Apresiasi Sastra Indonesia dan Pembelajarannya
Rp 44.000 Rp 55.000| Kode | RR.UM0174 |
| Status | Tersedia |
| Kategori | Pendidikan & Keguruan |
Apresiasi Sastra Indonesia dan Pembelajarannya
Penulis: Sri Suhita, Dra., M.Pd. dan Rahmah Purwahida, S.Pd., M.Hum.
Cetakan: 1, 2018
Ukuran: 17,5 x 25 cm.
Kertas isi: HVS 70 gr.
Kertas sampul: AC 230 gr.
Halaman : 148 Halaman
ISBN: 978-602-446-271-0
Sinopsis:
Apakah menikmati dan mengapresiasi sastra merupakan sesuatu yang sulit bagi mahasiswa baru? Apa ia membutuhkan persiapan khusus? Tidak semua orang mampu menikmati karya sastra. Bahkan mungkin lebih sedikit lagi orang yang benar-benar bisa mengapresiasi sastra secara pantas, menyelami kedalamannya, mengambil makna dari bacaannya.
Buku ini memaparkan apresiasi sastra Indonesia dengan jernih sekaligus mengajak pembaca makin tergugah menyelami khazanah sastra bangsanya sendiri melalui empat hal utama, yaitu: Konsep dasar apresiasi, beragam bentuk ekspresi apresiasi, teknik evaluasi, dan industri kreatif puisi dan prosa fiksi.
Sebagai pengajar, penulis giat menggugah pembaca agar makin banyak menikmati karya sastra, mengembangkan intelektualitas, mendorong lebih giat mengapresiasi dan berkarya, terutama melalui musikalisasi puisi dan menulis cerita pendek. Buku ini niscaya mampu mengubah mahasiswa yang awalnya kurang suka sastra Indonesia jadi tertantang untuk mengeksplorasi lebih dalam.
Daftar Isi
Bab I Pendahuluan
Bab II Mengenal Puisi, Prosa Fiksi, Dan Apresiasi
A. Deskripsi Singkat
B. Capaian Pembelajaran Mata Kuliah
C. Mengenal Puisi
D. Mengenal Prosa Fiksi
E. Mengenal Apresiasi Sastra
Bab III Pendekatan Apresiasi Puisi Dan Prosa Fiksi
A. Deskripsi Singkat
B. Capaian Pembelajaran Mata Kuliah
C. Pendekatan Puisi
D. Pendekatan Prosa Fiksi
Bab IV Ekspresi Puisi
A. Deskripsi Singkat
B. Capaian Pembelajaran Mata Kuliah
C. Ekspresi Puisi
Bab V Ekspresi Prosa Fiksi
A. Deskripsi Singkat
B. Capaian Pembelajaran Mata Kuliah
C. Ekspresi Prosa Fiksi
Bab VI Publikasi Puisi Dan Prosa Fiksi
A. Deskripsi Mata Kuliah
B. Capaian Pembelajaran Mata Kuliah
C. Publikasi Puisi Dan Prosa Fiksi
D. Tahapan Menyusun Puding Maupun Mading
E. Tahapan Menyusun Antologi Atau Kumpulan Puisi/Cerpen
Tags: Analisis Sastra Indonesia, Apresiasi Sastra Indonesia, Karya Sastra Indonesia, Metode Pembelajaran Sastra Indonesia, Pembelajaran Sastra Indonesia, Penerjemahan Sastra Indonesia, Pengajaran Sastra Indonesia, Sastra Indonesia dalam Pendidikan, Sastra Indonesia sebagai Budaya, Sastra Indonesia sebagai Warisan Budaya, Sastra Indonesia untuk Pendidikan, Sejarah Sastra Indonesia
Apresiasi Sastra Indonesia dan Pembelajarannya
| Berat | 350 gram |
| Kondisi | Baru |
| Dilihat | 1.182 kali |
| Diskusi | Belum ada komentar |
Produk Terkait
20%
Judul : KONSEP DAN MODEL PENGEMBANGAN KURIKULUM Pengarang : DRS. ZAINAL ARIFIN, M.PD. Tahun : Cet. 1, Mei 2011 Dimensi : 16 X 24 cm, 332 hlm, HVS-70 gr, AC-210 ISBN : 978-979-692-047-1 Sinopsis : Jika Anda ingin membangun suatu bangsa, maka bangunlah yang pertama sistem pendidikannya, dan jika Anda ingin membangun pendidikan, maka bangunlah… selengkapnya
Rp 76.000 Rp 95.00020%
H. Drs. Soegiono, M.M., dkk. Cetakan 1, 2012 16×24 cm, BW, 140 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-086-0 Sinopsis: Para mahasiswa, para ilmuwan, para sastrawan, para budayawan, para politikus, para rohaniwan, dan bahkan anggota masyarakat umum, menggunakan filsafat sesuai dengan bidangnya masing-masing. Oleh karena itu tampak terjadi keberagaman dalam penggunaannya,… selengkapnya
Rp 34.400 Rp 43.00020%
Nanang Arif Guntoro, DR., Msi. Cetakan 1, 2013 16×24 cm, 248 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-129-4 Sinopsis: Ilmu pengetahuan murni dan ilmu pengetahuan terapan merupakan dua hal yang saling berhubungan satu sama lain. Ilmu terapan tidak akan bisa berkembang tanpa adanya ilmu pengetahuan murni, dan sebaliknya ilmu pengetahuan murni… selengkapnya
Rp 56.000 Rp 70.00020%
A. Muchtar Ghazali, dkk. Cetakan 1, 2016 16×24 cm, 320 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-725-8 Sinopsis : Reformasi di negara kita muncul sebagai upaya untuk mengoreksi kelemahan-kelemahan masa lalu dan melakukan upaya-upaya perbaikan untuk masa kini dan mendatang dalam berbagai sektor kehidupan. Buku ini membahas pokok pembelajaran Pendidikan Pancasila… selengkapnya
Rp 64.000 Rp 80.00020%
Penulis: Muhibbin Syah Cetakan: 22, 2017 Ukuran: 16×24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 210 gr. Halaman: 280 halaman ISBN: 979-514-672-6 Sinopsis: Seorang pendidik (guru, dosen, dsb.) dan tenaga kependidikan (kepala sekolah Madrasah dan para wakilnya) sangat memerlukan aneka ragam pengetahuan dan keterampilan yang berkaitan dengan profesinya sesuai dengan tuntutan zaman dan… selengkapnya
Rp 56.000 Rp 70.00020%
Judul : MENJADI WIRAUSAHA SUKSES Pengarang : ARI FADIATI, M.SI., DAN DEDI P Tahun : Cet-1, Desember 2010 Dimensi : 16×24, HVS-70 Gram, AC-210, 204 halaman ISBN : 978-979-692-016-7 Sinopsis : Sumber daya ekonomi ada di sekitar Anda. Rumah, tanah, kendaraan, dan keluarga Anda dapat menjadi bagian dari sumberdaya ekonomi. Bagaimana mengoptimalkan sumber daya tersebut… selengkapnya
Rp 46.400 Rp 58.00020%
Dr. Wowo Sunaryo Kuswana, M.Pd. 16 x 24 cm • 300 hlm Kertas isi HVS 70 gr Kertas sampul AC 210 gr Cetakan 1, 2012 ISBN: 978-979-692-079-2 Sinopsis : Manakala ketidakberhasilan dalam pencapaian tujuan, maka dikesankan pembelajaran didominasi oleh aspek kognitif. Banyak orang yang menuding “kognitif sebagai penyebab. Oleh karena itu, bertolak dari kepentingan pembelajaran… selengkapnya
Rp 64.000 Rp 80.00020%
Abdul Madjid, M.Pd. Cetakan 1, 2014 16×24 cm, 280 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-582-7 Sinopsis : Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran adalah bagian integral dari proses kegiatan pembelajaran. Penilaian ini bertujuan menilai efektivitas dan efisiensi kegiatan pengajaran sebagai bahan untuk perbaikan dan penyempurnaan program serta pelaksanaannya. Salah satu… selengkapnya
Rp 56.000 Rp 70.00020%
Ismet Basuki, Prof., Dr., dkk. Cetakan 1, 2014 16×24 cm, 252 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-471-4 Sinopsis : Penilaian merupakan komponen penting dalam dunia pendidikan. Untuk meningkatkan kualitas pendidikan dapat dilakukan dengan upaya peningkatan kualitas sistem pembelajaran dan kualitas sistem penilaiannya. Penilaian memiliki peran yang sangat penting dalam kualitas… selengkapnya
Rp 57.600 Rp 72.00020%
Dr. Wowo Sunaryo Kuswana, M.Pd. 16 x 24 cm, 324 hlm Kertas isi HVS-70 gr Kertas sampul AC-210 gr Cetakan 1, 2011 ISBN: 978-979-692-071-6 Sinopsis : Buku ini berisi kajian mengenai pendekatan keterampilan berpikir sebagai kegiatan yang terorganisasi untuk mengidentifikasi proses mental peserta didik atau peserta didik yang perlu direncanakan, mendeskripsikan dan mengevaluasi proses berpikir… selengkapnya
Rp 64.000 Rp 80.000
Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.