pendidikan, dan Ilmu-Ilmu Pendidikan –– 31
Bab 2 Kedudukan Pedagogik Teoretis dalam Ilmu Pendidikan –– 37
A. Pengantar –– 37
B. Pedagogik dan Kategorisasi Ilmu-Ilmu –– 43
C. Cabang dan Klasifikasi Pedagogik/Ilmu Pendidikan –– 51
Bab 3 Teori Pendidikan sebagai Ilmu –– 59
A. Antara pedagogik, teori Pendidikan, dan Karakteristik Ilmu –– 59
B. Antara Filsafat Pendidikan dan Ilmu-Ilmu Pendidikan –– 65
C. Pedagogik Teoretis sebagai Ilmu Berotonomi –– 69
D. Masalah Hak dan Kewajiban atas Pendidikan –– 73
Bab 4 Objek dari Teori Pendidikan dan Ilmu Pedagogik –– 75
A. Pengantar –– 75
B. Antara Pedagogik, Filsafat Pendidikan, dan Ilmu Pendidikan –– 77
C. Situasi Pendidikan dan Objek Pedagogik –– 83
D. Kewibawaan Pendidikan –– 87
E. Tujuan pendidikan –– 92
F. Alat Pendidikan atau Upaya-Upaya Pendidikan –– 101
G. Pendidik dan Terdidik –– 107
H. Nilai-Nilai dan Pengetahuan –– 110
I. Struktur Sosio-Kultural –– 115
J. Kesimpulan tentang Batasan atau Definisi Pendidikan –– 118
Bab 5 Keharusan, Kemungkinan, dan Batas Pendidikan –– 121
A. Pengantar –– 121
B. Keharusan Pendidikan –– 123
C. Kemungkinan Pendidikan –– 131
D. Batas pendidikan –– 136
Bab 6 Dasar-Dasar Antropologis-Filsafiah Pendidikan –– 139
A. Pengantar –– 139
B. Dasar Filsafiah-Antropologis dan Metode Empirik –– 143
C. Dasar-Dasar Antropologis dan Metode Kualitatif –– 146
D. Tentang Lima Dasar-Dasar Antropologi-Filsafiah Kependidikan –– 147
E. Filsafat Antropologis-Praktis dan Normatif –– 152
Bab 7 Sistem Ilmu Pedagogik –– 155
A. Pengantar –– 155
B. Sifat Ilmiah dari Pedagogik –– 156
C. Masalah dan Sub-Masalah Pedagogik –– 159
D. Antara Pedagogik Teoretis dan Pedagogik Praktis –– 165
E. Pembagian Pedagogik Teoretis: Pedagogik Sistematis dan Pedagogik Historis –– 167
F. Pembagian Pedagogik Praktis –– 169
G. Ilmu Pedagogik dan Hubungannya dengan Ilmu Lain –– 170
Bab 8 Pedagogik Praktis –– 173
A. Pengantar –– 173
B. Pendidikan Anak dalam Tiga Lingkungan (Tripusat Pendidikan) –– 175
C. Persekolahan Tersusun –– 185
D. Pedagogik Kesekolahan –– 188
E. Tentang Landasan Hukum Persekolahan dan Pendidikan Nasional –– 198
F. Sekilas Pendidikan Nasional untuk Mengisi Kemerdekaan, 2012/2013 –– 203
G. Rangkuman –– 208
Tags: Desain Instruksional, Etika Pendidikan, Evaluasi Pembelajaran, Kepemimpinan Pendidikan, Metodologi Pembelajaran, Model Pembelajaran, Pedagogik, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Pendidikan Dasar dan Menengah, Pendidikan Luar Sekolah, pendidikan tinggi, Pengajaran dan Pembelajaran, Pengembangan Kurikulum, Praktek Mengajar, Teori Pembelajaran
Pedagogik Teoretis Dan Praktis
Berat | 400 gram |
Kondisi | Baru |
Dilihat | 1.511 kali |
Diskusi | Belum ada komentar |
Produk Terkait
20%
Dr. Deni Darmawan, S.Pd., M.Si. 16 x 24 cm, 232 hlm Kertas isi HVS-70 gr Kertas sampul AC-210 gr Cetakan 2, 2011 ISBN: 978-979-692-061-7 Sinopsis: Di dalam buku ini juga dipaparkan peran dari media komputer untuk pembelajaran, hakikat multimedia, serta memproduksinya.Kemudian buku ini akan memandu para pengguna untuk membuat multimedia mulai dari mengembangkan skrip,… selengkapnya
Rp 52.000 Rp 65.00020%
Suyono, Prof., dkk. Cetakan 1, 2015 16×24 cm, 340 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 230 gr. ISBN: 978-979-692-625-1 Sinopsis : Buku Implementasi Belajar dan Pembelajaran ini lebih memfokuskan pembahasannya pada perkembangan pembelajaran dan implementasinya, termasuk bagaimana implementasi pada abad ke-21. Bagaimanakah peran guru dalam pembelajaran abad ke-21, sebagai pemandu perubahan, inkubator pembelajaran, dan… selengkapnya
Rp 72.800 Rp 91.00020%
Penulis: Nanang Priatna, H., Prof., Dr., M.Pd. Cetakan: 1, 2019 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 260 gr. Halaman : 352 Halaman ISBN: 978-602-446-304-5 Sinopsis : Mengapa matematika diakui sebagai tolok ukur utama untuk mengukur tingkat kecerdasan seseorang? Hal ini sesuai dengan karakteristik matematika sebagai ilmu yang bersifat… selengkapnya
Rp 100.800 Rp 126.00020%
Penulis: Dr. Enok Risdayah, M.Ag. Dr. H. Asep Iwan Setiawan, M.Ag. Dr. H. Rohmanur Aziz, M.Ag. Dr. H. Enjang AS, M.Si., M.Ag. Cetakan: 1, 2021 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr Kertas sampul: AC 230 gr. 256 Halaman ISBN: 978-602-446-594-0 Sinopsis: Buku ini insyaAllah berbeda dengan buku-buku Sunda yang lainnya,… selengkapnya
Rp 64.000 Rp 80.00020%
Penulis: Sarwiji Suwandi, Prof., Dr., M.Pd. Cetakan: 1, 2020 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. Halaman : 240 Halaman ISBN: 978-602-446-395-3 Sinopsis: Revolusi Industri 4.0 merupakan era yang memandang teknologi informasi menjadi basis dalam kehidupan manusia. Penggunaan daya komputasi dan data yang tidak terbatas akibat perkembangan… selengkapnya
Rp 52.800 Rp 66.00020%
Akdon, H., Prof., Dr., M.Pd., dkk. Cetakan 1, 2015 16×24 cm, 184 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 230 gr. ISBN: 978-979-692-623-7 Sinopsis : Biaya dalam pendidikan meliputi biaya langsung dan biaya tidak langsung. Biaya pendidikan ditentukan oleh berbagai faktor. Isu lain berkaitan dengan biaya pendidikan ini adalah adanya perbedaan pengeluaran anggaran biaya pendidikan… selengkapnya
Rp 43.200 Rp 54.00020%
Penulis: Ahmad Nur Salim, M.Pd. Cetakan: 1, 2023 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 216 Halaman ISBN: 978-602-446-689-3 Sinopsis: Buku ini menyajikan berbagai konsep asesmen dalam bidang pendidikan dan bagaimana menerapkan asesmen dalam setiap proses pembelajaran. Asesmen merupakan bagian esensial dari proses pembelajaran karena membantu setiap… selengkapnya
Rp 64.000 Rp 80.00020%
Nusa Putra, Dr., S.Fil., M.Pd., dkk. Cetakan 1, 2012 16×24 cm, 156 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-089-1 Sinopsis: Tujuan Pendidikan Agama Islam (PAI) secara substansial adalah mengasuh, membimbing, mendorong, mengusahakan, dan menumbuhkembangkan manusia takwa. Ketakwaan merupakan high concept dalam arti memiliki banyak dimensi dan merupakan suatu kondisi yang pencapaiannya… selengkapnya
Rp 38.400 Rp 48.00020%
Prof. Dr. Wardi Bachtiar, M.A 16 x 24 cm – 372 hlm Kertas Isi HVS 70 gr – Sampul AC 210 gr Cetakan 4, 2013 ISBN: 979-692-671-7 Sinopsis : Buku ini membicarakan gagasangagasan segar dalam bidang sosiologi sejak periode awal kelahirannya hingga pemikiran yang mengedepankan teori kontemporer. Beberapa tokoh penting juga ditampilkan dalam berbagai pemikirannya… selengkapnya
Rp 80.000 Rp 100.000Irika Widiasanti, M.T., Ir., Dkk. Cetakan 1, 2013 16×24 cm, 180 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-130-0 Sinopsis : Konstruksi dan kemampuan untuk membangun merupakan keterampilan tertua manusia karena keterampilan membangunlah yang membedakan Homo sapiens dari spesies lain pada zaman prasejarah. Ketika masyarakat mulai berkembang lebih terorganisasi, kemampuan membangun pun… selengkapnya
Rp 54.000
Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.