Bimbingan Dan Konseling Remaja
Detail Produk Bimbingan Dan Konseling Remaja
Penulis:
Syamsu Yusuf, Prof., Dr., H., L.N., M.Pd.
Nani M. Sugandhi, Dr., M.Pd.
Aas Saomah, Dra., M.Si.
Cetakan: 1, 2021
Ukuran: 16 x 24 cm.
Kertas isi: HVS 70 gr.
Kertas sampul: AC 260 gr.
340 Halaman
ISBN: 978-602-446-593-3
Sinopsis:
Remaja (dalam hal ini siswa SLTP dan SLTA) memiliki peranan penting dalam masyarakat. Mereka adalah harapan bangsa dan calon pemimpin masa depan. Oleh karena itu, perlu dikembangkan potensi dirinya yang berdimensi biopsikososiospiritual sebagai pribadi yang utuh. Saat ini, remaja membutuhkan perhatian eksplisit karena terjadi fenomena yang sangat mengkhawatirkan di kalangan remaja seperti: kecanduan narkoba, terlibat dalam berbagai kejahatan, putus sekolah, terlibat kenakalan, percobaan bunuh diri, menderita kecemasan, dan depresi. Salah satu solusi dalam mencegah atau mengatasi kondisi tersebut adalah layanan bimbingan dan konseling di sekolah.
Penyelenggaraan bimbingan dan konseling (BK) diorientasikan untuk membantu atau memfasilitasi remaja agar mampu mengembangkan potensi dirinya (fisik, emosi, intelektual, dan moral-spiritual) secara optimal. Harapannya, individu-individu muda ini akan menjadi sosok pribadi yang produktif (maslahat personal) dan berkontribusi (maslahat sosial) dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Penyelenggaraan bimbingan dan konseling akan berjalan efektif apabila ada jalinan kerja sama antara pihak yang berkepentingan yaitu kepala sekolah, guru-guru, guru BK atau konselor, dan orang tua peserta didik.
Buku ini disusun dengan maksud membantu guru BK atau konselor dan orang tua dalam rangka memfasilitasi perkembangan anak atau siswa. Di samping itu, buku ini bermanfaat bagi para dosen yang mengajar BK Remaja dan Mahasiswa dari Program Studi Bimbingan dan Konseling. Kehadiran buku ini, mudah-mudahan dapat memberikan kontribusi yang bermakna bagi peningkatan mutu layanan bimbingan dan konseling di sekolah.
—————
Daftar Isi
BAB I PENDAHULUAN
A. Urgensi Bimbingan dan Konseling bagi Remaja
B. Manfaat Layanan Bimbingan dan Konseling
BAB II KARAKTERISTIK PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH (USIA REMAJA)
A. Karakteristik Aspek-Aspek Perkembangan Remaja
B. Tugas-Tugas Perkembangan Remaja
BAB III ISU-ISU MUTAKHIR MASALAH REMAJA DAN UPAYA PENCEGAHANNYA
A. Masalah Khusus Peserta Didik
B. Masalah-Masalah Perilaku Menyimpang (Amoral) Remaja
BAB IV KONSEP BIMBINGAN DAN KONSELING
A. Pengertian Bimbingan dan Konseling
B. Tujuan Bimbingan dan Konseling
C. Fungsi Bimbingan
D. Prinsip-Prinsip Bimbingan
E. Bidang (Ragam) Bimbingan dan Konseling
F. Tugas atau Tanggung Jawab Konselor
G. Komponen atau Struktur Program
BAB V BIMBINGAN PENGEMBANGAN ASPEK-ASPEK KEPRIBADIAN REMAJA
A. Bimbingan Pengembangan Karakter
B. Bimbingan Pengembangan Identitas Diri (Self-Identity)
C. Bimbingan Pengembangan Harga Diri (Self-Esteem)
D. Bimbingan Pengembangan Pengendalian Diri (Self-Control)
E. Bimbingan Pengembangan Efikasi Diri (Self-Efficacy)
F. Bimbingan Pengembangan Kepercayaan Diri (Self-Convidence)
G. Bimbingan Pengembangan Resiliensi (Resiliency)
H. Bimbingan Pengembangan Kemampuan Berpikir
I. Bimbingan Pengembangan Kesejahteraan (Well-Being)
Tags: Bimbingan Remaja, emaja, Intervensi Konseling, Kesehatan Mental Remaja, Keterampilan Konseling, Konseling Remaja, Konselor Remaja, Masalah Remaja, Pengembangan Diri Remaja, Perkembangan Remaja, psikologi