Metodologi Penelitian Kualitatif Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya
Rp 138.400 Rp 173.000Kode | RR.PK0389 |
Status | Tersedia |
Kategori | Pendidikan & Keguruan |
Metodologi Penelitian Kualitatif Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya
Penulis: Deddy Mulyana, Prof., M.A., Ph.D.
Cetakan: 9, 2018
Ukuran: 17,5 x 25 cm.
Kertas isi: HVS 70 gr.
Kertas sampul: AC 260 gr.
Halaman : 488 Halaman
ISBN: 978-602-446-268-0
Sinopsis:
Sejak lulus doktor dari Monash University Australia tahun 1996, khususnya setelah terbit edisi pertama buku ini tahun 2001, Profesor Deddy Mulyana menjadi pelopor dan ‘provokator’ utama tradisi penelitian kualitatif dengan paradigma interpretif (fenomenologis, interaksionis simbolik dan dramaturgis) dalam disiplin Ilmu Komunikasi di Indonesia, menggantikan paradigma objektif-positivis-kuantitatif yang sebelumnya dominan.
Ratusan mahasiswa tingkat magister dan doktor telah dibimbingnya. Tidak mengherankan jika mazhab yang dibawa ‘Begawan’ Ilmu Komunikasi Indonesia ini disebut Mazhab Deddy Mulyana oleh beberapa akademisi ilmu komunikasi di Tanah Air.
Paradigma interpretif memang lebih membumi dan holistik untuk mengeksplorasi permasalahan komunikasi yang semakin rumit dewasa ini.
Dr. Dadang Rahmat Hidayat, S.Sos., S.H., M.Si.Dekan Fikom Unpad (2016-2021)Ketua Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (2017-2021)
Daftar Isi
Bagian I
Perspektif, Teori Dan Metode 1
Bab I Pendahuluan
– Konvergensi Disiplin Ilmu
– Penelitian Kuantitatif Vs Penelitian Kualitatif
– Etnosentrisme Pendekatan Objektif-Kuantitatif
– Apakah Penelitian Kualitatif Llmiah?
– Apakah Metodologi Kualitatif Memiliki Standar Yang Baku?
– Membangun Penelitian Kualitatif
Bab II Perspektif Dan Teori Ilmu Sosial
– Keberagaman Perspektif Ilmu Sosial
– Perspektif, Teori, Dan Metode Penelitian
– Perspektif Dan Realitas
– Pendekatan Objektif
– Pendekatan Subjektif
– Mengamati “Gajah Berenang”: Contoh Aplikasi Pendekatan Objektif Vs Pendekatan Subjektif
– Rentang Pendekatan Objektif-Pendekatan Subjektif
– Justifikasi Atas Perspektif Interaksi Simbolik
Bab III Teori Interaksi Simbolik
– Teori Max Weber: Payung Teori Interaksi Simbolik
– Akar Teori Interaksi Simbolik
– Inti Teori Interaksi Simbolik
– Teori Tentang “Diri” Dari George Herbert Mead
– Kritik Atas Teori Interaksi Simbolik
Bab IV Pendekatan Dramaturgis Erving Goffman
– Teori Diri Ala Goffman: Presentasi-Diri
– Panggung Depan Dan Panggung Belakang
– Penggunaan Tim
– Interaksi Sebagai Ritual
– Kritik Atas Pendekatan Goffman
Bab V Metode Penelitian Kualitatif
– Metodologi Interaksionis Simbolik
– Kritik Blumer Atas Analisis Variabel
– Proses Induktif
– Penelitian Naturalistik Dan Etnografi
– Pengamatan Berperan-Serta
– Pengamatan Berperan-Serta Vs Survei Dan Eksperimen
– Pembentukan Kerangka Teoretis
– Taktik Pengamatan Berperan-Serta
– Wawancara Mendalam
– Analisis Dokumen
– Studi Kasus
– Kepustakaan
Bagian II
Aplikasi Teori Dan Metode Penelitian:
Contoh-Contoh Penelitian
* Mengindonesia Di Australia: Perubahan Dan Kesinambungan Identitas Etnik
* Pemendaman Identitas Transformasi Identitas Dalam Penjara Dengan Penjagaan Yang Ketat
* Tato Anggota Geng Penjara Komunikasi Visual Karier Moral
* Citra Tubuh Perempuan Identitas Perempuan Dan Media
* Politik Jenis Kelamin Di Tempat Kerja: Dunia Interaksi Polisi Wanita
* Kematian Sebagai Pertunjukan Dramaturgi Pemakaman Di Amerika Serikat
* Sebuah Etnografi Klinik Aborsi
* Manipulasi Identitas Etnik Oleh Orang Melayu Di Perkotaan
* Konstruksi Maskulinitas Dalam Kampanye Pemilihan Presiden
* Studi Kasus Musim Kampanye Tahun 1992
Tags: Analisis Data Kualitatif, Desain Penelitian Kualitatif, Etika Penelitian Kualitatif, Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial, Interpretasi Hasil Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kualitatif, Metodologi Penelitian Kualitatif, Paradigma Baru Penelitian Kualitatif, Pendekatan Penelitian Kualitatif, Penulisan Laporan Penelitian Kualitatif, Teknik Penelitian Kualitatif, Teori Penelitian Kualitatif
Metodologi Penelitian Kualitatif Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya
Berat | 800 gram |
Kondisi | Baru |
Dilihat | 2.021 kali |
Diskusi | Belum ada komentar |
Produk Terkait
20%
Prof. Dr. Muchlas Samani & Drs. Hariyanto, M.S. 16 x 24 cm – 264 hlm Kerts Isi HVS-70 gr – Sampul AC-210 gr Cetakan 6, 2017 ISBN: 978-979-692-065-5 Sinopsis: Buku ini berisi 5 pokok bahasan utama, pertama yaitu peranan penting pendidikan karakter bagi pembangunan bangsa; kedua dasar filosofi dan posisi pendidikan karakter dalam pendidikan nasional;… selengkapnya
Rp 60.000 Rp 75.00020%
Penulis: Mochamad Nursalim, Dr., M.Si., Hermien Laksmiwati, Dra., M,Si., Muhammad Syafiq, S.Psi., M.Sc., Meita Santi Budiani, M.Psi., Siti Ina Savira, S.Psi., M.Ed.C.P., Riza Noviana Khoirunnisa, S.Psi., M.Si., Yohna Wuri Satwika, S.Psi., M.Psi. Cetakan: 1, 2019 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 248 Halaman ISBN: 978-602-446-364-9 Sinopsis… selengkapnya
Rp 72.000 Rp 90.00020%
Ismet Basuki, Prof., Dr., dkk. Cetakan 1, 2014 16×24 cm, 252 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-471-4 Sinopsis : Penilaian merupakan komponen penting dalam dunia pendidikan. Untuk meningkatkan kualitas pendidikan dapat dilakukan dengan upaya peningkatan kualitas sistem pembelajaran dan kualitas sistem penilaiannya. Penilaian memiliki peran yang sangat penting dalam kualitas… selengkapnya
Rp 57.600 Rp 72.00020%
Penulis: Asep Kurniawan, M., Dr., Ag. Cetakan: 1, 2018 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 260 gr. Halaman : 408 Halaman ISBN: 978-602-446-295-6 Sinopsis : Benarkah masih banyak praktisi pendidikan seperti dosen, guru dan lain-lain belum menjadikan kegiatan penelitian sebagai suatu tradisi keilmuan bagi kemajuan pendidikan? Kurangnya budaya… selengkapnya
Rp 115.200 Rp 144.000Penulis: Asep Sudarsyah, DR., M.Pd Cetakan: 1, 2017 Ukuran: 17 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 176 Halaman ISBN: 978-602-446-187-4 Sinopsis: Dalam pengembangan profesi guru proses pembelajaran merupakan kegiatan inti supervisi pendidikan. Kegiatan belajar tersebut ditandai dengan interaksi supervisor dengan guru secara kolaboratif, kolegial, dan berbasis sekolah. Fungsi… selengkapnya
Rp 65.00020%
Prof. Dr. Nana Syaodih S. Cet. 9, Tahun 2013 Dimensi : HVS 60 GR, 16 X 24 cm, 336 Hlm ISBN : 979-692-486-2 Sinopsis: Kebutuhan akan pendidikan yang semakin membaik, yang mampu meningkatkan kualitas bangsa, mengembangkan karakter, memberikan keunggulan dan kemampuan berkreasi, semakin dirasakan urgensinya. Otonomi di bidang pendidikan memberikan kesempatan wewenang untuk melakukan berbagai… selengkapnya
Rp 76.000 Rp 95.00020%
Judul : MENGGAMBAR BUSANA Pengarang : USWATUN HASANAH, DRA., DKK Tahun : Cet ke-1, Januari 2011 Dimensi : 21 X 28 cm, 132 hlm, HVS-70 gr, AC-210 gr, F.C. ISBN : 978-979-692-018-1 Sinopsis : Buku ajar ini dititikberatkan pada proses menggambar manusia telanjang dengan proporsi kusus bidang desain busana, menggambar manusia berbusana, serta detil model… selengkapnya
Rp 52.000 Rp 65.00020%
Dra. Ari Fadiati, M.Si. 21×28 cm – 192 hlm Kertas Isi HVS 70 gr – Sampul AC 210 gr Cetakan 2, 2013 ISBN 978-979-692-051-8 Sinopsis : Melalui buku ini penulis mengharapkan dapat memberikan pandangan-pandangan serta ide-ide yang berhubungan dengan pengelolaan usaha jasa boga. Buku ini terdiri atas 6 pokok bahasan utama, yaitu perkembangan usaha Jasa… selengkapnya
Rp 76.000 Rp 95.00020%
Penulis: Ade Nandang S., Dr., M.Ag. dan Abdul Kosim, M.Ag. Cetakan: 1, 2018 Ukuran: 16 x 24 cm Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. Halaman : 148 Halaman ISBN: 978-602-446-246-8 Sinopsis: Kajian kebahasaan terus mengalami perkembangan. Linguistik sebagai ilmu yang mempelajari bahasa itu sendiri mengalami perubahan dan perkembangan sesuai dengan tinjauan… selengkapnya
Rp 40.000 Rp 50.00020%
Penulis: Arbangi, Dr., M.Si. Cetakan: 1, 2020 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 168 Halaman ISBN: 978-602-446-521-6 Sinopsis: Guru sebagai bagian integral dari organisasi sekolah perlu mengembangkan kompetensinya agar peka dan mampu menghadapi perubahan dan perkembangan zaman. Tugas pokok, fungsi, serta kedudukan guru dalam koridor profesi… selengkapnya
Rp 50.400 Rp 63.000
Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.