Penyusunan Standar Pelayanan Publik
Rp 48.000 Rp 60.000Kode | RR.UM0192 |
Status | Tersedia |
Kategori | Umum |
Penyusunan Standar Pelayanan Publik
Penulis:
Dr. Sampara Lukman, M.A.
Dr. Dadang Suwanda, S.E., M.M., M.Ak., Ak., CA.
Yudi Prihanto Santoso, S.E.
Cetakan: 1, 2021
Ukuran: 16 x 24 cm.
Kertas isi: HVS 70 gr.
Kertas sampul: AC 230 gr.
184 Halaman
ISBN: 978-602-446-556-8
Sinopsis:
Pelayanan publik yang dilakukan oleh aparatur pemerintah ternyata saat ini masih belum memenuhi harapan masyarakat. Salah satu upaya yang harus dilakukan dalam perbaikan pelayanan publik adalah perlunya standar pelayanan publik. Standar ini merupakan tolok ukur penyelenggaraan pelayanan bagi pelaksana dan pengguna layanan. Komponen ini kemudian bisa menjadi acuan untuk mengukur efektivitas pelayanan dan menakar kepuasan pengguna layanan saat mengakses layanan di unit pelayanan publik.
Buku ini fokus pada bagaimana penyusunan standar pelayanan publik. Gambaran dari uraian di atas dapat diilustrasikan sebagai berikut:
Peningkatan Pelayanan Publik:
1. Mal Pelayanan Publik
2. Standar Kepuasan Masyarakat
3. Pengelolaan Pengaduan
4. Inovasi Pelayanan Publik
5. Evaluasi Pelayanan Publik
6. Standar Pelayanan
7. Forum Konsultasi Publik
8. Sistem Informasi Pelayanan Publik
>>>
SIPP
>>>
Tujuan Otonomi Daerah, yaitu peningkatan:
1. Kesejahteraan Masyarakat
2. Pemberdayaan Masyarakat
3. Daya Saing Masyarakat
—————–
Daftar Isi
Bab I Pentingnya Standar Pelayanan Publik
A. Latar Belakang Standar Pelayanan Publik
B. Mengapa Harus Ada Standar Pelayanan Publik
C. Tujuan dan Manfaat Standar Pelayanan Publik
D. Kriteria Pelayanan
E. Perbedaan SPM, SPP DAN SOP
1. Standar Pelayanan Minimal (SPM)
2. Standar Pelayanan Publik (SPP)
3. Standar Operasional Prosedur (SOP)
F. Implikasi Standar Pelayanan Publik
G. Standar Pelayanan untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik
Bab II Prinsip Standar Pelayanan Publik
A. Sederhana
B. Partisipatif
C. Akuntabel
D. Berkelanjutan atau Konsistensi
E. Transparansi
F. Keadilan
Bab III Partisipasi Masyarakat Dalam Penyusunan, Penetapan, Dan Penerapan Standar Pelayanan Publik
A. Kedudukan Masyarakat Dalam Pelayanan Publik
1. Service Citizens, Not Customers (Melayani Warga Negara Bukan Customer)
2. Seek The Public Interest (Mengutamakan Kepentingan Publik)
3. Value Citizenships Over Entrepreneurship (Kewarganegaraan Lebih Berharga Daripada Kewirausahaan)
4. Think Strategically, Act Democratically (Berpikir Strategis, Bertindak Demokratis)
5. Recognize That Accountability Is Not Simple (Menyadari Bahwa Akuntabilitas Bukan Hal Sederhana)
6. Serve Rather Than Steer (Melayani Daripada Mengarahkan)
7. Value People, Not Just Productivity (Menghargai Manusia, Bukan Sekadar Produktivitas)
B. Regulasi Partisipasi Masyarakat dalam Pelayanan Publik
C. Pentingnya Partisipasi Masyarakat dalam Penyusunan Standar Pelayanan Publik
Bab IV Penyusunan, Penetapan, Dan Penerapan Standar Pelayanan Publik
A. Komponen Standar Pelayanan Publik
1. Komponen Standar Pelayanan Yang Terkait Dengan Proses Penyampaian Pelayanan (Service Point)
2. Komponen Standar Pelayanan Yang Terkait Dengan Proses Pengelolaan Pelayanan (Manufacturing)
B. Penyusunan Standar Pelayanan Publik
1. Pembentukan Dan Penyiapan Tim Standar Pelayanan Publik
2. Penyiapan Rancangan Draft Standar Pelayanan Publik
3. Penyusunan Rancangan Standar Pelayanan
4. Pembahasan Standar Pelayanan Publik
C. Penetapan Standar Pelayanan Publik
1. Publikasi Rancangan Standar Pelayanan Dan Maklumat Pelayanan
2. Penguatan Atas Penetapan Standar Pelayanan
3. Penetapan Maklumat Pelayanan
4. Pengemasan Dan Penyajian Standar Pelayanan Publik
5. Publikasi Rancangan Standar Pelayanan Publik
6. Penguatan Atas Penetapan Standar Pelayanan Publik
D. Penerapan Standar Pelayanan
1. Sosialisasi Standar Pelayanan Publik
2. Internalisasi Standar Pelayanan Publik
E. Contoh Standar Pelayanan Publik
1. Standar Pelayanan Publik Bidang Kependudukan
2. Standar Pelayanan Publik Koperasi, Usaha Kecil Dan Menengah
Bab V Evaluasi Pelaksanaan Standar Pelayanan Publik
A. Konsep Evaluasi Pelaksanaan Standar Pelayanan Publik
B. Evaluasi Pelaksanaan Standar Pelayanan Publik
1. Evaluasi standar pelayanan oleh pihak internal
2. Evaluasi standar pelayanan oleh pihak eksternal
Bab VI Standar Pelayanan Minimal (SPM) Dalam Pelayanan Publik
A. Pentingnya Pemahaman SPM
B. Ruang Lingkup SPM
C. Tujuan dan Manfaat SPM
D. Penerapan SPM
1. Pengumpulan Data
2. Penghitungan Kebutuhan Pemenuhan Pelayanan Dasar
3. Penyusunan Rencana Pemenuhan Pelayanan Dasar
4. Pelaksanaan Pemenuhan Pelayanan Dasar
BAB VII Sistem Operasional Prosedur (SOP) Dalam Pelayanan Publik
A. Pengertian Standar Operasional Prosedur (SOP)
B. Jenis-Jenis Dokumen SOP
1. SOP Berdasarkan Sifat Kegiatan
2. SOP Berdasarkan Cakupan Dan Besaran Kegiatan
3. SOP Berdasarkan Cakupan Dan Kelengkapan Kegiatan
4. SOP Berdasarkan Cakupan Dan Jenis Kegiatan
C. Fungsi Dan Manfaat SOP
D. Peran SOP
1. Standar Kerja
2. Instruksi
3. Referensi
4. Fungsi Kontrol
5. Reviu
6. Dokumentasi
E. Prinsip-Prinsip Penyusunan SOP
1. Prinsip Kemudahan Dan Kejelasan
2. Prinsip Efisiensi Dan Efektivitas
3. Prinsip Perhatian Dan Keselarasan
4. Prinsip Keterukuran
5. Prinsip Dinamis
6. Prinsip Berorientasi Pada Konsumen
7. Prinsip Kepatuhan Dan Kepastian Hukum
Penyusunan Standar Pelayanan Publik
Berat | 350 gram |
Kondisi | Baru |
Dilihat | 621 kali |
Diskusi | Belum ada komentar |
Produk Terkait
20%
N.Faqih Syarif H., Dr., S.Sos.I., M.Si Cetakan 1, 2014 13×18 cm, 152 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-467-7 Sinopsis: Mencari ilmu karena Allah. Mempelajari apa saja karena Allah. Mencari harta karena Allah. Mengejar impian juga karena Allah, begitu seterusnya Semua hal akan bermakna manakala diniatkan karena Allah semata, inilah kunci… selengkapnya
Rp 23.200 Rp 29.00020%
Judul : BUKU SERI LEBIH DEKAT DENGAN SBY Pengarang : TIM PENULIS ROSDA Tahun : Cet-1, Juni-2009 Dimensi : 14,5×21, HVS – 70gram ISBN : 979-692-947-3 Sinopsis: Buku terbitan terbaru dari kami, merupakan satu set buku seri “LEBIH DEKAT DENGAN SBY”. terdiri dari 10 Judul, yaitu: 1. Jalan PAnjang Menuju Istana. 2. Menata Kembali Kehidupan… selengkapnya
Rp 406.800 Rp 508.50020%
Cecep Suwanda, SE., MM. Cetakan 1, 2016 13,5 x 20,5 cm, 228 hlm. Isi: Bookpaper; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-746-3 Sinopsis: “Tumbuhlah seperti pohon bambu”, citra sebuah pohon bambu sangat mirip dengan para entrepreneur. Mengapa? Karena mereka sering hanya memikirkan nasib orang lain, dan dalam kehidupannya, ia mampu memberi daya hidup kepada yang lain…. selengkapnya
Rp 44.000 Rp 55.00020%
Penulis: Dr. Dadang Suwanda, S.E., M.M., M.Ak., Ak., CA. Cetakan: 1, 2021 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: Book paper Kertas sampul: AC 260 gr. 312 Halaman ISBN: 978-602-446-600-8 Sinopsis: Wajah baru desa yang lebih baik, merupakan keniscayaan yang semakin tumbuh, mengingat adanya peningkatan peran, posisi dan kewenangan dari para penyelenggaranya. Harapan serta optimisme… selengkapnya
Rp 70.400 Rp 88.00020%
Dadang Suwanda, SE., MM., M.Ak., Ak., CA. Cetakan 1, 2016 16×24 cm, 252 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-734-0 Sinopsis: DPRD sebagai lembaga perwakilan rakyat merupakan lembaga legislatif di daerah yang mempunyai peranan penting dalam tata kelola pemerintahan. Para anggota DPRD mewakili masyarakat melalui partai politik, sehubungan dengan itu para… selengkapnya
Rp 57.600 Rp 72.00020%
Penulis: Wildan Zulkarnain, M.Pd.dan Dr. Raden Bambang Sumarsono, M.Pd. Cetakan: 1, 2018 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 260 gr. Halaman : 324 Halaman ISBN: 978-602-446-278-9 Sinopsis: Siap menjadi SDM profesional yang pro-aktif, responsif, ramah-friendly, solusif, serta memuaskan pelanggan? Semua ada di dalam buku ini! Diulas secara sistematis… selengkapnya
Rp 84.000 Rp 105.00020%
Penulis: Siti Ansoriyah, Dr., M.Pd. dan Rahmah Purwahida, S.Pd., M.Hum. Cetakan: 1, 2018 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. Halaman : 208 Halaman ISBN: 978-602-446-282-6 Sinopsis: Apa betul menulis -jika ditekuni- bisa menjadi salah satu lahan untuk menambah pundi-pundi tabungan hingga menjadi pekerjaan utama? Buku ini… selengkapnya
Rp 60.000 Rp 75.00020%
Dadang Suwanda, SE., MM., M.Ak., Ak., CA., dkk. Cetakan 1, 2014 16×24 cm, 192 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-605-3 Sinopsis: Kebijakan akuntansi merupakan instrumen penting dalam penerapan akuntansi berbasis akrual yang harus dipedomani dengan baik oleh fungsi-fungsi akuntansi, baik di SKPKD maupun di SKPD. Selain itu, kebijakan ini juga… selengkapnya
Rp 44.000 Rp 55.00020%
Judul : MENATA KEMBALI KEHIDUPAN BERBANGSA Pengarang : HIKMAT KUSUMANINGRAT, DKK. Tahun : Cet-1, Juni 2009 Dimensi : 14,5×21, HVS-70 GRAM, 192 Halaman ISBN : 979-692-938-4 Sinopsis: Indonesia merupakan salah satu dari 124 negara yang secara berangsur-angsur berhasil menarik penduduknya yang miskin ke dalam proses ekonomi yang produktif dan terus berkembang (βThe World in 2009β,… selengkapnya
Rp 35.600 Rp 44.50020%
Penulis: Dr. Dadang Suwanda, S.E. M.M., M.Ak., Ak., Ca. Prof. Dr. Wirman Syafri, M.Si. Prof. Dr. Tjahya Supriatna, S.U. Cetakan: 1, 2021 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 176 Halaman ISBN: 978-602-446-527-8 Sinopsis: Berdirinya pelayanan terpadu generasi ketiga, yakni Mal Pelayanan Publik (MPP), dinilai sebagai langkah… selengkapnya
Rp 48.800 Rp 61.000
Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.