Evaluasi Program Teori dan Praktek Dalam Konteks Pendidikan dan Nonpendidikan
Rp 112.000 Rp 140.000Kode | RR.PK0400 |
Status | Tersedia |
Kategori | Pendidikan & Keguruan |
Evaluasi Program Teori dan Praktek Dalam Konteks Pendidikan dan Nonpendidikan
Penulis: Zainal Arifin, H., Dr., M.Pd.
Cetakan: 1, 2019
Ukuran: 17,5 x 25 cm.
Kertas isi: HVS 70 gr.
Kertas sampul: AC 260 gr.
384 Halaman
ISBN: 978-602-446-336-6
Sinopsis :
Program adalah rencana dari sebuah sistem. Suatu rencana perlu dituangkan secara tertulis sehingga dapat dipelajari oleh semua pihak yang terlibat. Dalam praktiknya, sering kali pelaksanaan suatu kegiatan (program atau proyek) tidak sesuai dengan rencana tertulis karena berbagai faktor. Misalnya, ada program Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dari pemerintah pusat untuk setiap sekolah. Masalahnya, mengapa setiap sekolah menerima dana BOS dengan jumlah yang berbeda? apakah dana tersebut betul-betul digunakan untuk kepentingan sekolah? Masalah seperti tadi tidak bisa dijawab dengan “kira-kira” karena dapat menimbulkan fitnah, harus ada bukti secara empiris. Untuk itu, perlu dilakukan evaluasi program secara komprehensif.
Buku ini menawarkan berbagai gagasan, baik secara teoretis maupun praktis kepada para pembuat kebijakan (pimpinan instansi, kepala sekolah, pengawas, dan guru) untuk memahami segala sesuatu mengenai evaluasi program, termasuk di dalamnya monitoring dan evaluasi (monev) program. Jika semua pihak memahami evaluasi program, diharapkan kualitas pelaksanaan program akan semakin baik dan pada gilirannya tujuan pembangunan akan tercapai secara merata dan adil. Hal ini sesuai dengan tujuan evaluasi program itu sendiri, yaitu untuk pengendalian, penjaminan dan penetapan mutu (nilai dan arti) suatu program, berdasarkan kriteria dan pertimbangan tertentu dalam rangka membuat suatu keputusan dan pertanggungjawaban dalam melaksanakan program.
—
Daftar Isi
Bab 1 KONSEP DASAR EVALUASI PROGRAM
A. Arti Evaluasi Program
B. Tujuan, Fungsi, dan Ruang Lingkup Evaluasi Program
C. Prinsip dan Karakteristik Evaluasi Program
D. Jenis Evaluasi Program
E. Prosedur Evaluasi Program
F. Evaluasi, Penelitian, dan Akuntabilitas
Bab 2 ANATOMI EVALUASI PROGRAM
A. Deskripsi
B. Kriteria
C. Pertimbangan
D. Keputusan
Bab 3 PERENCANAAN DAN DESAIN EVALUASI PROGRAM
A. Konsep Perencanaan Evaluasi
B. Arti dan Fungsi Desain Evaluasi
C. Pentingnya Analisis Kebutuhan
D. Sistematika Desain Evaluasi Program
E. Proposal Evaluasi Program
F. Desain Evaluasi Kualitatif
Bab 4 INSTRUMEN EVALUASI PROGRAM
A. Tes
B. Nontes
C. Validitas dan Reliabilitas
Bab 5 PENDEKATAN DAN MODEL EVALUASI PROGRAM
A. Pendekatan Evaluasi Program
B. Model-Model Evaluasi Program
C. Model Evaluasi Kirkpatrick untuk Program Pelatihan
D. Penilaian Kinerja
Bab 6 MONITORING DAN EVALUASI PROGRAM
A. Konsep Monitoring dan Evaluasi Program
B. Kedudukan Monitoring dan Evaluasi dalam Program
C. Pendekatan dan Isu Monitoring
D. Kerangka Kerja Konseptual Sistem Monev
E. Pengembangan Sistem Monev Program
F. Contoh Aplikasi Monev Program
Bab 7 EVALUASI DIKLAT
A. Pengertian dan Tujuan Evaluasi Diklat
B. Prinsip dan Standar Evaluasi Diklat
C. Desain Evaluasi Diklat
D. Objek Evaluasi Diklat
E. Metode Evaluasi Diklat
F. Prosedur Pengembangan Evaluasi Diklat
G. Mekanisme Evaluasi Akuntabilitas Kinerja
H. Contoh Instrumen Evaluasi Diklat
Bab 8 METODE EVALUASI
A. Pendekatan dan Metode Evaluasi
B. Sumber Data: Populasi dan Sampel
C. Teknik Pengumpulan Data
D. Analisis Data
E. Tradisi dalam Evaluasi Kualitatif
Bab 9 METODE KAJIAN CEPAT UNTUK EVALUASI PROGRAM
A. Konsep Kajian Cepat (Rapid Appraisal)
B. Faktor-Faktor yang Perlu Dipertimbangkan
C. Contoh Kajian Cepat
D. Instrumen Kajian Cepat
E. Ringkasan Hasil Kajian Cepat
F. Rekomendasi
Bab 10 ANALISIS DATA
A. Menyusun Daftar Distribusi Frekuensi
B. Menghitung Rata-Rata, Median, Modus, dan Simpangan Baku
C. Analisis Korelasi
D. Uji Perbedaan Dua Rata-Rata (Uji-t)
E. Uji Kai-Kuadrat
Bab 11 EVALUASI META
A. Arti dan Fungsi Evaluasi Meta
B. Evaluasi Meta: Eksternal dan Internal
C. Standar untuk Evaluasi Meta
D. Prosedur Pengembangan Evaluasi Meta
E. Masalah Evaluasi dan Pemecahannya
F. Kontribusi Evaluasi Meta terhadap Evaluasi Program
Bab 12 LAPORAN EVALUASI PROGRAM
A. Teknik Menyusun Laporan
B. Sistematika Laporan Evaluasi
C. Teknik Pengetikan
D. Teknik Kutipan
E. Teknik Menyusun Daftar Pustaka
Tags: Evaluasi Program, Evaluasi Program Nonpendidikan, Evaluasi Program Pendidikan, Konteks Pendidikan dan Nonpendidikan, Kurikulum Evaluasi Program, Manfaat Evaluasi Program, Metode Evaluasi Program, Teknik Evaluasi Program, Teori dan Praktek Evaluasi Program, Tujuan Evaluasi Program
Evaluasi Program Teori dan Praktek Dalam Konteks Pendidikan dan Nonpendidikan
Berat | 700 gram |
Kondisi | Baru |
Dilihat | 912 kali |
Diskusi | Belum ada komentar |
Produk Terkait
20%
Penulis: Nanang Fattah, Prof. Dr.,M.Pd. Cetakan: 1, 2019 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 252 Halaman ISBN: 978-602-446-367-0 Sinopsis : Salah satu fungsi utama pendidikan tinggi adalah sebagai sumber inspirasi dan inovasi dalam membuat kebijakan dan manajemen. Dalam kerangka peningkatan daya saing global menuju masyarakat 5.0… selengkapnya
Rp 57.600 Rp 72.00020%
Penulis: Rohmat Widiyanto, M.Pd. Cetakan: 1, 2020 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 144 Halaman ISBN: 978-602-446-445-5 Sinopsis: Proses pendidikan merupakan rangkaian kegiatan yang sangat kompleks dan luas cakupannya. Apabila kita berbicara tentang pendidikan maka kita tidak akan pernah lepas dari aktivitas belajar ataupun proses pembelajaran… selengkapnya
Rp 42.400 Rp 53.00020%
Bayong Tjasyono, HK., DEA., H., Prof., Dr. Cetakan 1, 2013 16×24 cm, 228 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-148-5 Sinopsis: Indonesia adalah negeri yang kaya akan sumber daya alam. Oleh karena itu, sangatlah penting ilmu kebumian dikembangkan di Indonesia. Apalagi negeri Indonesia bisa dikatakan sebagai laboratorium kebumian yang paling hebat… selengkapnya
Rp 51.200 Rp 64.00020%
Didi Supriadie, Dr., & Deni Darmawan, Dr., M.S. Cetakan 1, 2012 16×24 cm, 224 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-122-5 Sinopsis : Buku Komunikasi Pembelajaran ini membahas tentang pembelajaran yang dapat menjadi bahan sharing bagi para guru (guru provisi atau guru pemula) mengenai apa dan bagaimana mengembangkan pembelajaran. Pada buku… selengkapnya
Rp 52.800 Rp 66.00020%
Waini Rasyidin, H., Prof., Dr., M.Ed. Cetakan 1, 2014 16×24 cm, 236 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-493-6 Sinopsis: Pedagogik adalah nilai dasar keilmuan dan profesi yang harus dibangun secara kokoh dan menjadi landasan bagi pemikiran dan tindakan pendidikan serta penyelenggaraan pendidikan guru. Pedagogik sebagai ilmu didukung dengan menggunakan ilmu-ilmu… selengkapnya
Rp 52.800 Rp 66.00020%
Prof. Dr. Nanang Fattah 16 x 24 cm • 320 hlm Kertas isi HVS 70 gr Kertas sampul AC 210 gr Cetakan 1, 2012 ISBN: 978-979-692-076-1 Sinopsis : Sistem pendidikan nasional atau Sisdiknas merupakan acuan dalam pembuatan analisis kebijakan dan manajemen pendidikan baik di tingkat nasional, regional, maupun tingkat sekolah. Seperti kita ketahui pendidikan nasional… selengkapnya
Rp 64.000 Rp 80.00020%
Penulis: Siti Azisah, Dra., Hj., M.Ed.St., Ph.D. Cetakan: 1, 2020 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 196 Halaman ISBN: 978-602-446-438-7 Sinopsis: Di zaman milenial ini menguasai Bahasa Inggris merupakan keniscayaan, bahkan telah menjadi mata pelajaran wajib di sekolah dan madrasah. Ironisnya, banyak peserta didik kurang mampu… selengkapnya
Rp 60.000 Rp 75.00020%
Iskandar Engku, H., Dr., M.A., dkk. Cetakan 1, 2013 16×24 cm, 232 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-180-5 Sinopsis: Pendidikan Islami merupakan pengejewantahan pemikiran para tokoh tentang konsepsi Islam di bidang pendidikan. Minimnya perhatian terhadap pendidikan Islami merupakan salah satu penyebab terpengaruhnya umat Islam oleh pendidikan Barat, sehingga banyak yang… selengkapnya
Rp 52.000 Rp 65.00020%
Penulis: Dr. Rohmat Mulyana, M.Pd Dr. Umiarso, M.Pd.I Cetakan: 1, 2023 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 260 gr. 316 Halaman ISBN: 978-602-446-xxx-x Sinopsis: Buku ini disusun untuk mengejawantahkan spirit profetik nilai-nilai pendidikan Islam, yakni: nilai integratif keilmuan Islam. Kerenanya, upaya ini memunculkan sikap kritis terhadap konstruksi teori-teori… selengkapnya
Rp 78.400 Rp 98.00020%
Nusa Putra, Dr., S.Fil., M.Pd. & Hendarman, Ir., M.R., Ph.d. Cetakan 1, 2012 16×24 cm, 208 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-133-1 Sinopsis: Beragam metode penelitian dapat digunakan untuk mencari penjelasan terkait dengan permasalahan berbagai konflik. Salah satunya adalah penelitian kebijakan. Penelitian kebijakan dengan karakteristik dan cara kerjanya yang khas… selengkapnya
Rp 48.000 Rp 60.000
Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.