Beranda » Sosial & Politik » Good Governance Pengelolaan Keuangan Daerah

Good Governance Pengelolaan Keuangan Daerah

Kode: RR.UM0182 Stok: Tersedia
Berat 450 gram
Kondisi Baru
Kategori Sosial & Politik
Dilihat 49 kali
Diskusi Belum ada komentar
Bagikan

Good Governance Pengelolaan Keuangan Daerah

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja Anda
Lanjut Belanja
Checkout
Rp 70.000
Tentukan pilihan yang tersedia!
Pemesanan yang lebih cepat! Quick Order
Good Governance Pengelolaan Keuangan Daerah
Rp 70.000
Tersedia / RR.UM0182
Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah:

Detail Produk Good Governance Pengelolaan Keuangan Daerah

Penulis: Reydonnyzar Moenek, Dr. Drs., M.Devt.M., dkk.
Cetakan: 1, 2019
Ukuran: 16 x 24 cm.
Kertas isi: HVS 70 gr.
Kertas sampul: AC 230 gr.
248 Halaman
ISBN: 978-602-446-368-7

Sinopsis :

Sejak Mei 1998, pemerintahan di Indonesia mengalami perubahan paradigma yang sangat mendasar, yaitu dari sistem sentralisasi menjadi desentralisasi. Dengan perubahan tersebut muncullah era otonomi daerah, di mana pemerintah daerah diberi kebebasan untuk melaksanakan sendiri penyelenggaraan pemerintahannya.

Tujuan utama otonomi daerah adalah meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Agar dapat melaksanakan tugas dengan baik, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah memperbaiki good governance penyelenggaraan pemerintahan, terutama pengelolaan keuangannya. Setelah itu melakukan reformasi birokrasi dan meningkatkan pelayanan publik. Dengan demikian, diharapkan pemerintahan diselenggarakan secara smart good governance yang menimbulkan smart province, smart city, maupun smart district/regency.

Buku ini fokus pada pembahasan bagaimana meningkatkan good governance penyeleng- garaan pemerintahan, terutama pada aspek pengelolaan keuangan daerah.

—-

Daftar Isi

BAB I PERMASALAHAN UMUM PENGELOLAAN KEUANGAN DAERAH
A. Implikasi Otonomi Daerah
B. Permasalahan Umum Penyelenggaraan Pemerintah Daerah
C. Tingginya KKN dalam Pelaksanaan APBD
D. Penyelewengan dana APBD
E. Belum Maksimalnya Kinerja
F. Daya Serap Anggaran yang Rendah
G. Temuan Pemeriksaan BPK dalam Pengelolaan Keuangan Daerah

BAB II GAMBARAN UMUM PENGELOLAAN KEUANGAN DAERAH
A. Konsep Pengelolaan Keuangan Daerah
B. Azas Umum Pengelolaan Keuangan Daerah
C. Indikator Pengelolaan Keuangan Daerah
D. Ruang Lingkup Pengelolaan Keuangan Daerah
E. Tujuan Pengelolaan Keuangan Daerah
F. Siklus Pengelolaan Keuangan Daerah
G. Perencanaan dan Penganggaran Keuangan Daerah
H. Pelaksanaan Keuangan Daerah
I. Penatausahaan Keuangan Daerah
J. Pelaporan dan Pertanggungjawaban Keuangan Daerah.
K. Pengawasan Keuangan Daerah

BAB III PENTINGNYA GOOD GOVERNANCE DALAM PENGELOLAAN KEUANGAN DAERAH
A. Pentingnya Good governance dalam Pemerintahan
B. Mengapa Good Governance Perlu Diterapkan di Indonesia
C. Tujuan dan Manfaat Good Governance

BAB IV KONSEP GOOD GOVERNANCE
A. Pengertian Government dan Governance
B. Pengertian Good Governance
C. Pilar yang Membangun Good Governance
D. Fungsi Utama Good Governance
E. Tujuan Good Governance

BAB V PILAR DAN PRINSIP GOOD GOVERNANCE DALAM PENGELOLAAN KEUANGAN DAERAH
A. Pilar dan Prinsip Good Governance dalam Sektor Publik
B. Pilar dan Prinsip Good Governance dalam Pengelolaan Keuangan Daerah

BAB VI REGULASI DAN KEBI JAKAN GOOD GOVERNANCE DALAM PENGELOLAAN KEUANGAN DAERAH
A. Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara
B. Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2004 tentang Perbendaharaan Negara
C. Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2004 tentang Pemeriksaan Pengelolaan dan Tanggung Jawab Keuangan Negara
D. Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2006 Tentang Badan Pemeriksa Keuangan
E. Undang-Undang Nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik

BAB VII PELAKSANAAN GOOD GOVERNANCE DALAM PENGELOLAAN KEUANGAN DAERAH DI INDONESIA
A. Penerapan Good Governance di Pemerintahan
B. Penerapan Good Governance pada Pengelolaan Keuangan Daerah
C. Faktor yang Memengaruhi dalam Mewujudkan Good Governance

BAB VIII REFORMASI BI ROKRASI
A. Latar Belakang Perlunya Reformasi Birokrasi
B. Birokrasi sebagai Pelaksana Kebijakan dan Pelayanan Masyarakat
C. Reformasi Birokrasi dalam Konsep Good Governance
D. Program Reformasi Birokrasi
E. Area Perubahan Reformasi Birokrasi 2015-2019
F. Peran Kepemimpinan Kepala Daerah
G. Peningkatan Sumber Daya Manusia
H. Reformasi Birokrasi Keuangan

BAB IX KAITAN GOOD GOVERNANCE DENGAN PELAYANAN PUBLIK
A. Kaitannya Good Governance dengan Pelayanan Publik
B. Penyebab Pentingnya Pelayanan Publik
C. Unsur-Unsur Pelayanan Publik
D. Asas-asas Pelayanan Publik
E. Prinsip Pelayanan Publik
F. Penerapan Prinsip Good Governance dalam Pelayanan Publik

BAB X PROFIL PEMERINTAHAN KOTA TASIKMALAYA
A. Gambaran Umum Kota Tasikmalaya
B. Visi, Misi Tujuan dan Sasaran Kota Tasikmalaya
C. Realisasi Pencapaian Target Kinerja Keuangan Pemerintah Daerah
D. Hambatan dan Kendala yang ada dalam Pencapaian Target Kinerja Keuangan
E. Analisis Laporan Keuangan Pemerintah Daerah

BAB XI IMPLEMENTASI PRINSIP GOOD GOVERNANCE DALAM PENGELOLAAN KEUANGAN KOTA TASIKMALAYA
A. Visionary, Wawasan ke Depan
B. Keterbukaan dan Transparansi
C. Akuntabilitas

BAB XII Reformasi birokrasi dan pelayan publik pemer intah kota tasikmalaya dalam pengelolaan keuangan daerah
A. Reformasi Birokrasi Pemerintah Kota Tasikmalaya
B. Pelayanan Publik Pemerintah Kota Tasikmalaya

Ditambahkan pada: 18 October 2022
Produk Terkait
Diskusi Produk (0)

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Alamat kami

PT. Remaja Rosdakarya

Jl. Raya Gadobangkong no. 93 Kec. Ngamprah Kab. Bandung Barat 40552

Tlp. 022-6654007

email : [email protected]

Chat via Whatsapp
Customer Service
⚫ Online
Halo, perkenalkan saya Customer Service
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja