Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi)
Rp 110.000| Kode | RR.PK0073 |
| Status | Habis |
| Kategori | Pendidikan & Keguruan |
Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi)
Penulis: Lexy J. Moleong, Dr. M.A.
Cetakan: 37, 2017
Ukuran: 16×24 cm.
Kertas isi: HVS 70 gr.
Kertas sampul: AC 310 gr.
Halaman: 424 halaman
ISBN: 979-514-051-5
Sinopsis:
Sejatinya sebuah penelitian adalah untuk menemukan kebenaran. Kebenaran yang bukan dibenar-benarkan, tapi kebenaran yang memang benar-benar, benar.
Karena kebenaran itulah yang akan dijadikan landasan bertindak. Bukan atas dasar asumsi. Untuk mendapatkan kebenaran, mestinya suatu penelitian dilandasi kaidah-kaidah yang baik agar hasilnya dapat dipercaya.
Buku ini disajikan secara gamblang, mulai dari perencanaan penelitian hingga menyajikan hasilnya pada publik. Setiap tahap dalam penelitian diuraikan di sini, bukan saja komprehensif tapi juga operasional.
Daftar Isi
Sambutan Rektor IKIP Jakarta ― iii
Kata Pengantar Edisi Revisi ― v
Kata Pengantar ― viii
Bab 1 Fondasi Penelitian Kualitatif ― 1
A. Konsep Dasar Penelitian Kualitatif ― 2
B. Fungsi dan Pemanfaatan Penelitian Kualitatif ― 7
C Karakteristik Penelitian Kualitatif ― 8
D. Landasan Teoretis Penelitian Kualitatif ― 14
E. Perbedaan Penelitian Kualitatif dengan Penelitian
Kuantitatif ― 30
F. Beberapa Pertanyaan Umum tentang Penelitian Kualitatif
― 37
Bab 2 Paradigma Penelitian Kualitatif ― 47
A. Paradigma Penelitian Kualitatif ― 49
B. Beberapa Segi Suatu Teori ― 56
C. Penyusunan Teori (theory bulding) ― 67
D. Penyusunan Teori-Dari-Bawah (grounded theory) ― 72
E. Beberapa Persoalan yang Berkaitan dengan Teori ― 75
Bab 3 Perumusan Masalah dalam Penelitian
Kualitatif ― 91
A. Pembatasan Masalah Studi Melalui Fokus ― 92
B. Model Perumusan Masalah ― 98
C. Analisis Perumusan Masalah ― 109
D. Prinsip-prinsip Perumusan Masalah ― 112
E. Langkah-langkah Perumusan Masalah ― 119
Bab 4 Tahap-Tahap Penelitian ― 125
A. Tahap Penelitian Secara Umum ― 127
B. Tahap Penelitian Secara Siklikal ― 148
Bab 5 Teknik Penelitian ― 155
A. Sumber dan Jenis Data ― 157
B. Peranan Manusia Sebagai Instrumen Penelitian ― 163
C. Pengamatan ― 174
D. Wawancara ― 186
E. Catatan Lapangan ― 208
F. Penggunaan Dokumen ― 216
G. Sampling dan, Satuan Kajian (unit of analysis) ― 223
H. Beberapa Teknik Penelitian Lainnya ― 226
Bab 6 Analisis dan lnterpretasi Data ― 245
A. Analisis Data dan Penulisan Teori ― 248
B. Modus Analisis Data ― 277
C. Tahap Analisis Data Secara Umum ― 280
D. Tiga Model Analisis Data ― 287
E. Analisis Data Kualitatif dengan Komputer ― 308
Bab 7 Kriteria dan Teknik Pemeriksaan
Keabsahan Data ― 319
A. Alasan dan Acuan ― 320
B. Kriteria Keabsahan Data ― 324
C. Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data ― 326
Bab 8 Teknik Penulisan Laporan Penelitian ― 347
A. Fungsi, Jenis dan Bentuk Laporan Hasil Penelitian ― 348
B. Kerangka dan lsi Laporan ― 351
C. Teknik dan Strategi Penulisan Laporan ― 361
D. Penelaahan Hasil Penulisan ― 366
E. Penulisan Karya Tulis llmiah ― 368
Bab 9 Proposal Atau Rancangan Penelitian ― 383
A. Pengertian Proposal Penelitian ― 384
B. Komponen-komponen Proposal Penelitian ― 385
C. Proposal Penelitian Alamiah dan Kedudukan
Paradigma ― 397
D. Kerangka Rancangan Penelitian ― 397
Daftar Pustaka ― 405
Tags: Analisis Data Kualitatif, Desain Penelitian Kualitatif, Etika Penelitian Kualitatif, Metodologi Penelitian Kualitatif, Paradigma dan Filosofi Penelitian Kualitatif, Pendekatan Kualitatif dalam Penelitian, Penelitian Kualitatif, Studi Kasus dalam Penelitian Kualitatif, Teknik Pengumpulan Data Kualitatif, Validitas dan Kepercayaan dalam Penelitian Kualitatif
Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi)
| Berat | 650 gram |
| Kondisi | Baru |
| Dilihat | 7.739 kali |
| Diskusi | Belum ada komentar |
Produk Terkait
20%
Penulis: Asep Kurniawan, M., Dr., Ag. Cetakan: 1, 2018 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 260 gr. Halaman : 408 Halaman ISBN: 978-602-446-295-6 Sinopsis : Benarkah masih banyak praktisi pendidikan seperti dosen, guru dan lain-lain belum menjadikan kegiatan penelitian sebagai suatu tradisi keilmuan bagi kemajuan pendidikan? Kurangnya budaya… selengkapnya
Rp 115.200 Rp 144.00020%
A. Muchtar Ghazali, dkk. Cetakan 1, 2016 16×24 cm, 320 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-725-8 Sinopsis : Reformasi di negara kita muncul sebagai upaya untuk mengoreksi kelemahan-kelemahan masa lalu dan melakukan upaya-upaya perbaikan untuk masa kini dan mendatang dalam berbagai sektor kehidupan. Buku ini membahas pokok pembelajaran Pendidikan Pancasila… selengkapnya
Rp 64.000 Rp 80.00020%
Penulis: Nanang Priatna, Prof. Dr. H., M.Pd. Muhammad Arsani, S.Pd., M.Pd. Cetakan: 1, 2019 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 260 gr. 344 Halaman ISBN: 978-602-446-386-1 Sinopsis : Dunia pendidikan tidak lepas dari inovasi untuk senantiasa meningkatkan kualitasnya. Matematika sebagai salah satu mata pelajaran tentunya ikut berperan dalam… selengkapnya
Rp 100.000 Rp 125.00020%
Sitepu, B.P., Prof., Dr., M.A. Cetakan 1, 2012 16×24 cm, 196 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-104-1 Sinopsis : Selaras dengan kemajuan industri buku di Indonesia, Pemerintah secara bertahap memilih buku teks pelajaran dari buku-buku yang diterbitkan swasta. Kebijakan ini berlaku untuk semua mata pelajaran di semua jenis dan tingkat… selengkapnya
Rp 46.400 Rp 58.00020%
Penulis: Esti Untari, S.Pd., M.Pd. Cetakan: 1, 2020 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 220 Halaman ISBN: 978-602-446-485-1 Sinopsis: Penyajian materi untuk mahasiswa seharusnya dimulai dari ilmu dasar. Begitu juga yang dipelajari oleh mahasiswa PGSD, walaupun harus memahami berbagai macam bidang studi calon guru SD juga… selengkapnya
Rp 68.800 Rp 86.00020%
Judul : PENELITIAN TINDAKAN SEKOLAH Pengarang : H.E.MULYASA, PROF.DR,M.PD. Tahun : Cet-1, Oktober 2009 Dimensi : 16×24, HVS-70 Gram, AC210, 244 halaman ISBN : 979-692-958-9 Sinopsis : Peningkatan kualitas pendidikan yang sedang dilakukan pemerintah sekarang ini tidak hanya terfokus pada guru, tetapi juga kepada pengawas dan kepala sekolah sebagai pemimpin pendidikan sekaligus yang mendorong serta… selengkapnya
Rp 52.800 Rp 66.00020%
Suyono, Prof., dkk. Cetakan 1, 2015 16×24 cm, 340 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 230 gr. ISBN: 978-979-692-625-1 Sinopsis : Buku Implementasi Belajar dan Pembelajaran ini lebih memfokuskan pembahasannya pada perkembangan pembelajaran dan implementasinya, termasuk bagaimana implementasi pada abad ke-21. Bagaimanakah peran guru dalam pembelajaran abad ke-21, sebagai pemandu perubahan, inkubator pembelajaran, dan… selengkapnya
Rp 72.800 Rp 91.00020%
Penulis: Dr. Enok Risdayah, M.Ag. Dr. H. Asep Iwan Setiawan, M.Ag. Dr. H. Rohmanur Aziz, M.Ag. Dr. H. Enjang AS, M.Si., M.Ag. Cetakan: 1, 2021 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr Kertas sampul: AC 230 gr. 256 Halaman ISBN: 978-602-446-594-0 Sinopsis: Buku ini insyaAllah berbeda dengan buku-buku Sunda yang lainnya,… selengkapnya
Rp 64.000 Rp 80.00020%
Penulis: Sri Suhita, Dra., M.Pd. dan Rahmah Purwahida, S.Pd., M.Hum. Cetakan: 1, 2018 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. Halaman : 148 Halaman ISBN: 978-602-446-271-0 Sinopsis: Apakah menikmati dan mengapresiasi sastra merupakan sesuatu yang sulit bagi mahasiswa baru? Apa ia membutuhkan persiapan khusus? Tidak semua orang… selengkapnya
Rp 44.000 Rp 55.00020%
Penulis: Dadang Suwanda, Dr., H., S.E., M.M., M.Ak., Ak., CA., Burdan Ali Junjunan, S.H., M.Si., Ellen Rusliati, Dr., Hj., S.E., M.SIE. Cetakan: 1, 2019 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 264 Halaman ISBN: 978-602-446-344-1 Sinopsis : Otonomi keuangan daerah menuntut pemerintah daerah untuk meningkatkan kapabilitas dan… selengkapnya
Rp 60.000 Rp 75.000
Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.