Penyusunan Standar Pelayanan Publik
Rp 48.000 Rp 60.000| Kode | RR.UM0192 |
| Status | Tersedia |
| Kategori | Umum |
Penyusunan Standar Pelayanan Publik
Penulis:
Dr. Sampara Lukman, M.A.
Dr. Dadang Suwanda, S.E., M.M., M.Ak., Ak., CA.
Yudi Prihanto Santoso, S.E.
Cetakan: 1, 2021
Ukuran: 16 x 24 cm.
Kertas isi: HVS 70 gr.
Kertas sampul: AC 230 gr.
184 Halaman
ISBN: 978-602-446-556-8
Sinopsis:
Pelayanan publik yang dilakukan oleh aparatur pemerintah ternyata saat ini masih belum memenuhi harapan masyarakat. Salah satu upaya yang harus dilakukan dalam perbaikan pelayanan publik adalah perlunya standar pelayanan publik. Standar ini merupakan tolok ukur penyelenggaraan pelayanan bagi pelaksana dan pengguna layanan. Komponen ini kemudian bisa menjadi acuan untuk mengukur efektivitas pelayanan dan menakar kepuasan pengguna layanan saat mengakses layanan di unit pelayanan publik.
Buku ini fokus pada bagaimana penyusunan standar pelayanan publik. Gambaran dari uraian di atas dapat diilustrasikan sebagai berikut:
Peningkatan Pelayanan Publik:
1. Mal Pelayanan Publik
2. Standar Kepuasan Masyarakat
3. Pengelolaan Pengaduan
4. Inovasi Pelayanan Publik
5. Evaluasi Pelayanan Publik
6. Standar Pelayanan
7. Forum Konsultasi Publik
8. Sistem Informasi Pelayanan Publik
>>>
SIPP
>>>
Tujuan Otonomi Daerah, yaitu peningkatan:
1. Kesejahteraan Masyarakat
2. Pemberdayaan Masyarakat
3. Daya Saing Masyarakat
—————–
Daftar Isi
Bab I Pentingnya Standar Pelayanan Publik
A. Latar Belakang Standar Pelayanan Publik
B. Mengapa Harus Ada Standar Pelayanan Publik
C. Tujuan dan Manfaat Standar Pelayanan Publik
D. Kriteria Pelayanan
E. Perbedaan SPM, SPP DAN SOP
1. Standar Pelayanan Minimal (SPM)
2. Standar Pelayanan Publik (SPP)
3. Standar Operasional Prosedur (SOP)
F. Implikasi Standar Pelayanan Publik
G. Standar Pelayanan untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik
Bab II Prinsip Standar Pelayanan Publik
A. Sederhana
B. Partisipatif
C. Akuntabel
D. Berkelanjutan atau Konsistensi
E. Transparansi
F. Keadilan
Bab III Partisipasi Masyarakat Dalam Penyusunan, Penetapan, Dan Penerapan Standar Pelayanan Publik
A. Kedudukan Masyarakat Dalam Pelayanan Publik
1. Service Citizens, Not Customers (Melayani Warga Negara Bukan Customer)
2. Seek The Public Interest (Mengutamakan Kepentingan Publik)
3. Value Citizenships Over Entrepreneurship (Kewarganegaraan Lebih Berharga Daripada Kewirausahaan)
4. Think Strategically, Act Democratically (Berpikir Strategis, Bertindak Demokratis)
5. Recognize That Accountability Is Not Simple (Menyadari Bahwa Akuntabilitas Bukan Hal Sederhana)
6. Serve Rather Than Steer (Melayani Daripada Mengarahkan)
7. Value People, Not Just Productivity (Menghargai Manusia, Bukan Sekadar Produktivitas)
B. Regulasi Partisipasi Masyarakat dalam Pelayanan Publik
C. Pentingnya Partisipasi Masyarakat dalam Penyusunan Standar Pelayanan Publik
Bab IV Penyusunan, Penetapan, Dan Penerapan Standar Pelayanan Publik
A. Komponen Standar Pelayanan Publik
1. Komponen Standar Pelayanan Yang Terkait Dengan Proses Penyampaian Pelayanan (Service Point)
2. Komponen Standar Pelayanan Yang Terkait Dengan Proses Pengelolaan Pelayanan (Manufacturing)
B. Penyusunan Standar Pelayanan Publik
1. Pembentukan Dan Penyiapan Tim Standar Pelayanan Publik
2. Penyiapan Rancangan Draft Standar Pelayanan Publik
3. Penyusunan Rancangan Standar Pelayanan
4. Pembahasan Standar Pelayanan Publik
C. Penetapan Standar Pelayanan Publik
1. Publikasi Rancangan Standar Pelayanan Dan Maklumat Pelayanan
2. Penguatan Atas Penetapan Standar Pelayanan
3. Penetapan Maklumat Pelayanan
4. Pengemasan Dan Penyajian Standar Pelayanan Publik
5. Publikasi Rancangan Standar Pelayanan Publik
6. Penguatan Atas Penetapan Standar Pelayanan Publik
D. Penerapan Standar Pelayanan
1. Sosialisasi Standar Pelayanan Publik
2. Internalisasi Standar Pelayanan Publik
E. Contoh Standar Pelayanan Publik
1. Standar Pelayanan Publik Bidang Kependudukan
2. Standar Pelayanan Publik Koperasi, Usaha Kecil Dan Menengah
Bab V Evaluasi Pelaksanaan Standar Pelayanan Publik
A. Konsep Evaluasi Pelaksanaan Standar Pelayanan Publik
B. Evaluasi Pelaksanaan Standar Pelayanan Publik
1. Evaluasi standar pelayanan oleh pihak internal
2. Evaluasi standar pelayanan oleh pihak eksternal
Bab VI Standar Pelayanan Minimal (SPM) Dalam Pelayanan Publik
A. Pentingnya Pemahaman SPM
B. Ruang Lingkup SPM
C. Tujuan dan Manfaat SPM
D. Penerapan SPM
1. Pengumpulan Data
2. Penghitungan Kebutuhan Pemenuhan Pelayanan Dasar
3. Penyusunan Rencana Pemenuhan Pelayanan Dasar
4. Pelaksanaan Pemenuhan Pelayanan Dasar
BAB VII Sistem Operasional Prosedur (SOP) Dalam Pelayanan Publik
A. Pengertian Standar Operasional Prosedur (SOP)
B. Jenis-Jenis Dokumen SOP
1. SOP Berdasarkan Sifat Kegiatan
2. SOP Berdasarkan Cakupan Dan Besaran Kegiatan
3. SOP Berdasarkan Cakupan Dan Kelengkapan Kegiatan
4. SOP Berdasarkan Cakupan Dan Jenis Kegiatan
C. Fungsi Dan Manfaat SOP
D. Peran SOP
1. Standar Kerja
2. Instruksi
3. Referensi
4. Fungsi Kontrol
5. Reviu
6. Dokumentasi
E. Prinsip-Prinsip Penyusunan SOP
1. Prinsip Kemudahan Dan Kejelasan
2. Prinsip Efisiensi Dan Efektivitas
3. Prinsip Perhatian Dan Keselarasan
4. Prinsip Keterukuran
5. Prinsip Dinamis
6. Prinsip Berorientasi Pada Konsumen
7. Prinsip Kepatuhan Dan Kepastian Hukum
Penyusunan Standar Pelayanan Publik
| Berat | 350 gram |
| Kondisi | Baru |
| Dilihat | 1.288 kali |
| Diskusi | Belum ada komentar |
Produk Terkait
20%
Judul : KAMUS SLTP Pengarang : PUSAT BAHASA
Rp 112.800 Rp 141.00020%
Dailibas, DR., SE., MM., Ak., CA., dkk. Cetakan 1, 2015 16×24 cm, 244 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-647-3 Sinopsis: Untuk memenuhi amanat Undang-Undang Nomor 17 tahun 2003 tentang Keuangan Negara serta Permendagri Nomor 64 tahun 2013 tentang Penerapan Standar Akuntansi Pemerintahan Berbasis Akrual pada Pemerintah Daerah, maka perlu dibuat… selengkapnya
Rp 52.800 Rp 66.00020%
Judul : MANAJEMEN SDM PERUSAHAAN Pengarang : A.A.ANWAR PRABU MANGKUNAGARA Tahun : Cet. 3, Oktober 2001 Dimensi : 16 x 24 cm, HVS 70 gr, Viii + 172 halaman ISBN : 979-514-929-6 Sinopsis: Mengelola, mengatur, dan memanfaatkan pegawai agar dapat berfungsi secara produktif untuk tercapainya tujuan perusahaan, bukanlah hal yang mudah. Buku ini memberikan panduan… selengkapnya
Rp 48.800 Rp 61.00020%
Dani Indra Wijanarko, dkk. Cetakan 1, 2016 19×24 cm, 164 hlm. Isi: HVS 80 gr.; Sampul: AC 230 gr. ISBN: 978-979-692-740-1 Sinopsis: Bervisi mencerdaskan anak bangsa, buku ini diterbitkan untuk menandai perjalanan operasi satelit telekomuniksi yang demikian penting fungsi dan perannya bagi Indonesia, mulai dari menyatukan bangsa hingga menopang kemajuan teknologi. Bab demi babnya menceritakan… selengkapnya
Rp 63.200 Rp 79.00020%
Puji Santosa, dkk. Cetakan 1, 2016 16×24 cm, 200 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-739-5 Sinopsis: Mahir Berbahasa Indonesia: Baik, Benar, dan Santun merupakan buku ajar bagi mahasiswa di perguruan tinggi yang memumpunkan keterampilan menggunakan bahasa Indonesia dengan baik, benar, dan santun. Oleh karena itu, Bahasa Indonesia baru memiliki kaidah… selengkapnya
Rp 46.400 Rp 58.00020%
Penulis: Dr. Dadang Suwanda, S.E., M.M., M.Ak., Ak., CA. Cetakan: 1, 2021 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: Book paper Kertas sampul: AC 230 gr. 272 Halaman ISBN: 978-602-446-598-8 Sinopsis: Wajah baru desa yang lebih baik, merupakan keniscayaan yang semakin tumbuh, mengingat adanya peningkatan peran, posisi dan kewenangan dari para penyelenggaranya. Harapan serta optimisme… selengkapnya
Rp 64.000 Rp 80.00020%
Penulis: Sumaryati, Dra., M.T. Cetakan: 1, 2020 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 260 Halaman ISBN: 978-602-446-499-8 Sinopsis: “Buku ini sangat menarik, membahas fisika atmosfer yang kompleks dengan bahasa sederhana. Uraian mengenai sejarah evolusi atmosfer sejak pembentukan Bumi, masa kekinian, dan prakiraan masa depan dibahas dengan… selengkapnya
Rp 60.000 Rp 75.00020%
Penulis: Mulyono, Dr., Ir., M.M., MT. Cetakan: 1, 2018 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. Halaman : 188 Halaman ISBN: 978-602-446-298-7 Sinopsis: Theory of Constraints (TOC) merupakan salah satu pendekatan manajemen berbasis system thinking yang menawarkan metodologi untuk mengoptimalkan kinerja sistem. Namun lebih banyak berlaku pada… selengkapnya
Rp 54.400 Rp 68.00020%
Penulis: Dr. Dadang Suwanda, S.E., M.M., M.Ak., Ak., CA. Cetakan: 1, 2021 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: Book paper Kertas sampul: AC 230 gr. 144 Halaman ISBN: 978-602-446-601-5 Sinopsis: Wajah baru desa yang lebih baik, merupakan keniscayaan yang semakin tumbuh, mengingat adanya peningkatan peran, posisi dan kewenangan dari para penyelenggaranya. Harapan serta optimisme… selengkapnya
Rp 35.200 Rp 44.00020%
Cecep Suwanda, SE., MM. Cetakan 1, 2016 13,5 x 20,5 cm, 228 hlm. Isi: Bookpaper; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-746-3 Sinopsis: “Tumbuhlah seperti pohon bambu”, citra sebuah pohon bambu sangat mirip dengan para entrepreneur. Mengapa? Karena mereka sering hanya memikirkan nasib orang lain, dan dalam kehidupannya, ia mampu memberi daya hidup kepada yang lain…. selengkapnya
Rp 44.000 Rp 55.000
Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.