Design Thinking
Detail Produk Design Thinking
Penulis: Prof. Yasseierli, Ph.D., CPE., dkk.
Cetakan: 1, 2023
Ukuran: 16 x 24 cm.
Kertas isi: HVS 70 gr.
Kertas sampul: AC 230 gr.
148 Halaman
ISBN: 978-602-446-681-7360 gr
50.000
Konsep Design Thinking sendiri sebenarnya merupakan serangkaian motode yang berfokus pada kebutuhan pengguna (Human-Centered Design atau HCD). Sebagaimana yang dipahami sebagai salah satu filosofi dasar dalam ergonomi: fitting the product to the users. Filosofi itu yang menjadi dasar kami untuk menulis buku ini. Sehingga konsep Design Thinking yang dibahas tidak sekedar memberikan kesan common sense. Akan tetapi dapat membantu pemahaman cara berfikir yang analitis, intuitif dan sistematis.
—–
Daftar Isi
Bab 1 Pendahuluan
Mengapa Design Thinking?
Keunggulan Design Thinking
Sejarah Perkembangan Desain Thinking
Proses Design Thinking
6 Pola Pikir
Bab 2 Human-Centered Design (Perspektif Ergonomi)
Ergonomi
Prinsip Human-Centered Design
Metode Intervensi Human-Centered Design
Bab 3 EMPHATIZE
Metode Emphatize
Focus Group Discussion
Focus Group Discussion
Tips Menjadi Fasilitator dalam Pelaksanaan FGD
Observasi
Wawancara
Persona
Bab 4 DEFINE
Affinity Diagram
Emphaty Map
Bab 5 IDEATE
Metode Alternatif Ideate
Pemilihan Alternatif Solusi
Prosedur Metode Delphi
Concept Selection
Concept Screening
Concept Scoring
Bab 6 PROTOTYPE
Test
Feedback Capture Grid
Bab 7 STUDI KASUS
Design Thinking untuk Penyempurnaan Rancangan Produk
Aplikasi Design Thinking untuk Social Innovation
Tags: Bisnis, Desain Berpikir, Design, Design Thinking, Design Thinking untuk Bisnis, Design Thinking untuk Keberlanjutan, Design Thinking untuk Pendidikan, Design Thinking untuk Sosial, hinking untuk Kesehatan, Inovasi, kreativitas, Metode Desain, Proses Desain, Solusi Masalah, Teknologi, Usaha