Metode Komunikasi Visual
Detail Produk Metode Komunikasi Visual
Penulis: Eriyanto, Dr., M.Si.
Cetakan: 1, 2019
Ukuran: 16 x 24 cm.
Kertas isi: HVS 70 gr.
Kertas sampul: AC 230 gr.
Halaman : 284 Halaman
ISBN: 978-602-446-400-4
Sinopsis :
Saat ini komunikasi visual menempati posisi sangat penting, apalagi ditambah dengan kehadiran media sosial (seperti Instagram, Facebook, Twitter, YouTube, dan sebagainya). Perkembangan ini membuat komunikasi visual jauh lebih penting dan banyak digunakan dibandingkan dengan komunikasi tertulis. Kondisi ini menuntut keahlian dalam menganalisis teks-teks komunikasi visual.
Buku ini adalah bagian dari Metode Riset Komunikasi Visual. Metode ini berusaha untuk menggambarkan sumber semiotika yang dikapai para pengguna bahasa, seperti sudut pengambilan gambar dan komposisi, sering disebut tata bahasa gambar. Bahasa gambar mempunyai partisipasi, proses, dan tujuan seperti halnya bahasa tulis. Gambar mempunyai nuansa yang kaya dan kompleks sehingga membutuhkan metode untuk dapat menangkap kekayaan itu. Melalui buku ini penulis ingin menawarkan cara lain dalam menganalisis gambar, seperti foto, posting media sosial, video, komik, meme, dan sebagainya.—
Daftar Isi
Bab I Pendahuluan: Apa Itu Semiotika Sosial?
Bab II Linguistik Sistemik Fungsional (Lsf)
Bab III Struktur Dan Sistem
Bab IV Lingustik Sistemik Fungsional (Lsf) Dalam Bahasa Gambar
Bab V Semiotika Sosial Dan Tata Bahasa Gambar
Bab VI Konsep-Konsep Dasar
Bab VII Representasi Naratif: Gambar Mengungkapkan Tindakan Partisipan
Bab VIII Representasi Konseptual: Gambar Mengungkapkan Konsep
Bab IX Interaksi/ Interpersonal: Bagaimana Gambar Berinteraksi Dengan Khalayak
Bab X Komposisional : Bagaimana Gambar Mengorganisasi Informasi
Bab XI Modalitas : Bagaimana Gambar Menyampaikan Realitas