Evaluasi Program Teori dan Praktek Dalam Konteks Pendidikan dan Nonpendidikan
Rp 112.000 Rp 140.000Kode | RR.PK0400 |
Status | Tersedia |
Kategori | Pendidikan & Keguruan |
Evaluasi Program Teori dan Praktek Dalam Konteks Pendidikan dan Nonpendidikan
Penulis: Zainal Arifin, H., Dr., M.Pd.
Cetakan: 1, 2019
Ukuran: 17,5 x 25 cm.
Kertas isi: HVS 70 gr.
Kertas sampul: AC 260 gr.
384 Halaman
ISBN: 978-602-446-336-6
Sinopsis :
Program adalah rencana dari sebuah sistem. Suatu rencana perlu dituangkan secara tertulis sehingga dapat dipelajari oleh semua pihak yang terlibat. Dalam praktiknya, sering kali pelaksanaan suatu kegiatan (program atau proyek) tidak sesuai dengan rencana tertulis karena berbagai faktor. Misalnya, ada program Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dari pemerintah pusat untuk setiap sekolah. Masalahnya, mengapa setiap sekolah menerima dana BOS dengan jumlah yang berbeda? apakah dana tersebut betul-betul digunakan untuk kepentingan sekolah? Masalah seperti tadi tidak bisa dijawab dengan “kira-kira” karena dapat menimbulkan fitnah, harus ada bukti secara empiris. Untuk itu, perlu dilakukan evaluasi program secara komprehensif.
Buku ini menawarkan berbagai gagasan, baik secara teoretis maupun praktis kepada para pembuat kebijakan (pimpinan instansi, kepala sekolah, pengawas, dan guru) untuk memahami segala sesuatu mengenai evaluasi program, termasuk di dalamnya monitoring dan evaluasi (monev) program. Jika semua pihak memahami evaluasi program, diharapkan kualitas pelaksanaan program akan semakin baik dan pada gilirannya tujuan pembangunan akan tercapai secara merata dan adil. Hal ini sesuai dengan tujuan evaluasi program itu sendiri, yaitu untuk pengendalian, penjaminan dan penetapan mutu (nilai dan arti) suatu program, berdasarkan kriteria dan pertimbangan tertentu dalam rangka membuat suatu keputusan dan pertanggungjawaban dalam melaksanakan program.
—
Daftar Isi
Bab 1 KONSEP DASAR EVALUASI PROGRAM
A. Arti Evaluasi Program
B. Tujuan, Fungsi, dan Ruang Lingkup Evaluasi Program
C. Prinsip dan Karakteristik Evaluasi Program
D. Jenis Evaluasi Program
E. Prosedur Evaluasi Program
F. Evaluasi, Penelitian, dan Akuntabilitas
Bab 2 ANATOMI EVALUASI PROGRAM
A. Deskripsi
B. Kriteria
C. Pertimbangan
D. Keputusan
Bab 3 PERENCANAAN DAN DESAIN EVALUASI PROGRAM
A. Konsep Perencanaan Evaluasi
B. Arti dan Fungsi Desain Evaluasi
C. Pentingnya Analisis Kebutuhan
D. Sistematika Desain Evaluasi Program
E. Proposal Evaluasi Program
F. Desain Evaluasi Kualitatif
Bab 4 INSTRUMEN EVALUASI PROGRAM
A. Tes
B. Nontes
C. Validitas dan Reliabilitas
Bab 5 PENDEKATAN DAN MODEL EVALUASI PROGRAM
A. Pendekatan Evaluasi Program
B. Model-Model Evaluasi Program
C. Model Evaluasi Kirkpatrick untuk Program Pelatihan
D. Penilaian Kinerja
Bab 6 MONITORING DAN EVALUASI PROGRAM
A. Konsep Monitoring dan Evaluasi Program
B. Kedudukan Monitoring dan Evaluasi dalam Program
C. Pendekatan dan Isu Monitoring
D. Kerangka Kerja Konseptual Sistem Monev
E. Pengembangan Sistem Monev Program
F. Contoh Aplikasi Monev Program
Bab 7 EVALUASI DIKLAT
A. Pengertian dan Tujuan Evaluasi Diklat
B. Prinsip dan Standar Evaluasi Diklat
C. Desain Evaluasi Diklat
D. Objek Evaluasi Diklat
E. Metode Evaluasi Diklat
F. Prosedur Pengembangan Evaluasi Diklat
G. Mekanisme Evaluasi Akuntabilitas Kinerja
H. Contoh Instrumen Evaluasi Diklat
Bab 8 METODE EVALUASI
A. Pendekatan dan Metode Evaluasi
B. Sumber Data: Populasi dan Sampel
C. Teknik Pengumpulan Data
D. Analisis Data
E. Tradisi dalam Evaluasi Kualitatif
Bab 9 METODE KAJIAN CEPAT UNTUK EVALUASI PROGRAM
A. Konsep Kajian Cepat (Rapid Appraisal)
B. Faktor-Faktor yang Perlu Dipertimbangkan
C. Contoh Kajian Cepat
D. Instrumen Kajian Cepat
E. Ringkasan Hasil Kajian Cepat
F. Rekomendasi
Bab 10 ANALISIS DATA
A. Menyusun Daftar Distribusi Frekuensi
B. Menghitung Rata-Rata, Median, Modus, dan Simpangan Baku
C. Analisis Korelasi
D. Uji Perbedaan Dua Rata-Rata (Uji-t)
E. Uji Kai-Kuadrat
Bab 11 EVALUASI META
A. Arti dan Fungsi Evaluasi Meta
B. Evaluasi Meta: Eksternal dan Internal
C. Standar untuk Evaluasi Meta
D. Prosedur Pengembangan Evaluasi Meta
E. Masalah Evaluasi dan Pemecahannya
F. Kontribusi Evaluasi Meta terhadap Evaluasi Program
Bab 12 LAPORAN EVALUASI PROGRAM
A. Teknik Menyusun Laporan
B. Sistematika Laporan Evaluasi
C. Teknik Pengetikan
D. Teknik Kutipan
E. Teknik Menyusun Daftar Pustaka
Tags: Evaluasi Program, Evaluasi Program Nonpendidikan, Evaluasi Program Pendidikan, Konteks Pendidikan dan Nonpendidikan, Kurikulum Evaluasi Program, Manfaat Evaluasi Program, Metode Evaluasi Program, Teknik Evaluasi Program, Teori dan Praktek Evaluasi Program, Tujuan Evaluasi Program
Evaluasi Program Teori dan Praktek Dalam Konteks Pendidikan dan Nonpendidikan
Berat | 700 gram |
Kondisi | Baru |
Dilihat | 1.219 kali |
Diskusi | Belum ada komentar |
Produk Terkait
20%
Sholeh Hidayat, Prof.,Dr.,M.Pd. Cetakan 4, 2017 16×24 cm, BW, 180 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-157-7 Sinopsis: Salah satu pengalaman belajar yang harus dimiliki calon guru atau guru professional dan dibelajarkan oleh Lembaga Pendidikan Tenaga Ke pendidikan (LPTK) adalah pengetahuan tentang kurikulum, selain pengetahuan kependidikan. Guru professional dituntut memiliki seperangkat… selengkapnya
Rp 43.200 Rp 54.00020%
Benediktus Tanujaya, DR. Cetakan 1, 2013 16×24 cm, 216 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-150-8 Sinopsis: Penelitian dilakukan karena adanya permasalahan yang kita hadapi. Dengan begitu, kita akan terbantu untuk mengambil keputusan yang tepat. Demikian juga dalam kegiatan ilmiah, penelitian dilakukan dengan berbagai prosedur dan standar baku yang telah diuji… selengkapnya
Rp 49.600 Rp 62.00020%
Penulis: Dr. Ridwan Abdullah Sani, M.Si. dan Wendhie Prayitno, S.Kom., M.T. Cetakan: 1, 2020 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 256 Halaman ISBN: 978-602-446-517-9 Sinopsis: Buku ini ditujukan bagi guru dan mahasiswa kependidikan sebagai referensi dalam menyusun instrumen untuk Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) bagi siswa. Buku… selengkapnya
Rp 60.000 Rp 75.00020%
Abdul Madjid. Cetakan 1, 2013 16×24 cm, 352 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-460-8 Sinopsis: Ada banyak persoalan yang dihadapi guru pada waktu ia berdiri di depan kelas. Berbagai alternatif penyelesaian masalah tersebut juga sudah banyak dibahas dalam berbagai forum ilmiah. Kenyataannya persoalan-persoalan pendidikan tak kunjung habis, datang silih berganti…. selengkapnya
Rp 77.600 Rp 97.00020%
Arita Marini, Dr., Ir., M.E. Cetakan 1, 2014 16×24 cm, 152 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-567-4 Sinopsis : Sekolah dasar adalah sebuah organisasi sosial yang mempunyai tujuan yang telah ditetapkan. Tujuan utama sekolah dasar adalah memberikan pendidikan yang berkualitas kepada peserta didik. Dalam sebuah organisasi, tentunya manajemen merupakan kekuatan… selengkapnya
Rp 38.400 Rp 48.00020%
Judul : PENDIDIKAN IPS Pengarang : SAPRIA Tahun : Cet-1, Oktober 2009 Dimensi : 16×24, HVS-70 Gram, AC210, 240 halaman ISBN : 979-692-957-0 Sinopsis: Awalnya buku ini disusun untuk memenuhi kebutuhan perkuliahan, khususnya dalam mata kuliah Pendidikan IPS di jenjang S1 Jurusan PKn dan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Lalu, pada terbitan PT… selengkapnya
Rp 52.800 Rp 66.00020%
Nana Supriatna, Prof., Dr., M.Ed. Cetakan 1, 2016 16×24 cm, 380 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 230 gr. ISBN: 978-979-692-714-2 Sinopsis: Tanpa disadari, selama ini penerapan kurikulum sekolah di Indonesia kurang memperhatikan unsur kesinambungan yang memadukan berbagai unsur ke dalam sebuah ekosistem. Peningkatan kualitas pendidikan berbasis teknologi modern sering kali mengabaikan ketersediaan dan… selengkapnya
Rp 80.000 Rp 100.00020%
Penulis: Syamsu Yusuf, Prof., Dr., H., L.N., M.Pd. Nani M. Sugandhi, Dr., M.Pd. Aas Saomah, Dra., M.Si. Cetakan: 1, 2021 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 260 gr. 340 Halaman ISBN: 978-602-446-593-3 Sinopsis: Remaja (dalam hal ini siswa SLTP dan SLTA) memiliki peranan penting dalam masyarakat. Mereka adalah… selengkapnya
Rp 80.000 Rp 100.00020%
Judul : PSIKOLOGI KEPENDIDIKAN Pengarang : ABIN SYAMSUDDIN MAKMUN,M. Tahun : Cet 4, 2001 Dimensi : 16 x 24 cm, HVS 70 gr, vi + 250 halaman ISBN : 979-514-596-7 Sinopsis: Buku ini akan menuntun para calon guru untuk memahami psikologi kependidikan yang relevan dengan tugasnya kelak lewat sistem pengajaran modul. Pemilihan dan penyusunan pokok… selengkapnya
Rp 80.000 Rp 100.00020%
Judul : Administrasi & Supervisi Pendidikan Pengarang : M. Ngalim Purwanto Tahun : Cet 24, 2017 Dimensi : 16 x 24 cm, HVS 70 gr, 236 halaman ISBN : 979-514-039-6 Sinopsis: Pokok-pokok materi yang diuraikan dalam buku ini antara lain konsep administrasi pendidikan dalam hubungannya dengan ilmu administrasi, bidang-bidang garapan administrasi pendidikan, kepemimpinan dalam pendidikan,… selengkapnya
Rp 52.800 Rp 66.000
Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.