Beranda » Komunikasi » Metode Netnografi Pendekatan Kualitatif Dalam Memahami Budaya Pengguna Media Sosial

Metode Netnografi Pendekatan Kualitatif Dalam Memahami Budaya Pengguna Media Sosial

Kode: RR.KO0110 Stok: Tersedia
Berat 700 gram
Kondisi Baru
Kategori Komunikasi
Dilihat 64 kali
Diskusi Belum ada komentar
Bagikan
Rp 134.000
Tentukan pilihan yang tersedia!
Pemesanan yang lebih cepat! Quick Order
Metode Netnografi Pendekatan Kualitatif Dalam Memahami Budaya Pengguna Media Sosial
Rp 134.000
Tersedia / RR.KO0110
Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah:

Detail Produk Metode Netnografi Pendekatan Kualitatif Dalam Memahami Budaya Pengguna Media Sosial

Penulis: Eriyanto, Dr., S.I.P., M. Si.

Cetakan: 1, 2022
Ukuran: 17,5 x 25 cm.
Kertas isi: HVS 70 gr.
Kertas sampul: AC 260 gr.
388 Halaman
ISBN: 978-602-446-603-9

Sinopsis :

Metode netnografi (netnografi = internet + etnografi) adalah metode yang digunakan untuk mempelajari budaya pengguna internet (lebih khusus media sosial). Pada dasarnya, netnografi adalah penerapan metode etnografi untuk mempelajari budaya pengguna media sosial. Metode ini berusaha menggambarkan budaya dari sudut pandang orang yang diteliti dengan menjalankan investigasi, keterlibatan dengan orang yang diteliti, dan imersi. Mengapa netnografi penting? Saat ini kita tengah berada dalam gempuran data raksasa (big data) akibat kehadiran media sosial. Setiap hari ada ratusan ribu posting di media sosial (Twitter, Facebook, Instagram, Tik-Tok, Youtube, dan sebagainya). Metode ini berusaha menemukan esensi dari data raksasa (big data) berupa percakapan warganet yang berjumlah besar.

Buku ini merupakan pengantar dalam memahami metode netnografi. Buku ini terdiri atas 8 bab. Bab 1 membahas mengenai konsep dasar netnografi dan perbedaannya dengan metode lain. Bab 2 mendiskusikan mengenai data dalam penelitian netnografi. Bab 3 menjelaskan mengenai konteks karakteristik media sosial, dimana individu saling berjejaring. Bab 4 membahas keterlibatan dan imersi dalam netnografi. Bab 5 membahas integrasi data, proses analisis, dan interpretasi data. Bab 6 mendiskusikan persoalan etika dan bagaimana menjalankan penelitian netnografi secara etis. Bagian terakhir dari buku ini (bab 7 dan 8) memaparkan contoh kasus penelitian netnografi. Buku ini juga dilengkapi dengan studi kasus dan tutorial penggunaan NVivo, salah satu perangkat lunak (software) yang bisa membantu peneliti dalam proses penelitian netnografi.

—————-

Daftar Isi

BAB I KONSEP DASAR NETNOGRAFI
A. Apa Itu Netnografi?
B. Perbedaan Netnografi Dengan Metode Lain
C. Sejarah Netnografi: Dari Komunitas Virtual Ke Media Sosial
D. Tahapan Penelitian Netnografi

BAB II INDIVIDU BERJEJARING (NETWORKED INDIVIDUALISM)
A. Individu Berjejaring
B. Bagaimana Individu Berjejaring
Dengan Individu Lain?

BAB III DATA DALAM NETNOGRAFI
A. Data Site
B. Investigasi: Mencari Dan Memilih Data
C. Interaksi: Pengumpulan Data

BAB IV PARTISIPASI DAN IMERSI DALAM NETNOGRAFI
A. Partisipasi Dan Imersi
B. Partisipasi Dan Keterlibatan (Engagement)
C. Catatan Imersi (Immersion Journal)

BAB V INTEGRASI DATA
A. Mendeskripsikan Temuan: Analisis Tematik
B. Mengaitkan Temuan Dengan Teori

BAB VI ETIKA PENELITIAN
A. Prinsip Etika
B. Panduan Etika Penelitian Netnografi

BAB VII STUDI KASUS I
A. Pendahuluan
B. Tinjauan Literatur
C. Kasus Yang Diteliti
D. Metode Penelitian
E. Hasil Penelitian
F. Diskusi

BAB VIII STUDI KASUS II
A. Pendahuluan
B. Tinjauan Literatur
C. Objek Penelitian
D. Metode Penelitian
E. Hasil Penelitian
F. Diskusi
G. Penutup

Ditambahkan pada: 19 October 2022
Produk Terkait
Diskusi Produk (0)

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Alamat kami

PT. Remaja Rosdakarya

Jl. Raya Gadobangkong no. 93 Kec. Ngamprah Kab. Bandung Barat 40552

Tlp. 022-6654007

email : [email protected]

Chat via Whatsapp
Customer Service
⚫ Online
Halo, perkenalkan saya Customer Service
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja