Komunikasi di Era Digital
Rp 78.400 Rp 98.000Kode | RR.KO0117 |
Status | Tersedia |
Kategori | Komunikasi |
Komunikasi di Era Digital
Penulis: Sunarto, dkk.
Cetakan: 1, 2023
Ukuran: 16 x 24 cm.
Kertas isi: HVS 70 gr.
Kertas sampul: AC 230 gr.
256 Halaman
ISBN: 978-602-446-xxx-x
Sinopsis:
Perkembangan teknologi komunikasi telah menciptakan disrupsi dalam banyak aspek kehidupan. Disrupsi ditemui manakala terjadi hal-hal yang berbeda dan dirasakan mengganggu dalam kehidupan sehari-hari. Perlahan tapi pasti hal itu menciptakan perubahan positif maupun negative pada kebiasaan kita sehari-hari. Komunikasi adalah salah satu aspek kehidupan yang mengalami perubahan itu. Disrupsi dijumpai dalam kegiatan komunikasi pada berbagai level dan konteks. Komunikasi dengan media internet telah menjadikan interaksi tatap muka secara fisik tergantikan oleh interaksi secara virtual. Perubahan positif terjadi manakala teknologi komunikasi yang ada mampu memaksimalkan pencapaian kepentingan personal maupun organisasional secara efektif dan efisien. Perubahan negative terjadi ketika disintegrasi secara komunal, organisasional maupun nasional muncul akibat persebaran informasi menyesatkan (hoaks) melalui berbagai platform media baru yang ada.
Secara garis besar, dari berbagai artikel yang ada dalam buku ini bisa dikelompokkan dalam dua isu utama terkait media konvensional dan media baru. Dalam kaitannya dengan media konvensional berbagai artikel yang ada mencoba menunjukkan tantangan dan peluang yang bisa dilakukan oleh media konvensional dengan adanya teknologi terbaru ini. Adaptasi melalui konvergensi dengan berbagai platfom media baru menjadi strategi media konvensional untuk tetap bertahan dan berkembang di era digital sekarang ini.
Dalam kelompok media baru dijumpai beberapa artikel yang membahas efek politik, ekonomi dan legal dengan kehadiran berbagai platform media baru. Efek politik terlihat dari persebaran informasi menyesatkan (hoaks) yang dilakukan secara personal, komunal atau organisasional melalui berbagai media sosial yang ada untuk mencapai tujuan-tujuan ekonomi politik tertentu terkait kegiatan pemilihan umum ataupun pembuatan kebijakan public di Indonesia. Efek ekonomi terlihat dari berbagai kemungkinan yang bisa dilakukan oleh produsen dan konsumen untuk memanfaatkan secara efektif dan efisien keberadaan berbagai platform media baru yang ada untuk memenuhi secara maksimal kepentingan ekonomistik masing-masing. Efek legal terlihat dari implikasi hukum secara luas akan arti penting kebebasan berekspresi yang bisa dilakukan secara individual, komunal, maupun organisasional di tingkat local, nasional maupun global untuk menyebarluaskan berbagai informasi terkait identitas politik, ekonomi, social, dan budaya tertentu dengan derajat kualitas beragam. Disintegrasi menjadi ancaman nyata dan serius ketika wacana public dipenuhi dengan informasi tidak bernas dan tidak berkualitas. Masing-masing artikel yang ada mencoba untuk memberikan solusi atas kemungkinan berbagai efek negative tersebut. Konvergensi platform media, informasi bernas dan berkualitas, serta literasi digital tampaknya menjadi orientasi bersama untuk mengatasi efek-efek yang tidak diinginkan tersebut.
—–
Daftar Isi
Bagian 1 Media Konvensional
Bab 1 Disrupsi Komunikasi di Era Digital: Tantangan dan Peluang Industri Media Konvensional Sunarto
Bab 2 Tinder, Tiger, Power dan Dokumenter Amida Yusriana
Bab 3 Disrupsi Stereotipe Ras di Film Anak Hapsari Dwiningtyas Sulistyani dan Djoko Setyabudi
Bagian 2 Media Baru
Bab 4 Ekonomi Politik Hoaks di Era Disrupsi Digital Triyono Lukmantoro
Bab 5 Narasi Diskriminasi Hak Politik Difabel: Netnografi di Akun Media Sosial Peduli Difabel Nurul Hasfi dan Turnomo Rahardjo
Bab 6 Moderasi Konten pada Platform Digital: Tantangan Pengaturan Konten pada Ekosistem Informasi Digital Triyono Lukmantoro
Bab 7 Disrupsi Informasi, Identitas, dan Konflik Antarbudaya Turnomo Rahardjo
Bab 8 Dialektika Etika Konsumsi di Media Sosial: Disrupsi dan Apropriasi dalam Promosi #BTSMcD Nurist Surayya Ulfa
Bab 9 Kontribusi Modal Sosial dalam Membangun Kohesivitas Komunitas Online Facebook A gus Naryoso
Bab 10 Disfemisme Media Sosial, Komentar “Nyinyir” Pada Akun Selebgram Perempuan Hedi Pudjo Santosa dan Primada Qurrota Ayun
Bab 11 Menghindari Ancaman Privasi Online: Siasat Pengguna Mesin Pencari Google Yohanes Thianika Budiarsa dan Tandiyo Pradekso
Tags: branding digital, budaya digital, etika komunikasi digital, inovasi digital, interaksi digital, jejaring sosial, keamanan digital, komunikasi digital, literasi digital, manajemen reputasi online, media sosial, pemasaran digital, pengaruh media sosial, strategi komunikasi, teknologi informasi, transformasi digital
Komunikasi di Era Digital
Berat | 400 gram |
Kondisi | Baru |
Dilihat | 3.915 kali |
Diskusi | Belum ada komentar |
Produk Terkait
20%
Alex Sobur, Drs., M.Si. Cetakan 1, 2014 16×24 cm, 384 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 230 gr. ISBN: 978-979-692-452-3 Sinopsis : Endorsement: Buku karya Alex Sobur—akademisi dari Fikom Universitas Islam Bandung—ini menarik, karena menyajikan sesuatu yang ‘baru’ dalam studi komunikasi, yaitu ‘komunikasi naratif.’ Secara konseptual, gagasan tentang komunikasi naratif merupakan wilayah kajian dalam… selengkapnya
Rp 80.000 Rp 100.00020%
Penulis: Eriyanto, Dr., M.Si. Cetakan: 1, 2019 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. Halaman : 284 Halaman ISBN: 978-602-446-400-4 Sinopsis : Saat ini komunikasi visual menempati posisi sangat penting, apalagi ditambah dengan kehadiran media sosial (seperti Instagram, Facebook, Twitter, YouTube, dan sebagainya). Perkembangan ini membuat komunikasi… selengkapnya
Rp 59.200 Rp 74.00020%
Penulis: Reydonnyzar Moenek, Dr. Drs., M.Devt.M. Dr. H., Dadang Suwanda, S.E. M.M., M.Ak., Ak., CA., Wirman Syafri, Prof. Dr. H., M.Si.Cetakan: 1, 2020 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 128 Halaman ISBN: 978-602-446-409-7 Sinopsis : Tujuan utama otonomi daerah adalah meningkatkan kesejahteraan kepada masyarakat, pemberdayaan masyarakat,… selengkapnya
Rp 36.000 Rp 45.00020%
Nina Winangsih Syam, Hj., Prof., Dr., Dra., M.S. Cetakan 1, 2014 16×24 cm, 168 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-596-4 Sinopsis : Era gelombang peradaban manusia di dunia ini terjadi melalui 3 (tiga) era, yakni era pertanian, era industri, dan era informasi. Pembahasan komunikasi peradaban dalam buku ini, tidak hanya… selengkapnya
Rp 39.200 Rp 49.00020%
Penulis: Deddy Mulyana, Prof., Dr. Cetakan: 1, 2023 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: Book paper 57,5 gr. Kertas sampul: AC 260 gr. 584 Halaman Sinopsis: Buku ini merupakan dasar-dasar atau pengantar Ilmu Komunikasi yang selama beberapa dasawarsa ini merupakan disiplin ilmu yang sangat populer di Indonesia. Isinya merupakan taksonomi Ilmu Komunikasi yang dimulai… selengkapnya
Rp 128.000 Rp 160.00020%
Penulis: Eriyanto, Dr., S.I.P., M. Si. Cetakan: 1, 2022 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 260 gr. 388 Halaman ISBN: 978-602-446-603-9 Sinopsis : Metode netnografi (netnografi = internet + etnografi) adalah metode yang digunakan untuk mempelajari budaya pengguna internet (lebih khusus media sosial). Pada dasarnya, netnografi adalah penerapan… selengkapnya
Rp 112.000 Rp 140.00020%
Judul : KOMUNIKASI KONTEKSTUAL Pengarang : DR. ATWAR BAJARI & DRS. S. SAH Tahun : JANUARI 2011 Dimensi : 16×24, HVS-70 Gram, AC-2310, 516 halaman ISBN : 978-979-692-015-0 Sinopsis : Setiap even komunikasi tidak sekadar menunjukkan elemen yang terlibat. Banyak hal yang ditunjukkan. Motif partisipan, wacana yang dibicarakan, media yang digunakan, lingkungan yang mempengaruhi, dan… selengkapnya
Rp 90.400 Rp 113.00020%
Penulis: Billy K Sarwono, Prof. Dr., M.A., dkk. Cetakan: 1, 2022 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 176 Halaman Sinopsis : Maraknya kasus pelecehan hingga kekerasan seksual adalah fenomena gunung es yang menghantui keseharian perempuan, dan jarang tuntas diselesaikan. Kekerasan seksual terjadi di berbagai area publik… selengkapnya
Rp 52.000 Rp 65.00020%
Penulis: Edi Suryadi, Dr., M.Si. Cetakan: 1, 2018 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. Halaman : 172 Halaman ISBN: 978-602-446-272-7 Sinopsis : Mengapa pemimpin organisasi kelembagaan membutuhkan strategi komunikasi? Lalu, apa hubungannya dengan visi dan misi yang terwujud dengan efektif dan efisien? Untuk mempelajarinya terkadang kajian… selengkapnya
Rp 40.800 Rp 51.00020%
Penulis: Ezi Hendri, M.Si. Cetakan: 1, 2019 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 324 Halaman ISBN: 978-602-446-373-1 Sinopsis : Kadang-kadang kita membeli barang atau jasa yang sebenarnya tak dibutuhkan. Karena trik jualan atau diskon khusus, orang bisa membeli lebih banyak. Konsumen terdorong membeli merek tertentu, ingin memiliki… selengkapnya
Rp 64.000 Rp 80.000
Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.