Asesmen Kompetensi Minimum Panduan Penilaian untuk Guru Sekolah (SD, SMP, SMA, SMK) dan Madrasah
Rp 60.000 Rp 75.000Kode | 75000 |
Status | Tersedia |
Kategori | Pendidikan & Keguruan |
Asesmen Kompetensi Minimum Panduan Penilaian untuk Guru Sekolah (SD, SMP, SMA, SMK) dan Madrasah
Penulis: Dr. Ridwan Abdullah Sani, M.Si. dan Wendhie Prayitno, S.Kom., M.T.
Cetakan: 1, 2020
Ukuran: 16 x 24 cm.
Kertas isi: HVS 70 gr.
Kertas sampul: AC 230 gr.
256 Halaman
ISBN: 978-602-446-517-9
Sinopsis:
Buku ini ditujukan bagi guru dan mahasiswa kependidikan sebagai referensi dalam menyusun instrumen untuk Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) bagi siswa. Buku ini juga dapat dipelajari oleh siswa untuk mengenal Asesmen Kompetensi Minimum akan diberlakukan untuk menggantikan ujian nasional (UN) oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. AKM akan diberlakukan dengan cara sampling bagi siswa kelas 5 Sekolah Dasar (SD), kelas 8 Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan kelas 11 Sekolah Menengah Atas (SMA). Asesmen ini juga akan diberlakukan bagi siswa kelas 12 SMA dan SMK sebagai AKM Nasional, AKM Kelas untuk siswa kelas 2 SD sampai siswa kelas 11 SMA/SMK, dan AKM Nasional Kesetaraan (Paket A, Paket B, dan Paket C). Pada dasarnya AKM mengukur kemampuan bernalar dalam membaca dan matematika. Soal-soal yang digunakan terkait dengan keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS: higher order thinking skills), mirip seperti soal pada tes Programme for International Student Assessment (PISA). Topik yang dikaji dalam buku ini adalah Keterampilan abad ke-21, Bentuk Soal PISA, Bentuk Soal AKM, Asesmen Literasi Membaca, Asesmen Literasi Matematika, dan AKM Lintas Mata Pelajaran. Buku ini menyajikan beberapa contoh soal AKM dan cara menyelesaikannya.
———–
Daftar Isi
BAB I KETERAMPILAN ABAD KE-21
A. Keterampilan Abad Ke-21
B. Berpikir Kritis
C. Berpikir Kreatif dan Inovatif
D. Problem Solving
BAB II ASESMEN PISA
A. Kompetensi yang Diuji dalam PISA
B. Bentuk Soal PISA
BAB III SOAL ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM
A. Bentuk Soal Asesmen Kompetensi Minimum
B. Soal HOTS untuk Asesmen Kompetensi Minimum
C. Mengukur Kemampuan Berpikir Kritis
BAB IV ASESMEN LITERASI MEMBACA
A. Soal Pilihan Ganda
B. Soal Kombinasi
BAB V ASESMEN LITERASI MATEMATIKA
A. Soal Pilihan Ganda
B. Soal Uraian
C. Soal Kombinasi
BAB VI ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM LINTAS PELAJARAN
A. Literasi Numerasi dan Membaca Konteks IPA
B. Literasi Numerasi dan Membaca Konteks Fisika
C. Literasi Membaca Konteks Sejarah
D. Literasi Membaca Konteks Sosial Budaya
Tags: Asesmen Kompetensi, Evaluasi Pembelajaran, Madrasah, Panduan Penilaian, Penilaian Guru, Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Standar Kompetensi
Asesmen Kompetensi Minimum Panduan Penilaian untuk Guru Sekolah (SD, SMP, SMA, SMK) dan Madrasah
Berat | 300 gram |
Kondisi | Baru |
Dilihat | 827 kali |
Diskusi | Belum ada komentar |
Produk Terkait
20%
Penulis: Mahmud, H., Prof., Dr., M.Si. Cetakan: 1, 2019 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 260 gr. 320 Halaman ISBN: 978-602-446-306-9 Sinopsis : Apa kelebihan buku ini dibandingkan buku-buku tentang manajemen pendidikan lainnya? Buku ini memaparkan konsep manajemen modern yang umumnya dipakai oleh lembaga-lembaga pendidikan tinggi. Ilmu manajemen… selengkapnya
Rp 66.400 Rp 83.00020%
Penulis: Kisyani-Laksono, Prof., Dr., Tatag Yuli Eko Siswono, Dr., M.Pd. Cetakan: 1, 2018 Ukuran: 16 x 24 cm Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. Halaman : 264 Halaman ISBN: 978-602-446-200-0 Sinopsis: Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan salah satu jenis penelitian yang diharapkan dapat menjadi solusi bagi permasalahan pembeljaran di kelas. Selain… selengkapnya
Rp 60.000 Rp 75.00020%
Prof. Dr. Nanang Fattah 16 x 24 cm • 320 hlm Kertas isi HVS 70 gr Kertas sampul AC 210 gr Cetakan 1, 2012 ISBN: 978-979-692-076-1 Sinopsis : Sistem pendidikan nasional atau Sisdiknas merupakan acuan dalam pembuatan analisis kebijakan dan manajemen pendidikan baik di tingkat nasional, regional, maupun tingkat sekolah. Seperti kita ketahui pendidikan nasional… selengkapnya
Rp 64.000 Rp 80.00020%
Judul : MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA Pengarang : HERUMAN, S.PD. Tahun : Cet-1 tahun 2007 Dimensi : 16X24 cm, HVS-70 Gram, 200 Hlm Sinopsis: Selama ini terbentuk kesan umum bahwa matematika merupakan mata pelajaran yang sulit dan juga menakutkan. Nyatanya memang demikian banyak sekali siswa yang tidak menyukainya. Padahal, sesungguhnya unsur-unsur matematika itu menyertai kita dalam… selengkapnya
Rp 48.000 Rp 60.00020%
Sudardja Adiwikarta, Prof., Drs., H., M.A. Ph.d. Cetakan 1, 2016 16×24 cm, 296 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-722-7 Sinopsis : Dalam buku ini Sosiologi Pendidikan didefinisikan sebagai anasilis sosiologi terhadap praksis pendidikan. Penguasaan teori dan konsep sosiologi yang kuat merupakan satu keniscayaan, dan dengan demikian, kelulusan dalam mata kuliah… selengkapnya
Rp 60.800 Rp 76.00020%
Abdul Madjid. Cetakan 1, 2013 16×24 cm, 352 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-460-8 Sinopsis: Ada banyak persoalan yang dihadapi guru pada waktu ia berdiri di depan kelas. Berbagai alternatif penyelesaian masalah tersebut juga sudah banyak dibahas dalam berbagai forum ilmiah. Kenyataannya persoalan-persoalan pendidikan tak kunjung habis, datang silih berganti…. selengkapnya
Rp 77.600 Rp 97.00020%
Judul : PSIKOLOGI PERKEMBANGAN Pengarang : DESMITA EL-IDHAMI Tahun : 2005 Dimensi : HVS 60 GR, 16 X 24 cm, 285 HLM + xiii ISBN : 979-692-385- Sinopsis : Psikologi merupakan suatu disiplin ilmu yang dalam waktu bersamaan menempatkan manusia pada dua posisi sekaligus: sebagai subjek dan sebagai objek. Sebagai subjek manusia menjadi pelaku aktif… selengkapnya
Rp 64.000 Rp 80.000Penulis: Dr. Hj. Ratu Suntiah, M.Ag. Cetakan: 1, 2024 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 180 Halaman ISBN: 978-602-446-713-5 Sinopsis: Jas merah! Jangan sekali-kali melupakan sejarah. Itulah ungkapan popular yang dikemukakan oleh Soekarno, Proklamator dan Presiden Pertama Indonesia. Dengan sejarah, kita akan mengetahui dan memahami bagaimana… selengkapnya
Rp 63.00020%
Penulis: Johar Permana, Prof. Dr. H., M.A. Taufani C. Kurniatun, Dr., M.Si. Liah Siti Syarifah, S.Pd.I., M.Pd. Cetakan: 1, 2019 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 232 Halaman ISBN: 978-602-446-370-0 Sinopsis : Setiap negara memiliki kebijakan yang berbeda dalam menggunakan pendekatan pada perencanaan pendidikannya. Hal tersebut… selengkapnya
Rp 70.400 Rp 88.00020%
E. Mulyasa, Prof., Dr., H., M.Pd., dkk. Cetakan 1, 2016 16×24 cm, 288 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-736-4 Sinopsis: Pembelajaran di sekolah ternyata sangat lambat dalam mengikuti perubahan-perubahan yang terjadi dalam kehidupan di masyarakat. Banyak dari tradisi pembelajaran, mulai dari cara menyusun tempat duduk sampai keterikatan yang berlebihan pada… selengkapnya
Rp 59.200 Rp 74.000
Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.