Manajemen Pembiayaan Mudharabah
Rp 78.400 Rp 98.000Kode | RR.AG0257 |
Status | Tersedia |
Kategori | Agama |
Manajemen Pembiayaan Mudharabah
Penulis: Muhamad, Prof., Dr., M.Ag.
Cetakan: 1, 2019
Ukuran: 16 x 24 cm.
Kertas isi: HVS 70 gr.
Kertas sampul: AC 260 gr.
400 Halaman
ISBN: 978-602-446-348-9
Sinopsis:
Bentuk khusus kontrak keuangan yang telah dan sedang dikembangkan untuk menggantikan mekanisme bunga dalam transaksi keuangan adalah mekanisme bagi hasil. Mekanisme bagi hasil ini merupakan core product bagi bisnis syari’ah, seperti Bank Syari’ah. Bentuk bisnis yang berdasarkan syari’ah dapat dikembangkan dengan mengacu pada konsep syirkah, yaitu musyarakah atau mudharabah. Mudharabah sebagai sebuah kegiatan kerja sama ekonomi antara dua pihak mempunyai beberapa ketentuan hukum yang harus dipenuhi dalam rangka mengikat jalinan kerja sama berdasarkan syariat.
Dalam pandangan beberapa mazhab, ketentuan-ketentuan tersebut ternyata ada khilafiyah (perbedaan). Pembahasan dalam buku ini mencoba mengambil jalan tengah yang lebih jelas dan dapat dipahami secara mudah mengenai ketentuan-ketentuan sahnya transaksi mudharabah. Dengan pembahasan yang lugas, penulis mencoba tawarkan suatu gambaran konsep bisnis yang dijalankan berdasarkan prinsip syariat, yakni suatu konsep ideal bisnis yang sampai sekarang belum terjalankan.
—
Daftar Isi
Bagian Pertama
Bank Syari’ah dan Produknya
Bab I Mengenal Bank Syari’ah
A. Pengertian Bank Syari’ah
B. Falsafah Operasional Bank Syari’ah
C. Perbedaan Sistem Bunga dengan Sistem Bagi Hasil
D. Dasar Hukum Bank Syari’ah di Indonesia
E. Konsep Dasar Produk Bank Syari’ah
Bab 2 Produk-Produk Bank Syari’ah
Produk-Produk Bank Syari’ah
Bagian Kedua
Mudharabah: Dari Fiqih Hingga Praktik
Bab 3 Konsep Syirkah dalam Islam
A. Jenis-jenis Konsep Syirkah
B. Penjelasan Definisi/Terminologi Mudharabah
Bab 4 Konsep Mudharabah dalam Literatur Fiqih
A. Pengertian Mudharabah
B. Beberapa Unsur Mudharabah
C. Kesepakatan dan Implikasi Kontrak Mudharabah
Bab 5 Permasalahan Fiqhiyah dalam Penerapan Mudharabah
A. Tentang Al-Qardh
B. Permasalahan Penerapan Mudharabah
C. Penutup
Bab 6 Praktik Mudharabah di Bank Syari’ah
A. Mudharabah Sebagai Sistem dan Produk
B. Mekanisme Penentuan Bagi Hasil
C. Prosedur dan Mekanisme Pembiayaan Mudharabah
Bab 7 Perbankan Syari’ah dan Kontrak Mudharabah
A. Perbankan Syariah
B. Kontrak Mudharabah di Bank Syari’ah
Bagian Ketiga
Manajemen Optimalisasi Hasil Mudharabah di Bank Syari’ah
Bab 8 Permasalahan dan Pengendalian Pembiayaan Mudharabah di Bank Syari’ah
A. Berbagai Problem dalam Mudharabah
B. Permasalahan Mudharabah dalam Ekonomi Modern
C. Incentive Compatible Constraints dalam Kontrak Mudharabah
D. Hasil Penelitian yang Pernah Dilakukan
Bab 9 Masalah Agency dalam Kontrak Mudharabah di Bank Syari’ah
A. Masalah Agency dan Kontrak Mudharabah
B. Atribut-Atribut dalam Kontrak Mudharabah
C. Mekanisme Screening untuk Mengurangi Masalah Agency dalam Kontrak Mudharabah
Bab 10 Pembiayaan Mudharabah dalam Praktik
A. Deskripsi Pelaksanaan Pembiayaan Mudharabah pada Bank Syari’ah di Indonesia
B. Screening Atribut Proyek, Atribut Mudharib, dan Masalah Agency pada Pembiayaan Mudharabah di Bank Syari’ah
C. Analisis Faktor terhadap Atribut Proyek dan Atribut Mudharib
D. Hasil Analisis Regresi tentang Efektivitas Screening terhadap Masalah Agency x Manajemen Pembiayaan Mudharabah
Bagian Keempat
Memosisikan dan Akuntansi Mudharabah di Bank Syari’ah
Bab 11 Memosisikan Mudharabah di Bank Syari’ah Ke Depan
A. Aspek Eksternal
B. Aspek Internal
Bab 12 Peran Institusi Bank Manager dalam Pembiayaan Mudharabah
A. Bank Syari’ah: Misi dan Produk
B. Core Products
C. Strategi Pengelolaan Pembiayaan
D. Institusi Bank Manager dan Perannya
Bab 13 Akuntansi Aktiva Pembiayaan Mudharabah
A. Dasar Pengaturan
B. Penjelasan
C. Perlakuan Akuntansi (Pengakuan dan Pengukuran)
D. Penjurnalan
Bab 14 Objek Material Kontrak Pembiayaan Mudharabah
A. Pengertian dan Ketentuan Syari’ah
B. Pengawasan Syari’ah
Bab 15 Penutup
A. Kesimpulan
B. Saran-Saran
Manajemen Pembiayaan Mudharabah
Berat | 650 gram |
Kondisi | Baru |
Dilihat | 566 kali |
Diskusi | Belum ada komentar |
Produk Terkait
20%
Judul : KOMUNIKASI DAKWAH Pengarang : WAHYU ILAIHI, M.A. Tahun : Mei 2010 Dimensi : 16×24, HVS-70 Gram, AC210, 216 halaman ISBN : 979-692-993-7 Sinopsis: Apabila ada yang ingin mengetahui apa tujuan dan bagaimanakah peran Komunikasi Dakwah, inilah buku yang membahas hal tersebut secara lengkap. Bahwa tujuan komunikasi tidak hanya menciptakan dan memupuk hubungan dengan… selengkapnya
Rp 49.600 Rp 62.00020%
Fiqh dan Ushul Fiqh Metode Istinbath dan Istidlal Hasbiyallah, Dr ., M.Ag Cet-1, 2013 HVS 70 gr, 210 AC, 16 X 24 cm, 288 Hlm ISBN : 978-979-692-144-7 Sinopsis: Kegiatan dalam mengkaji fiqh ibadah di Indonesia khususnya pada pusat-pusat studi Islam saat ini berkembang cukup pesat. Kegiatan tersebut cukup menggembirakan, karena kegiatan tersebut akan lebih… selengkapnya
Rp 55.200 Rp 69.00020%
SYOFRIN SYOFYAN, M.H. Cetakan ke-1, 2012 13×18 cm, 144 hlm. Isi: HVS 70 gr, Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-118-8 Sinopsis: Jin adalah salah satu makhluk yang diciptakan Allah Swt yang berada dalam dimensi yang berbeda dengan manusia, dan iblis adalah nama sifat jin yang jahat. Oleh karena itu, manusia harus selalu waspada terhadap eksistensi… selengkapnya
Rp 24.000 Rp 30.00020%
M.Zaka Al Farisi,M.Hum. 16cm x 24cm. 264 hlm. Isi : HVS 70gr. Sampul : AC 210gr. ISBN : 978-979-692-055-6. Sinopsis: Menerjemahkan sebuah teks bukanlah semata persoalan mengalihkan kata demi kata dari bahasa sumber ke dalam bahasa target. Menerjemahkan berarti menghadirkan pesan (gagasan, pemikiran, perasaan) secara ekuivalen. Ada amanat yang harus disampaikan kepada yang berhak (pembaca)…. selengkapnya
Rp 51.200 Rp 64.00020%
Penulis: Ahmad Tafsir, Prof. Dr. Cetakan: 1, 2019 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. Halaman : 260 Halaman ISBN: 978-602-446-296-3 Sinopsis: Manusia awalnya tidak ada, yang ada hanya Tuhan sendirian. Tidak ada malaikat, tidak ada manusia, tidak ada jin. Dalam kesendiriannya Tuhan ingin dikenal maka diciptakan-Nya… selengkapnya
Rp 60.000 Rp 75.00020%
Yadi Janwari, Dr., M.A Cetakan 1, 2016 16×24 cm, 348 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-735-7 Sinopsis: Dewasa ini pemikiran ekonomi Islam, baik di Indonesia maupun di dunia, pada umumnya mengalami perkembangan yang sangat signifikan. Perkembangan tersebut ditandai dengan reposisi ekonomi Islam sebagai sebuah disiplin ilmu dan implementasi ekonomi Islam… selengkapnya
Rp 76.000 Rp 95.00020%
Enang Hidayat, M. Ag. Cetakan 1, 2015 16×24 cm, 264 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-568-1 Sinopsis: Fiqih Jual beli merupakan bahasan terpanjang yang dikaji oleh para ulama dibandingkan dengan materi fiqih muamalah lainnya. Hal ini menunjukkan bahwa jual beli merupakan bahasan yang harus mendapatkan perhatian serius dari umat Islam,… selengkapnya
Rp 58.400 Rp 73.00020%
Judul : METODELOGI STUDI ISLAM Pengarang : ATANG A.H.MA & JAIH M. Tahun : Cet 5, 2002 Dimensi : 16 x 21 cm, HVS 70 gr, xvi + 240 hal ISBN : 979–514–907–5 Sinopsis: Buku ini merekam upaya kreatif untuk menumbuhkan kajian keislaman yang lebih terarah. Di dalamnya membahas tiga topik besar, yaitu: Islam: kebudayaan… selengkapnya
Rp 46.400 Rp 58.00020%
Prof. Dr. H. Baharuddin, M.Pd.I dkk. 16 x 24 cm – 296 hlm Kertas Isi HVS-70 gr – Sampul AC-210 gr Cetakan 2, 2011 ISBN: 978-979-692-053-2
Rp 60.800 Rp 76.00020%
Asep Muhyiddin, Prof.,Dr., M.Ag., dkk. Cetakan 1, 2014 16×24 cm, 336 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-465-3 Sinopsis: Upaya mengonstruksi fenomena dakwah menjadi sebuah disiplin ilmu sudah sukses dilakukan oleh para pakar dakwah sekitar abad ke-20. Hal ini ditandai dengan keberhasilannya dalam menyusun konstruk dan struktur bangunan ilmu dakwah. Pada… selengkapnya
Rp 76.000 Rp 95.000
Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.