Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi)
Rp 110.000Kode | RR.PK0073 |
Status | Habis |
Kategori | Pendidikan & Keguruan |
Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi)
Penulis: Lexy J. Moleong, Dr. M.A.
Cetakan: 37, 2017
Ukuran: 16×24 cm.
Kertas isi: HVS 70 gr.
Kertas sampul: AC 310 gr.
Halaman: 424 halaman
ISBN: 979-514-051-5
Sinopsis:
Sejatinya sebuah penelitian adalah untuk menemukan kebenaran. Kebenaran yang bukan dibenar-benarkan, tapi kebenaran yang memang benar-benar, benar.
Karena kebenaran itulah yang akan dijadikan landasan bertindak. Bukan atas dasar asumsi. Untuk mendapatkan kebenaran, mestinya suatu penelitian dilandasi kaidah-kaidah yang baik agar hasilnya dapat dipercaya.
Buku ini disajikan secara gamblang, mulai dari perencanaan penelitian hingga menyajikan hasilnya pada publik. Setiap tahap dalam penelitian diuraikan di sini, bukan saja komprehensif tapi juga operasional.
Daftar Isi
Sambutan Rektor IKIP Jakarta ― iii
Kata Pengantar Edisi Revisi ― v
Kata Pengantar ― viii
Bab 1 Fondasi Penelitian Kualitatif ― 1
A. Konsep Dasar Penelitian Kualitatif ― 2
B. Fungsi dan Pemanfaatan Penelitian Kualitatif ― 7
C Karakteristik Penelitian Kualitatif ― 8
D. Landasan Teoretis Penelitian Kualitatif ― 14
E. Perbedaan Penelitian Kualitatif dengan Penelitian
Kuantitatif ― 30
F. Beberapa Pertanyaan Umum tentang Penelitian Kualitatif
― 37
Bab 2 Paradigma Penelitian Kualitatif ― 47
A. Paradigma Penelitian Kualitatif ― 49
B. Beberapa Segi Suatu Teori ― 56
C. Penyusunan Teori (theory bulding) ― 67
D. Penyusunan Teori-Dari-Bawah (grounded theory) ― 72
E. Beberapa Persoalan yang Berkaitan dengan Teori ― 75
Bab 3 Perumusan Masalah dalam Penelitian
Kualitatif ― 91
A. Pembatasan Masalah Studi Melalui Fokus ― 92
B. Model Perumusan Masalah ― 98
C. Analisis Perumusan Masalah ― 109
D. Prinsip-prinsip Perumusan Masalah ― 112
E. Langkah-langkah Perumusan Masalah ― 119
Bab 4 Tahap-Tahap Penelitian ― 125
A. Tahap Penelitian Secara Umum ― 127
B. Tahap Penelitian Secara Siklikal ― 148
Bab 5 Teknik Penelitian ― 155
A. Sumber dan Jenis Data ― 157
B. Peranan Manusia Sebagai Instrumen Penelitian ― 163
C. Pengamatan ― 174
D. Wawancara ― 186
E. Catatan Lapangan ― 208
F. Penggunaan Dokumen ― 216
G. Sampling dan, Satuan Kajian (unit of analysis) ― 223
H. Beberapa Teknik Penelitian Lainnya ― 226
Bab 6 Analisis dan lnterpretasi Data ― 245
A. Analisis Data dan Penulisan Teori ― 248
B. Modus Analisis Data ― 277
C. Tahap Analisis Data Secara Umum ― 280
D. Tiga Model Analisis Data ― 287
E. Analisis Data Kualitatif dengan Komputer ― 308
Bab 7 Kriteria dan Teknik Pemeriksaan
Keabsahan Data ― 319
A. Alasan dan Acuan ― 320
B. Kriteria Keabsahan Data ― 324
C. Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data ― 326
Bab 8 Teknik Penulisan Laporan Penelitian ― 347
A. Fungsi, Jenis dan Bentuk Laporan Hasil Penelitian ― 348
B. Kerangka dan lsi Laporan ― 351
C. Teknik dan Strategi Penulisan Laporan ― 361
D. Penelaahan Hasil Penulisan ― 366
E. Penulisan Karya Tulis llmiah ― 368
Bab 9 Proposal Atau Rancangan Penelitian ― 383
A. Pengertian Proposal Penelitian ― 384
B. Komponen-komponen Proposal Penelitian ― 385
C. Proposal Penelitian Alamiah dan Kedudukan
Paradigma ― 397
D. Kerangka Rancangan Penelitian ― 397
Daftar Pustaka ― 405
Tags: Analisis Data Kualitatif, Desain Penelitian Kualitatif, Etika Penelitian Kualitatif, Metodologi Penelitian Kualitatif, Paradigma dan Filosofi Penelitian Kualitatif, Pendekatan Kualitatif dalam Penelitian, Penelitian Kualitatif, Studi Kasus dalam Penelitian Kualitatif, Teknik Pengumpulan Data Kualitatif, Validitas dan Kepercayaan dalam Penelitian Kualitatif
Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi)
Berat | 650 gram |
Kondisi | Baru |
Dilihat | 5.532 kali |
Diskusi | Belum ada komentar |
Produk Terkait
20%
Benediktus Tanujaya, DR. Cetakan 1, 2013 16×24 cm, 216 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-150-8 Sinopsis: Penelitian dilakukan karena adanya permasalahan yang kita hadapi. Dengan begitu, kita akan terbantu untuk mengambil keputusan yang tepat. Demikian juga dalam kegiatan ilmiah, penelitian dilakukan dengan berbagai prosedur dan standar baku yang telah diuji… selengkapnya
Rp 49.600 Rp 62.00020%
Judul : PSIKOLOGI PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK Pengarang : DESMITA EL-IDHAMI Tahun : Agustus 2009 Dimensi : 16×24, 328 Halaman, HVS-70 Gram ISBN : 979-692-950-3 Sinopsis : Pemahaman tentang karakteristik individu peserta didik ini memiliki arti penting dalam interaksi belajar-mengajar. Bagi seorang guru khususnya, informasi mengenai karakteristik individu peserta didik ini akan sangat berguna dalam memilih… selengkapnya
Rp 72.000 Rp 90.00020%
Judul : FILSAFAT BAHASA DAN PENDIDIKAN Pengarang : CHAEDAR AL-WASILAH,PROF,DR. Tahun : Cet-1 tahun 2008 Dimensi : 16X24 cm, HVS-70 Gram, 232 Hlm ISBN : 97-692-932-5 Sinopsis : Orang awam biasanya mencitrakan filsafat sebagai ilmu yang sulit dan menakutkan. Membaca buku filsafat sering harus mengerutkan dahi, mengerahkan segala kemampuan untuk mencerna gagasan yang diuraikan. Tapi… selengkapnya
Rp 52.000 Rp 65.00020%
Penulis: Mochamad Nursalim, Dr., M.Si., Hermien Laksmiwati, Dra., M,Si., Muhammad Syafiq, S.Psi., M.Sc., Meita Santi Budiani, M.Psi., Siti Ina Savira, S.Psi., M.Ed.C.P., Riza Noviana Khoirunnisa, S.Psi., M.Si., Yohna Wuri Satwika, S.Psi., M.Psi. Cetakan: 1, 2019 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 248 Halaman ISBN: 978-602-446-364-9 Sinopsis… selengkapnya
Rp 72.000 Rp 90.00020%
Zulela, M.S., Dr., M.Pd. Cetakan 1, 2012 15×21 cm, 140 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-124-9 Sinopsis: Abad modern menuntut kemampuan membaca dan menulis yang memadai, sehingga bangsa Indonesia dituntut untuk memosisikan dirinya sebagai bangsa yang berbudaya baca tulis. Untuk itu diperlukan upaya pengembangan, baik melalui jalur pendidikan formal maupun… selengkapnya
Rp 27.200 Rp 34.00020%
Abdul Madjid. Cetakan 1, 2013 16×24 cm, 352 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-460-8 Sinopsis: Ada banyak persoalan yang dihadapi guru pada waktu ia berdiri di depan kelas. Berbagai alternatif penyelesaian masalah tersebut juga sudah banyak dibahas dalam berbagai forum ilmiah. Kenyataannya persoalan-persoalan pendidikan tak kunjung habis, datang silih berganti…. selengkapnya
Rp 77.600 Rp 97.00020%
Penulis: Zainal Arifin, Dr.s, M.Pd. Cetakan: 10, 2017 Ukuran: 16×24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 210 gr. Halaman: 320 halaman ISBN: 979-692-956-2 Sinopsis: Salah satu komponen penting yang juga merupakan tugas profesional guru dalam pembelajaran adalah melaksanakan evaluasi pembelajaran. Istilah “evaluasi” sengaja digunakan oleh penulis untuk membedakannya dengan istilah “penilaian”. Alasannya,… selengkapnya
Rp 72.000 Rp 90.00020%
Penulis: Syamsu Yusuf, Prof., Dr., H., L.N., M.Pd. Nani M. Sugandhi, Dr., M.Pd. Aas Saomah, Dra., M.Si. Cetakan: 1, 2021 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 260 gr. 340 Halaman ISBN: 978-602-446-593-3 Sinopsis: Remaja (dalam hal ini siswa SLTP dan SLTA) memiliki peranan penting dalam masyarakat. Mereka adalah… selengkapnya
Rp 80.000 Rp 100.00020%
Dr. E. Mulyasa, M.Pd. 16×24 cm – 224 hlm Kertas Isi HVS 70 gr, 2 warna – Sampul AC 210 gr Cetakan 15, 2014 ISBN: 979-692-196-0 Sinopsis : Konsep Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) ini dimaksudkan untuk menghadapi pelaksanaan otonomi daerah. Di mana pemerintah daerah diberi otonomi untuk mengatur rumah tangganya sendiri, termasuk dunia pendidikan. Lalu… selengkapnya
Rp 64.000 Rp 80.000Penulis: Syefriani Darnis, Dr., M.Pd. Cetakan: 1, 2024 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 272 Halaman ISBN: 978-602-446-714-2 Sinopsis: Manajemen kelas adalah proses perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru di kelas agar tercapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Mengelola kelas merupakan bagian integral… selengkapnya
Rp 103.000
Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.