Pembelajaran Menulis Kreatif Berbasis Komunikatif Dan Apresiatif
Detail Produk Pembelajaran Menulis Kreatif Berbasis Komunikatif Dan Apresiatif
Heru Kurniawan
Cetakan 1, 2013
16×24 cm 172 hlm.
Isi: HVS 70 gram; Sampul: AC 210
ISBN: 978-979-692-183-6
Sinopsis:
Budaya literasi, terutama membaca dan menulis anak di Indonesia masih sangat rendah. Padahal membaca dan menulis merupakan hal penting dalam proses belajar anak. Membaca berkaitan dengan jalan yang harus dilakukan dalam meng-input ilmu pengetahuan, sedangkan menulis berkaitan dengan kreativitas mengekspresikan gagasan, pengetahuan, pengalaman, dan perasaan anak.
Jika keduanya tidak dikuasai oleh anak, proses pembelajaran akan membosankan. Lalu di manakah peran sekolah dalam meningkatkan kemampuan literasi siswa yang dalam proses pembelajarannya ada materi membaca dan menulis dalam mata pelajaran bahasa Indonesia?
“Kelas Ajaib”. Itulah sebuah nama kelas menulis yang diceritakan dalam buku ini, sebuah komunitas yang mengajarkan kreativitas menulis yang menyenangkan dengan basis komunikatif-apresiatif. Pengembangan pembelajaran menulis kreatif untuk anak dengan basis komunikatif-apresiatif ini akan menciptakan kreativitas guru dalam pembelajaran menulis kreatif sehingga anak menjadi senang dan menyadari bahwa menulis itu mudah.
Tags: Keterampilan menulis kreatif, Menulis Berbasis Apresiatif, Menulis Berbasis Komunikatif, Menulis Kreatif, Menulis kreatif dan literasi, Menulis kreatif dan pengembangan kreativitas siswa, Pembelajaran Apresiatif, Pembelajaran Komunikatif, Pembelajaran Kreatif, Pembelajaran Menulis, Pembelajaran menulis kreatif, Pembelajaran menulis kreatif berbasis teknologi, Pembelajaran menulis kreatif di sekolah, Pembelajaran menulis kreatif untuk siswa sekolah dasar/menengah/atas, Pendekatan menulis kreatif dalam pembelajaran, Peningkatan kemampuan menulis kreatif, Strategi pembelajaran menulis kreatif, Teknik menulis kreatif