Penelitian Kualitatif Pendidikan Agama Islam
Detail Produk Penelitian Kualitatif Pendidikan Agama Islam
Nusa Putra, Dr., S.Fil., M.Pd., dkk.
Cetakan 1, 2012
16×24 cm, 156 hlm.
Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr.
ISBN: 978-979-692-089-1
Sinopsis:
Tujuan Pendidikan Agama Islam (PAI) secara substansial adalah mengasuh, membimbing, mendorong, mengusahakan, dan menumbuhkembangkan manusia takwa. Ketakwaan merupakan high concept dalam arti memiliki banyak dimensi dan merupakan suatu kondisi yang pencapaiannya membutuhkanupaya yang keras melewati dan melampaui tahap demi tahap.
Pendidikan Agama Islam memiliki sejumlah karakteristik yang khas. Konsekuensinya, PAI memiliki kompleksitas yang lebih, dibandingkan mata pelajaran lain. PAI tidak terbatas pada upaya olah pikir, tetapi juga meniscayakan olah kalbu. Artinya, PAI tidak sekadar mendidik anak bangsa menjadi cerdas, tetapi juga bertakwa.
Dengan adanya kompleksitas dan kekhasan pada PAI itulah, maka buku Penelitian Kualitatif Pendidikan Agama Islam ini diterbitkan. Penelitian kualitatif dapat digunakan untuk memahami dan mencari solusi atas berbagai masalah terkait Pendidikan Agama Islam sehingga para pendidik dan calon pendidik tidak sekadar mengetahui, tetapi juga menghayati kompleksitas masalahnya, dapat merasakan secara empatis penghayatan para partisipan yang diteliti, dan dapat mencaritemukan solusi yang bermakna dan fungsional.
Tags: Hasil Penelitian Pendidikan Agama Islam, Interpretasi Data Penelitian, Kontribusi Penelitian Pendidikan Agama Islam, Kualitas Pendidikan Agama Islam, Kurikulum Pendidikan Agama Islam, Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Metode Penelitian, Pendidikan Agama Islam, Penelitian Etnografi, Penelitian Fenomenologi, Penelitian Grounded Theory, Penelitian Kualitatif, Penelitian Pendidikan Agama Islam, Penelitian Studi Kasus, Subjek Penelitian Pendidikan Agama Islam