Komunikasi Risiko
Rp 64.000 Rp 80.000| Kode | RR.KO0111 |
| Status | Tersedia |
| Kategori | Komunikasi |
Komunikasi Risiko
Penulis : Inadia Aristyavani S.E, M.I.Kom, MIPR, CPR, CCMP
Ukuran Buku : 16 x 24 cm
Halaman : 244
Kertas Isi : HVS 70
Kertas Sampul : AC 230 gr
Sinopsis:
Buku ini merupakan pengantar dalam memahami komunikasi risiko. Isi buku menguraikan konsep-konsep dasar, teori, hingga strategi dan penerapan manajemen komunikasi risiko. Bagian awal buku ini menjelaskan pemahaman mengenai risiko, definisi risiko, perbedaan risiko dengan konsep lain sebagai bahaya, kerentanan, dan kapasitas. Bagian selanjutnya membahas mengenai konsep dasar komunikasi risiko (definisi komunikasi risiko, perbedaan komunikasi risiko dengan komunikasi krisis). Bagian ini juga menjelaskan mengenai elemen komunikasi risiko (komunikator, pesan, khalayak), dan dampak dari komunikasi risiko. Bagian terakhir buku ini, mendiskusikan mengenai manajemen komunikasi risiko, model dan praktik manajemen komunikasi risiko di berbagai negara dan terdapat uraian umum keterkaitan dengan Enterprise Risk Management, Governance Risk Compliance, dan Reputational Risk.
Daftar Isi
BAB I MEMAHAMI RISIKO
A. Definisi Risiko (Risk)
B. Perbedaan Risiko dengan Konsep Lain
C. Pentingnya Risiko
D. Pendekatan dalam Memahami Risiko
BAB II PERSEPSI RISIKO
A. Risiko Objektif Versus Subjektif
B. Peta Persepsi Risiko
C. Penyebab Persepsi Risiko
BAB III AMPLIFIKASI RISIKO
A. Peranan Media
B. Amplifikasi Sosial Risiko
BAB IV KOMPONEN RISIKO
A. Bahaya (Hazard)
B. Kerentanan (Vulnerability)
C. Kapasitas (Capacity)
D. Melihat Risiko Secara Holistik
BAB V RISIKO DAN KERENTANAN (VULNERABILITY)
A. Model PAR (Pressure And Release)
B. Jenis Kerentanan
BAB VI RISIKO DAN KAPASITAS ADAPTIF
A. Model Akses
B. Kapasitas Adaptif dan Kerentanan
C. Pentingnya Komunikasi
BAB VII PENGERTIAN KOMUNIKASI RISIKO
A. Definisi Komunikasi Risiko
B. Mengapa Komunikasi Risiko Penting?
C. Bidang Komunikasi Risiko
BAB VIII KOMUNIKASI RISIKO VERSUS KOMUNIKASI KRISIS
A. Fokus
B. Pesan
C. Dasar Pembuatan Pesan
D. Tokoh Sentral
E. Frekuensi
F. Orientasi Pesan
G. Media Yang Digunakan
H. Ruang Lingkup
I. Pengendalian
BAB IX DESAIN KOMUNIKASI RISIKO
A. Bahaya dan Kemarahan
B. Strategi Komunikasi Risiko
BAB X PESAN DALAM KOMUNIKASI RISIKO: ANCAMAN DAN EFIKASI
A. Ancaman dan Efikasi
B. Extended Parallel Process Model (EPPM)
C. Desain Pesan Risiko
BAB XI KHALAYAK SASARAN KOMUNIKASI RISIKO
A. Khalayak yang Beragam
B. Risk Perception Attitude (RPA)
BAB XII DAMPAK KOMUNIKASI RISIKO: KESADARAN DAN PERUBAHAN PERILAKU
A. Teori Kepercayaan Kesehatan (Health Belief Model/HBM)
B. The Protection Motivation Model (TPM)
C. Theory Of Planed Behavior (TPB)
BAB XIII MANAJEMEN KOMUNIKASI RISIKO: MODEL WUHAN, CHINA
A. Prinsip Utama Komunikasi Risiko
B. Gambaran Model
C. Evaluasi Model
BAB XIV MANAJEMEN KOMUNIKASI RISIKO: MODEL FAO/WHO
A. Gambaran Umum
B. Manajemen Risiko (Risk Management)
C. Penilaian Risiko (Risk Assessment)
D. Komunikasi Risiko (Risk Communication)
BAB XV MANAJEMEN KOMUNIKASI RISIKO: MODEL IRGC
A. Penilaian Awal (Pre-Assessment)
B. Penilaian (Assessment)
C. Karakterisasi dan Evaluasi
D. Manajemen
E. Titik Hubung (Cross-Cutting)
BAB XVI MANAJEMEN KOMUNIKASI RISIKO DALAM ORGANISASI: Enterprise Risk Management, Governance Risk Compliance dan Reputational Risk
A. Enteprise Risk Management (ERM)
B. Tahapan ERM
C. Governance Risk Compliance (GRC)
D. Risiko Reputasi (Reputational Risk)
Tags: analisis risiko, asuransi, evaluasi risiko, identifikasi risiko, keamanan informasi, kebijakan risiko, kepatuhan risiko, komunikasi krisis, komunikasi risiko, manajemen risiko, mitigasi risiko, pemulihan krisis, pengambilan keputusan risiko, pengukuran risiko, regulasi risiko, respons risiko
Komunikasi Risiko
| Berat | 600 gram |
| Kondisi | Baru |
| Dilihat | 1.481 kali |
| Diskusi | Belum ada komentar |
Produk Terkait
Penulis: Turnomo Rahardjo, dkk. Cetakan: 1, 2024 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 260 gr. 400 Halaman ISBN: 978-602-446-xxx-x Sinopsis: Buku Memahami Metode Penelitian Komunikasi ini mendiskusikan beragam metode yang digunakan dalam penelitian komunikasi dengan pendekatan tunggal (kuantitatif atau kualitatif) dan pendekatan campuran (mixed-method). Buku ini diawali dengan… selengkapnya
Rp 115.00020%
Penulis: La Mani, Dr., S.IP., M.Sc., Budi Guntoro, Prof., Ph.D., IPU, ASEAN Eng. Cetakan: 1, 2020 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. Halaman : 276 Halaman ISBN: 978-602-446-486-8 Sinopsis : Kebijakan dapat dikategorikan sebagai pesan yang bersumber dari suatu institusi, baik swasta maupun pemerintah yang ditujukan… selengkapnya
Rp 60.800 Rp 76.00020%
Penulis: Deddy Mulyana, Prof., M.A., Ph.D. Cetakan: 1, 2019 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 260 gr. 472 Halaman ISBN: 978-602-446-351-9 Sinopsis : Dari puluhan buku yang ditulis Begawan Ilmu Komunikasi, buku ini paling keren, sarat dengan muatan global dan lokal. Isinya dirangkai dengan serasi, berdasarkan riset perpustakaan… selengkapnya
Rp 92.000 Rp 115.00020%
Filsafat Komunikasi Tradisi Fenomenologi Alex Sobur, M.Sc Cet-1, 2013 HVS 70 gr, 16 X 24 cm, 512 Hlm ISBN : 978-979-692-155-3 Sinopsis : Endorsement Filsafat Komunikasi: Sebuah “masterpiece” yang mengajak kita ikut menyelam ke kedalaman filsafat komunikasi. Karenanya, buku ini penting dibaca bagi siapa saja yang ingin menemukan esensi komunikasi. Prof. Deddy Mulyana, M.A., Ph.D…. selengkapnya
Rp 92.000 Rp 115.00020%
Alex Sobur, Drs., M.Si. Cetakan 1, 2014 16×24 cm, 384 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 230 gr. ISBN: 978-979-692-452-3 Sinopsis : Endorsement: Buku karya Alex Sobur—akademisi dari Fikom Universitas Islam Bandung—ini menarik, karena menyajikan sesuatu yang ‘baru’ dalam studi komunikasi, yaitu ‘komunikasi naratif.’ Secara konseptual, gagasan tentang komunikasi naratif merupakan wilayah kajian dalam… selengkapnya
Rp 80.000 Rp 100.00020%
Hamdan Daulay., Dr., M.Si., M.A. Cetakan 1, 2016 16×24 cm, 184 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-711-1 Sinopsis : Dalam pengelolaan pers di tanah air, sesungguhnya ada aturan main yang menjadi acuan bagi setiap wartawan, yaitu kode etik jurnalistik. Pedoman yang dimuat dalam kode etik jurnalistik secara umum memberi arahan… selengkapnya
Rp 43.200 Rp 54.00020%
Penulis: Zaenal Mukarom, Dr. H., M.Si. Cetakan: 1, 2021 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 260 gr. 392 Halaman ISBN: 978-602-446-531-5 Sinopsis : Peristiwa komunikasi terkait erat dengan konteks, dipengaruhi latar belakang, media, lawan bicara, dan isi pesan. Orang perlu alat yang tepat untuk memahaminya. Buku ini menguraikan… selengkapnya
Rp 88.000 Rp 110.00020%
Judul : KOMUNIKASI ORGANISASI Pengarang : R.WAYNE PACE/DON F. FAULES Tahun : Cet 3, 2001 Dimensi : 16 x 24 cm, HVS 70 gr, xiii + 566 halaman ISBN : 979-514-683-1 Sinopsis : Buku ini memuat lengkap teori-teori dan strategi pengembangan organisasi dan perusahaan melalui pendekatan komunikasi. Sangat bermanfaat bagi para mahasiswa yang mempelajari komunikasi,… selengkapnya
Rp 112.000 Rp 140.00020%
Judul : MEDIA DAN PERUBAHAN SOSIAL Pengarang : DR. ENI MARYANI, DRA., M.SI. Tahun : Cet-1, Januari 2011 Dimensi : 16×24, HVS-70 Gram, AC-210, 236 halaman ISBN : 978-979-692-021-1 Sinopsis : Buku ini memaparkan hasilstudi tentang dinamika hubungan media dengan masyarakat dan perubahan sosial yang menyertainya. Kebutuhan masyarakat akan media pada tiap komunitas tak terelakkan…. selengkapnya
Rp 52.800 Rp 66.00020%
Judul : ILMU KOMUNIKASI TEORI DAN PRAKTEK Pengarang : ONONG UCHJANA EFFENDY Tahun : Cet 28, 2017 Dimensi : 16 x 24 cm, HVS 70 gr, 192 halaman ISBN : 979-514-030-2 Sinopsis : Buku ini tidak hanya membahas komunikasi secara teoritis, tetapi juga menyertakan cara-cara menerapkannya dalam retorika, kepemimpinan, pembangunan, organisasi, pendidikan, hubungan masyarakat, jurnalistik dan… selengkapnya
Rp 44.000 Rp 55.000
Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.