Pendidikan Agama Islam Sebagai Core Ethical Values Untuk Perguruan Tinggi Umum
Rp 59.200 Rp 74.000| Kode | RR.AG0253 |
| Status | Tersedia |
| Kategori | Agama |
Pendidikan Agama Islam Sebagai Core Ethical Values Untuk Perguruan Tinggi Umum
Penulis: H. Abdul Kosim, Lc., M.M.Pd. Dkk
Cetakan: 1, 2019
Ukuran: 16 x 24 cm.
Kertas isi: HVS 70 gr.
Kertas sampul: AC 230 gr.
284 Halaman
ISBN: 978-602-446-299-4
Sinopsis:
Islam sebagai kerangka konsep dalam pendidikan memahamkan konsep manusia yang memiliki unsur jasmani dan ruhani, serta konsep fitrah yang mengedepankan potensi keberagamaan dan condong kepada kebenaran. Dengan dua konsep ini, maka pendidikan karakter yang dikembangkan adalah pendidikan yang berbasis pada pengembangan potensi keberagaman seseorang. Dengan menggunakan perspektif karakter dalam pendidikan agama maka Islam dapat berfungsi sebagai core ethical values. Nilai etika inti sebagai sumber perilaku individu. Ketika bicara nilai-nilai dalam Pendidikan Agama Islam, maka nilai itu seyogianya dapat diajarkan (teachable) di rumah, di sekolah, maupun di masyarakat, sehingga dapat membentuk karakter pada setiap lapisan masyarakat.
Semua hal tersebut diuraikan dalam buku ini secara lugas dan bernas dengan tujuan agar kompetensi dari Pendidikan Agama Islam, khususnya di Perguruan Tinggi dapat icapai. Kompetensi-kompetensi tersebut antara lain: memiliki paradigma berpikir benar dalam memahami ajaran Islam (kognitif); termotivasi untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah Swt. melalui studi Islam di berbagai tempat (afektif); mampu mengaplikasikan pesan-pesan ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari, baïk dalam hubungannya dengan AlIlah, dengan sesama manusia maupun dengan alam sekitar; termasuk juga dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni (psikomotor).
—–
Daftar Isi
Bab I PENGANTAR DAN METODOLOGI PERKULIAHAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)
A. Pendahuluan
B. Dasar Hukum Perkuliahan Pendidikan Agama Islam (PAI)
C. Kedudukan Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Kurikulum Pendidikan Nasional
D. Tujuan Pendidikan Agama Islam (PAI)
E. Peranan Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Pembinaan Sikap/Karakter Religius
F. Asas Filosofis dalam Pendidikan Agama Islam (PAI)
Bab II AGAMA SEBAGAI KEBUTUHAN HIDUP MANUSIA
A. Definisi Agama
B. Sejarah Pemikiran terhadap Agama
C. Agama sebagai Kebutuhan Hidup Manusia
D. Fungsi dan Peranan Agama dalam Kehidupan
Bab III KONSEP MENGENAL ALLAH SWT
A. Definisi Tuhan (Rabb)
B. Konsep Tauhid (Mengesakan Allah SWT)
C. Tauhid Versus Syirik
Bab IV MANUSIA DAN TUJUAN HIDUPNYA
A. Definisi Manusia
B. Proses Kejadian Manusia
C. Perjalanan Hidup Manusia
D. Fungsi Hidup Manusia
E. Pencarian Kebenaran
F. Tujuan Hidup Manusia
Bab V HAKIKAT IBADAH DAN URGENSINYA
A. Definisi Ibadah
B. Macam-Macam Ibadah
C. Tujuan dan Syarat Diterimanya Ibadah
D. Korelasi Niat dengan Pengamalan Ibadah
Bab VI ISLAM SEBAGAI AGAMA
A. Definisi Agama Islam
B. Kedudukan Islam di antara Agama Lain
C. Islam Agama yang Benar
D. Karakteristik Agama Islam
E. Fungsi, Tujuan, dan Cita-Cita Islam
F. Komitmen Muslim terhadap Agamanya
G. Metode Memahami Islam
Bab VII RUANG LINGKUP AJARAN ISLAM
A. Pendahuluan
B. Akidah
C. Syariat
D. Akhlak
Bab VIII SUMBER JALAN ISLAM
A. Pendahuluan
B. Al-Quran
C. As-Sunnah
D. Ijtihad
Bab IX MEMBENTUK KARAKTER ISLAM
A. Pendahuluan
B. Definisi Karakter (Akhlak)
C. Ancaman Akhlak dalam Kehidupan Modern dan Metode Pencegahannya
D. Konsep Dasar Pembentukan Karakter Islami
E. Metode Pembentukan Karakter Islami
F. Proses Pendidikan Karakter dalam Islam
Bab X PENGEMBANGAN IPTEKS DALAM DIMENSI PENDIDIKAN ISLAM
A. Pendahuluan
B. Konsep Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Seni (IPTEKS) dalam Islam
C. Kedudukan Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Seni (IPTEKS) dalam Paradigma Islam
D. Agama (Islam) dan IPTEKS serta Landasan Integrasi-Interkoneksi antara Keduanya
E. Etika Pengembangan Ilmu, Teknologi, dan Seni (IPTEKS) dalam Islam
F. IPTEKS sebagai Sarana Mengenal Allah
Bab XI EKONOMI ISLAM DALAM TEORI DAN PRAKTIK
A. Pendahuluan
B. Definisi, Ruang Lingkup dan, Prospek Ekonomi Islam
C. Karakteristik dan Peranan Ekonomi Islam
D. Membumikan Ekonomi Islam: Peluang dan Tantangannya
Bab XII KONSEP PEMBINAAN KELUARGA SEJAHTERA DALAM ISLAM
A. Pendahuluan
B. Konsep Keluarga dalam Islam
C. Konsep Sakinah, Mawaddah, dan Rahmah
D. Aplikasi Konsep Sakinah, Mawaddah, dan Rahmah dalam Keluarga
E. Pembinaan Anak dan Pendidikannya
Pendidikan Agama Islam Sebagai Core Ethical Values Untuk Perguruan Tinggi Umum
| Berat | 500 gram |
| Kondisi | Baru |
| Dilihat | 1.244 kali |
| Diskusi | Belum ada komentar |
Produk Terkait
20%
Penulis: Muhamad, Prof., Dr., M.Ag. Cetakan: 1, 2019 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 260 gr. 400 Halaman ISBN: 978-602-446-348-9 Sinopsis: Bentuk khusus kontrak keuangan yang telah dan sedang dikembangkan untuk menggantikan mekanisme bunga dalam transaksi keuangan adalah mekanisme bagi hasil. Mekanisme bagi hasil ini merupakan core product… selengkapnya
Rp 78.400 Rp 98.00020%
Penulis: Maman Supriatman, Drs., H., M.Pd. Cetakan: 1, 2020 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 260 gr. 320 Halaman ISBN: 978-602-446-501-8 Sinopsis: Kosmologi Islam tidak hanya melihat alam semesta secara independen, tetapi sebagai alam ciptaan yang tidak mungkin terlepas dari kajian tentang bagaimana hubungan alam ciptaan dengan Sang… selengkapnya
Rp 92.000 Rp 115.00020%
Akhmad Alim, Dr., M.A. Cetakan 1, 2014 16×24 cm, 148 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-583-4 Sinopsis: Islam memandang sains dan teknologi terkait erat dengan konsep tauhid, yakni merupakan satu kesatuan dengan cabang pengetahuan lainnya. Islam tidak melihat alam sebagai entitas terpisah, melainkan sebagai bagian integral dari pandangan holistik Islam… selengkapnya
Rp 36.800 Rp 46.00020%
Judul : MANTIK KAIDAH BERPIKIR Pengarang : SYUKARDI SAMBAS, H, MSI. Tahun : Cet 3, 2000 Dimensi : 16 x 21 cm, HVS 70 gr, ix + 173 halaman ISBN : 979-514-593-2 Sinopsis: Kaidah berpikir untuk menghasilkan produk berpikir yang ilmiah dalam khazanah keislaman, dikaji dalam ilmu Mantik. Begitu pentingnya ilmu ini, Al-Ghazali sampai berkata,… selengkapnya
Rp 33.600 Rp 42.00020%
Dede Ahmad Ghazali, H., Drs., M.Ag., dkk. Cetakan 1, 2015 16×24 cm, 216 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-612-1 Sinopsis: Luas dan dalamnya samudra ilmu keislaman yang mencakup seluruh sendi kehidupan, tentu saja tidak cukup hanya dilihat dan dipelajari dari satu aspek atau satu disiplin ilmu saja, karena dengan memahami… selengkapnya
Rp 49.600 Rp 62.00020%
Penulis: Acep Hermawan, Dr., M.Ag. Cetakan: 1, 2018 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 260 gr. Halaman : 408 Halaman ISBN: 978-602-446-267-3 Sinopsis: Sebagian masyarakat Indonesia masih beranggapan bahwa bahasa Arab hanyalah bahasa agama (Islam). Padahal sejarah masa lalu-saat spirit keilmuan di abad pertengahan memuncak-telah menunjukkan bahwa bahasa… selengkapnya
Rp 92.000 Rp 115.00020%
Penulis: Enok Risdayah, Dr., M.Ag. Asep Iwan Setiawan, Dr., H., M.Ag. Rohmanur Aziz, Dr., H., M.Ag. Cetakan: 1, 2021 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 272 Halaman ISBN: 978-602-446-565-0 Sinopsis: Beberapa percakapan ringan sering dilakukan oleh penulis dengan para mahasiswa, di antaranya tentang makna Islam. Apakah… selengkapnya
Rp 68.800 Rp 86.00020%
Acep Hermawan, Dr., M.Ag. Cetakan 1, 2014 16×24 cm, 152 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-470-7 Sinopsis: Memahami Al-Quran banyak kaitannya dengan variabel-variabel yang harus dikuasai, baik yang berkaitan dengan struktur bahasa, sejarah, maupun sosiokultural. Variabel-variabel tersebut dibicarakan dalam sebuah disiplin ilmu yang dikenal dengan ‘Ulumul Quran. Seseorang akan kesulitan… selengkapnya
Rp 57.600 Rp 72.00020%
Heri Gunawan, S.Pd.I., M.Ag. Cetakan 1, 2014 16×24 cm, 364 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 230 gr. ISBN: 978-979-692-165-2 Sinopsis: Pendidikan Islam baik sebagai sebuah disiplin ilmu (teoretis) maupun praktis, akan selalu aktual dan menarik untuk terus dikaji, diteliti, dan dikembangkan. Para ahli pendidikan biasanya melakukan kajian pendidikan Islam sebagai sebuah sistem yang… selengkapnya
Rp 77.600 Rp 97.00020%
Cecep Alba, H., Dr., M.A. Cetakan 1, 2012 16×24 cm, 220 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-123-2 Sinopsis: Bagian penting dari tujuan pendidikan nasional adalah mewujudkan manusia yang berakhlak dan bermoral. Berbicara moral tanpa tasawuf adalah omong kosong, demikian menurut Ibn ‘Arabi. Dengan demikian, pengenalan ilmu tasawuf merupakan hal yang… selengkapnya
Rp 49.600 Rp 62.000
Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.