Inovasi Pelayanan Pada Organisasi Publik
Detail Produk Inovasi Pelayanan Pada Organisasi Publik
Penulis:
Hadi Prabowo, Dr., M.M.,
Dadang Suwanda, Dr., Se., M.M., M.Ak., Ak., Ca.,
Wirman Syafri, Prof., Dr., M.Si.
Cetakan: 1, 2022
Ukuran: 16 x 24 cm.
Kertas isi: HVS 70 gr.
Kertas sampul: AC 230 gr.
184 Halaman
ISBN: 978-602-446-642-8
Sinopsis:
Sektor publik atau pemerintahan memainkan peran sangat penting dalam ekonomi modern saat ini. Salah satu sektor tersebut adalah sektor bisnis. Inovasi pada sektor ini sangat dibutuhkan, dan dapat menjadi sumber utama pertumbuhan produktivitas, penghematan biaya, dan peningkatan kualitas layanan.
Inovasi sebagai pendekatan baru dalam pengembangan kualitas pelayanan sektor publik semakin mendapatkan perhatian bukan hanya oleh para praktisi, tetapi juga para akademisi. Berbagai kebijakan dan uji coba terkait dengan inovasi dalam sektor publik pun sudah mulai dikembangkan, terutama untuk menanggapi dan menjawab keresahan masyarakat terhadap isu pelayanan sektor publik yang cenderung lambat dan kurang responsif.
Inovasi pelayanan sektor publik adalah salah satu jalan atau terobosan untuk mengatasi kemacetan dan kebuntuan organisasi pemerintahan. Karakteristik dari sistem di sektor publik yang kaku dan cenderung status quo harus mampu dicairkan melalui penularan budaya inovasi. Inovasi yang biasanya hanya akrab di lingkungan dinamis, seperti di sektor bisnis, perlahan mulai disuntikkan ke lingkungan sektor publik.
——
Daftar Isi
BAB I Reformasi Birokrasi dan Pelayanan Publik
A. Peningkatan Pelayanan Publik dalam Pelaksanaan Reformasi Birokrasi
B. Peningkatan Efisiensi Birokrasi
C. Penataan Kelembagaan
D. Penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE-E-Government)
E. Penataan Sistem Manajemen ASN
BAB II Inovasi Pelayanan Publik
A. Pendahuluan
B. Paradigma Inovasi Pelayanan Publik
C. Klasifikasi Inovasi Pelayanan Publik
D. Pemerintah Perlu Melakukan Inovasi dalam Pelayanan Publik
E. Difusi dan Adopsi Inovasi Pelayanan Publik
BAB III Kebijakan Inovasi Pelayanan Publik
A. Kebijakan Publik
B. Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik
C. Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah
D. Peraturan Pemerintah Nomor 38 Tahun 2017 Tentang Inovasi Daerah
E. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor Tahun 2021 tentang Pembinaan Inovasi Pelayanan Publik
F. Peraturan Menteri dalam Negeri Nomor 104 Tahun 2018 Tentang Penilaian dan Pemberian Penghargaan dan/atau Insentif Inovasi Daerah
BAB IV Metode Inovasi Sektor Publik
A. Metode The Publik Sector Innovation Lifecycle
BAB V Inovasi Pelayanan Publik Era Revolusi Industri 4.0
A. TIK dalam Inovasi Pelayanan Publik dalam Era 4.0
B. Peran dan Manfaat TIK dalam Inovasi Pelayanan Publik
C. Inovasi Pemerintah dalam Era Revolusi Industri 4.0 Melalui SPBE
BAB VI Inovasi Pelayanan Publik dan Budaya Kerja Organisasi
A. Hubungan Inovasi Pelayanan Publik dengan Budaya Kerja Organisasi
B. Budaya Inovasi Menjadi Budaya Kerja Organisasi
C. Penentu Utama dalam Penerapan Inovasi Menjadi Budaya Kerja
D. Menumbuhkan Penerapan Budaya Inovasi
BAB VII Faktor Pendukung dan Hambatan inovasi pelayanan Publik
A. Faktor Pendukung dalam Inovasi Pelayanan Publik
B. Faktor Penghambat dalam Inovasi Pelayanan Publik
BAB VIII Kualitas Pelayanan Publik dan Kompetisi Inovasi
A. Pendahuluan
B. Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP)
C. Tujuan dan Kriteria Inovasi Pelayanan Publik