Pendidikan Karakter Era Milenial
Rp 72.000 Rp 90.000Kode | RR.PK0408 |
Status | Tersedia |
Kategori | Pendidikan & Keguruan |
Pendidikan Karakter Era Milenial
Penulis: Hendarman, Ir., M.Sc., Ph.D.
Cetakan: 1, 2019
Ukuran: 17,5 x 25 cm.
Kertas isi: HVS 70 gr.
Kertas sampul: AC 230 gr.
240 Halaman
ISBN: 978-602-446-365-6
Sinopsis :
Banyak yang menganggap pendidikan karakter sudah tidak begitu diperlukan pada era milenial. Berbagai pendapat percaya bahwa dalam era tersebut karakter manusia cenderung ditentukan oleh keberadaan teknologi sehingga memisahkan pribadi dengan pribadi dalam konteks yang menegakkan prinsip kebersamaan sebagai bagian dari komunitas besar. Di samping itu, terdapat pandangan bahwa generasi milenial memiliki karakteristik komunikasi yang terbuka, pengguna media sosial yang fanatik, kehidupannya sangat terpengaruh dengan perkembangan teknologi, serta lebih terbuka dengan pandangan politik dan ekonomi.
Di pihak lain, terdapat pandangan yang mengatakan bahwa generasi milenial cenderung sangat reaktif terhadap perubahan lingkungan yang terjadi di sekelilingnya. Atas dasar tersebut, pendidikan karakter tentu saja masih akan mengambil peranan penting dalam berbagai proses dan dinamika pembelajaran, baik pada satuan pendidikan formal maupun nonformal dan informal. Pendidikan karakter akan menjadi salah satu ciri dalam proses interaksi yang terjadi antarberbagai kelompok dan komunitas yang ada pada berbagai strata masyarakat.
Buku ini memberikan tidak saja wawasan berupa teori yang selama ini cenderung menjadi paradigma berpikir, tetapi juga dikaitkan dengan pengalaman dan cerita-cerita yang nyata ada dalam lingkungan masyarakat kecil maupun menengah. Pendidikan karakter dan nilai karakter yang dituangkan dalam buku ini akan mendekatkan penerapan dengan kejadian yang ada sehari-hari dan bukan sebagai sesuatu yang memerlukan pemikiran yang kompleks.
———–
Daftar Isi
Bab I Mengapa Karakter Penting dalam Kehidupan
A. Perubahan Mental dalam Masyarakat
B. Krisis Watak
C. Membangun Kembali Watak
Bab II Era dan Generasi Milenial
A. Pengertian Milenial
B. Ciri-Ciri Generasi Milenial
Bab III Kebijakan Terkait Karakter
A. Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter
B. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 20 Tahun 2018 tentang Penguatan Pendidikan Karakter pada Satuan Pendidikan Formal
C. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 21 Tahun 2015 tentang Gerakan Pembudayaan Karakter di Sekolah
Bab IV Karakter Milenial dari Kehidupan
Tags: Era Milenial, Generasi Z, Inovasi Pendidikan, Karakter Anak Muda, Moral dan Etika, Pembelajaran Kontekstual, pendidikan karakter, Peran Orang Tua, Peran Sekolah, Teknologi Pendidikan
Pendidikan Karakter Era Milenial
Berat | 450 gram |
Kondisi | Baru |
Dilihat | 485 kali |
Diskusi | Belum ada komentar |
Produk Terkait
20%
Amos Neolaka, Prof., Dr., Ir., M.Pd. Cetakan 1, 2014 16×24 cm, 244 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-575-9 Sinopsis : Manusia adalah makhluk yang diciptakan dengan keingintahuan yang sangat besar. Oleh karena itulah tercipta ilmu pengetahuan. Saat ini, kepaduan antara ilmu pengetahuan dan penelitian sangat erat. Ilmu dan penelitian diibaratkan… selengkapnya
Rp 52.800 Rp 66.00020%
Penulis: Ade Nandang S., Dr., M.Ag. dan Abdul Kosim, M.Ag. Cetakan: 1, 2018 Ukuran: 16 x 24 cm Kertas isi: HVS 70 gr. Kertas sampul: AC 230 gr. Halaman : 148 Halaman ISBN: 978-602-446-246-8 Sinopsis: Kajian kebahasaan terus mengalami perkembangan. Linguistik sebagai ilmu yang mempelajari bahasa itu sendiri mengalami perubahan dan perkembangan sesuai dengan tinjauan… selengkapnya
Rp 40.000 Rp 50.00020%
Judul : PSIKOLOGI SOSIAL: SUATU PENGANTAR Pengarang : FATTAH HANURAWAN Tahun : Cet-1, Agustus 2010 Dimensi : 16×24, HVS-70 Gram, AC-210, 224 halaman ISBN : 978-979-692-006- Sinopsis: Psikologi sosial merupakan salah satu cabang psikologi yang secara nyata berhubungan langsung dengan masalah-masalah sosial manusia. Perkembangan psikologi sosial empiris sudah mencapai lebih 100 tahun apabila asumsi kelahiran… selengkapnya
Rp 48.800 Rp 61.00020%
Judul : MENJADI GURU PROFESIONAL Pengarang : MOH. UZER USMAN Tahun : Cet 29, 2017 Dimensi : 16 x 24 cm, HVS 70 gr, 154 halaman ISBN : 979-514-003-5 Sinopsis: Dalam buku ini penulis memberikan petunjuk praktis untuk menjadi guru profesional. Kepraktisannya menonjol terutama karena menyertakan pedoman, contoh-contoh, dan ciri-ciri profesionalisme keguruan. Anda dapat menggunakannya untuk… selengkapnya
Rp 40.000 Rp 50.00020%
Prof. Dr. Nanang Fattah 16 x 24 cm • 320 hlm Kertas isi HVS 70 gr Kertas sampul AC 210 gr Cetakan 1, 2012 ISBN: 978-979-692-076-1 Sinopsis : Sistem pendidikan nasional atau Sisdiknas merupakan acuan dalam pembuatan analisis kebijakan dan manajemen pendidikan baik di tingkat nasional, regional, maupun tingkat sekolah. Seperti kita ketahui pendidikan nasional… selengkapnya
Rp 64.000 Rp 80.00020%
Bambang Rustanto, Dr., M.Hum. Cetakan 1, 2015 16×24 cm, 136 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-649-7 Sinopsis: Secara umum pekerjaan sosial memiliki tujuan memberikan pertolongan pelayanan sosial kepada individu, kelompok, dan masyarakat dalam memecahkan berbagai permasalahan yang mereka hadapi, sehingga klien dari seorang pekerja sosial bisa memperoleh alternatif-alternatif pemecahan masalah… selengkapnya
Rp 35.200 Rp 44.00020%
Judul : PENGEMBANGAN KURIKULUM Pengarang : NANA SYAODIH S. Tahun : Cet 4, 2001 Dimensi : 16 x 24 cm, HVS 70 gr, viii + 220 halaman ISBN : 979-514-601-7 Sinopsis : Kurikulum sebagai rancangan pendidikan mempunyai kedudukan yang cukup sentral dalam seluruh kegiatan pendidikan. Bahkan banyak pihak menganggap kurikulum sebagai “rel” yang menentukan arah… selengkapnya
Rp 51.200 Rp 64.00020%
Judul : PERILAKU ORGANISASI: TEORI DAN PRAKTIK DI BIDANG P Pengarang : HENDYAT SOETOPO Tahun : Cet-1, Desember 2010 Dimensi : 16×24, HVS-70 Gram, AC-210, 312 halaman ISBN : 978-979-692-013-6 Sinopsis: Apabila ingin mengetahui apa dan bagaimana Perilaku Organisasi, inilah buku yang membahas bagaimana belajar organisasi dan bagaimana menerapkannya. Pembahasan dalam buku ini, dilakukan secara… selengkapnya
Rp 59.200 Rp 74.00020%
Shinta Doriza, M.Pd., M.S.E. Cetakan 1, 2015 16×24 cm, 280 hlm. Isi: HVS 70 gr.; Sampul: AC 210 gr. ISBN: 978-979-692-642-8 Sinopsis : Keluarga dapat dikatakan sebagai lembaga yang dibentuk atas dorongan manusia untuk berkelompok guna mengatur kehidupan dan mengorganisasi diri dalam upaya mencapai tujuan. Kajian ekonomi keluarga sendiri membahas tentang bagaimana keluarga menghadapi masalah… selengkapnya
Rp 56.000 Rp 70.00020%
Judul : Administrasi & Supervisi Pendidikan Pengarang : M. Ngalim Purwanto Tahun : Cet 24, 2017 Dimensi : 16 x 24 cm, HVS 70 gr, 236 halaman ISBN : 979-514-039-6 Sinopsis: Pokok-pokok materi yang diuraikan dalam buku ini antara lain konsep administrasi pendidikan dalam hubungannya dengan ilmu administrasi, bidang-bidang garapan administrasi pendidikan, kepemimpinan dalam pendidikan,… selengkapnya
Rp 52.800 Rp 66.000
Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.