Metode Netnografi Pendekatan Kualitatif Dalam Memahami Budaya Pengguna Media Sosial
Rp 112.000 Rp 140.000| Kode | RR.KO0110 |
| Status | Tersedia |
| Kategori | Komunikasi |
Metode Netnografi Pendekatan Kualitatif Dalam Memahami Budaya Pengguna Media Sosial
Penulis: Eriyanto, Dr., S.I.P., M. Si.
Cetakan: 1, 2022
Ukuran: 17,5 x 25 cm.
Kertas isi: HVS 70 gr.
Kertas sampul: AC 260 gr.
388 Halaman
ISBN: 978-602-446-603-9
Sinopsis :
Metode netnografi (netnografi = internet + etnografi) adalah metode yang digunakan untuk mempelajari budaya pengguna internet (lebih khusus media sosial). Pada dasarnya, netnografi adalah penerapan metode etnografi untuk mempelajari budaya pengguna media sosial. Metode ini berusaha menggambarkan budaya dari sudut pandang orang yang diteliti dengan menjalankan investigasi, keterlibatan dengan orang yang diteliti, dan imersi. Mengapa netnografi penting? Saat ini kita tengah berada dalam gempuran data raksasa (big data) akibat kehadiran media sosial. Setiap hari ada ratusan ribu posting di media sosial (Twitter, Facebook, Instagram, Tik-Tok, Youtube, dan sebagainya). Metode ini berusaha menemukan esensi dari data raksasa (big data) berupa percakapan warganet yang berjumlah besar.
Buku ini merupakan pengantar dalam memahami metode netnografi. Buku ini terdiri atas 8 bab. Bab 1 membahas mengenai konsep dasar netnografi dan perbedaannya dengan metode lain. Bab 2 mendiskusikan mengenai data dalam penelitian netnografi. Bab 3 menjelaskan mengenai konteks karakteristik media sosial, dimana individu saling berjejaring. Bab 4 membahas keterlibatan dan imersi dalam netnografi. Bab 5 membahas integrasi data, proses analisis, dan interpretasi data. Bab 6 mendiskusikan persoalan etika dan bagaimana menjalankan penelitian netnografi secara etis. Bagian terakhir dari buku ini (bab 7 dan 8) memaparkan contoh kasus penelitian netnografi. Buku ini juga dilengkapi dengan studi kasus dan tutorial penggunaan NVivo, salah satu perangkat lunak (software) yang bisa membantu peneliti dalam proses penelitian netnografi.
—————-
Daftar Isi
BAB I KONSEP DASAR NETNOGRAFI
A. Apa Itu Netnografi?
B. Perbedaan Netnografi Dengan Metode Lain
C. Sejarah Netnografi: Dari Komunitas Virtual Ke Media Sosial
D. Tahapan Penelitian Netnografi
BAB II INDIVIDU BERJEJARING (NETWORKED INDIVIDUALISM)
A. Individu Berjejaring
B. Bagaimana Individu Berjejaring
Dengan Individu Lain?
BAB III DATA DALAM NETNOGRAFI
A. Data Site
B. Investigasi: Mencari Dan Memilih Data
C. Interaksi: Pengumpulan Data
BAB IV PARTISIPASI DAN IMERSI DALAM NETNOGRAFI
A. Partisipasi Dan Imersi
B. Partisipasi Dan Keterlibatan (Engagement)
C. Catatan Imersi (Immersion Journal)
BAB V INTEGRASI DATA
A. Mendeskripsikan Temuan: Analisis Tematik
B. Mengaitkan Temuan Dengan Teori
BAB VI ETIKA PENELITIAN
A. Prinsip Etika
B. Panduan Etika Penelitian Netnografi
BAB VII STUDI KASUS I
A. Pendahuluan
B. Tinjauan Literatur
C. Kasus Yang Diteliti
D. Metode Penelitian
E. Hasil Penelitian
F. Diskusi
BAB VIII STUDI KASUS II
A. Pendahuluan
B. Tinjauan Literatur
C. Objek Penelitian
D. Metode Penelitian
E. Hasil Penelitian
F. Diskusi
G. Penutup
Metode Netnografi Pendekatan Kualitatif Dalam Memahami Budaya Pengguna Media Sosial
| Berat | 700 gram |
| Kondisi | Baru |
| Dilihat | 1.760 kali |
| Diskusi | Belum ada komentar |
Produk Terkait
20%
Judul : DASAR-DASAR PUBLIC RELATIONS Pengarang : SOLEH SUMIRAT Tahun : Cet 1, 2002 Dimensi : 16 x 24 cm, HVS 70 gr, viii + 207 hlm ISBN : 979-692-208-8 Sinopsis : Buku ini buat Anda yang ingin menjadi seorang Public Relations Officer (PRO) yang handal. Buku ini memberi semua hal tentang bagaimana menjadi PRO… selengkapnya
Rp 49.600 Rp 62.00020%
Judul : MENULIS ARTIKEL & KARYA ILMIAH Pengarang : TOTOK DJUROTO Tahun : Cet 8, 2017 Dimensi : 11 x 18 cm, HVS 70 gr, xvi + 184 halaman ISBN : 979-692-152-9 Sinopsis : Menulis artikel dan karya ilmiah saat ini sudah menjadi suatu kebutuhan, baik bagi para profesional maupun masyarakat pada umumnya. Buku ini… selengkapnya
Rp 32.000 Rp 40.00020%
Penulis: Ezi Hendri, M.Si. Cetakan: 1, 2019 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 324 Halaman ISBN: 978-602-446-373-1 Sinopsis : Kadang-kadang kita membeli barang atau jasa yang sebenarnya tak dibutuhkan. Karena trik jualan atau diskon khusus, orang bisa membeli lebih banyak. Konsumen terdorong membeli merek tertentu, ingin memiliki… selengkapnya
Rp 64.000 Rp 80.00020%
Penulis: Dr. Basuki Agus Suparno, M.Si. Cetakan: 1, 2022 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 144 Halaman ISBN: 978-602-446-644-2 Sinopsis : “Life is a drama,” begitu kata Kenneth Burke. Tensi dramatik manusia ditampilkan dalam cara-cara memoralisasi, memuji, merendahkan, dan usaha-usaha untuk memperlihatkan diri sebagai orang yang… selengkapnya
Rp 42.400 Rp 53.00020%
Penulis: Suranto A. W., Dr., M.Pd., M.Si. Cetakan: 1, 2018 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. Halaman : 240 Halaman ISBN: 978-602-446-300-7 Sinopsis: Siapkah Anda memasuki era Revolusi Industri 4.0 dengan fenomena disruptive innovation? Saat ini, komunikasi memainkan peran penting dalam kehidupan organisasi. Komunikasi menghubungkan semua… selengkapnya
Rp 72.000 Rp 90.00020%
Penulis: Reydonnyzar Moenek, Dr. Drs., M.Devt.M. Dr. H., Dadang Suwanda, S.E. M.M., M.Ak., Ak., CA., Wirman Syafri, Prof. Dr. H., M.Si.Cetakan: 1, 2020 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 128 Halaman ISBN: 978-602-446-409-7 Sinopsis : Tujuan utama otonomi daerah adalah meningkatkan kesejahteraan kepada masyarakat, pemberdayaan masyarakat,… selengkapnya
Rp 36.000 Rp 45.00020%
Penulis: Eriyanto, Dr., M.Si. Cetakan: 1, 2022 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 252 Halaman ISBN: 978-602-446-640-4 Sinopsis : Buku ini adalah pengantar dalam memahami Metode Analisis Wacana Berbasis Korpus (Corpus-Assisted Discourse Studies/CADS). Metode CADS pada dasarnya penggabungan antara metode analisis wacana (kritis) dan metode linguistik… selengkapnya
Rp 76.000 Rp 95.00020%
Nina Winangsih Syam, Hj., Prof., Dr., Dra., M.S. Cetakan 1, 2014 16×24 cm, 168 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-596-4 Sinopsis : Era gelombang peradaban manusia di dunia ini terjadi melalui 3 (tiga) era, yakni era pertanian, era industri, dan era informasi. Pembahasan komunikasi peradaban dalam buku ini, tidak hanya… selengkapnya
Rp 39.200 Rp 49.00020%
Judul : ANALISIS TEKS MEDIA Pengarang : ALEX SOBUR, DRS., MSI. Tahun : Cet I, November 2001 Dimensi : 16 x 24 cm, HVS 70 gr, 200 hal + xii ISBN : 979-692-142-1 Sinopsis : Berita yang diterbitkan media massa tidaklah identik dengan peristiwa yang melatarbelakanginya. Berita lebih merupakan upaya rekonstruksi tertulis terhadap suatu realitas…. selengkapnya
Rp 60.000 Rp 75.00020%
Penulis: Zaenal Mukarom, Dr. H., M.Si. Cetakan: 1, 2021 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 260 gr. 392 Halaman ISBN: 978-602-446-531-5 Sinopsis : Peristiwa komunikasi terkait erat dengan konteks, dipengaruhi latar belakang, media, lawan bicara, dan isi pesan. Orang perlu alat yang tepat untuk memahaminya. Buku ini menguraikan… selengkapnya
Rp 88.000 Rp 110.000
Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.