Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Detail Produk Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Penulis:
Dr. Sigit Purnama, M.Pd.
Dr. Ellyn Sugeng Desyanti, M.Pd.
Alucyana, M.Psi., Psikolog.
Ratna Pangastuti, M.Pd.I.
Cetakan: 1, 2021
Ukuran: 16 x 24 cm.
Kertas isi: HVS 70 gr.
Kertas sampul: AC 230 gr.
276 Halaman
ISBN: 978-602-446-570-4
Sinopsis:
Guru merupakan profesi yang mengharuskan adanya kemahiran atau kecakapan spesifik dalam menghasilkan suatu produk untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dan orang lain. Suatu profesi harus mempelajari atau menguasai bidang tertentu, melibatkan aktivitas intelektual, dipersiapkan secara profesional, membutuhkan proses pendidikan dan pelatihan yang kesinambungan, lebih mengutamakan kepentingan dan layanan publik daripada individu dan pribadi, terwadahi dalam organisasi profesi, dan menjanjikan jenjang karier yang permanen.
Undang-Undang RI Nomor 14 Tahun 2005 memberi amanat bahwa guru memiliki kegiatan pokok, yaitu perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, menilai hasil pembelajaran, membimbing dan melatih anak, serta melaksanakan tugas tambahan yang melekat pada pelaksanaan kegiatan pokok. Bagaimana standar guru? Kompetensi apa yang harus dimilikinya? Bagaimana mengembangkan profesi guru?
Buku ini secara tuntas memaparkan tentang profesi dan profesionalisme guru, kualifikasi dan kompetensi guru serta bagaimana karier dan pengembangan profesionalisme guru. Setelah membaca buku ini Anda akan memahami bahwa keberadaan profesi guru sangat penting untuk diperhatikan serta ditingkatkan dalam pelaksanaan tugas dan pekerjaannya.
————-
Daftar Isi
BAB I KONSEP DASAR PROFESI
A. Hakikat Profesi
B. Syarat Profesi
C. Etika Profesi
D. Ragam Profesi
BAB II PROFESI GURU
A. Hakikat Profesi Guru
B. Profesionalisme Guru
C. Perbedaan Profesi Guru dan Nonguru
D. Urgensi Profesi Guru dalam Kehidupan
E. Tugas Profesi Guru
F. Status, Peran, dan Tujuan Profesi Guru
G. Hak dan Kewajiban Profesi Guru
BAB III KUALIFIKASI, KOMPETENSI DAN SERTIFIKASI GURU
A. Kualifikasi Guru
B. Kompetensi Guru
C. Sertifikasi Guru
BAB IV KODE ETIK DAN ORGANISASI PROFESI GURU
A. Kode Etik Profesi Guru
B. Organisasi Profesi Guru
Bab V KARIER DAN PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU
A. Karier Guru
B. Pengembangan Profesionalisme Guru
C. Pengembangan Profesionalisme Guru PAUD
BAB VI PROFESIONALISME GURU PIAUD
A. Guru PIAUD
B. “Performance” Guru PIAUD
C. Standar Guru
D. Guru Cerdas
E. Guru “Excellent”
F. Keterampilan Tambahan Guru PIAUD
Tags: Asesmen PAUD, Inovasi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Kreativitas Guru PAUD, Kurikulum PAUD Islam, Manajemen Kelas PAUD, Metode Pembelajaran, nak Usia Dini, Pelatihan Guru PAUD, Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Pengembangan Profesi Guru, Perkembangan Anak Usia Dini