Beranda » Komunikasi » Gender Dalam Komunikasi Dan Media: Sebuah Pengantar

Gender Dalam Komunikasi Dan Media: Sebuah Pengantar

Kode: RR.KO0115 Stok: Tersedia
Berat 300 gram
Kondisi Baru
Kategori Komunikasi
Dilihat 209 kali
Diskusi Belum ada komentar
Bagikan

Gender Dalam Komunikasi Dan Media: Sebuah Pengantar

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja Anda
Lanjut Belanja
Checkout
Rp 65.000
Tentukan pilihan yang tersedia!
Pemesanan yang lebih cepat! Quick Order
Gender Dalam Komunikasi Dan Media: Sebuah Pengantar
Rp 65.000
Tersedia / RR.KO0115
Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah:

Detail Produk Gender Dalam Komunikasi Dan Media: Sebuah Pengantar

Penulis: Billy K Sarwono, Prof. Dr., M.A., dkk.

Cetakan: 1, 2022
Ukuran: 17,5 x 25 cm.
Kertas isi: HVS 70 gr.
Kertas sampul: AC 230 gr.
176 Halaman

Sinopsis :

Maraknya kasus pelecehan hingga kekerasan seksual adalah fenomena gunung es yang menghantui keseharian perempuan, dan jarang tuntas diselesaikan. Kekerasan seksual terjadi di berbagai area publik termasuk di berbagai lembaga budaya, seperti institusi pendidikan, arena pekerjaan, institusi keagamaan, dan lainnya. Lembaga-lembaga ini menanggung struktur hierarkis, dimana perempuan berada dan bahkan secara sengaja ditempatkan dalam posisi subordinat. Relasi kuasa yang tidak seimbang inilah yang menjadi momok terulangnya berbagai macam kasus kekerasan seksual, dengan perempuan sebagai korbannya.

Ketidaksetaraan posisi antara perempuan dan pelaku masih pula diperparah dengan ketidakberpihakan hukum pada korban perempuan. Begitu pun dengan masyarakat yang bahkan ikut menyudutkan perempuan yang menjadi korban. Bukan tanpa sebab, kenyataan pahit ini adalah buah disposisi peran gender yang keliru yang selalu menempatkan perempuan sebagai objek sehingga layak dipersalahkan. Fenomena ini tentunya memunculkan keprihatinan yang mendalam karena masih banyak pihak yang sengaja mendiamkan masalah ini, baik di ranah luring maupun daring. ‘Kesadaran’ kemudian menjadi kata kunci bagi perempuan maupun aktor-aktor lain di sekitarnya untuk melawan objektivasi narasi besar yang tidak menguntungkan mereka dalam banyak arena sosial. Buku yang menekankan isu gender dalam komunikasi dan media ini merupakan sebuah pengantar. Buku ini menunjukkan bagaimana pentingnya peranan tinjauan dalam studi-studi tentang komunikasi dan media dalam ikut mengurangi terjadinya kekerasan seksual di berbagai lembaga budaya.

Buku ini mengetengahkan gambaran stereotipe yang terdapat dalam berbagai media mainstream dan media daring, termasuk iklan dan game, yang merugikan perempuan dari berbagai lapisan dan dalam berbagai ranah kehidupan. Melalui pembahasan teori komunikasi dan pendekatan penelitian fenomenologi, pembaca diajak untuk lebih memahami problem yang dihadapi perempuan secara utuh dan mendalam. Kelompok perempuan bukanlah subjek tunggal, tetapi memiliki beragam pengalaman dan konteks masalah yang berbeda-beda bahkan berlapis-lapis.

—–

Daftar Isi

Bab I Kajian Komunikasi dan Media Berperspektif Gender
A. Pentingnya Mempelajari Komunikasi, Media, dan Gender
B. Ideologi Media dan Kelompok Dominan
C. Kultur Patriarki
D. Gender
E. Ketidakadilan Gender
F. Konstruksi Bias Gender
G. Proses Produksi Teks di Media yang Bias Gender
H. Kapitalis Ikut Melanggengkan Kultur Patriarki

Bab II Teori Komunikasi yang Berperspektif Feminis
A. Teori Feminis
B. Teori Kritis
C. Irisan Antara Teori Feminis dan Teori Kritis
D. Konseptualisasi Komunikasi dalam Teori

Bab III Perspektif Feminis Dan Ragam Isu Dalam Kajian Komunikasi/Media
A. Pengantar
B. Perspektif Feminisme dalam Media dan Komunikasi
C. Budaya Game (Gaming Culture) dan Perempuan
D. Media Sosial, Pergerakan Politik Perempuan, dan Ruang Aman

Bab IV TREN PENELITIAN GENDER
A. Kajian Gender, Partriarki, dan Ide Perubahan
B. Dari Positivis Hingga Dualitas Tanpa Batas
C. Strategi Fenomenologi sebagai Cara Memahami Gender
D. Fenomenologi Hermeneutik: Mengungkap Pengalaman Gender yang Tidak Terkatakan
E. Kecenderungan Paradigma Penelitian Fenomenologi untuk Lokus Gender
F. Teknik Pengumpulan Data dalam Kajian Gender
G. Unit Analisis dan Subjek Penelitian Gender
H. Teknik Analisis Data dalam Penelitian Gender dengan Strategi Fenomenologi Hermeneutik

Bab V PENUTUP
A. Gender dalam Komunikasi & Media: Semakin Kompleks dan Kontekstual
B. Mewujudkan Kesetaraan Gender bagi Komunitas di Sekitar

Ditambahkan pada: 19 October 2022
Produk Terkait
Diskusi Produk (0)

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Alamat kami

PT. Remaja Rosdakarya

Jl. Raya Gadobangkong no. 93 Kec. Ngamprah Kab. Bandung Barat 40552

Tlp. 022-6654007

email : info@rosda.co.id

Chat via Whatsapp
Customer Service
⚫ Online
Halo, perkenalkan saya Customer Service
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja