Komunikasi Pendidikan Perspektif Bio-Komunikasi
Detail Produk Komunikasi Pendidikan Perspektif Bio-Komunikasi
Deni Darmawan, Dr., S.Pd., M.Si.
Cetakan 1, 2015
16×24 cm, 340 hlm.
Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 230 gr.
ISBN: 978-979-692-640-4
Sinopsis:
Biologi saat ini tengah diupayakan untuk dikaji menjadi landasan baru bagi kajian Ilmu komunikasi selain Antropologi, Sosiologi, Psikologi, Psikologi Sosial, serta ilmu-ilmu eksakta, seperti Fisika dan Matematika.
Selain itu, Biologi sebagai salah satu landasan ilmiah komunikasi mencoba menguraikan aspek biologis manusia yang tidak terlepas dari aspek-aspek komunikasi yang dimiliki dalam proses interaksi, terutama secara intrapersonal.
Adapun ciri-ciri Biologi Komunikasi (Bio-Komunikasi) antara lain lebih mengarah pada emosi, tergantung pada gejala-gejala iner, merupakan efek afeksi. Ciri tersebut diperlukan dalam proses pendidikan, lebih tegasnya dalam bentuk Komunikasi Pendidikan.
Buku ini memaparkan kajian Biologi Komunikasi (Bio-Komunikasi) secara konstruktif sebagai bidang ilmu baru dari kajian ilmu komunikasi. Bio-Komunikasi ini diharapkan dapat menambah pemahaman pembaca bahwa antarbidang ilmu memiliki keterkaitan didalam menyelesaikan permasalahan manusia, khususnya bidang pendidikan.
Sebagaimana dikupas dalam buku ini, bahwa permasalahan pendidikan mampu diselesaikan secara intrapersonal maupun inter- personal melalui Bio-Komunikasi
Daftar Isi
Kata Sambutan —iii
Kata Sambutan Pakar—vii
Kata Sambutan—xv
Kata Pengantar—xvii
BAB I Fenomena dan Perkembangan Paradigma—1
A. Berangkat dari Kondisi Kelemahan Metodologi Riset—4
B. Paradigma Ilmu Komunikasi dalam Bidang lain—5
C. Pembelajaran Kognitif versus Perasaan—7
D. Kekuatan Stimulus Berbasis Teknologi Informasi—8
BAB II Belajar dari Temuan Riset—13
A. Telaah Komunikasi Berdasarkan Otak sebagai Dasar Perilaku
Biologi Komunikasi dan Psikologis—16
B. Perilaku Biologi Komunikasi Berdasarkan telaah Interaksi—22
C. Biologi Komunikasi sebagai Landasan Perilaku Biologi
Komunikasi—25
BAB III Perkembangan Ilmu Komunikasi—31
BAB IV Perilaku Biologi Komunikasi—45
A. Perspektif Intra-Organism—45
B. Perspektif Inter-Organism—48
BAB V Komunikasi Berbasis Teknologi Informasi dalam Pembelajaran—53
A. Visualisasi Otak—53
B. Perilaku Biologi Komunikasi secara Biologi Genetik—59
BAB VI Perilaku Manusia secara Biologi dan Fenomena Pembelajaran—63
A. Perilaku Biologi Komunikasi Berbasis Teknologi Informasi
Menuju Revolusi Pembelajaran—66
B. Lokus Perilaku Manusia Secara Biologi sebagai Refleksi
Pembelajaran—67
C. Perilaku Biologi dan Biologi Sosial sebagai Dasar Keberhasilan
Pembelajaran—68
D. Revolusi Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan
Komunikasi—69
BAB VII Model-Model Pembelajaran Inovatif dalam
Telaah Perilaku Biologi Komunikasi—75
A. Accelerated Learning—75
B. Quantum Teaching & Quantum Learning—80
C. Pembelajaran Berbasis Komputer—81
BAB VIII Komponen Sistem Teknologi Informasi—89
A. Klasifikasi Sistem Teknologi Informasi—90
B. Peranan Teknologi Informasi dalam Pendidikan—90
C. Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Dunia Pendidikan—92
D. Peranan Lembaga Pendidikan dalam Pemanfaatan Teknologi
Informasi—93
E. Peranan Guru dalam Pemanfaatan Teknologi Informasi—94
BAB IX Beberapa Perspektif Keilmuan dalam Biologi Komunikasi—97
A. Perspektif Ilmu Biologi—97
B. Perspektif Ilmu Komunikasi—108
C. Perspektif Ilmu Psikologi—113
D. Perspektif Ilmu Kedokteran/Neurologi—118
E. Perspektif Pendidikan—125
F. Perspektif Teknologi Informasi Komunikasi—129
G. Perspektif Budaya—136
BAB X Pengemasan Informasi dan Percepatan Belajar
dalam Biologi Komunikasi—143
A. Pengemasan Informasi Berbasis Teknologi Informasi dalam
Biologi Komunikasi—144
B. Akselerasi Belajar dan Kemampuan Berpikir Otak Jenjang
SD—152
C. Akselerasi Belajar dan Kemampuan Berpikir Otak Jenjang
SMP—153
D. Akselerasi Belajar dan Kemampuan Berpikir Otak Jenjang
SMA—154
E. Akselerasi Belajar dan Kemampuan Berpikir Otak Jenjang
PT—155
F. Kemampuan Otak Kiri dan Otak Kanan pada Jenjang SD,
SMP, SMA dan PT—156
G. Perbandingan Kemampuan Otak Kiri dan Otak Kanan
Antarjenjang Pendidikan pada Kelompok Sosial dan Eksak—158
BAB XI Biologi Komunikasi dalam Aktivitas Mengamati, Merasa,
Memahami, dan Kecenderungan Bertindak—163
A. Biologi Komunikasi Otak Kiri dan Kanan berdasarkan Stimulus
Visual Berbasis Teknologi Informasi—164
B. Biologi Komunikasi Otak Kiri dan Kanan Berdasarkan Stimulus
Audio Berbasis Teknologi Informasi—166
C. Biologi Komunikasi Otak Kiri dan Kanan Berdasarkan Stimulus
Multimedia Berbasis Teknologi Informasi—168
D. Biologi Komunikasi Berdasarkan Stimulus Kecenderungan
Bertindak Berbasis Teknologi Informasi—171
BAB XII Perilaku Biologi Komunikasi Berdasarkan
Bagian Spesifik Otak—175
A. Parasagital—177
B. Frontal—178
C. Parietal—181
D. Occipital—182
E. Temporal—183
BAB XIII Beberapa Tinjauan Biologi Komunikasi—187
A. Biologi Komunikasi sebagai Proses—187
B. Biologi Komunikasi sebagai Transaksional—194
C. Biologi Komunikasi sebagai Interaksional—197
D. Biologi Komunikasi sebagai Perspektif—200
BAB XIV Desain Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi
dan Komunikasi—221
A. Lingkungan Visual—221
B. Desain Warna—222
C. Desain image—223
D. Desain Efek Cahaya—223
E. Desain Audio (musik latar)—224
F. Desain Interaktif—225
BAB XV Implementasi Bio-Komunikasi Berdasarkan Teknologi Informasi
dan Budaya Pembelajaran—235
A. Kaitan Belajar dan Berpikir Berdasarkan atas Analisis Fungsional
Anatomis Otak menuju Akselerasi—237
B. Perspektif Teknologi Informasi—241
C. Perspektif Budaya—252
BAB XVI Desain Model Pembelajaran Bio-Komunikasi
pada Berbagai Jenjang Pendidikan—257
A. Model Pembelajaran Jenjang Sekolah Dasar—257
B. Model Pembelajaran Jenjang SMP—263
C. Model Pembelajaran Jenjang SMA—269
D. Model Pembelajaran Jenjang Pendidikan Tinggi—273
E. Model Komunikasi dalam Kaitannya dengan Biologi Komunikasi—276
BAB XVII Review terhadap Analisis Lahirnya Paradigma
Biologi Komunikasi—283
A. Analisis Filosofis—283
B. Analisis Landasan Ilmiah—300
C. Analisis Akar Ilmu—300
D. Analisis Hasil Riset Ilmiah—302
E. Analisis Metafisika—302
F. Analisis Metateoritikal—304
G. Analisis Metarasional—305
Daftar Pustaka—307
Tentang Penulis—315
Tags: Dampak Bio-Komunikasi pada Pendidikan, Faktor Bio-Komunikasi dalam Pendidikan, Komunikasi Biologis, Komunikasi Pendidikan, Konsep Bio-Komunikasi, Model Komunikasi Pendidikan, Perspektif Bio-Komunikasi, Proses Komunikasi Pendidikan, Strategi Komunikasi Pendidikan yang Berbasis Bio-Komunikasi, Teori Komunikasi Pendidikan