Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab Berdasarkan Teori Unit dan Parsial
Rp 60.000 Rp 75.000Kode | RR.AG0262 |
Status | Tersedia |
Kategori | Agama |
Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab Berdasarkan Teori Unit dan Parsial
Penulis: Dedih Wahyudin, Dr., M.Ag.
Cetakan: 1, 2020
Ukuran: 16 x 24 cm.
Kertas isi: HVS 70 gr.
Kertas sampul: AC 230 gr.
268 Halaman
ISBN: 978-602-446-443-1
Sinopsis:
Pembelajaran bahasa Arab hingga kini masih menyisakan masalah yang belum terselesaikan baik dari sisi metode, teknik, maupun bahan ajar yang sesuai dengan target dan tujuan pembelajaran bahasa Arab itu sendiri. Banyak inovasi dalam berbagai bidang bahasa dilakukan oleh para ahli bahasa demi mendapatkan proses pembelajaran yang efektif dan efesien, mudah dimengerti dan tidak membosankan, namun tetap saja hasilnya kurang maksimal.
Buku Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab bagi Penutur Asing yang ada pada tangan Anda, diharapkan menjadi salah satu referensi utama bagi mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab maupun Guru bahasa Arab yang sering merasa kesulitan untuk memahami penerapan metode pembelajaran yang ada.
Keunggulan buku ini berupaya menjelaskan teori dan metode praktis pembelajaran bahasa Arab yang disertai langkah-langkah dan contoh-contoh yang mudah dipahami.
———-
Daftar Isi
Bab 1 Pendahuluan
A. Mengajar, antara Ilmu dan Seni
B. Pentingnya Metode dalam Pendidikan
C. Keragaman Metode
D. Ciri-Ciri Metode Pembelajaran yang Baik
E. Pendekatan, Metode, dan Teknik
F. Kelenturan Penggunaan Metode
G. Faktor-Faktor yang Memengaruhi Teknik Pengajaran Bahasa
Bab 2 Pendekatan dan Teori Pembelajaran Bahasa
A. Pendekatan Pembelajaran Bahasa
B. Teori Pembelajaran Bahasa
C. Hubungan Antarcabang-Cabang Bahasa
D. Metode Pengajaran Bahasa Asing Berdasarkan Teori Unit
Bab 3 Methods of Spirited Seventies
A. Community Language Learning (CLL)
B. Metode Total Physical Response (TPR)
C. Metode Natural Approach (NA)
D. Metode Silent Way (SW)
E. Metode Suggestopedia
Bab 4 Menyimak
A. Hakikat Menyimak
B. Unsur-unsur Penting dalam Menyimak
C. Menyimak yang Efektif
D. Ciri-ciri Penyimak yang Baik
E. Jenis-Jenis Menyimak
F. Tahapan Menyimak
G. Faktor yang Memengaruhi Menyimak
H. Kendala dalam Menyimak
I. Cara Meningkatkan Keterampilan Menyimak
J. Teknik Pembelajaran Menyimak
K. Jenis Pembelajaran Menyimak
Bab 5 Menyimak dan Teknik Mengajarkannya
A. Arti Penting Menyimak dalam Pembelajaran
B. Kompetensi dalam Keterampilan Menyimak
C. Tahapan Menyimak
D. Teknik-teknik Mengajarkan Istima’
Bab 6 Ta’bir
A. Kedudukan Ta’bir di antara Cabang-Cabang Bahasa
B. Tujuan Mempelajari Ta’bir
C. Landasan Ta’bir
D. Pengembangan Materi Ta’bir dalam Pembelajaran
E. Tahapan-Tahapan Mengajarkan Ta’bir
F. Macam-Macam Ta’bir
G. Pembelajaran Ta’bir Syafawy
H. Metode Pembelajaran Ta’bir Syafawy
I. Metode Pembelajaran Ta’bir Kitaby
Bab 7 Membaca
A. Membaca dari Segi Bentuk dan Cara Pelaksanaannya
B. Jenis-Jenis Membaca dari Segi Tujuan Pembaca
C. Jenis-jenis Membaca dari Sisi Kesiapan Pikiran Pembacanya
Bab 8 Metode Pembelajaran Membaca
A. Kelompok Pertama
B. Kelompok Kedua
C. Kelompok Ketiga
Bab 9 Teknik Berdasarkan Pendekatan Komunikatif
A. Arti Penting Mufradât dalam Pembelajaran Bahasa
B. Pengertian Mufradât (Kosakata)
C. Jenis-Jenis Kosakata
D. Makna dan Fungsi Mufradât
E. Bentuk-Bentuk (Shiyagh) Kosakata Bahasa Arab
F. Pembelajaran Mufradât
G. Dasar-Dasar Pemilihan Mufradât
H. Pembelajaran Bahasa Berdasarkan Pendekatan Komunikatif
I. Metode dan Teknik-Teknik Pembelajaran Mufradât Berdasarkan Pendekatan Komunikatif Mufradât Berdasarkan Pendekatan Komunikatif
J. Evaluasi dalam Pembelajaran Mufradât
Bab 10 Arti Penting Kaidah dalam Bahasa Arab
A. Kedudukan Kaidah di antara Cabang-Cabang Bahasa
B. Pembelajaran Kaidah antara Golongan yang Menerima dan Menolak
C. Tahapan Pengajaran Kaidah
D. Latihan Kaidah Bahasa
Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab Berdasarkan Teori Unit dan Parsial
Berat | 450 gram |
Kondisi | Baru |
Dilihat | 1.124 kali |
Diskusi | Belum ada komentar |
Produk Terkait
20%
Penulis: Dr. H. Moh. Zahid, M.Ag. Cetakan: 1, 2020 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 184 Halaman ISBN: 978-602-446-519-3 Sinopsis: Tidak ada bacaan yang menjadi bahan diskusi seluas Al-Qur’an, mulai dari susunan redaksi dan diksinya, pesan tersurat dan tersirat, bahkan kesan yang ditimbulkannya. Hal ini menunjukkan… selengkapnya
Rp 52.800 Rp 66.00020%
Penulis: Zainal Arifin, Dr., M.Si. Cetakan: 1, 2020 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 232 Halaman ISBN: 978-602-446-447-9 Sinopsis: Pada perinsipnya, manajemen adalah kaidah yang menetapkan pentingnya menyiapkan tempat untuk segala sesuatu dan menetapkan segala sesuatu pada tempatnya. Di dalam proses manajemen terdapat beberapa kegiatan yang… selengkapnya
Rp 52.000 Rp 65.00020%
Cecep Alba, H., Dr., M.A. Cetakan 1, 2012 16×24 cm, 220 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-123-2 Sinopsis: Bagian penting dari tujuan pendidikan nasional adalah mewujudkan manusia yang berakhlak dan bermoral. Berbicara moral tanpa tasawuf adalah omong kosong, demikian menurut Ibn ‘Arabi. Dengan demikian, pengenalan ilmu tasawuf merupakan hal yang… selengkapnya
Rp 49.600 Rp 62.00020%
Acep Hermawan, M.Ag. Cetakan 1, 2013 16×24 cm 492 hlm. Isi:HVS 70 gr.; Sampul:Hardcover ISBN: 978-979-692-449-3 Sinopsis: Hidayah itu ada dalam genggaman Allah, dan akan diberikan kepada siapa saja yang dikehendaki-Nya. Dalam hal ini, tak ada seorang pun yang memiliki kekuasaan untuk menggerakkan mental spiritual orang lain supaya berada pada jalan yang benar. Bahkan Rasulullah… selengkapnya
Rp 96.000 Rp 120.00020%
Heri Gunawan, S.Pd.I., M.Ag. Cetakan 1, 2014 16×24 cm, 364 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 230 gr. ISBN: 978-979-692-165-2 Sinopsis: Pendidikan Islam baik sebagai sebuah disiplin ilmu (teoretis) maupun praktis, akan selalu aktual dan menarik untuk terus dikaji, diteliti, dan dikembangkan. Para ahli pendidikan biasanya melakukan kajian pendidikan Islam sebagai sebuah sistem yang… selengkapnya
Rp 77.600 Rp 97.00020%
Nina Aminah, M.Ag Cetakan 1, 2013 16×24 cm, 210 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-151-5 Sinopsis: Kesehatan merupakan salah satu unsur penting dalam kehidupan seseorang, sehingga ketika sakit menimpa, banyak orang yang rela kehilangan harta, tenaga, dan waktu untuk kembali pulih dari sakitnya. Namun sayang, masih banyak orang yang memahami… selengkapnya
Rp 41.600 Rp 52.00020%
Penulis: Dr. H. Moh. Zahid, M.Ag. Cetakan: 1, 2022 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 260 gr. 304 Halaman ISBN: 978-602-446-619-0 Sinopsis: Keindahan, urgensi, dan gaya pengungkapan fawātiḥ as-suwar serupa dengan intro pada feature, sehingga ia bisa disebut sebagai intro surah. Variasinya terdiri dari 12 (dua belas) macam,… selengkapnya
Rp 88.000 Rp 110.00020%
Penulis: Uus Rustiman, Dr., Lc., M.Hum. Cetakan: 1, 2019 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 136 Halaman ISBN: 978-602-446-335-9 Sinopsis: Buku Pintar Bahasa Arab dalam Bisnis ini merupakan buku pembelajaran bahasa Arab yang diharapkan bisa berguna bagi para mahasiswa, khususnya jurusan Ekonomi Islam yang sedang menempuh… selengkapnya
Rp 48.000 Rp 60.00020%
Penulis: Enang Hidayat, M.Ag. Cetakan: 1, 2019 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 260 gr. 340 Halaman ISBN: 978-602-446-317-5 Sinopsis: Mengetahui kaidah fikih dapat mengantarkan kita memahami rahasia, hakikat, dan hikmah dalam fikih Islam (hukum Islam). Selain itu, juga dapat membantu memahami hukum yang belum dijelaskan oleh para… selengkapnya
Rp 76.000 Rp 95.00020%
SYOFRIN SYOFYAN, M.H. Cetakan ke-1, 2012 13×18 cm, 144 hlm. Isi: HVS 70 gr, Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-118-8 Sinopsis: Jin adalah salah satu makhluk yang diciptakan Allah Swt yang berada dalam dimensi yang berbeda dengan manusia, dan iblis adalah nama sifat jin yang jahat. Oleh karena itu, manusia harus selalu waspada terhadap eksistensi… selengkapnya
Rp 24.000 Rp 30.000
Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.