Penyusunan Standar Pelayanan Publik
Rp 48.000 Rp 60.000| Kode | RR.UM0192 |
| Status | Tersedia |
| Kategori | Umum |
Penyusunan Standar Pelayanan Publik
Penulis:
Dr. Sampara Lukman, M.A.
Dr. Dadang Suwanda, S.E., M.M., M.Ak., Ak., CA.
Yudi Prihanto Santoso, S.E.
Cetakan: 1, 2021
Ukuran: 16 x 24 cm.
Kertas isi: HVS 70 gr.
Kertas sampul: AC 230 gr.
184 Halaman
ISBN: 978-602-446-556-8
Sinopsis:
Pelayanan publik yang dilakukan oleh aparatur pemerintah ternyata saat ini masih belum memenuhi harapan masyarakat. Salah satu upaya yang harus dilakukan dalam perbaikan pelayanan publik adalah perlunya standar pelayanan publik. Standar ini merupakan tolok ukur penyelenggaraan pelayanan bagi pelaksana dan pengguna layanan. Komponen ini kemudian bisa menjadi acuan untuk mengukur efektivitas pelayanan dan menakar kepuasan pengguna layanan saat mengakses layanan di unit pelayanan publik.
Buku ini fokus pada bagaimana penyusunan standar pelayanan publik. Gambaran dari uraian di atas dapat diilustrasikan sebagai berikut:
Peningkatan Pelayanan Publik:
1. Mal Pelayanan Publik
2. Standar Kepuasan Masyarakat
3. Pengelolaan Pengaduan
4. Inovasi Pelayanan Publik
5. Evaluasi Pelayanan Publik
6. Standar Pelayanan
7. Forum Konsultasi Publik
8. Sistem Informasi Pelayanan Publik
>>>
SIPP
>>>
Tujuan Otonomi Daerah, yaitu peningkatan:
1. Kesejahteraan Masyarakat
2. Pemberdayaan Masyarakat
3. Daya Saing Masyarakat
—————–
Daftar Isi
Bab I Pentingnya Standar Pelayanan Publik
A. Latar Belakang Standar Pelayanan Publik
B. Mengapa Harus Ada Standar Pelayanan Publik
C. Tujuan dan Manfaat Standar Pelayanan Publik
D. Kriteria Pelayanan
E. Perbedaan SPM, SPP DAN SOP
1. Standar Pelayanan Minimal (SPM)
2. Standar Pelayanan Publik (SPP)
3. Standar Operasional Prosedur (SOP)
F. Implikasi Standar Pelayanan Publik
G. Standar Pelayanan untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik
Bab II Prinsip Standar Pelayanan Publik
A. Sederhana
B. Partisipatif
C. Akuntabel
D. Berkelanjutan atau Konsistensi
E. Transparansi
F. Keadilan
Bab III Partisipasi Masyarakat Dalam Penyusunan, Penetapan, Dan Penerapan Standar Pelayanan Publik
A. Kedudukan Masyarakat Dalam Pelayanan Publik
1. Service Citizens, Not Customers (Melayani Warga Negara Bukan Customer)
2. Seek The Public Interest (Mengutamakan Kepentingan Publik)
3. Value Citizenships Over Entrepreneurship (Kewarganegaraan Lebih Berharga Daripada Kewirausahaan)
4. Think Strategically, Act Democratically (Berpikir Strategis, Bertindak Demokratis)
5. Recognize That Accountability Is Not Simple (Menyadari Bahwa Akuntabilitas Bukan Hal Sederhana)
6. Serve Rather Than Steer (Melayani Daripada Mengarahkan)
7. Value People, Not Just Productivity (Menghargai Manusia, Bukan Sekadar Produktivitas)
B. Regulasi Partisipasi Masyarakat dalam Pelayanan Publik
C. Pentingnya Partisipasi Masyarakat dalam Penyusunan Standar Pelayanan Publik
Bab IV Penyusunan, Penetapan, Dan Penerapan Standar Pelayanan Publik
A. Komponen Standar Pelayanan Publik
1. Komponen Standar Pelayanan Yang Terkait Dengan Proses Penyampaian Pelayanan (Service Point)
2. Komponen Standar Pelayanan Yang Terkait Dengan Proses Pengelolaan Pelayanan (Manufacturing)
B. Penyusunan Standar Pelayanan Publik
1. Pembentukan Dan Penyiapan Tim Standar Pelayanan Publik
2. Penyiapan Rancangan Draft Standar Pelayanan Publik
3. Penyusunan Rancangan Standar Pelayanan
4. Pembahasan Standar Pelayanan Publik
C. Penetapan Standar Pelayanan Publik
1. Publikasi Rancangan Standar Pelayanan Dan Maklumat Pelayanan
2. Penguatan Atas Penetapan Standar Pelayanan
3. Penetapan Maklumat Pelayanan
4. Pengemasan Dan Penyajian Standar Pelayanan Publik
5. Publikasi Rancangan Standar Pelayanan Publik
6. Penguatan Atas Penetapan Standar Pelayanan Publik
D. Penerapan Standar Pelayanan
1. Sosialisasi Standar Pelayanan Publik
2. Internalisasi Standar Pelayanan Publik
E. Contoh Standar Pelayanan Publik
1. Standar Pelayanan Publik Bidang Kependudukan
2. Standar Pelayanan Publik Koperasi, Usaha Kecil Dan Menengah
Bab V Evaluasi Pelaksanaan Standar Pelayanan Publik
A. Konsep Evaluasi Pelaksanaan Standar Pelayanan Publik
B. Evaluasi Pelaksanaan Standar Pelayanan Publik
1. Evaluasi standar pelayanan oleh pihak internal
2. Evaluasi standar pelayanan oleh pihak eksternal
Bab VI Standar Pelayanan Minimal (SPM) Dalam Pelayanan Publik
A. Pentingnya Pemahaman SPM
B. Ruang Lingkup SPM
C. Tujuan dan Manfaat SPM
D. Penerapan SPM
1. Pengumpulan Data
2. Penghitungan Kebutuhan Pemenuhan Pelayanan Dasar
3. Penyusunan Rencana Pemenuhan Pelayanan Dasar
4. Pelaksanaan Pemenuhan Pelayanan Dasar
BAB VII Sistem Operasional Prosedur (SOP) Dalam Pelayanan Publik
A. Pengertian Standar Operasional Prosedur (SOP)
B. Jenis-Jenis Dokumen SOP
1. SOP Berdasarkan Sifat Kegiatan
2. SOP Berdasarkan Cakupan Dan Besaran Kegiatan
3. SOP Berdasarkan Cakupan Dan Kelengkapan Kegiatan
4. SOP Berdasarkan Cakupan Dan Jenis Kegiatan
C. Fungsi Dan Manfaat SOP
D. Peran SOP
1. Standar Kerja
2. Instruksi
3. Referensi
4. Fungsi Kontrol
5. Reviu
6. Dokumentasi
E. Prinsip-Prinsip Penyusunan SOP
1. Prinsip Kemudahan Dan Kejelasan
2. Prinsip Efisiensi Dan Efektivitas
3. Prinsip Perhatian Dan Keselarasan
4. Prinsip Keterukuran
5. Prinsip Dinamis
6. Prinsip Berorientasi Pada Konsumen
7. Prinsip Kepatuhan Dan Kepastian Hukum
Penyusunan Standar Pelayanan Publik
| Berat | 350 gram |
| Kondisi | Baru |
| Dilihat | 1.291 kali |
| Diskusi | Belum ada komentar |
Produk Terkait
20%
Penulis: Robert Rene Alberts, Suresh Nair Cetakan: 1, 2022 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: Book paper Kertas sampul: AC 260 gr. 260 Halaman ISBN: 978-602-446-566-7 Sinopsis: Couch it Right mengisahkan perjalanan Robert René Alberts mulai dari menjadi murid sepak bola klub Ajax Amsterdam, pemain profesional, melanglang buana ke Liga Amerika Utara, lantas bertransformasi… selengkapnya
Rp 100.000 Rp 125.00020%
Penulis: Dr. Dadang Suwanda, SE., MM., M.Ak., Ak., CA. Wiratmoko, Ak., M.Ak., QIA., CA. Dr. Muhamad Nur, ME., CRGP. Cetakan: 1, 2020 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 260 gr. 344 Halaman ISBN: 978-602-446-496-7 Sinopsis: Reviu LPPD dilaksanakan sesuai Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 700/666/B Tanggal 27… selengkapnya
Rp 80.000 Rp 100.00020%
Penulis: E. Oos M. Anwas, Dr., M.Si., Yuni Sugiarti, S.T., M.Kom. Cetakan: 1, 2020 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 280 Halaman ISBN: 978-602-446-493-6 Sinopsis: Tuntutan terhadap penulisan artikel di jurnal ilmiah akreditasi (nasional) maupun terindeks bereputasi global (internasional) semakin meningkat. Tuntutan tersebut bahkan menjadi prasyarat… selengkapnya
Rp 80.800 Rp 101.00020%
Penulis: Dr. Dadang Suwanda, S.E. M.M., M.Ak., Ak., Ca. Prof. Dr. Wirman Syafri, M.Si. Prof. Dr. Tjahya Supriatna, S.U. Cetakan: 1, 2021 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 176 Halaman ISBN: 978-602-446-527-8 Sinopsis: Berdirinya pelayanan terpadu generasi ketiga, yakni Mal Pelayanan Publik (MPP), dinilai sebagai langkah… selengkapnya
Rp 48.800 Rp 61.00020%
Penulis: Wildan Zulkarnain, M.Pd.dan Dr. Raden Bambang Sumarsono, M.Pd. Cetakan: 1, 2018 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 260 gr. Halaman : 324 Halaman ISBN: 978-602-446-278-9 Sinopsis: Siap menjadi SDM profesional yang pro-aktif, responsif, ramah-friendly, solusif, serta memuaskan pelanggan? Semua ada di dalam buku ini! Diulas secara sistematis… selengkapnya
Rp 84.000 Rp 105.000Penulis: Prof. Dr. Dadang Suwanda, SE., MM., M.Ak., Ak., CA Dr. Tumpak H Simanjuntak, MA., CRGP. QGIA., CFra., CGCAF Prof. Dr. Hyronimus Rowa., M.Si Cetakan: 1, 2024 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 400 Halaman ISBN: 978-602-446-XXX-X Sinopsis: APBD merupakan dokumen perencanaan dan pelaksanaan keuangan daerah… selengkapnya
Rp 110.00020%
Cecep Sumarna Cetakan 1, 2015 13,5×20,5 cm, 312 hlm. Isi: BP.; Sampul: AC 230 gr. ISBN: 978-979-692-716-6 Sinopsis: Meletakkan yang baik di tempat yang buruk, jauh lebih baik dibandingkan dengan meletakkan sesuatu yang buruk di tempat yang baik. Apapun yang dicapai dan setinggi apapun prestasi yang mampu diraih, ternyata hanya akan bernilai jika mampu hidup… selengkapnya
Rp 48.000 Rp 60.00020%
H.S. Kartoredjo Cetakan 1, 2013 17,5×25 cm, 432 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 310 gr. ISBN: 978-979-692-173-7 Sinopsis: Berbeda dengan kebanyakan buku sejenisnya, Kamus Baru Kontemporer mencakup subjek tema yang sangat luas dan kaya. Isinya dirancang agar dapat menjadi referensi praktis dan bermanfaat bagi semua orang. Entrinya mulai dari informasi atau hal yang… selengkapnya
Rp 125.600 Rp 157.00020%
Penulis: Hendarman, IR., M.Sc., Ph.D., Rohanim, S.Pd., M.M. Cetakan: 1, 2020 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 176 Halaman ISBN: 978-602-446-432-5 Sinopsis: Sekolah sebagai perusahaan hendaknya tidak hanya dimaknai dalam arti aspek finansial, tetapi bagaimana kepala sekolah dan aparatnya menjadikan sekolah sebagai pilihan orangtua dan masyarakat…. selengkapnya
Rp 42.400 Rp 53.00020%
Judul : KAMUS SLTP Pengarang : PUSAT BAHASA
Rp 112.800 Rp 141.000
Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.