Asesmen Kompetensi Minimum Panduan Penilaian untuk Guru Sekolah (SD, SMP, SMA, SMK) dan Madrasah
Rp 60.000 Rp 75.000| Kode | 75000 |
| Status | Tersedia |
| Kategori | Pendidikan & Keguruan |
Asesmen Kompetensi Minimum Panduan Penilaian untuk Guru Sekolah (SD, SMP, SMA, SMK) dan Madrasah
Penulis: Dr. Ridwan Abdullah Sani, M.Si. dan Wendhie Prayitno, S.Kom., M.T.
Cetakan: 1, 2020
Ukuran: 16 x 24 cm.
Kertas isi: HVS 70 gr.
Kertas sampul: AC 230 gr.
256 Halaman
ISBN: 978-602-446-517-9
Sinopsis:
Buku ini ditujukan bagi guru dan mahasiswa kependidikan sebagai referensi dalam menyusun instrumen untuk Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) bagi siswa. Buku ini juga dapat dipelajari oleh siswa untuk mengenal Asesmen Kompetensi Minimum akan diberlakukan untuk menggantikan ujian nasional (UN) oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. AKM akan diberlakukan dengan cara sampling bagi siswa kelas 5 Sekolah Dasar (SD), kelas 8 Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan kelas 11 Sekolah Menengah Atas (SMA). Asesmen ini juga akan diberlakukan bagi siswa kelas 12 SMA dan SMK sebagai AKM Nasional, AKM Kelas untuk siswa kelas 2 SD sampai siswa kelas 11 SMA/SMK, dan AKM Nasional Kesetaraan (Paket A, Paket B, dan Paket C). Pada dasarnya AKM mengukur kemampuan bernalar dalam membaca dan matematika. Soal-soal yang digunakan terkait dengan keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS: higher order thinking skills), mirip seperti soal pada tes Programme for International Student Assessment (PISA). Topik yang dikaji dalam buku ini adalah Keterampilan abad ke-21, Bentuk Soal PISA, Bentuk Soal AKM, Asesmen Literasi Membaca, Asesmen Literasi Matematika, dan AKM Lintas Mata Pelajaran. Buku ini menyajikan beberapa contoh soal AKM dan cara menyelesaikannya.
———–
Daftar Isi
BAB I KETERAMPILAN ABAD KE-21
A. Keterampilan Abad Ke-21
B. Berpikir Kritis
C. Berpikir Kreatif dan Inovatif
D. Problem Solving
BAB II ASESMEN PISA
A. Kompetensi yang Diuji dalam PISA
B. Bentuk Soal PISA
BAB III SOAL ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM
A. Bentuk Soal Asesmen Kompetensi Minimum
B. Soal HOTS untuk Asesmen Kompetensi Minimum
C. Mengukur Kemampuan Berpikir Kritis
BAB IV ASESMEN LITERASI MEMBACA
A. Soal Pilihan Ganda
B. Soal Kombinasi
BAB V ASESMEN LITERASI MATEMATIKA
A. Soal Pilihan Ganda
B. Soal Uraian
C. Soal Kombinasi
BAB VI ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM LINTAS PELAJARAN
A. Literasi Numerasi dan Membaca Konteks IPA
B. Literasi Numerasi dan Membaca Konteks Fisika
C. Literasi Membaca Konteks Sejarah
D. Literasi Membaca Konteks Sosial Budaya
Tags: Asesmen Kompetensi, Evaluasi Pembelajaran, Madrasah, Panduan Penilaian, Penilaian Guru, Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Standar Kompetensi
Asesmen Kompetensi Minimum Panduan Penilaian untuk Guru Sekolah (SD, SMP, SMA, SMK) dan Madrasah
| Berat | 300 gram |
| Kondisi | Baru |
| Dilihat | 972 kali |
| Diskusi | Belum ada komentar |
Produk Terkait
Penulis: Asep Sudarsyah, DR., M.Pd Cetakan: 1, 2017 Ukuran: 17 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 176 Halaman ISBN: 978-602-446-187-4 Sinopsis: Dalam pengembangan profesi guru proses pembelajaran merupakan kegiatan inti supervisi pendidikan. Kegiatan belajar tersebut ditandai dengan interaksi supervisor dengan guru secara kolaboratif, kolegial, dan berbasis sekolah. Fungsi… selengkapnya
Rp 65.00020%
Dede Rahmat Hidayat, Dr., dkk. Cetakan 1, 2013 16×24 cm, 200 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-132-4 Sinopsis : Pemahaman tentang pengembangan profesionalitas konselor atau guru bimbingan dan konseling merupakan hal yang sangat diperlukan, mengingat kedudukan konselor atau guru bimbingan dan konseling merupakan pendidik profesional yang bertugas memberikan layanan ahli… selengkapnya
Rp 46.400 Rp 58.00020%
Penulis: Mochamad Nursalim, Dr., M.Si., Hermien Laksmiwati, Dra., M,Si., Muhammad Syafiq, S.Psi., M.Sc., Meita Santi Budiani, M.Psi., Siti Ina Savira, S.Psi., M.Ed.C.P., Riza Noviana Khoirunnisa, S.Psi., M.Si., Yohna Wuri Satwika, S.Psi., M.Psi. Cetakan: 1, 2019 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 248 Halaman ISBN: 978-602-446-364-9 Sinopsis… selengkapnya
Rp 72.000 Rp 90.00020%
Penulis: Esti Untari, S.Pd., M.Pd. Cetakan: 1, 2020 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 220 Halaman ISBN: 978-602-446-485-1 Sinopsis: Penyajian materi untuk mahasiswa seharusnya dimulai dari ilmu dasar. Begitu juga yang dipelajari oleh mahasiswa PGSD, walaupun harus memahami berbagai macam bidang studi calon guru SD juga… selengkapnya
Rp 68.800 Rp 86.00020%
Arita Marini, Dr., Ir., M.E. Cetakan 1, 2014 16×24 cm, 152 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-567-4 Sinopsis : Sekolah dasar adalah sebuah organisasi sosial yang mempunyai tujuan yang telah ditetapkan. Tujuan utama sekolah dasar adalah memberikan pendidikan yang berkualitas kepada peserta didik. Dalam sebuah organisasi, tentunya manajemen merupakan kekuatan… selengkapnya
Rp 38.400 Rp 48.00020%
Judul : PERENCANAAN PEMBELAJARAN Pengarang : ABDUL MAJID Tahun : 2005 Dimensi : HVS 60 GR, 16 X 24 cm, 167 HLM + X ISBN : 979-692-493-5 Sinopsis: Dalam kurikulum 2004, guru diberi kebebasan untuk mengembangkan silabus dan perencanaan pembelajaran yang disesuaikan dengan kondisi daerah dan sekolah. Untuk itulah buku ini hadir. Buku ini mengimplementasikan… selengkapnya
Rp 68.000 Rp 85.00020%
Judul : PSIKOLOGI PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK Pengarang : DESMITA EL-IDHAMI Tahun : Agustus 2009 Dimensi : 16×24, 328 Halaman, HVS-70 Gram ISBN : 979-692-950-3 Sinopsis : Pemahaman tentang karakteristik individu peserta didik ini memiliki arti penting dalam interaksi belajar-mengajar. Bagi seorang guru khususnya, informasi mengenai karakteristik individu peserta didik ini akan sangat berguna dalam memilih… selengkapnya
Rp 72.000 Rp 90.00020%
Judul : PSI. PERKEMBANGAN ANAK & REMAJA Pengarang : SYAMSU YUSUF LN. Tahun : Cet 2, 2001 Dimensi : 16 x 24 cm, HVS 70 gr, xii + 220 halaman ISBN : 979-692-000-X Sinopsis : Buku ini merupakan salah satu karya yang layak dijadikan rujukan dalam memahami anak. Penulisnya, mendeskripsikan aspek-aspek perkembangan individu pada setiap… selengkapnya
Rp 56.000 Rp 70.00020%
Sutrisno, Prof., Dr., H., M.Ag., dkk. Cetakan 1, 2016 16×24 cm, 312 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-707-4 Sinopsis: Saat ini hampir semua pendidikan tinggi mengalami “demam” KKNI. Pasalnya, terhitung sejak tahun ajaran 2016/2017 seluruh perguruan tinggi diharapkan telah menerapkan KKNI bidang Pendidikan Tinggi, mulai dari redesain kurikulum mengacu KKNI,… selengkapnya
Rp 59.200 Rp 74.00020%
Judul : MANAJEMEN PENGEMBANGAN KURIKULUM Pengarang : OEMAR HAMALIK Tahun : 2006 Dimensi : 16×24 cm, HVS 70 gr, 336 hlm. ISBN : 979-514-518-4 Sinopsis: Kurikulum esensinya adalah program. Kurikulum harus merefleksikan masalah-masalah pokok dan mendasar menyangkut perkembangan pendidikan nasional. Program yang disusun dengan baik, memungkinkan pencapaian tujuan yang lebih baik pula. Karena itu dapatlah… selengkapnya
Rp 76.000 Rp 95.000
Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.