Statistik Untuk Ilmu Pendidikan, Sosial, dan Humaniora
Rp 150.400 Rp 188.000| Kode | RR.PK0396 |
| Status | Tersedia |
| Kategori | Pendidikan & Keguruan |
Statistik Untuk Ilmu Pendidikan, Sosial, dan Humaniora
Penulis: Ibnu Hadjar, Prof., Dr., M.Ed.
Cetakan: 1, 2019
Ukuran: 17,5 x 25 cm.
Kertas isi: HVS 70 gr.
Kertas sampul: AC 260 gr.
540 Halaman
ISBN: 978-602-446-326-7
Sinopsis :
Dewasa ini buku statistik sangat mudah kita jumpai karena telah banyak ditulis oleh para pakar, yang pada umumnya memiliki latar belakang statistik dan matematika yang kuat. Namun demikian, buku-buku tersebut sulit dipahami, terutama bagi mereka yang tidak memiliki basic matematika yang memadai karena menggunakan penalaran dan lambang matematis yang asing bagi orang awam dalam matematika, khususnya mereka yang berlatar belakang sosial dan humaniora.
Buku ini disusun dengan penalaran matematis yang sederhana dan dilengkapi dengan contoh kutipan yang diambil dari laporan penelitian (artikel) dan sesuai dengan materi yang sedang dibahas. Di samping materi yang sudah banyak dibahas dalam buku-buku sebelumnya, buku ini juga menyajikan bahasan baru dalam statistik, yaitu Analisis Kovarian dan Regresi Statistik. Bahkan materi terakhir belum dapat dijumpai (oleh penulis) dalam buku statistik berbahasa Indonesia, Inggris, maupun Arab.
—
Daftar Isi
Bab 1 Pendahuluan
A. Konsep Dasar
B. Jenis Statistik
C. Penggunaan Statistik dalam Penelitian
D. Keterbatasan Statistik
E. Rangkuman
Bab 2 Variabel dan Pengukuran
A. Konsep Variabel
B. Pengukuran Variabel
C. Skala Pengukuran
D. Macam-macam Skala Pengukuran
E. Variabel Diskrit dan Kontinum
F. Batas Nyata
G. Pembulatan Skor
H. Rangkuman
Bab 3 Penyebaran Frekuensi
A. Konsep Dasar
B. Penyebaran Urutan Peringkat
C. Susunan Frekuensi Tidak Berkelompok
D. Susunan Frekuensi Berkelompok
E. Penyajian Batang-dan-Daun
F. Menggambar Penyebaran Frekuensi/Grafik
G. Rangkuman
Bab 4 Ukuran Kecenderungan Pusat
A. Rerata
B. Median
C. Moda
D. Perbandingan antara Rerata, Median, dan Moda
E. Rangkuman
Bab 5 Ukuran Variabilitas
A. Rentang
B. Skor Penyimpangan dan Jumlah Kuadrat
C. Varian
D. Simpang Baku
E. Kovarian
F. Catatan tentang s2 dan s sebagai ukuran variabilitas
G. Rangkuman
Bab 6 Ukuran Relatif
A. Persentil
B. Pengaruh Perubahan Skala Pengukuran
C. Skor Baku
D. Pengubahan Skor Baku
E. Rangkuman
Bab 7 Penyebaran Normal
A. Penyebaran Normal dan Kurva Normal
B. Proporsi di bawah Kurva Normal
C. Persentil dan Kurva Normal
D. Rangkuman
Bab 8 Probabilitas dan Uji Hipotesis
A. Generalisasi: dari Sampel ke Populasi
B. Probabilitas
C. Hipotesis Statistik
D. Uji Hipotesis
E. Jenis Galat dalam Uji Hipotesis
F. Keputusan Penerimaan atau Penolakan Hipotesis
G. Galat Baku
H. Uji Hipotesis Statistik tentang μ
I. Uji H0 untuk satu-sampel: Uji Z
J. Rangkuman
Bab 9 Hubungan Antardua Variabel: Korelasi
A. Koefisien Korelasi
B. Diagram Pencar
C. Korelasi Product Moment ( r)
D. Alternatif Penghitungan
E. Korelasi Point Biserial (rpbis)
F. Uji Hipotesis
G. Interpretasi Tingkat Hubungan
H. Interpretasi Proporsi Varian r2
I. Rangkuman
Bab 10 Regresi Sederhana
A. Hubungan Linier dan Scatter Plot
B. Penghitungan Persamaan Regresi
C. Pembagian/Partisi Jumlah Kuadrat
D. Uji Signifikansi
E. Rangkuman
Bab 11 Regresi Ganda
A. Konsep Dasar
B. Penghitungan
C. Rangkuman
Bab 12 Logit: Regresi Variabel Binari
A. Konsep Dasar
B. Model Regresi Logistik
C. Logika Regresi Logistik
D. Evaluasi Model
E. Rangkuman
Bab 13 Inferensi tentang Perbedaan 2 Rerata: Uji-t
A. Hipotesis Statistik
B. Membandingkan Dua Rerata: Galat Baku
C. Rangkuman
Bab 14 Analisis Varian Sederhana
A. Dasar Pemikiran ANAVA
B. Penghitungan ANAVA
C. Pembagian/Partisi Jumlah Kuadrat
D. Alternatif Penghitungan
E. Uji Signifikansi: Uji-F
F. Asumsi Yang Mendasari ANAVA
G. Uji Lanjut
H. Uji Kruskal-Wallis
I. Rangkuman
Bab 15 Analisis Varian Ganda/Faktorial
A. Pengantar Desain
B. Efek Kelompok
C. Contoh Kasus
D. Model Data dan Prosedur Pengujian
E. Taksiran Partisi Varian
F. Uji Signifikansi: Uji-F
G. Asumsi yang Mendasari Anava Dua-Jalur
H. Rangkuman 423
Bab 16 Analisis Kovarian
A. Dasar Pemikiran ANAKOVA
B. Penghitungan ANAKOVA
C. Asumsi yang Mendasari Analisis Kovarian
D. Rangkuman
Bab 17 Inferensi tentang Proporsi
A. Pengantar Statistik untuk Variabel Kategoris
B. Proporsi sebagai Rerata
C. Varian dan Simpang Baku untuk Proporsi
D. Galat Baku Proporsi dan Taksiran Proporsi Populasi
E. Batas Galat (Margin of Error) Proporsi
F. Distribusi Empiris vs. Teoretis: Uji Goodness of Fit X2
G. Uji Perbedaan Proporsi: Uji Hubungan Kai Kuadrat
H. Uji Normalitas
I. Uji Perbedaan Proporsi Amatan Berpasangan
J. Rangkuman
Tags: Analisis Data Statistik, Desain Penelitian Statistik, Korelasi Statistik, Metode Statistik, Model Statistik, Pengolahan Data Statistik, Regresi Statistik, Statistik Deskriptif, Statistik Humaniora, Statistik Inferensial, Statistik Multivariat, Statistik Pendidikan, Statistik Sosial, Uji Statistik
Statistik Untuk Ilmu Pendidikan, Sosial, dan Humaniora
| Berat | 900 gram |
| Kondisi | Baru |
| Dilihat | 1.628 kali |
| Diskusi | Belum ada komentar |
Produk Terkait
20%
Judul : STANDAR KOMPETENSI DAN SERTIFIKASI GURU Pengarang : H.E.MULYASA, PROF.DR,M.PD. Tahun : Cet-1, 2007 Dimensi : 16X24 cm, HVS-70 Gram, 276 Hlm ISBN : 979-692-796-9 Sinopsis: STANDAR KOMPETENSI DAN SERTIFIKASI GURU Bangkitlah, bangkitlah guruku // Kehadiranmu tidak tergantikan. Biarlah dunia ini menjadi saksi: Kau bukan guru negeri // Kau bukan guru swasta Kau adalah… selengkapnya
Rp 62.400 Rp 78.00020%
Suyono, Prof., dkk. Cetakan 1, 2015 16×24 cm, 340 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 230 gr. ISBN: 978-979-692-625-1 Sinopsis : Buku Implementasi Belajar dan Pembelajaran ini lebih memfokuskan pembahasannya pada perkembangan pembelajaran dan implementasinya, termasuk bagaimana implementasi pada abad ke-21. Bagaimanakah peran guru dalam pembelajaran abad ke-21, sebagai pemandu perubahan, inkubator pembelajaran, dan… selengkapnya
Rp 72.800 Rp 91.00020%
E. Mulyasa, H., Prof., Dr., M.Pd. Cetakan 1, 2014 16×24 cm, 256 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-603-9 Sinopsis : Kurikulum 2013 hanya dapat diimplementasikan secara efektif oleh guru yang memiliki kompetensi serta memahami tugas pokok dan fungsinya dengan baik. Bagi Guru, Implementasi Kurikulum 2013 yang diberlakukan secara serempak tahun… selengkapnya
Rp 60.800 Rp 76.00020%
Judul : PENGEMBANGAN KURIKULUM Pengarang : NANA SYAODIH S. Tahun : Cet 4, 2001 Dimensi : 16 x 24 cm, HVS 70 gr, viii + 220 halaman ISBN : 979-514-601-7 Sinopsis : Kurikulum sebagai rancangan pendidikan mempunyai kedudukan yang cukup sentral dalam seluruh kegiatan pendidikan. Bahkan banyak pihak menganggap kurikulum sebagai “rel” yang menentukan arah… selengkapnya
Rp 51.200 Rp 64.00020%
Abdul Majid, M.Pd. Cetakan 1, 2013 16×24 cm, 400 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 310 gr. ISBN: 978-979-692-143-0 Sinopsis: Standar proses pendidikan meliputi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, penilaian hasil pembelajaran, dan pengawasan proses pembelajaran untuk terlaksananya proses pembelajaran yang efektif dan efisien. Salah satu prinsip pendidikan adalah proses pembudayaan dan pemberdayaan peserta didik yang… selengkapnya
Rp 84.000 Rp 105.00020%
Suyadi, M.PD.I Cetakan 1, 2013 16×24 cm, 224 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-137-9 Sinopsis : Data realistik menunjukkan bahwa moralitas dan karakter bangsa saat ini telah runtuh, sehingga dengan sendirinya telah mengundang berbagai musibah dan bencana yang meluas pada ranah sosial keagamaan, hukum, maupun politik di negeri ini. Kemendiknas… selengkapnya
Rp 51.200 Rp 64.00020%
Judul : MEMBUAT BUSANA ANAK Pengarang : USWATUN HASANAH, DRA., DKK Tahun : Cet ke-1, Januari 2011 Dimensi : 21 X 28 cm, 160 hlm, HVS-70 gr, AC-210 gr, F.C. ISBN : 978-979-692-020-4 Sinopsis : Buku ini berisikan materi-materi mengenai konsep busana anak, penggolongan busana anak berdasarkan usia, jenis kelamin, dan kesempatan. Desain meliputi garis… selengkapnya
Rp 64.000 Rp 80.00020%
Abdul Madjid, M.Pd. Cetakan 1, 2014 16×24 cm, 280 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-582-7 Sinopsis : Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran adalah bagian integral dari proses kegiatan pembelajaran. Penilaian ini bertujuan menilai efektivitas dan efisiensi kegiatan pengajaran sebagai bahan untuk perbaikan dan penyempurnaan program serta pelaksanaannya. Salah satu… selengkapnya
Rp 56.000 Rp 70.00020%
H. Drs. Soegiono, M.M., dkk. Cetakan 1, 2012 16×24 cm, BW, 140 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-086-0 Sinopsis: Para mahasiswa, para ilmuwan, para sastrawan, para budayawan, para politikus, para rohaniwan, dan bahkan anggota masyarakat umum, menggunakan filsafat sesuai dengan bidangnya masing-masing. Oleh karena itu tampak terjadi keberagaman dalam penggunaannya,… selengkapnya
Rp 34.400 Rp 43.00020%
Prof. Dr. Nanang Fattah 16 x 24 cm • 320 hlm Kertas isi HVS 70 gr Kertas sampul AC 210 gr Cetakan 1, 2012 ISBN: 978-979-692-076-1 Sinopsis : Sistem pendidikan nasional atau Sisdiknas merupakan acuan dalam pembuatan analisis kebijakan dan manajemen pendidikan baik di tingkat nasional, regional, maupun tingkat sekolah. Seperti kita ketahui pendidikan nasional… selengkapnya
Rp 64.000 Rp 80.000
Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.