Ragam Fawatih As-Suwar Keindahan, Kesan, dan Pesannya
Rp 88.000 Rp 110.000Kode | RR.AG0272 |
Status | Tersedia |
Kategori | Agama |
Ragam Fawatih As-Suwar Keindahan, Kesan, dan Pesannya
Penulis: Dr. H. Moh. Zahid, M.Ag.
Cetakan: 1, 2022
Ukuran: 17,5 x 25 cm.
Kertas isi: HVS 70 gr.
Kertas sampul: AC 260 gr.
304 Halaman
ISBN: 978-602-446-619-0
Sinopsis:
Keindahan, urgensi, dan gaya pengungkapan fawātiḥ as-suwar serupa dengan intro pada feature, sehingga ia bisa disebut sebagai intro surah. Variasinya terdiri dari 12 (dua belas) macam, yaitu: (1) Intro Unik/Nyentrik atau Intro Gabungan antara Intro Unik dengan Intro Lainnya, (2) Intro Bersumpah, (3) Intro Panggilan, (4) Intro Pertanyaan, (5) Intro Menunding Langsung, (6) Intro Koersi, (7) Intro Doa, (8) Intro Bersyarat, (9) Intro Kausalitas, (10) Intro Menjerit, (11) Intro Narasi/Bercerita, dan (12) Intro Deskriptif.
Pesan, kesan dan keindahannya bisa digali dari pola dan model yang dapat dikontruksi pada dua unsur komunikasi, yaitu: (1) unsur komunikator dan (2) unsur pesan. Pada unsur komunikator, model pembukaan komunikasi efektif terletak pada strategi yang digunakan oleh komunikator untuk membangun persepsi positif tentang dirinya pada diri khalayak (para pembaca). Konkritnya, Allah sebagai komunikator Alquran membuka komunikasi-Nya pada awal-awal surah dengan menegaskan dan meyakinkan khalayak pembaca bahwa diri-Nya adalah komunikator yang penuh daya tarik, credibel (terpercaya), dan Maha Kuasa. Sedangkan pada unsur pesan, strategi yang digunakan adalah pemanfaatan secara maksimal kekuatan struktur pesan, gaya pesan, appeals pesan.
Gambaran modelnya meliputi 9 (sembilan) kreteria, yaitu (1) menggunakan kalimat yang efektif dan bervariasi, (2) memuat pesan yang penting dan menarik, (3) menggunakan intro yang menarik dan bervariasi, (4) menggunakan diksi secara cermat, (5) berkomunikasi secara santun, (6) memanfaatkan teknik komunikasi secara tepat, (7) memenuhi kreteria barāʻatul istihlāl/Ḥusn al-ibtidā’āt, (8) menggunakan gaya bahasa yang tepat dan indah, dan (9) mengemas komunikasi dengan tataan yang indah.
————–
Daftar Isi
Bab I PENDAHULUAN
A. Ragam Fawātiḥ As-Suwar
B. Ragam Fawātiḥ As-Suwar dalam Perspektif Komunikasi Massa
Bab II INTRO UNIK
A. Penggunaan Ḥurūf At-Tahajjī Sebagai Intro Surah
B. Pesan, Kesan, dan Keindahan Intro Unik
Bab III INTRO BERSUMPAH
A. Penggunaan Kalimat Sumpah Sebagai Intro Surah
B. Pesan, Kesan, dan Keindahan Intro Bersumpah
Bab IV INTRO PANGGILAN
A. Penggunaan Kalimat Panggilan Sebagai Intro Surah
B. Pesan, Kesan, dan Keindahan Intro Panggilan
Bab V INTRO PERTANYAAN
A. Penggunaan Kalimat Tanya Sebagai Intro Surah
B. Pesan, Kesan, dan Keindahan Intro Pertanyaan
Bab VI INTRO MENUDING LANGSUNG
A. Penggunaan Kalimat Menuding Langsung Sebagai Intro Surah
B. Pesan, Kesan, dan Keindahan Intro Menuding Langsung
Bab VII INTRO KOERSI
A. Penggunaan Kalimat Perintah Pada Awal Surah
B. Pesan, Kesan, dan Keindahan Intro Koersi
Bab VIII INTRO DOA
A. Penggunaan Doa Pada Awal Surah
B. Pesan, Kesan, dan Keindahan Intro Doa
Bab IX INTRO BERSYARAT
A. Penggunaan Kalimat Syarat Sebagai Intro Surah
B. Pesan, Kesan, dan Keindahan Intro Bersyarat
Bab X INTRO KAUSALITAS
A. Penggunaan Kalimat Alasan Sebagai Intro Surah
B. Pesan, Kesan, dan Keindahan Intro Kausalitas
Bab XI INTRO MENJERIT
A. Penggunaan Kalimat Interjektif Sebagai Intro Surah
B. Pesan, Kesan, dan Keindahan Intro Menjerit
Bab XII INTRO NARASI DAN INTRO DESKRIPSI
A. Penggunaan Kalimat Berita Sebagai Intro Surah
B. Pesan, Kesan, dan Keindahan Intro Narasi
C. Pesan, Kesan, dan Keindahan Intro Deskripsi
Bab XIII PENUTUP
Tags: fawatih as-suwar, keindahan Islam, kesan seni Islam, nilai-nilai Islam, pemahaman seni Islam, peran seni Islam dalam budaya Islam, pesan-pesan Islam, seni dan dakwah, seni dan estetika Islam, seni dekorasi Islam, seni Islam, seni kaligrafi, seni lukis Arab, seni rupa Islam, seni visual Islam
Ragam Fawatih As-Suwar Keindahan, Kesan, dan Pesannya
Berat | 550 gram |
Kondisi | Baru |
Dilihat | 887 kali |
Diskusi | Belum ada komentar |
Produk Terkait
20%
Dede Ahmad Ghazali, H., Drs., M.Ag., dkk. Cetakan 1, 2015 16×24 cm, 216 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-612-1 Sinopsis: Luas dan dalamnya samudra ilmu keislaman yang mencakup seluruh sendi kehidupan, tentu saja tidak cukup hanya dilihat dan dipelajari dari satu aspek atau satu disiplin ilmu saja, karena dengan memahami… selengkapnya
Rp 49.600 Rp 62.00020%
Usman Said Sarqawi. Cetakan 1, 2013 16×24 cm, BW, 196 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-174-4 Sinopsis: Zikir adalah tali yang bersambung antara hamba dengan Tuhannya. Zikir adalah jalan yang menyampaikan kepada kecintaan Allah dan keridhaan-Nya. Zikir adalah pintu yang amat besar untuk naik dan memperoleh kemenangan. Zikir menghiasi pemiliknya… selengkapnya
Rp 46.400 Rp 58.00020%
Penulis: Muhamad Basyrul Muvid, M.Pd. Cetakan: 1, 2020 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. Halaman : 196 Halaman ISBN: 978-602-446-451-6 Sinopsis: Buku ini yang berjudul “Studi Pemikiran Pendidikan Islam Kontemporer”, lahir atas semangat penulis untuk memberikan sumbangsih terhadap kemajuan, perbaikan dan pembaharuan pendidikan Islam baik dari… selengkapnya
Rp 46.400 Rp 58.00020%
Penulis: Dodo Widarda, S. Ag., M. Hum. Cetakan: 1, 2022 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 260 gr. 384 Halaman Sinopsis: Pandangan holisme sebagai bagian dari potret perkembangan pemikiran manusia, telah memberi ruang bagi masuknya Sufi Healing—penyembuhan dengan metode sufisme— untuk turut menyelesaikan problem kehidupan di bidang kesehatan…. selengkapnya
Rp 88.000 Rp 110.00020%
Penulis: Ade Nandang S., Dr., M.Ag. dan Abdul Kosim, M.Ag. Cetakan: 1, 2018 Ukuran: 16 x 24 cm Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. Halaman : 148 Halaman ISBN: 978-602-446-246-8 Sinopsis: Kajian kebahasaan terus mengalami perkembangan. Linguistik sebagai ilmu yang mempelajari bahasa itu sendiri mengalami perubahan dan perkembangan sesuai dengan tinjauan… selengkapnya
Rp 40.000 Rp 50.00020%
Judul : KOMUNIKASI DAKWAH Pengarang : WAHYU ILAIHI, M.A. Tahun : Mei 2010 Dimensi : 16×24, HVS-70 Gram, AC210, 216 halaman ISBN : 979-692-993-7 Sinopsis: Apabila ada yang ingin mengetahui apa tujuan dan bagaimanakah peran Komunikasi Dakwah, inilah buku yang membahas hal tersebut secara lengkap. Bahwa tujuan komunikasi tidak hanya menciptakan dan memupuk hubungan dengan… selengkapnya
Rp 49.600 Rp 62.00020%
Enang Hidayat, M.Ag. Cetakan 1, 2016 16×24 cm, 256 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-710-4 Sinopsis: Pada hakikatnya bentuk transaksi hukum ekonomi syariah mengandung makna dan tujuan saling tolong menolong serta menumbuhkan rasa kasih sayang di antara sesama manusia dalam rangka memenuhi kebutuhan hidupnya sebagai makhluk sosial. Lalu bagaimanakah bentuk… selengkapnya
Rp 60.800 Rp 76.00020%
Penulis: Acep Hermawan, Dr., M.Ag. Cetakan: 1, 2018 Ukuran: 16 x 24 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 260 gr. Halaman : 408 Halaman ISBN: 978-602-446-267-3 Sinopsis: Sebagian masyarakat Indonesia masih beranggapan bahwa bahasa Arab hanyalah bahasa agama (Islam). Padahal sejarah masa lalu-saat spirit keilmuan di abad pertengahan memuncak-telah menunjukkan bahwa bahasa… selengkapnya
Rp 92.000 Rp 115.00020%
Penulis: Uus Rustiman, Dr., Lc., M.Hum. Cetakan: 1, 2019 Ukuran: 17,5 x 25 cm. Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. 136 Halaman ISBN: 978-602-446-335-9 Sinopsis: Buku Pintar Bahasa Arab dalam Bisnis ini merupakan buku pembelajaran bahasa Arab yang diharapkan bisa berguna bagi para mahasiswa, khususnya jurusan Ekonomi Islam yang sedang menempuh… selengkapnya
Rp 48.000 Rp 60.00020%
Khazanah Pendidikan Agama Islam Khozin, S.Ag.,M.A Cet 1, 2013 16 x 24 cm, HVS 70 gr, 292 halaman ISBN : 979-979-692-152-2 Sinopsis: Selama ini agama (Islam) hanya dinilai sebagai value normatif yang mempunyai korelasi dengan privasi personal, bahkan memiliki kecenderungan melihat pada sisi internal (inside) saja. Padahal Islam telah menyiratkan tatanan teori-teori agama yang menyangkut… selengkapnya
Rp 60.800 Rp 76.000
Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.